PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Wisata Terbaik di Singkawang Kalimantan Barat

Thursday, November 1, 2018
Tak kalah dengan propinsi lainnya di Indonesia, Kalimantan Barat juga memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan. Salah satunya ada di kota Singkawang. Kota yang berjarak  sekitar 3 jam dari Kota Pontianak ini memiliki cukup banyak wisata pilihan yang bisa dijadikan tujuan berlibur. Namun, karena letak wisatanya yang kebanyakan masih cukup tersembunyi, membuat banyak orang, belum familiar dengan obyek-obyek wisata tersebut. Nah, dari banyaknya obyek wisata disana, berikut ini kami pilihkan rekomendasi wisata terbaik di Singkawang, Kalimantan Barat yang sayang dilewatkan.

1. Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang via tanahnusantara.com
Rekomendasi pertama, terkait obyek wisata terbaik di Singkawang adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai berpasir putih dan panjang ini terletak di kecamatan Tujuh Belas, kota Singkawang, Kalimantan Barat. Menurut warga sekitar, nama Pasir Panjang diambil dari kondisi pantai yang berupa pasir putih dan membentang sepanjang kurang lebih 3 kilometer.

Pantai yang sering disebut pantai legendaris ini merupakan tempat wisata primadona bagi masyarakat lokal hingga mancanegara. Hal ini disebabkan karena akses menuju pantai ini sangat mudah dan keindahannya tidak dapat diragukan lagi. Selain keindahan alamnya, pantai Pasir Panjang juga memiliki fasilitas pendukung yang sangat memadahi. Di antaranya adalah restoran, café, pondok wisata, hotel, cottage dan masih banyak lagi yang lainnya. Di pantai ini pun tersedia persewaan gokart, sepeda air, speed boat, dan darmoling yang bisa digunakan untuk berkeliling di sekitar area pantai serta tempat khusus bermain untuk anak-anak. Biaya tiket masuk ke Pantai Pasir Panjang hanya sebesar Rp 5.000,-/orang.

2. Palm Beach
Palm Beach
Palm Beach via diana719.blogspot.com
Tempat wisata selanjutnya adalah Palm Beach. Pantai ini berada pada Jalan Raya Singkawang, tepatnya di Taman Pasir Panjang Indah, kecamatan Sedau, kabupaten Singkawang Selatan. Pantai yang sangat mudah diakses tersebut menyuguhkan pemandangan keindahan dengan perbukitan kecil nan eksotis. Tak hanya itu, di sini terdapat fasilitas yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung, seperti hotel, kolam renang, kantin, bumi perkemahan, arena offroad, serta area bermain untuk volly pantai.

3. Pulau Randayan
Pulau Randayan
Pulau Randayan via traveltodayindonesia.com
Pulau indah nan mempesona selanjutnya yang berada di Singkawang adalah pulau Randayan. Pulau ini terbilang pulau pribadi yang masih perawan. Pulau ini berada tidak jauh dari dermaga Pantai Pasir Panjang dengan jangka waktu sekitar 2 jam. Anda bisa menggunakan perahu cepat jika ingin ke Pulau Randayan. Pulau ini sangat populer di kalangan para wisatawan. Pulau Randayan memiliki keindahan alam yang sangat unik karena terdapat berbagai pohon-pohon yang rindang nan hijau ditambah dengan pasir pantai yang putih dan hamparan batu di tepi pulau.

Selain keindahan alamnya, pulau ini menyimpan keindahan bawah laut yang sangat luar biasa. Warna air yang biru dan sangat jernih dengan berbagai biota dan macam-macam vegetasi laut.menjadikan pulau ini menjadi salah satu tempat dimana para pengunjung bisa snorkeling dan diving dengan sepuasnya. Para wisatawan pun akan menemukan banyak terumbu karang dengan bentuk yang sangat unik dan warna yang berbeda-beda. Berbagai fasilitas juga tersedia di sini seperti kafe, restoran, serta villa-villa yang menghadap langsung ke laut.

4. Pulau Lemukutan
Pulau Lemukutan
Pulau Lemukutan via multisiahaan.wordpress.com
Selain pulau Randayan, kota Singkawang juga memiliki pulau indah lainnya. Pulau tersebut adalah Pulau Lemukutan. Lokasinya terletak di kecamatan Bengkayang. Untuk menuju ke Pulau Lemukutan Anda harus berangkat dari pelabuhan yang berada di Teluk Suak Kabupaten Bengkayang dengan menggunakan transportasi air, yang terdiri dari Kapal Kelotok dan Speed Boat.

Pulau ini menyimpan banyak rahasia keindahan alam yang sangat memukau, mulai dari keindahan  pantai, pulau, hutan, gunung, seni dan budaya. Pulau Lemukutan juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang sungguh mempesona. Anda dapat menemukan spot-spot menarik untuk snorkeling, diving ataupun berenang. Beberapa spot keindahan bawah laut yang sering dinikmati para pengunjung, salah satunya adalah Bungoran. Di tempat tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan air yang sangat jernih.

5. Pantai Kura-Kura
Pantai Kura-Kura
Pantai Kura-Kura via vebma.com
 Wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Kura-Kura. Pantai yang berada di Kabupaten Bengkayang ini tidak seperti pantai lainnya yang ada di Kalimantan Barat. Pasalnya, pantai ini kurang dikenal karena tempatnya yang cukup tersembunyi dan menjadi tempat favorit kura-kura untuk bertelur. Untuk dapat mencapai lokasi dari kota Pontianak ke Pantai Kura-Kura, para wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 110 kilometer atau selama 3 jam. 

Selain menawarkan panorama alam dengan hamparan pasir berwarna kuning emas serta birunya laut, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang tak biasa dengan adanya kura-kura yang sedang bertelur di malam hari ditemani sinar rembulan dan cahaya bintang sehingga akan menambah keindahan pantai ini. Di tempat ini terdapat 2 Cottage dan 1 Dangau yang terbuat dari bahan-bahan alam, seperti kayu di bagian dindingnya, rumbia pada bagian atapnya dan batu bata di bagian lantainya. 

6. Taman Bougenvile
Taman Bougenvile
Taman Bougenvile via wisatapontianak.com
Setelah pantai dan pulau, di Singkawang juga terdapat sebuah taman untuk berwisata. Taman tersebut adalah Taman Bukit Bougenville. Taman ini berada di Jalan Pertanian, desa Sijangkung, kabupaten Singkawang Selatan. Uniknya, Taman Bukit Bougenville menyuguhkan pemandangan dengan background Gunung Pasi. Tempat yang dikelilingi perkebunan dan hutan hijau nan eksotis ini merupakan tempat wisata yang dibuat khusus sebagai taman bunga yang sangat cantik di kota Singkawang .

7. Taman Cinta Pajintan
Taman Cinta Pajintan
Taman Cinta Pajintan via megasaritukik.blogspot.com
Taman cantik selanjutnya yang berada di Singkawang adalah Taman Cinta Pajintan. Taman yang berada di Jalan Raja Pajintan, kabupaten Singkawang Timur ini merupakan tempat wisata buatan yang sangat menarik. Taman Cinta Pajintan menyuguhkan panorama alam berupa pegunungan Jemppol (Gunung Poten) dan danau buatan. Di taman ini pun tersedia arena bermain dan penginapan. Tak hanya itu, Taman Cinta Pajintan juga menyediakan beberapa spot foto cantik bagi wisatawan yang suka hunting foto, seperti lorong bunga berbentuk hati, payung yang bergantungan di atas jalan pinggiran sungai, dan lain-lain.

8. Waterboom Gunung Poteng
Waterboom Gunung Poteng
Waterboom Gunung Poteng via google.com
Di sekitar area Taman Cinta Panjintan terdapat sebuah wisata waterboom. Waterboom tersebut bernama waterboom Gunung Poteng. Waterboom ini merupakan wisata nomor satu dan terbesar di Kalimantan Barat. Waterboom yang terletak di kelurahan Pajintan, kecamatan Singkawang Timur ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Singkawang dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit. 

Waterboom ini memiliki aneka wisata yang sangat menarik, seperti kolam renang, wahana air pancur, berseluncur, bersepeda di kolam, dan lain sebagainya. Untuk masuk ke lokasi ini harganya relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan tiket sebesar Rp 40.000,- saja. Wisata waterboom ini sangat cocok untuk refreshing dan menghilangkan rasa penat di kesibukan sehari-hari. 

9. Sinka Island Park
Sinka Island Park
Sinka Island Park via swiss-belhotel.com
Tempat wisata selajutnya di Singkawang adalah Sinka Island Park. Destinasi wisata favorit ini terletak di Jalan Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. Di sini terdapat Pulau Simping. Pulau tersebut merupakan salah satu pulau terkecil di dunia yang hanya terdiri dari bebatuan dan beberapa jenis pohon. Bagi para pengunjung yang ingin ke pulau tersebut, terdapat jembatan yang menjadi akses penghubung menuju kesana. Di pulau Simping terdapat beberapa lokasi yang baik bagi pengunjung yang suka memancing.

Sinka Island sendiri merupakan sebuah kawasan wisata yang sengaja dibangun sebagai sarana hiburan. Selain bisa menikmati keindahan pantai yang masih alami, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dengan naik delman atau kuda yang dapat disewa di sini. Beberapa fasilitas pendukung lainnya pun tidak kalah menarik seperti kolam renang, kantin, beberapa kios minuman dan makanan yang menyajikan bermacam sajian kuliner yang lezat.

Selain itu, para pengunjung juga bisa mencoba berbagai wahana permainan air seperti jet ski, sepeda air, banana boat serta Sinka Zoo. Sinka Zoo adalah kebun binatang mini dengan koleksi berbagai jenis hewan dan menjadi salah satu area yang paling populer di tempat wisata ini. Terdapat paling tidak 200 ekor binatang dengan 62 jenis spesies yang berbeda. Tak hanya itu, di Sinka Zoo terdapat pulau Pantai Banjau yang terletak tak jauh dari area kebun mini ini.

10. Vihara Tri Dharma Bumi Raya
Vihara Tri Dharma Bumi Raya
Vihara Tri Dharma Bumi Raya via indonesiakaya.com
Tempat wisata di Singkawang yang terakhir adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Kota Singkawang memang terkenal menjadi salah satu pusat penyelenggaraan perayaan imlek. Lokasi vihara ini berada di Jalan Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, lebih tepatnya berada di tengah-tengah kota Singkawang. Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang dibangun pada tahun 1933 adalah tempat ibadah dan juga tempat wisata. Tempat ini dipercaya menjadi tempat kediaman dari Dewa Bumi Raya yang selalu menjaga kota Singkawang dari segala macam marabahaya. Ukurannya memang tidak besar, namun vihara ini menjadi vihara yang tertua dan ikon dari Kota Singkawang. 

Nah, tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan akhir pekan mendatang, dengan mengunjungi beragam obyek wisata terbaik Singkawang diatas bersama orang-orang terkasih anda.