PLARIUSMODIFIKASI101

List Tempat Wisata Terbaik di Sibolga, Sumatera Utara

Saturday, November 3, 2018
Indonesia memang memiliki kekayaan wisata yang begitu luar biasa. Hampir di setiap daerah, memiliki daya tarik wisata tersendiri. Begitupun di kota Sibolga. Ya, Sibolga yang merupakan bagian dari provinsi Sumatera Utara ini kaya akan destinasi wisata, khususnya wisata alam. 

Untuk anda yang belum tahu, kota ini berjarak sekitar 350 kilometer dari kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 8 jam bila melewati perjalanan darat.  Nah, penasaran dimana saja tempat-tempat indah yang ada di Sibolga, Sumatera Utara? Langsung saja intip berikut ini.

Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Sibolga, Sumatera Utara

1. Pantai Ujung Sibolga
Pantai Ujung Sibolga
Ilustrasi Pantai Ujung Sibolga via beritagar.id
Terletak sangat dekat dengan Samudra Hindia membuat kota Sibolga memiliki banyak pantai cantik. Salah satunya adalah Pantai Ujung Sibolga. Pantai ini terletak di Simare-Mare, Sibolga Utara. 
Pasir di Pantai Ujung Sibolga didominasi oleh pasir kecoklatan yang sangat halus dengan hamparan birunya air laut. Jika Anda ingin berenang, Anda bisa berenang di pantai ini karena ombak di sini tidak terlalu ganas. Setiap harinya wisatawan lokal maupun dari luar kota selalu datang berkunjung ke pantai ini. Selain itu, ada bermacam-macam restoran yang Anda bisa nikmati sembari bersanti di pantai ini.

2. Pulau Putri
Pulau Putri
Pulau Putri via wisataku.id
Lokasi wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi saat berada di Sibolga adalah Pulau Putri. Pulau yang memiliki keistimewaan tersendiri ini terletak sekitar 12 mil laut dari kota Sibolga. Anda akan terkagum-kagum sendiri ketika melihat pemandangan alam yang sangat indah dari lokasi ini. Birunya lautan yang bergradasi berpadu dengan hamparan pasir putih menambah kesempurnaan dari pantai ini. 

Pulau Putri ini merupakan surganya para penyelam. Anda bisa melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang sangat memukau. Jika Anda ingin datang ke sini, Anda harus datang beramai-ramai. Pasalnya, biaya sewa untuk ke pulau ini lumayan mahal, yaitu bekisar Rp 1.000.000,- atau Rp 1.500.000,- dengan menggunakan kapal kecil.

3. Pulau Sarudik
Pulau Sarudik
Pulau Sarudik via tempatberliburwisata.blogspot.com
Salah satu destinasi wisata andalan selanjutnya yang wajib di kunjungi ketika Anda berada di Sibolga adalah pulau Sarudik. Lokasinya terletak di Kecamatan Sibolga Sambas, Kabupaten Sibolga. Pulau ini dikenal juga dengan sebutan Pulau Sarudut. Selain memiliki panorama alam pantai yang indah nan eksotis, pulau Sarudik memiliki air laut berwarna biru jernih serta berpasir putih. Kondisi di sekitar pulau ini masih sangat alami dan terjaga kelestariannya. Pasalnya, di tempat ini Anda bisa menemukan banyaknya pepohonan hijau berupa tanaman bakau dan pohon kelapa. 

Pulau yang masih belum dikenal banyak orang ini pun juga menyimpan panorama surga bawah laut yang mengagumkan. Di bawah laut pulau Sarudik terdapat banyak sekali beragam jenis dan bentuk terumbu karang yang indah dan siap memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya. Anda dapat memancing, berenang, diving, bermain volly pantai bahkan berkeliling pulau ini dengan perahu. Untuk fasilitas seperti  restoran dan resort, Anda bisa memesannya di kota Sibolga yang berjarak sekitar 3 km saja, tidak terlalu jauh bukan.

4. Pulau Poncan Gadang dan Ketek
Pulau Poncan Gadang dan Ketek
Pulau Poncan Gadang dan Ketek via jelajahiya.blogspot.com
Lokasi wisata selanjutnya yang ada di Sibolga adalah Pulau Poncan Gadang. Pulau Poncan sebenarnya terdiri dari 2 pulau yaitu Poncan Gadang dan Poncan Ketek. Kedua pulau tersebut adalah pulau kembar yang saling bersebelahan. Lokasinya berada di dekat dermaga kota Sibolga atau berjarak sekitar 365 kilometer dari sebelah timur kota Medan.

Pulau pertama adalah Poncan Gadang. Sesuai dengan namanya, Poncan Gadang berarti Poncan Besar. Selain keindahan pantainya, terdapat gua-gua Jepang yang menjadikan pulau ini mendatangkan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Para wisatawan pun bisa berkeliling di pulau ini menggunakan speedboat dengan harga yang sangat murah. Wisatawan hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000,-/orang. Tak hanya itu, keberadaan sarana penginapan dan hotel akan menyambut Anda dengan tangan terbuka jika ingin berlama-lama singgah di pulau cantik ini.

Tempat wisata selanjutnya adalah kembaran dari pulau Poncan Gadang, yaitu pulau Poncan Ketek. Sesuai dengan namanya, Poncan Ketek berarti Poncan Kecil. Meskipun pulau ini lebih kecil Daripada Pulau Poncan Gadang, tetapi keeksotisan dari pulau ini tak bisa diragukan lagi. Pasalnya, pulau ini menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang sangat memukau. Bagi Anda yang pecinta air dan pemandangan di bawah laut, Anda bisa melakukan diving atau snorkeling di pulau ini. Selain itu, pulau ini menawarkan kilau sempurna saat sunset dan menyediakan lokasi berkemah jika ingin menginap di pulau ini.

5. Pantai Indah Kalangan
Pantai Indah Kalangan
Pantai Indah Kalangan via pedomanwisata.com
Pantai selanjutnya yang ada di Sibolga adalah Pantai Indah Kalangan. Pantai ini berada tepat di pinggir jalan lintas ke arah pusat kota Sibolga dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Keunikan dari pantai ini adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah perbukitan. Panorama perbukitan di sekitar pantai ini pun terlihat sangat jelas dan membentang sepanjang cakrawala. Sehingga tidak salah jika hal tersebut yang membuat pantai ini begitu istimewa di mata para wisatawan.

Selain keindahan alam yang berlatar bukit-bukit cantik, para wisatawan bisa berkeliling mengitari pulau-pulau yang ada di sekitar area ini dengan menggunakan boat. Berkeliling pulau dengan menggunakan boat sembari melihat bukit-bukit yang membentang tentu memberikan pengalaman yang berbeda. Anda pun bisa memancing di sekitar pantai ini. Tak hanya itu, di sekitar pantai terdapat gazebo-gazebo yan bisa dinikmati sembari memesan berbagai hidangan mulai dari makanan berat hingga makanan ringan yang terdapat di warung sekitar pantai. Pada waktu tertentu, di pantai ini sering diselenggarakan perlombaan motor cross atau konser musik. 

6. Benteng Simare-Mare
Benteng Simare-Mare
Benteng Simare-Mare via tripjalanjalan.com
Wisata selanjutnya adalah wisata sejarah. Wisata sejarah tersebut bernama Benteng Simare-Mare. Benteng ini hanya berjarak kurang lebih 300 meter saja dari kota Sibolga, lebih tepatnya berada kelurahan Simare-Mare, kecamatan Sibolga Utara. Di sini, para wisatawan akan disuguhkan sebuah benteng bersejarah yang ada di kota Sibolga. Terdapat dua benteng beton yang berbentuk persegi panjang dengan lubang-lubang angin yang menyertainya. Selain mendapatkan pengetahuan, benteng ini dapat dijadikan background foto bersama atau selfie yang sangat menarik.

7. Goa Sikaje-Kaje
Goa Sikaje-Kaje
Ilustrasi Goa Sikaje-Kaje via tribunnews.com
Selain pantai dan pulau, di Sibolga terdapat sebuah wisata goa. Wisata goa tersebut bernama Goa Sikaje-Kaje. Goa ini terletak di lereng bukit Sikaje-Kaje, kelurahan Aek Manis. Goa Sikaje-Kaje memiliki bentuk unik. Gedung tersebut berbentuk terowongan setengah lingkaran dengan dua pintu yang di dalamnya terdapat empat rongga. Konon, empat rongga tersebut dulunya merupakan tempat untuk menginterogasi tawanan. Menurut warga sekitar, goa ini adalah salah satu dari beberapa peninggalan sejarah yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. 

8. Benteng Bukit Ketapang Sibolga
Benteng Bukit Ketapang Sibolga
Benteng Bukit Ketapang Sibolga via syahwandiblog.wordpress.com
Tempat wisata sejarah selanjutnya yang ada di Sibolga adalah benteng Bukit Ketapang Sibolga. Lokasi Benteng Bukit Ketapang Sibolga ini berada di sekitar Bukit Ketapang, Kelurahan Sibolga Ilir. Benteng Ketapang Sibolga merupakan benteng peninggalan dari zaman penjajahan Jepang.

Di benteng ini terdapat enam buah benteng yang memiliki sejarah. Dua buah benteng berada di bukit, sementara tiga benteng lainnya berada di puncak bukit, sedangkan satu lagi merupakan fondasi bekas Benteng Ketapang. Dan terdapat satu lubang lagi yang dijadikan lubang angin bagi benteng. Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat Kota Sibolga dan kawasan Teluk Tapian Naulin beserta pulau-pulau kecil yang berada di sana. Selain itu, pemandangan matahari terbenam dari atas bukit Benteng Ketapang Sibolga juga terlihat sangat indah.

9. Tangga Seratus
Tangga Seratus
Tangga Seratus via triptrus.com
Obek wisata terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah Tanggo Seratus. Tanggo Seratus merupakan objek wisata bukit yang berada di tengah-tengah kota Sibolga. Lokasi tepatnya berada di Jalan Sutoyo Siswomiharjo, Kelurahan Pasar Baru 

Tanggo Seratus memiliki peninggalan sejarah berupa sejarah penjajahan di zaman Belanda. Tidak sesuai dengan namanya yaitu Tanggo Seratus (tangga seratus),  anak tangga di sini berjumlah 293. Selain memiliki wisata sejarah, memandang kepadatan penduduk kota Sibolga serta menikmati indahnya sunset di kala sore dengan pemandangan teluk Tapian Nauli nan indah sangat cocok untuk bersantai menghabiskan akhir pekan Anda. 

Bagaimana? Keren-keren semua bukan, destinasi wisata terbaik Sibolga, Sumatera Utara diatas?