PLARIUSMODIFIKASI101

Wisata Kuliner di Manado Super Lezat Harga Bersahabat

Sunday, October 14, 2018
Kuliner Manado merupakan salah satu yang paling diburu di Indonesia. Memang, kota ini merupakan Surganya Kuliner dengan cita-rasa lezat, Bahkan harganya pun bersahabat.

Oke, sebelum bertandang ke Manado, alangkah baiknya nada mencari beberapa referensi tempat wisata kuliner di sana terlebih dahulu. Tentunya yang memiliki rasa lezat dan harga per menunya juga Bersahabat. 

1. Nasi Kuning Saroja
Nasi Kuning Saroja
Nasi Kuning Saroja via manadobaswara.com
Wisata kuliner di Manado yang pertama akan kita bahas adalah Nasi Kuning Saroja yang sudah sangat terkenal dan mampu membuat lidah siapa saja bergoyang. Bahkan, tempat ini telah dinobatkan sebagai salah satu wisata kuliner yang paling enak di Manado, lokasinya berada di Jl. Diponegoro, Manado, 95112. 

Untuk setiap menu-nya dibanderol Rp 3.000 sampai Rp 11.000 saja. Tentu sangat pas bagi kantong segala kalangan, entah itu pekerja maupun pelajar. 

Salah satu yang menjadi favorit adalah Nasi Kuning, sama seperti nama tempat ini. Nasi Kuningnya pun berbeda dengan yang di tempat lain, sebab dilengkapi daging sapi, bawang goreng, ikan cakalang dan juga sambal yang menjadikan rasanya sangat istimewa.

2. City Extra
City Extra
City Extra via flickr.com
Selanjutnya adalah City Extra yang juga menyediakan beraneka makanan lezat. Lokasi ha berada di Jl. Raya Tanawangko, Desa Kalasey, Mando. City Extra ini merupakan restoran yang sudah populer karena olahan seafood-nya yang benar-benar lezat. Harga yang dibanderol memang terbilang fantastis, yaitu Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Harga yang cukup seimbang dengan cita-rasa yang didapatkan dari tiap olahannya. 

Karena Manado merupakan daerah yang dekat dengan laut, maka jangan heran jika Anda akan menemukan banyak tempat kuliner Seafood lainnya, karena memang berjumlah banyak. Di City Extra ini terdapat menu andalan yang digemari oleh wisatawan asing maupun lokal, seperti Udang Bakar, Bobara Woku Blanga, Kepiting Lada Hitam, Bobara Asam Manis, Udang Saus Padang dan masih banyak lagi. 

3. Wisata Bahari Seafood Restaurant
Wisata Bahari Seafood Restaurant
Wisata Bahari Seafood Restaurant via tripadvisor.com
Lokasinya di Jl. Wolter Monginsidi 1 Bahu Mall Complex, Mando. Jelas dari namanya, tempat kuliner ini tentu menyediakan berbagai olahan Seafood. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 75.000, memang untuk ukuran Seafood harganya sedikit lebih tinggi daripada olahan tradisional. 

Seperti layaknya Restaurant Seafood populer lainnya, Wisata Bahari Seafood Restaurant juga cerdas karena menghadirkan spot pemandangan indah bagi pengunjungnya.

Menu yang  menjadi andalan adalah Salad Goropa yang dibahas dasari oleh ikan garopa. Ada juga Sayur Pakis, bermacam olahan Udang Goropa Bakar Rica, Bobara serta jus tomat.

4. RM Pondok Maengket Teterusan
RM Pondok Maengket Teterusan
RM Pondok Maengket Teterusan via  carloregitaict.blogspot.com
Dengan harga sekitar Rp 25.000-an, Anda susah bisa menikmati ikan bakar yang super lezat di RM Pondok Maengket Teterusan ini, lokasinya berada di Jl. Terusan Maengket, Manado, Sulawesi Utara. 

Tidak hanya ikan bakarnya saja yang bercita-rasa khas, namun dabu-dabu dan cah kangkungnya juga punya rasa juara yang khas. Ada juga menu ikan mujair bakar yang dilengkapi dengan bumbu pilihan, mujair bakar ini diolah menjadi 3 pilihan menu, yaitu Ikan Mujair Woku Blanga, Ikan Mujair Goreng Rica dan Ikan Mujair Bakar Rica.

5. Wakeke
Wakeke
Wakeke via maboktravel.com
Wakeke merupakan tempat wisata kuliner di Manado yang juga tidak kalah terkenal akan kelezatan masakannya. Sajian Tinutuan khas Manado tersedia di sini yang mana terbuat dari beras yang dijadikan Bubur. Setelah menjadi bubur, lalu dicampur dengan labu merah dan singkong. Terdengar unik, ya?

Lokasinya berada di Jl. Wakeke, No. 1, Manado, Sulawesi Utara. Tentunya, olahan inj sangat enak dan disediakan juga menu pelengkap seperti potongan Ikan cakalang asap dan dabu-dabu roa. Untuk harganya, Tempat Kuliner Wakeke ini membanderol Rp 15.000 sampai Rp 22.000 untuk tiap porsi menu-nya. 

6. Ananas
Ananas
Ananas via nuteveryday.blogspot.com
Ananas ini merupakan tempat kuliner di Manado yang menghadirkan berbagai makanan khas tradisional seperti Cucur, Panada, Klappertaart, Lalampa dan lain sebagainya. Ananas ini merupakan Cafe yang tepat bagi Anda untuk bersantai sembari menikmati hidangan sederhana namun bercita-rasa Nusantara. 

Lokasi ya berada di Jl. BW Lapisan 39, Manado. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 3.000 sampai Rp 50.000 saja.

7. Dego Dego
Dego Dego
Dego Dego via tripadvisor.co.id
Berlokasi di Jl. Wakeke, No. 11, Manado, Dego Dego menyediakan makanan khas Manado, memang hampir sama dengan tempat kuliner sebelumnya, namun di Dego Dego ini Anda akan disuguhkan menu Tinutuan yang telah menjadi olahan andalan. 

Anda hanya perlu menyiapkan Rp 4.000 hingga Rp 9.5000 saja, sangat terjangkau, bukan?
Anda juga bisa mencicipi perkedel Nike dan Mie Cakalang. Kelebihan menu di sini adalah sayur yang tetap akan freh sebab dimasak terpisah dengan Tinutuan-nya. Tidak hanya itu, menu andalan ini juga dilengkapi dengan sambal roa dengan cita-rasa khas Manado.

8. Kios Pelangi
Kios Pelangi
Kios Pelangi via tripadvisor.co.id
Tidak kalah enak dengan tempat wisata kuliner sebelumnya, Kios Pelangi ini juga menghadirkan Tinutuan yang memang sudah sangat populer di Manado. Harganya hanya Rp 3.000 sampai Rp 7.000 saja. Lokasinya berada di Jl. Dr Sam Ratulangi, Manado.

Selain Bubur Tinutuan, pengunjung juga bisa menikmati Mie Goreng Cakalang Pedas, Mie Cakalang Kuah, Mie Ayam, Nasi Kuning sampai Banana Fritters pun ada di sini. 

9. Soto Rusuk Ba Ko Petrus
Soto Rusuk Ba Ko Petrus
Soto Rusuk Ba Ko Petrus via burpple.com
Tempat ini juga tidak kalah populer dengan tempat wisata yang lain. Letaknya di Jl. Laksda John Lie, Manado. Harga yang dibanderol RM ini mulai Rp 30.000-an, dan Anda sudah bisa menikmati apa saja yang dihidangkan di sini. 

Hampir sama dengan tempat wisata kuliner sebelumnya, karena di Soto Rusuk Ba Ko Petrus ini juga menyediakan Bubur Tinutuan dan makanan sajian pelengkap lainnya, seperti Perkedel Nike dan Banana Fritters yang sudah sangat fenomenal, terlebih bagi masyarakat Manado.

Namun, tidak hanya Makanan khas Manado saja yang menjadi andalannya. Sebab, Nana dari tempat makan ini diambil dari salah satu menu yang mempunyai menggoyang lidah, yaitu Soto Rusuk Ba' yang benar-benar luar biasa enaknya. 

Apa itu Soto Rusuk Ba'?
Soto Rusuk Ba' merupakan soto yang yang di dalamnya terdapat daging babi, tentunya rusuj yang digunakan adalah rusuk babi. Banyak yang mengungkap bahwa rasanya sangat enak, namun perlu diingat, bahwa olahan ini tentunya tidak boleh dimakan oleh kaum Muslim.

10. Arafah
Arafah
Ilustrasi Arafah via hipwee.com
Tempat kuliner di Manado yang selanjutnya adalah tempat bernama Arafah, di sini menyediakan olahan yang hanya dibanderol seharga Rp 12.000 sampai Rp 15.000 saja. Meski murah-meriah, namun tempat ini telah populer di segala kalangan. Lokasi ya berada di Jl. Babe Palar, Tomohon Tengah, Tomohon, Manado. 

Arafah menyediakan menu yang sangat beragam dan tentunya segala olahannya mampu menggetarkan lidah serat membuat pengunjungnya ketagihan. 

Anda bisa menjumpai menu berupa Soto Ayam, Lalapan, Aneka olahan sayur, Ikan Cakalang Fufu, Gorengan serta bermacam jenis kue yang benar-benar diolah secara profesional.

Yang paling menarik adalah Ikan Cakalang Fufu yang merupakan makanan berbahan utama Ikan Cakalang. Tentu rasa yang dihasilkan menu satu ini sangat lezat, terlebih tambahan dabu-dabu(sambal khas Minahasa) yang membuatnya sangat istimewa. 

11. Kios Tanta Marta
Kios Tanta Marta
Kios Tanta Marta via intiwhiz.com
Kios Tanta Marta ini menjadi tempat wisata kuliner terakhir yang akan kita bahas, untuk menunya, lagi-lagi tidak jauh berbeda dengan apa yang disajikan di tempat wisata kuliner Manado lainnya. Sebab, Anda akan menemui kuliner Tinutuan juga di sini. Lokasinya berada di Jl. Tikala Ares, No 71, Mando. Dinamakan Kios Tanta Marta sebab lokasinya berada di dekat perempatan Banjer. Tempat ini tergolong wajib untuk Anda sambangi karena memang rasa Tinutuan-nya sangat juara.

Jangan heran jika nada sering mendapati touris mampir ke tempat ini, sebab mereka sudah sangat cinta dengan cita-rasa masakannya. Bahkan, Kios Tanta Marta ini telah berdiri sejak tahun 1962 lalu, dan masih eksis hingga sekarang.

Yang menjadi ciri khas tempat ini adalah sayur rebung yang sangat berbeda penyajiannya. Dan untuk menikmati segala olahan di sini, Anda hanya perlu menyiapkan Rp 5.000 saja, loh! Sangat murah meriah dan rasa masakannya tetap istimewa.