PLARIUSMODIFIKASI101

Inilah Oleh-Oleh Khas Cilegon Banten Paling Memikat, Wajib Kamu Beli

Sunday, November 4, 2018
Bertandang ke suatu wisata, pasti tidak lengkap jika belum membawa oleh-oleh khas dari tempat tersebut. Selain untuk buah tangan bagi sanak-keluarga, kerabat ataupun rekan kerja, oleh-oleh yang kita bawa akan menjadi kesan manis di kampung halaman. Jika kamu sedang berlibur di kota Cilegon, salah satu kota di Provinsi Banten. Memiliki banyak oleh-oleh khas yang dapat kamu bawa pulang lho. Mulai dari berbagai olahan makanan dan jajanan khas, sampai dengan kerajinan-kerajinan yang identik dengan Kota Baja ini. Bahkan telah terbesar di Asia Tenggara, kawan. 

Kota ini juga memiliki objek vital negara yaitu Pelabuhan Merak, yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Karena letaknya yang dekat dengan pantai, di ujung barat Pulau Jawa. Kota Cilegon, bukan cuma dikenal dengan industrinya, namun juga destinasi-destinasi wisata yang kece abis dan patut kamu kunjungi kawan. 

Kamu pasti pernah mendengar salah satu lagu 80-an, “Antara Anyer dan Jakarta” yang di populerkan oleh Sheila Majid. Lagu lawas tersebut menggambarkan keindahan Pantai Anyer yang menjadi salah satu tujuan pariwisata Kota Cilegon. Bukan hanya itu, wisata edukatif, wisata pantai, sampai wisata sejarah Hindia Belanda di Benteng Speelwijk dan masih banyak lagi. Destinasi wisata tersebut dapat kamu jadikan tujuan berlibur yang pastinya menyuguhkan aneka oleh-oleh khas Cilegon. Langsung saja, berikut rekomendasi oleh-oleh yang wajib kamu beli saat berkunjung ke Kota Cilegon. 

Batik Lereng Lesung
Batik Lereng Lesung
Batik Lereng Lesung via kayanabatik.co.id
Indonesia memanglah kaya dengan motif-motif batik khas daerah masing-masing. Begitu juga dengan Kota Baja, batik dengan motif lesung, roda, rumput laut dan motif lain yang penuh filosofi. Sebuah hasil karya kreatifitas masyarakat Cilegon sendiri loh. Dari batik, masyarakat Cilegon mengenalkan budaya lesung dan daerahnya dekat pantai serta sebagai Kota Pelabuhan yang tersiratkan melalui motif-motif di dalamnya. Kamu yang sedang di Kota Cilegon, jangan lupa untuk membeli batik khas Cilegon yang bisa kamu jumpai di pasar-pasar tradisional. Salah satunya di jalan Kyai Haji Tubagus Ismail Cilegon ataupun di toko pusat penjualan batik Cilegon.  

Batik Krakatoa
Batik Krakatoa
Batik Krakatoa via batikkrakataocilegon.com
Selain Batik Lereng Lesung, Cilegon juga memiliki batik yang tidak kalah keren kawan, yaitu Batik Krakatoa. Nama krakatoa diambil dari nama Gunung Krakatau yang letaknya di Selat Sunda. Uniknya lagi ialah, motif Batik Krakatoa bukan hanya bergambar gunung. Namun beragam motif yang menunjukan ciri khas Kota Cilegon, Banten. Mulai dari motif jajanan khas Cilegon seperti motif kue gipang, motif sate bandeng, motif kue engkak. 

Selain itu, motif batik yang khas lainnya yaitu Bandrong Lesung yang menunjukan budaya Cilegon. Motif Masjid Agung Cilegon dan motif Sumur Pitu, menjadi tempat wisata religi di Cilegon. Sangat cocok buat kamu kenakan di rumah atau saat kerja, karena sudah pasti akan mengingatkan liburan menyenangkanmu di Kota Cilegon. Kamu yang ingin mendapatkannya, bisa langsung mengunjungi toko-toko batik di jalan Teuku Umar Kranganyar Cilegon atau di Pasar Tradisional Cilegon, Jl. Kyai H. Tubagus Ismail 20. 

Sate Bandeng
Sate Bandeng
Sate Bandeng via njajan.com
Kalau mendengar masakan dari ikan bandeng, maka yang terlintas dibenak kita adalah duri super banyak di dalam dagingnya. Nah, buat kawan-kawan penyuka ikan bandeng, sate bandeng khas Cilegon Banten menjadi pilihan yang tepat. Kuliner khas yang satu ini ialah masakan asli Banten, ada sejak Kesultanan Banten lho. 

Dahulu juru masak kesultanan kebingungan menghidangkan masakan ikan bandeng dengan penuh duri, akhirnya dibuatkanlah sate bandeng yang duri di dalam dagingnya dihilangkan dan dihaluskan. Sampai sekarang, makanan ini paling dicari di Banten termasuk Cilegon, selain karena rasanya yang kaya akan rempah tapi juga murah dan tentunya bikin kawan-kawan ngiler untuk segera menyantapya. Bahkan, menu ini sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga. Jika kamu tertarik, dapat mengunjunginya ke Outlet Sate Bandeng Mba Lies. Berlokasi di Jalan Raya Cilegon Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon Banten.

Kerupuk Dapros
Kerupuk Dapros
Kerupuk Dapros via bukalapak.com
Jajanan yang satu ini banyak dicari oleh para pelancong luar kota sebagai oleh-oleh khas Cilegon. Sebabnya, selain harga yang terjangkau mulai dari Rp 20.000 saja, juga tersedia Krupuk Dapros yang masih mentah, jadi kawan bisa menggorengnya sebagai lauk maupun camilan di rumah sendiri. Sedap kan? Untuk mendapatkan krupuk yang terbuat dari bahan terigu ini pun sangat mudah, karena di setiap gerai oleh-oleh di Kota Cilegon, sudah pasti menghadirkan jajanan yang satu ini. Salah satunya ialah di gerai Haji Saudi store 999 di jalan Lingkar Selatan A7 Kedaleman Cilegon. Namun, bagi kawan-kawan yang ingin membuat sendiri, mungkin akan kesulitan karena bentuk krupuk yang unik seperti bunga mawar sedang merekah, jadi perlu keahlian khusus untuk membuatnya. 

Ceplis dan Emping Melinjo
Ceplis dan Emping Melinjo
Ceplis dan Emping Melinjo via bukalapak.com
Camilan terbuat dari bahan melinjo ini merupakan kreasi UKM Kota Cilegon yang diunggulkan. Karena, bukan hanya dipasarkan di Cilegon dan sekitarnya namun juga keluar Jawa. Ceplis dan emping adalah dua camilan yang berbeda walaupun sama-sama terbuat dari biji melinjo. Pembeda keduanya ialah ceplis berbentuk kecil pipih sedikit bulat gemuk, sedangkan emping yang lebih umum dikenal berbentuk pipih lebar. Namun, kawan tidak perlu khawatir soal rasa keduanya, sama-sama gurih dan sedap. 

Apalagi berbagai rasa ceplis dan emping dibuat sebagai wujud kreatifitas masyarakat Cilegon. Seperti halnya Ceplis dan Emping rasa original, pedas, balado, sambel ijo sampai karamel yang manis dan asin. Banyak pilihan rasa buat kamu yang ingin membawa pulang camilan khas Kota Cilegon dengan harga murah pula, mulai dari Rp 10.000 saja kamu sudah bisa membelinya. Nah, jika kamu berminat membelinya dapat mengunjungi salah satunya Gerai Emping dan Ceplis Melinjo Nabil Jaya. Beralamat di Jalan Link Ketileng Barat, RT 02 Nomer 122 Ketileng, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon Banten.

Gegetas
Gegetas
Gegetas via bukalapak.com
Kamu pasti heran dengan nama makanan tersebut. Gegetas adalah keripik khas Cilegon yang terbuat dari tepung beras di aduk dengan adonan kelapa parut. Keripik yang gurih enjoy ini tersedia dengan pilihan rasa lho kawan. Bagi kamu yang suka camilan pedas, gegetas atau getas hadir dengan rasa balado pedas. Sementara kamu yang tidak terlalu suka pedas, ada juga gegetas dengan rasa original. Harga Rp 10.000 saja kawan bisa menikmatinya. Anda bisa membelinya di Pusat Oleh-Oleh dan Cinderamata Khas Kota Cilegon. Bertempat di Cilegon Plaza Mandiri Lantai 1. Jln. Sultan Ageng Tirtayasa, Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon Banten.

Kue Khas Cilegon
Kue Khas Cilegon
Kue Khas Cilegon via bukalapak.com
Ada dua kue yang patut kamu coba dan belikan buat keluargamu jika berlibur ke Kota Baja, yaitu Kue Gipang dan Kue Engkak. Kue gipang yang merakyat ini, terbuat dari beras ketan dengan rasa manis dan tekstur sedikit lengket. Kenapa merakyat, karena harga kue ini yang begitu terjangkau. Sedangkan kue engkak adalah semacam kue lapis yang rasanya legit-legit manis. Kamu bisa dengan mudah membeli kedua kue tersebut di H.Saudi store 999. Langsung saja ke Jln. Lingkar Selatan, Blok. A No. 7, Kedaleman Cibeber, Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon Banten.

Gerai Keneke
Gerai Keneke
Gerai Keneke via kompasiana.com
Keneke yang dalam bahasa Cilegon berarti ‘Di Sini’, merupakan terobosan pemerintah setempat untuk mewadahi produk-produk UKM  unggulan. Jadi kawan, berbagai kreasi masyarakat dari mulai jajanan tradisional, kerajinan tangan, sampai batik yang berciri khas Cilegon, bisa kamu dapatkan di sini. Kamu bisa langsung datang ke Jl. Lingkar Selatan, Blok A, No.2, Km. 6,  dekat dengan pintu tol Cilegon Timur. Bukan hanya itu, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Cilegon tersebut lewat online juga lho, melalui media sosial maupun website resmi gerai Keneke.  

Di sini, kamu bisa membeli batik khas yang bermotifkan landmark Kota Cilegon yaitu tugu bundaran simpang tiga di Kota Cilegon dengan bentuknya seperti pohon berkubah. Tentunya dengan harga terjangkau mulai dari Rp 45.000 saja kawan.  Selain batik, landmark pohon berkubah tersebut juga tersedia miniaturnya loh. Dengan ukuran mini, sangat indah jika menghiasi ruang tamu atau sebagai hadiah buat teman kamu tentunya. Cukup terjangkau, dengan Rp 150.000 kamu bisa membelinya beserta dengan box kaca. 

Baiklah kawan, itu saja ulasan tentang berbagai macam oleh-oleh khas dari Kota Cilegon, Banten. Mulai dari kuliner, jajanan tradisional, kerajinan dan batik bermotif keren yang identik dengan Kota Baja itu. Kalian bisa membeli di pusat penjualan oleh-oleh dan pasar-pasar tradisional yang telah terpaparkan, jika sedang berkunjung ke Cilegon. Biar kamu tidak menyesal jika sudah pulang ke kampung halaman. Jadi kawan, jangan lupa membeli buah tangan khas Cilegon ya.