PLARIUSMODIFIKASI101

Oleh-Oleh Khas Bima Nusa Tenggara Barat, Enak Dan Unik

Sunday, November 11, 2018
Kali ini kita akan membahas seputar oleh-oleh dari pulau Nusa Tenggara Barat, lebih tepatnya di daerah Bima. Ya Nusa Tenggara yang terkenal dengan Komodonya, ternyata juga memiliki citarasa unik nan menarik yang tidak kalah dari daerah lain. Berbagai macam buah tangan yang khas kota ini bisa kamu coba bawa pulang Guys. Pasalnya, bukan hanya oleh-oleh berjenis jajanan maupun kuliner yang lezat dan nikmat. 

Tetapi, oleh-oleh berjenis souvenir atau barang-barang yang unik juga bisa kamu temui Guys. Terlebih, kamu juga bisa langsung mengunjungi pusat penjualan oleh-oleh nya. Bukan sekedar membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Namun, mengunjungi kesana juga akan membuat kamu lebih terasa menyenangkan dan melengkapi perjalanan traveling Guys.

Pusat Penjualan Oleh-Oleh Khas Bima Nusa Tenggara Barat
Untuk kamu yang bingung kemana akan membeli oleh-oleh khas kota Bima. Baik berjenis makanan maupun souvenir. Nih, Penulis kasih bocoran buat kamu Guys. So, akan mempermudahkan kamu jika berkunjung kesana. Di bawah ini ada beberap tempat yang bisa menjadi acuan kamu saat berlibur kesana.

Hotel Mutmainah
hotel mutmainah bima
hotel mutmainah bima via traveloka.com
Selain menawarkan penginapan, di hotel ini juga menawarkan one stop shopping aneka souvenir khas Bima. Mulai dari Batik Sasambo, batik cap, batik tulis dan juga tenun Sasambo. Selain itu, berbagai jenis kaos, kalung, gantungan kunci dan aksesoris lainnya juga ada. Kamu bisa mendapatkan 1 meter kain tenun Sasambi disini mulai dari harga 200 ribuan. Hemmm tertarik Guys? Langsung saja kunjungi alamatnya. Jalan Gajah Mada, Nomer 8, Kecamatan Rasanae Timur, Penaraga, Raba, Bima, Nusa Tenggara Barat.

Sasaku
Sasaku
Sasaku via kumparan.com
Outlet oleh-oleh yang memiliki dua cabang di daerah Komplek Pertokoan Dasan Cemen No. 31-32, Jl. Teguh Lopan, Mataram dan Senggigi. Semakin hari semakin banyak pilihan oleh-oleh. Disini melayani penjualan secara offline juga online. Ada sekitar 490 desain kaos yang bisa kamu jumpai disini. Yang pasti asli dari Sasaku.

Ada juga seperti kain pantai, batik, tas, dompet, etnik, hasta karya, dan lain-lain yang berlabel Lombok. Harga yang ditawarkan pun bersaing dengan tempat lainnya. Beberapa pengunjung mengakui harganya relatif murah. Selain itu, tambahan nilai plus untuk tiap kemasan yang dibuat menarik dan elegan.

Oleh-Oleh Khas Bima Nusa Tenggara Barat Berjenis Jajanan
Oleh-oleh menjadi sesuatu yang urgen bagi Sobat traveler. Tanpa membawa buah tangan saat pulang nge-trip, rasaya kurang afdol Guys. So, jika kamu berlibur ke kota Bima jangan lupa ya beli oleh-oleh khasnya. Nih, beberapa oleh-oleh khas yang bisa kamu beli, berjenis jajanan.

Krupuk Arunggina
Krupuk Arunggina
Krupuk Arunggina via alanmalingi.wordpress.com
Arunggina merupakan makanan sejenis rengginang, disini ada yang menyebutnya kue ada juga yang menyebutnya kerupuk, tapi apapun itu arunggina merupakan makanan khas Mbojo yang masih dinikmati hingga saat ini. Arunggina begitu nikmat saat disantap dalam keadaan hangat atau baru keluar dari penggorengan. Makanan ini agak sulit dijumpai, maka untuk menikmatinya kamu harus pergi ke daerah Pasar Ama Hami daerah Bima. Atau bisa juga saat acara khusus seperti malam nisfu sya’ban. 

Range
Range
Range via bimasumbawa.com
Salah kue khas tradisional daerah Mbojo, Bima yang terbuat dari beras ketan, kelapa juga gula. Sehingga memiliki rasa manis dan juga gurih. Namun kalau didaerah masyarakat Mbojo hati-hati jika menyebut kata range, sebab kata ini memiliki artian yang menjurus ke arah tabu lebih tepatnya porno, yaitu alat kelamin wanita. Ada juga jenis kue lain yang memiliki arti sama, yaitu kue Kalempe.

Pangaha Sinci
Pangaha Sinci
Pangaha Sinci via kuliner-tradisional-kampung-media.com
Pangaha sinci memiliki dua bentuk yaitu besar dan kecil. Bentuknya menyerupai cincin maka dari itu masyarakat sekitar daerah Bima menamakannya pangaha since, artinya kue berbentuk cincin. Pangaha sinci besar dan kecil memiliki cara pengolahan yang berbeda. Untuk pangaha kecil dibuat dari gula merah dan gula putih yang sedikit. Sedang pangaha sinci besar dibuat dari gula merah saja. Rasanya manis dan juga gurih.

Bolu Mantoi
Bolu Mantoi
Bolu Mantoi via bimasumbawa.com
Kue tradisional Mbojo ini memiliki arti tersendiri yaitu Mantoi artinya lama. Sedang Bolu Mantoi berarti Bolu lama, disebut demikian karena cara pembuatannya masih menggunakan metode lama, berbeda dengan zaman sekarang kue-kue sudah dibuat dengan berbagai macam peralatan canggih. Bolu Mantoi dibuat dari tepung terigu, gula dan pengembang. Memiliki cetakan khusus yaitu besi berbentuk bulat dengan lingkaran yang semakin kebawah semakin mengecil. Rasa dari bolu ini tidaklah terlalu manis, jadi aman bagi kamu yang tidak menyukai rasa manis.

Sayur Sambi
Sayur Sambi
Sayur Sambi via alanmalingi.wordpress.com
Salah satu sayur di Indonesia yang hanya dijumpai di Bima. Ro’o Sambi atau pohon kesambi merupakan tanaman liar yang sangat enak jika dimasak, kamu bisa menjumpai kesambi di wilayah Indonesia bagian Timur Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku. Khusus di daerah Bima kamu aka menemukannya di daerah pegunungan sekitar kabupaten atau kota Bima. Olahan sayur sambi ini begitu nikmat dan kaya manfaat, jika kesana tak ada salahnya kamu mencicipi sayuran jenis ini.

Pangaha Kahangga
Pangaha Kahangga
Pangaha Kahangga via news.lewatmana.com
Kue yang satu ini pembuatannya agak sulit dilakukan, proses penggorengan adonannya memakai cetakan khusus yang dibuat dari batok kelapa yang dilubangi kecil-kecil antara tiga sampai empat lubang. Dari sini adonan dikeluarkan dan dijatuhkan ke penggorengan yang berisi minyak panas. Dengan cara digerak-gerakkan atau dalam bahasa Bima adalah saraja. Setelah matang dilipat menjadi dua. Hal ini merupakan cara tradisional dalam pembuatan kue Kahangga. Nah, sangat recomended untuk kamu yang suka berburu makanan khas Bima. Rasanya udah pasti enak!

Kue Mata Pisang
Kue Mata Pisang
Kue Mata Pisang via alanmalingi.wordpress.com
Kue mata pisang, kue tradisional yang terbuat dari ubi kayu dan potongan pisang kepok yang ditaruh didalam ubi. Maka dari itu masyarakat Bima menyebutnya kue mata pisang. Biasanya kue ini dijual di pasar-pasar daerah Bima atau dijajakan di desa-desa. Untuk menambah tampilan kue yang semakin menggoda, biasanya ditambahkan pewarna seperti merah, biru, atau hijau pada setiap mata pisang. Akan tetapi lebih baik tidak perlu memakai pewarna makanan agar tampilan asli dari kue ini tetap mendominasi.

Oleh-Oleh Khas Bima Nusa Tenggara Barat Berjenis Souvenir
Setelah beberapa makanan dan juga camilan. Kamu juga harus tahu Guys, oleh-oleh khas Bima berbentuk souvenir yang cocok dibawa pulang. Pasalnya, jika sekedar membawa buah jajanan itu tidak ada yang bisa disimpan untuk kenangan. Sayang banget kan Guys, sudah jauh-jauh mendatangi suatu kota tapi tidak ada yang bisa didokumentasikan ataupun dijadikan kenangan. So, apa saja souvenirnya? Ini dia.

Batik Sasambo
Batik Sasambo
Batik Sasambo via mildaini.com
Batik khas Nusa Tenggara khususnya dari suku Sasambo yang merupakan singkatan dari tiga suku besar di pulau tersebut yaitu Sasak, Samawa dan Mbojo. Sasak berada di Lombok, Samawa di Sumbawa dan Mbojo di daerah Bima. Batik sasambo memiliki motif dan corak khas dari ketiga suku tersebut. Biasanya bercorak rumah, cabai dan juga cicak. Untuk motif lain ada juga made sahe atau mata sapi, kakando dan uma lengge yaitu rumah tradisional dengan kubah mirip kerucut.

Jangan heran jika nanti kamu menjumpai corak dan warna yang berbeda-beda untuk setiap daerah disana, sebab itu merupakan ciri khas dari masing-maasing daerah. Untuk bisa membawa pulang batik sasambo kamu perlu mengeluarkan uang ratusan atau jutaan rupiah, tergantung kualitas bahan dan pembuatan. Semakin mahal harganya tentu semakin bagus pula batiknya.

Oh iya, saat ini batik Sasambo sudah menjadi pakaian resmi disana, mulai dari seragam sekolah, pegawai negeri maupun swasta. Nah, untuk kamu resmi nggak resmi tidak ada salahnya membawa batik Sasambo sebagai kenang-kenangan dari Bima.

Tembe Nggoli
Tembe Nggoli
Tembe Nggoli via goodnewsfromindonesia.id
Taukah kamu apa itu Tembe Nggoli. Ya, salah satu kain tenun khas Bima yang berbentuk sarung. Terbuat dari benang kapas atau katun dan memiliki warna cerah. Motifnya pun khas sarung pada umumnya, yaitu kotak-kotak atau persegi panjang.

Untuk kamu nggak bakal nyesel deh kalau beli kain Tembe Nggoli. Pasalnya, kain ini memiliki keistimewaan tersendiri seperti teksturnya yang hangat, halus, lembut, tidak gampang kusut dan dari segi warna pun awet alias tahan lama. Tembe Nggoli dibuat dengan banyak varian corak dan motif. Ada dua jenis tembe Nggoli, yaitu tembe Nggoli biasa dipakai sehari-hari. Tembe Nggoli Istimewa dipakai pada acara-acara khusus. 

Kalau kamu ke Bima kamu juga harus tau cara pemakaian kain tersebut. Untuk wanita sarung dipakai sebagai rok, sedang satu lagi dipakai di bagian atas. Pemakaian ini menutupi seluruh tubuh kecuali bagian mata, jadi sudah syar’i bukan? Sedang pria digulung pada perut dan pinggang sama seperti pria Indonesia lainnya.

Selain itu sarung ini digunakan sebagai selimut saat tidur, cocok deh buat kamu yang hobi begadang tanpa harus bawa-bawa selimut segala. Cukup bawa sarung ini saja sudah dua fungsi, sebagai bawahan juga selimut.

Aneka Souvenir Lainnya
Aneka Souvenir Lainnya
Aneka Souvenir Lainnya via rahmaliza.weebly.com
Ya seperti pada daerah lainnya, ciri khas dari Bima juga dituangkan dalam karya seni berupa kerajinan tangan. Seperti halnya gantungan kunci, kaos, miniatur, tas, sepatu dan lain-lain. Sehingga oleh-oleh berupa souvenir semacam ini sering kamu jumpai di setiap daerah, perbedaanya hanya pada ciri khasnya masing-masing.

Nah, demikian info tentang oleh-oleh khas seputar daerah Bima, pastikan jalan-jalan kamu menyenangkan, jangan lupa bawa sesuatu yang spesial untuk orang tersayang kamu di rumah. Semoga liburanmu menyenangkan Guys!