PLARIUSMODIFIKASI101

List Obyek Wisata Terbaik di Tidore Kepulauan Maluku Utara

Monday, November 26, 2018
Tidore merpakan suatu pulau yang terletak di kepulauan Maluku Utara, Tidore merupakan Kota yang kaya akan budaya, sejarah dan pastinya potensi wisata. Nah, penasaran obyek wisata apa saja yang terdapat di Tidore? Yuk, intip 7 rekomendasi objek wisata terbaik di Tidore kepulauan Maluku Utara berikut ini.

1. Gunung Tidore
Gunung Tidore
Gunung Tidore via yosgama.wordpress.com
Rekomendasi pertama adalah Gunung Tidore. Destinasi alam ini terletak di Tidore kepulauan Maluku Utara, biasanya masyarakat setempat mengenalnya dengan Kie Matubu. Kie Matubu ini mempunyai ketinggian 1.730 meter diatas permukaan laut. 

Saat anda berada di puncak Gunung Tidore ini  anda akan langsung disuguhi pemandangan yang benar-benar indah, kita bisa melihat berbagai pulau dari atas puncak gunung ini, seperti pulau Maitara, Pulau ternate, Pulau Halmahera dan masih ada lagi. Pada malam hari kita bisa melihat indahnya pemandangan lampu yang ada di kota Ternate dan  di lereng Gunung Gamalama.

Gunung Tidore ini terletak di Desa Gurabunga, Tidore, Maluku Utara, jika beragkat dari pelabuhan Rum anda akan menempuh perjananan sektar  65 menit. Demi keaman, saat tiba sebaiknya anda  langsung melapor ke penduduk setempat, untuk mendapatkan petunjuk pendakian lebih lanjut.

2. Pantai Cobo
Pantai Cobo
Pantai Cobo via tips-wisata-indonesia.blogspot.com
Pantai Cobo ini merupakan salah satu pantai yang ada di Tidore Maluku Utara, saat musim liburan tiba, pantai ini ramai di datangi pengunjung, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Daya tarik utama dari pantai cobo ini ialah pasir pantai yang ada sangat halus dan bersih yang disertai sapuan ombak yang begitu bersih. Pantai ini juga banyak ditumbuhi pepohonan rindang, sehingga memberikan kesan sejuk bagi pengunjung yang mengunjunginya, sehingga cocok untuk manyaksikan matahari terbenam.

Pantai cobo terletak di sebelah utara Pulau Tidore tepatnya di kelurahan Jikocobo, Provinsi Maluku Utara 

Sayangnya pantai ini belum di dukung dengan adanya fasilitas umum yang  memadai bagi anda yang ingin Diving atau Snorkling. Jadi, anda anda harus mempersiapkan peralatan sediri dari rumah.

3.  Pantai Akesahu
Pantai Akesahu
Pantai Akesahu via genpi.co
Saat anda berkunjung ke suatu pantai, pasti anda akan menemui pasir, ombak atau karang. Tapi apa jadinya bila anda berkunjung ke suatu pantai lalu justru menemukan aliran air panas? Nah, sensasi itu yang akan anda alami jika berkunjung ke pantai Akesahu di Tidore.

Tentunya keunikan tersebut yang menjadi daya tarik pantai ini, sehingga tak heran tiap hari pantai ini selalu dibanjiri pengunjung. Dan selain bisa menikmati air panas, tentunya Akesahu juga menawarkan pesona keindahan pantai, yang begitu eksotis.

Pantai Akesahu ini berada di Tim, Tosa, Tidore , kota Tidore, Kepulauan Maluku Utara

Disana sudah terdapat berbagai fasilitas pendukung, bahkan sudah dibangun  gazebo di pinggir pantai  sebagai sarana pendukung.

4. Pantai Pulau Maitara
Pantai Pulau Maitara
Pantai Pulau Maitara via dream.co.id
Destinasi pantai pulau Matiara terletak di antara pulau Tidore dan Ternate. Ya,  pulau mempesona ini tentunya pernah anda lihat di pecahan uang seribu rupiah. Nah, menariknya, karena pulau ini berada di tengah-tengah, jadi anda bisa mengunjunginya dari Tidore maupun Ternate.

Karena pesonanya yang sudah cukup dikenal, tak heran jika setiap harinya banyak traveler, yang berkunjung. Tak sedikit dari mereka yang jauh dari luar daerah atau luar pulau, karena penasaran dengan pesonanya, hingga membuatnya dijadikan logo dalam pecahan mata uang.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang disajikan, disini anda bisa bermain-main pasir maupun air. Dan menariknya, tempat ini merupakan surga buat para pemancing mania. Jadi, jangan lupa membawa pancing dari rumah saat berkunjung kesana.

5. Museum Kesultanan Tidore  (Sonyine Malige)
Museum Kesultanan Tidore  (Sonyine Malige)
Museum Kesultanan Tidore  (Sonyine Malige) via wisatadirektori.com
Obyek wisata terbaik di Tidore selanjutnya adalah museum Kesultanan Tidore. Perlu diketahui, hanya terdapat satu museum ini saja di Tidore. Jadi, sangat sayang bila anda melewatkan museum ini saat di Tidore. Disana Anda bisa menemukan berbagai barang bersejarah peninggalan kesultanan Tidore, Maluku Utara. Anda bisa melihat dan mengetahui peninggalan pada pada kesultanan Tidore seperti singgasana kesultanan, pakaian adat kesultanan, alat-alat perang,dan alat berburu, rumah adat, dan terdapat Al-Quran yang berisikan tulisan tangan yang menjadi Al-Quran tertua di Tidore.

Jadi, disana anda bisa berwisata sekaligus mengenalkan sejarah kesultanan Tidore pada sang buah hati. Karena merupakan satu-satunya di Tidore, maka setiap harinya destinasi ini tak pernah sepi dari pengunjung. Terlebih saat hari minggu atau liburan sekolah.

Museum Kesultanan Tidore ini terletak di Soasio, Kota Tidore, Kepulauan Maluku Utara.

6. Wisata Pancing Pulau Woda 
Wisata Pancing Pulau Woda
Wisata Pancing Pulau Woda via wado-island.blogspot.com
Obyek wisata selanjutnya adalah pulau Woda. Pulau woda yang terkenal dengan pesona alamnya ini, merupakan pulau yang tidak memiliki berpenghuni. Padahal dulunya, pulau  ini bukan sebuah pulau kosong. Konon menurut cerita masyarakat sekitar, penduduk yang bermukim di pulau tersebut adalah para nelayan. Namun kemudian pemerintah memindahkan penduduk setempat ke Pulau Halmahera, sehingga kini menjadi pulau tak berpenghuni. Dan saat ini Pulau Woda secara resmi telah dijadikan objek wisata, khusunya, untuk para pemancing mania.

Tak salah jika pulau ini menjadi surganya para pemancing, sebab pulau Woda mempunyi spot memancing ideal, ditambah lagi dengan adanya fasilitas atau sarana berupa perahu untuk dijadikan kendaraan pemancing. Biasanya sarana perahu ini sudah masuk dalam paket wisata Pancing Pulau Woda yang ditawarkan pengelola. 

Biasanya dalam paket wisata pancing tersebut, pengunjung bisa menikmati fasilitas pendukung lainnya seperti akomodasi pelabuhan, penginapan dan konsumsi. Pengunjung juga bisa melihat ataupun ikut serta dalam kegiatan penangkapan ikan menggunakan alat tradisional.

Dan disana tidak hanya bisa menikmati kegiatan memancing saja, tetapi para penggunjung juga bisa merasakan sensasi berada di  pulau pribadi, karena tak banyak orang datang ke pulau ini.

Pulau Woda yang eksotis ini berada diwilayah kecamatan Oba, Kota Tidore, Provinsi Maluku Utara 

7. Monumen Pendaratan Bangsa Spanyol Pertama Kali di Tidore
Monumen Pendaratan Bangsa Spanyol Pertama Kali di Tidore
Monumen Pendaratan Bangsa Spanyol Pertama Kali di Tidore via rudysalam18.blogspot.com
Saat anda berada di Tidore ada baiknya anda mengunjungi monument yang merupakan bagian sejarah di Tidore, Maluku Utara, yakni Tugu Pendaratan bangsa Spanyol saat pertama kali tiba di Tidore. 

Monument ini merupakan monument bersejarah dan pernah menjadi perhatian Dunia karena disinilah awal perjalanan Spanyol berkeliling dunia dan untuk mengenang moment pada masa itu Spanyol membuat Monument pendaratan.

Untuk anda yang tertarik kesana, alamat lengkap Tugu Pendaratan ini berada di Kelurahan rum, Kota Tidore, Provinsi Maluku Utara. Letaknya berada tepat di pinggir jalan raya, jadi sangat mudah dicari. Jika pengunjung berangkat dari Pelabuhan, untuk menuju ke kelurahan rum, membutuhkan waktu tempuh hanya sekitar 5 menit saja. 

Memang saat mengunjungi monumen ini, pengunjung tidak bisa menemukan fasilitas wisata pendukung, jadi hanya disuguhi pemandangan sebuah monument berwarna hitam besar, yang mempunyai tulisan dalam tiga bahasa yakni Spanyol, Inggris dan Indonesia. 

8. Desa Gurabunga
Desa Gurabunga
Desa Gurabunga via yosgama.wordpress.com
Obyek wisata favorit di Tidore berikutnya adalah desa Gurubunga. Sebagaimana yang kita tahu, bila diartikan dalam bahasa Indonesia, Gurubunga berarti Taman Bunga. Desa Gurabunga ini mempunyai hawa yang sejuk karena lokasinya ada di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut, tepatnya di lereng Gunung Tidore atau Kie Matubu.

Selain udaranya yang sejuk, keharmonisan masyarakat setempat yang memikat daya tarik wisatawan. Berbagai agama dan budaya yang mereka percayai tidak menjadi penghalang untuk bisa saling menghargai satu sama lain sehingga desa ini begitu menginspirasi dan layak dijadikan destinasi tujuan berlibur yang menyenangkan di Tidore. Terlebih masyarakat setempat sangat ramah dengan pengunjung.

Dimana lokasi desa Gurabunga ini? Nah, jika anda ingin berkunjung anda bisa mendatangi suatu kelurahan yang ada di Tidore, provinsi Maluku Utara, tepatnya di lereng gunung Tidore atau Kie Matubu. Biasanya Gurabunga dijadikan rute awal pendakian oleh para wisatawan yang ingin mendaki ke Gunung Tidore.

Di desa ini, para pengunjung bisa melihat  rumah adat  yang sudah berusia ratusan tahun dan masih berdiri kokoh dengan bentuk bangunan yang sangat khas.  

Itulah diatas beberapa spot wisata terbaik yang ada di Tidore, Maluku utara. Tentunya masih banyak lagi spot menarik lainnya disana.