PLARIUSMODIFIKASI101

Oleh-Oleh Khas Balikpapan Kalimantan Timur, Penuh Cinderamata Menarik

Friday, November 2, 2018
Balikpapan adalah kota terbesar di Kalimantan Timur. Kota Balikpapan menjadi pusat industri, perekonomian terbesar se-Kalimantan. So, kota ini sangatlah tepat bagi kamu yang sedang mengincar berbagai oleh-oleh khas. Pasalnya, kota yang menghasilkan tambang dan minyak bumi. Hasil alam tersebut, kemudian banyak diolah sebagai cinderamata. Sehingga berbagai barang-barang maupun makanan khas kota Balikpapan pun beranekaragam. Kamu bisa mencoba membelinya jika sedang berkunjung kesana. Membawa buah tangan yang khas dari sana pasti menyenangkan banyak orang. Apalagi oleh-oleh khas kota ini diolah dengan hasil yang kreatif.

Jika kamu ingin berkunjung, letak kotanya di pinggir laut (teluk). Kota yang sebagian mata pencahariannya adalah penambang. Mencari hasil tambang minyak bumi, dan pengrajin batu. Pasalnya, posisi Balikpapan diatara pantai dan perbukitan. Sehingga, penambang selalu jadi tukang pengeboran minyak di daerah teluk Balikpapan. Namun, kamu Sobat Traveller yang mau berkunjung kesini siap-siap dompet tebal ya. Karena, kehidupan disana mahal. Untuk satu kali makan minimal 15 ribuan. 

Pusat Berbelanja Oleh-Oleh Khas Balikpapan Kalimantan Timur
Bagi kamu yang sedang ke Balikpapan, dan ingin berbelanja oleh-oleh tidak perlu kwatir. Pasalnya, kota ini sudah menempatkan pusat oleh-olehnya.  Pertama, terdapat Pasar Inpress Kebun Sayur. Namanya pasar kebun sayur, tetapi bukan menjual sayur. Pasar ini menyediakan aneka pernak-pernik dan makanan khas Balikpapan. Menjual berbagai jajanan ringan, yang dapat kamu beli. Notabene sebagai makanan ringan, tentu sangat pas jika kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Pasar inpress kebun sayur sudah berdiri sejak tahun 1981, awalnya memang pasar sayuran tetapi berhubung kebijakan pemerintah maka diubah menjadi pusat oleh oleh khas kota Balikpapan Kalimantan Timur. 

Pasar inpress kebun sayur menjadi saksi perkembangan kota Balikpapan
Kedua, kamu juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh berupa produk khas kota Balikpapan di Center UKM. Beralamatkan, kawasan stal kuda di Jl. Marsma Iswahyudi Kota Balikpapan. Berada di depan BSB (Balikpapan Super Block) sampai dengan SPN (Sekolah Polisi Negara) Balikpapan. Di area lokasi tersebut juga bayak berderet berbagai ruko.  

Ketiga, Beruang Madu. Julukan untuk kawasan yang menyediakan batik dan kain songket. Terletak di Jln. Ruhui Rahayu Kota Balikpapan. Kawasan Beruang Madu diambil dari ikon maskot kota Balikpapan yaitu beruang madu. Terdapat banyak toko yang berderet di kawasan ini. Mulai dari kain songket, batik hingga bisa memesan desain batik dan kaos. Selain batik sebagai oleh-oleh khas Balikpapan, juga menyediakan kaos dengan tulisan bahasa Balikpapan yang digemari anak muda orang sana. Jika datang kesini tidak membawa kendaraan sendiri, bisa menggunakan angkutan kota warna hijau muda nomor 2, atau bisa datang di terminal Balikpapan Permai akan terdapat bis kota dan angkuta sesuai jurusan yang dituju. Selain itu, lebih modern lagi kamu juga bisa pesan ojek online.

Variasi Oleh-Oleh Khas Balikpapan Kalimantan Timur
Kali ini akan membahas variasi oleh-oleh khas Balikpapan baik berupa kuliner maupun cinderamata, beserta pesona pariwisata keindahan alam-nya. Pesona Pariwisata kota Balikpapan antara lain; Hutan Mangrove, KWLPH Beruang Madu, Pantai Kemala, Pantai Manggar Segara Sari, Penangkaran Buaya Teritip, Taman Bekapai, A3 Airsoftgun, Pasar Kerajinan Kebun Sayur dan Hutan Lindung Sungai Wain. 

Para traveller setelah lelah berkunjung mengelilingi sanak saudara atau liburan long weekend di kota Balikpapan. Lelah pasti lapar, selalu ketawa jika mengingat kalimat itu. Mari kita melakukan wisata kuliner. Setelah nikmat menyantap kuliner, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, dan rekan kerja yang ada di kota asal. Agar bukan hanya kamu yang merasakan kebahagiaan, tetapi mereka juga ikut merasakan. Oleh-oleh khas kota ini pun sangat bervariatif, juga bisa kamu jadikan kenang-kenangan.  

1. Amplang
Amplang
Amplang via travelingyuk.com
 Makanan ini sejenis kerupuk dari bahan dasar ikan tengiri. Biasanya dijual dengan label bumbu kuku macan, mungkin memang bentuknya yang panjang pipih membuat amplang menjadi julukan bumbu kuku macan.

2. Bingka
Bingka
Bingka via idetraveling.com
 Bingka itu roti berbentuk bunga besar, rasanya manis, legit. Bahan dasarnya adalah kentang dan labu. Dikenal sebagai bingka stal kuda. Berhubung zaman semakin modern bentuknya sudah tidak lagi bunga, ada yang bintang, bulat, boneka dan sebagainya.

3. Aneka Olahan Kepiting
Aneka Olahan Kepiting
Aneka Olahan Kepiting via dwirachma044.wordpress.com
Olahan kepiting biasanya seafood yang dijual di pinggir jalan atau resto besar. Memang Balikpapan penghasil kepiting terbesar di Indonesia tidak heran jika kepiting menjadi makanan khas. Olahan kepiting disini bukan hanya makanan seafood saja, tetapi dimasak menjadi peyek kepiting dan kripik kepiting.

4. Pisang Gapit
Pisang Gapit
Pisang Gapit via ksmtour.com
Pisang ini digapit menggunakan tungku datar pipih. Kemudian dipanggang di atas kompor kecil dicampur dengan gula merah yang diberi santan.

5. Kue Dollar Udang
Kue Dollar Udang
Kue Dollar Udang via blogunik.com
Sebenarnya ini kue udang yang dibentuk bulat pipih menyerupai uang koin dollar. Bisa dimakan tempat atau bahkan cocok untuk dibawa pulang.

6. Mantau
Mantau
Mantau via balikpapan-info.blogspot.com
Kue ini berasal dari Tiongkok bentuknya seperti bakpao. Ini jenis roti yang digoreng kemudian disajikan dengan daging sapi atau daging kambing yang bumbui bumbu rahasia khas Balikpapan, dilengkapi dengan saus istimewa pula. Masalah harga jangan takut menguras dompet, karena harga berkisar 3.000 per biji.

7. Assesoris Pernak-Pernik Suku Dayak
Assesoris Pernak-Pernik Suku Dayak
Assesoris Pernak-Pernik Suku Dayak via kaltim.tribunnews.com
Suku dayak dalam upacara adat selalu memakai pernak-pernik kalung, gelang, topi. Tetapi dalam setiap butir warnanya memiliki simbol tersendiri. Warna merah menggambarkan semangat, warna biru menggambarkan perdamaian dan masih banyak warna yang memiliki simbol tersendiri.

8. Batik Balikpapan
Batik Balikpapan
Batik Balikpapan via oleholehetam.com
Batik memang khas dari Indonesia, tetapi di setiap daerah memiliki motif masing-masing. Motif dari batik Balikpapan itu simpel dengan warna yang cerah. Motif diambil flora dan fauna khas daerah Balikpapan seperti motif pohon mangrove, motif hewan beruang madu. Batik balikpapan sangat istimewa karena menjadi ikon khusus sehingga salah satu kebanggan tersendiri oleh kota Balikpapan.

9. Bakpia Balikpapan
Bakpia Balikpapan
Bakpia Balikpapan via sepinggan-airport.com
Bukan hanya Yogyakarta saja yang oleh-oleh khasnya bakpia patok. Di Balikpapan memiliki bakpia khas sendiri, berbeda dengan bakpia pada umumnya. Khas dari bakpia ini adalah ukuran yang lebih besar, rasanya tidak manis cenderung gurih sedikit asin. Varian rasa kacang hiau, keju, dan coklat.

10. Batu Mulia
Batu Mulia
Batu Mulia via travel.detik.com
Ini kekayaan alam yang banyak diminati oleh konsumen, karena letak Balikpapan di perbukitan jadi banyak batu mulia. Maka dari itu, dikenal dengan penambangan minyak maupun penambangan batu. Jenis batu ada dua, yaitu batu alam dan mulia dengan harga mahal berkiar 500 ribu rupiah – 1 juta rupiah per butir.

11. Kain Songket Balikpapan
Kain Songket Balikpapan
Kain Songket Balikpapan via allenashop.blogspot.com
Kain ini lebih elegan dan mempesona dengan tampilan cantik sehingga semua tertarik untuk memakai.

12. Senjata dan Patung Kalimantan
Senjata dan Patung Kalimantan
Senjata dan Patung Kalimantan via rappeoshop.wordpress.com
Senjata zaman penjajahan yang digunakan orang Kalimantan perang, yang sekarag dijadikan warisan budaya atau pentas seni budaya di daerah. Serta patung kalimantan yang dipercaya sebagai roh hewan dan assesoris ikon Balikpapan.

Nah, sudah pada tahu pastinya setelah membaca ulasan di atas seputar Balikpapan. Khususnya oleh-oleh khas kota tersebut yang dihasilkan dari kekayaan alam dengan diolah secara kreatif. So, kamu dapat memilih mana oleh-oleh khas yang cocok buat dibawa pulang. Bukan hanya berupa jajanan atau makanan, bahkan barang-barang bernilai tinggi yang bisa dijadikan cinderamata sangatlah menarik.

Tunggu apa lagi, banyak wisata alam yang wajib dikunjungi untuk memanjakan mata kalian para Traveller. Setelah jalan-jalan, jangan lupa mampir untuk berwisata kuliner. Kemudian, yang terpenting harus membelikan oleh-oleh khas dari Balikpapan buat sanak saudara dan rekan kerja.

Sangat kaya kekayaan alam, terutama minyak bumi. Semakin banyak pula bahan olahan yang mejadikan harga bernilai tinggi sehingga Balikpapan berkembang menjadi kota industri perekonomian terbesar di Kalimantan. Balikpapan menjadi saksi pekembangan ekonomi Kalimantan semakin tahun semakin meningkat. Jika sumber daya manusia pandai mengolah akan menjadi olahan yang menakjubkan dikenal dunia. Bangga menjadi penduduk Kalimantan, banyak warisan budaya serta kekayaan alam yang melimpah. Tetap jaga tanah Balikpapan untuk masa yang akan datang.

Senang bisa berkunjung ke Balikpapan rasa lelah terbayar senang, perut pun kenyang. Pulang bisa membeli oleh-oleh khas untuk sanak saudara dan rekan kerja yang sudah tersedia di pusat berbelanja oleh-oleh khas Balikpapan. Semoga bermanfaat.