Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kuliner di Jakarta Utara yang Wajib Banget Kamu Cobain

Jakarta Utara disebut sebagai salah satu surganya kuliner di ibu kota. Mulai dari kaki lima hingga kelas bintang lima, semua makanan tersedia dalam berbagai menu. Pembeli yang selalu ramai bisa jadi salah satu bukti kualitas rasa makanan itu gak main-main alias enak banget! Penasaran? Berikut ini 9 kuliner di Jakarta Utara yang wajib banget kamu cobain:

1. Seblak Jeletet Murni
Seblak Jeletet Murni
Seblak Jeletet Murni via borukaro.com
Makanan asal Bandung ini menjadi primadona di mana pun karena rasanya yang terkenal pedas dan kaya rempah. Salah satu yang terkenal di Jakarta yakni Seblak Jeletet Murni. Lokasinya di Jalan Pademangan IV No. 116B, Jakarta Utara. 

Seblak Jeletet Murni terdiri dari kuah dengan level kepedasan yang sangat menantang lidah. Tidak hanya kuah pedasnya, topping dan isian kerupuknya bikin lidah kita bergoyang. Harganya mulai dari Rp 7.000 untuk pilihan kerupuk dan Rp 4.000 untuk pilihan toppingnya

2. Atek
Atek
Atek via id.foursquare.com
Buat yang suka berburu babi pasti tau dong gimana nikmatnya nasi campur di Atek? Rasanya luar biasa enak. Isinya itu ada potongan samcan tebal, telur rebus, chasio, babi merah, dan ayam rebus. Babi Panggang Madu nya juga paling enak se-Jakarta, belum ada lawannya! Manis dan crispy abis. Lokasinya nggak cuma ada di Jakarta Utara aja, tapi juga di Jakarta Barat daerah Green Ville. Cobain juga Bakmi Medan nya. Meski mie nya kurus-kurus, tapi lezatnya bakal bikin kamu terpana.

Lokasi:
Atek
- Komplek Taman Duta Mas, Jl. Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta. Telp. (021) 5649115.
- Ruko Cordoba, Blok D No. 5, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 28819333.
- Jl. Taman Ratu Indah No. 32, Green Ville, Jakarta. Telp. 0818-0602-2444.

3. Dapur Solo
Dapur Solo
Dapur Solo via gamesia.com
Restoran Jawa yang terletak di Jakarta Utara ini punya Selat Solo yang dagingnya sangat empuk dan rasa bumbunya pas. Kalau mau menu yang lengkap menghidangkan masakan Indonesia, Nasi Langgi Spesial Kuning pasti bakal bikin kamu puas. Nasinya itu berupa nasi kuning yang dibentuk tumpeng mini dan lauknya ada ayam goreng, kentang balado, kentang kering, terik daging, serundeng kelapa, abon sapi, dan telur dadar. Yang bikin makin enak ada sambal dan lalapannya juga. Harganya nggak sampai 50 ribu tapi porsinya pasti bikin kamu kekenyangan.

Lokasi:
Dapur Solo
- Jl. Danau Sunter Utara Blok R No. 35-37, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 6405812.
- Jl. Matraman Raya, Matraman, Jakarta. Telp. (021) 29821977.
- Jl. Panglima Polim 1 No. 95, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7222311.

4. Live Seafood Cabe Ijo
Live Seafood Cabe Ijo
Live Seafood Cabe Ijo via toptier.id
Kalau restoran yang ini adalah salah satu hidden gem di Muara Karang. Tempatnya mungkin nggak terpencil karena ada di Muara Karang Raya, tapi rasa enak makanannya pasti melebihi ekspektasi kamu. Yang ngidam makan kepiting harus ke sini. Chilli Crab di restoran Jakarta Utara ini jagoan banget, porsinya banyak, dan dagingnya besar-besar. Menu ini disajikan dengan saus merah yang kombinasi rasa pedas, gurih, dan asam nya perfect abis. Mereka juga menyajikan Nasi Merah lho buat teman makan seafood mu. Cocok banget nih buat yang doyan makanan sehat.

Lokasi:
Live Seafood Cabe Ijo
Jl. Muara Karang Raya No. 40, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 34673179.

5. Jjigae House
Jjigae House
Jjigae House via anakjajan.com
Kalo kamu lagi kepengen banget makanan Korea enak tapi males macet-macetan ke Senopati yang jadi gudangnya restoran Korea autentik, kamu bisa dateng ke Jjigae House di Muara Karang, Kelapa Gading, atau Pesanggrahan. Restorannya boleh kecil, tapi makanannya jempolan semua dan porsinya tuh BESAR banget. Yang paling terkenal adalah Budae Jjigae yang bisa buat sharing 4-6 orang. Tumpukan sayuran dan stir fried chicken nya akan makin pecah kalau kamu tambahin extra cheese. Ini cocok lho disantap saat musim hujan kayak sekarang. Ngangetin perut banget!

Lokasi:
Jjigae House
- Jl. Muara Karang Raya No. 40A, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 66602487.
- Jl. Boulevard Raya, Blok WA2 No. 32, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4530420.
- Jl. Pesanggrahan Raya No. 8, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 58908815.

6. Sushi Masa
Sushi Masa
Sushi Masa via anakjajan.com
Restoran sushi emang udah menjamur di Jakarta, tapi yang menyajikan sushi autentik itu nggak banyak. Kalau mau coba, kamu bisa mampir di Sushi Masa yang lokasinya nggak mainstream, ada di daerah Penjaringan Jakarta Utara. Sensasi makan sushi autentik itu beda banget lho. Dari segi rasa dan kualitas aja udah keliatan. Bener-bener susah buat dilupakan lezatnya. Terus, kamu juga bisa menyaksikan langsung gimana chef membuat sushi pesanan kamu di bar, bahkan mengajaknya ngobrol. Udah banyak banget orang yang mengakui kalau restoran tersembunyi ini adalah salah satu restoran sushi terbaik di Jakarta. Tapi emang mereka nggak salah, sushi dan sashimi di Sushi Masa selalu fresh. Salmon Aburi Sushi yang melting di mulut jadi idola di sini. Rasanya emang enak banget, daging salmonnya tebal, dan nggak akan rugi deh kalau pesan banyak. Kalau mau yang beda, kamu juga bisa cobain menu Omakase yang disiapkan langsung  oleh chef Sushi Masa.

Lokasi:
Sushi Masa
Jl. Tuna Raya 5 No. 3 - 4F, Penjaringan, Jakarta. Telp. (021) 29263561.

7. Six Ounces Coffee
Six Ounces Coffee
Six Ounces Coffee via manual.co.id
Mau ngopi di Jakarta Utara? Bisa banget! Melipir lah ke daerah Kelapa Gading dan temukan Six Ounces Coffee. Kualitas kopinya setara sama Giyanti yang disebut-sebut sebagai coffee shop terbaik di Jakarta. Nggak usah bingung, biji kopi di sini emang berasal dari Giyanti juga, jadi kualitasnya nggak perlu dipertanyakan. Di sini kamu nggak cuma bisa ngopi aja lho. Berhubung Six Ounces Coffee itu bekerja sama dengan The Green Door Kitchen yang lokasinya ada di sebelahnya persis, kamu juga bisa memesan makanan unikdan lezat dari restoran top tersebut. Isi perut dengan Cuban Sandwich dan Cheese Burger jadi kewajiban di sini.

Lokasi:
Six Ounces Coffee
Jl. Gading Indah Raya Blok NB 2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0812-9559-2233.

8. Izakaya Kai
Izakaya Kai
Izakaya Kai via makancengli.id
Ini dia restoran di Pluit paling hits bulan September, Izakaya Kai. Buat yang belum tahu, restoran Jepang di Jakarta Utara ini merupakan brainchild Chef Adhika Maxi dan Chef Karen Carlotta yang udah sukses dengan Union. Restoran ini mungkin akan menginspirasi lebih banyak lagi restoran lain buat buka di Jakarta Utara. Yang tidak boleh dilewatkan jelas cake ciptaan Chef Karen yang rasanya udah terbukti ENAK. Andalannya masih tetap Red Velvet, tapi yang bikin beda itu ada rhum di dalamnya yang punya aroma dan rasa cukup kuat. Buat masakan Jepangnya sendiri, kamu akan dimanjakan dengan aneka Tempura, Yakiniku, Donburi, dan masih banyak lagi. Dan menu yang sangat berkesan itu adalah 8 Hours Pork Belly & Trotter. Asli, pork belly nya super juicy dan sedap banget.

Lokasi:
Izakaya Kai
Jl. Pluit Kencana No.59, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 22663966.
Ippeke Komachi

Bagi pecinta makanan khas Jepang, disinilah tempat yang pas untuk kamu coba yaitu Sushi. Di tempat ini ada dua pilihan tempat yang ditawarkan untuk kita menyantap menu pesanan, yaitu sushi bar atau meja yang disediakan oleh pelayan. Tempatnya cukup nyaman dan desain ala Jepang.
Menu sushi yang disajikan di tempat ini yaitu Happy Salmon,  Jumbo California Roll, Spicy Salmon Salad, Salmon Nigiri, dll. Harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat di kantong.

Alamat: Mall Kelapa Gading 3, Jl. Kelapa Gading Boulevard
Harga: Mulai Rp 14.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

9. Mujigae
Mujigae
Mujigae via empiechubby.com
Resto khas Korea ini cukup unik, memberikan kesan suasana yang modern dan futuristik. Ketika kamu datang kesini, pemesanan makanan dapat dilakukan melalui pad atau tablet yang disediakan di setiap meja.

Uniknya, selain memesan makanan di pad ini kamu bisa langsung memesan lagu dan melihat billing.
Makanan yang menjadi andalan disini adalah Jajangmyeon dan BBQ yang diberikan grill kecil yang portable seperti Spicy Bulgogi. Rasanya juga sangat lezat dan nikmat khas Korea.
Alamat: Mall Kelapa Gading 3 Lamtai Dasar, Jl. Boulevard, Kelapa Gading
Harga: Rp 26.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 10.000 – 22.00 WIB