PLARIUSMODIFIKASI101

Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Khas Bukittinggi Sumatera Barat

Tuesday, November 13, 2018
Halo pecinta traveling di seluruh Indonesia dan dimana pun berada. Kali ini kita akan membahas seputar oleh-oleh khas suatu kota dan pusat pembeliannya. Disana merupakan tempat lahirnya seorang tokoh ternama di Indonesia. Siapa dia? Mohammad Hatta, sang Wakil Presiden Indonesia yang pertama. So, dimana itu? Yupz tepatnya ada di Bukittinggi, Sumatra Barat.

Nah, selain melahirkan tokoh terkenal yang sangat berpengaruh. Ternyata di Bukittinggi  pun menyimpan kekayaan cita rasa tertentu dari segi kulinernya. Nah, berikut ini oleh-oleh khas Bukittinggi Sumatra Barat berupa kuliner. Kenikmatan rasanya sunggguh sulit dilupakan Sobat. So, kamu bisa bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga, rekan, sahabat tercinta di rumah. Teliti satu persatu ya. Sebab selain unik tampilannya, rasanya pun tidak kalah menggoda dengan oleh-oleh di tempat lain. Check this out!

Terdapat banyak makanan khas Bukittinggi yang dapat kamu jadikan oleh-oleh Sobat. Tentu berkeinginan kan untuk menyenangkan orang tercinta kalian di kota asal, dengan membeli beberapa jenis oleh-oleh khas Bukittinggi. So, agar kamu dapat membelinya perlu mendatangi pusat penjualan oleh-oleh yang kami rekomendasikan.

1. Gerai Kripik Balado Shirley
Gerai Kripik Balado Shirley
Gerai Kripik Balado Shirley via tokopedia.com
Disini dijual berbagai macam jenis kripik dan juga oleh-oleh lain yang terkenal pedas. Pasti nikmat banget kan kalau bisa merasakannya dengan keluarga di rumah. So, langsung saja kamu datang ke Gerai Kripik Balado Shirley. Berlokasi di Jl.Gereja no.36, Padang, Bukittinggi.

2. Pasar Atas Bukittinggi
Pasar Atas Bukittinggi
Pasar Atas Bukittinggi via id.wikipedia.org
Terletak di Jl. Jam Gadang no.2 Kelurahan Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi. Selain kamu bisa menikmati keindahan Jam Gadang, kamu juga ditawari berbagai macam oleh-oleh juga souvenir khas Bukittinggi Sumatra Barat. Seperti berbagai makanan dan aneka miniatur, gantungan kunci, tas, sepatu, baju yang dan lain-lain.

Oleh-Oleh Khas Bukittinggi Sumatera Barat Paling Lezat
Sudah pada tahu pusat membeli oleh-oleh khas Bukittinggi. Tapi, belum tahu apa saja jenis makanan yang khas untuk oleh-oleh di kota ini. Pasti semakin penasaran saja kan Sobat. So, di bawah ini terdapat berbagai macam oleh-oleh khas Bukittinggi Sumatera Barat yang terkenal lezatnya.

1. Rendang Telur Kering
Rendang Telur Kering
Rendang Telur Kering via resepden.blogspot.com
Diawali oleh jenis makanan satu ini. Umumnya rendang dibuat dari bahan daging, namun berbeda dengan rendang yang satu ini. Dari namanya saja pasti kamu berfikir makanan ini berbentuk menyerupai telur kan. Besar mirip telur ayam atau telur puyuh. Hmmm... kamu salah. Karena bentuk dari rendang ini lebih condong mirip keripik lho, serius. Dibuat dari tepung terigu, telur ayam, daun jeruk, batang sereh, santan, dan aneka jenis rempah-rempah lainnya. Makin menciptakan rasa gurih dan enak. Rasa pedas dan juga renyah, menjadikan keripik rendang ini sangat digemari bagi wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi. Bisa dinikmati sebagai camilan saat perjalanan kamu meyusuri lokasi wisata disana, atau menjadi teman makan sebagai lauk pauk yang pastinya makin nambah nendang deh rasanya. Untuk oleh-oleh pun, makanan ini juga sangat cocok. Agar dapat menikmatinya, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar 20.000 sampai 70.000 ribu rupiah saja. Tergantung dari seberapa berat keripik yang akan kamu beli. Karena disana tersedia berbagai kemasan. 

2. Bolu Batik
Bolu Batik
Bolu Batik via lifestyle.sindonews.com
Bolu yang berlukiskan batik ini dibuat dengan cara detail. Motif yang dibuat mengambil berbagai motif dari seluruh Indonesia, ada sekitar 12 motif. Nah kamu bisa memilih motif apa saja yang disukai. Terdapat varian rasanya, stroberi dan bluberi. Rasanya begitu lembut di mulut, manis, dan enak. Kalau ke sana jangan lupa cobain bolu batik ya! Bawa pulang juga untuk oleh-oleh.

3. Roti Randang
Roti Randang
Roti Randang via bukalapak.com
Randang atau rendang yang pernah populer di dunia. Kini diolah dengan varian yang unik dan menarik. Apa itu? Ya dengan cara dibuat menjadi roti randang. Rasa rendang umumnya pedas, tapi dipadukan dengan lembutnya tekstur roti manis. Sehingga menciptakan rasa yang beda dengan lainnya yaitu manis, lembut, dan gurih. Daging yang berada di dalam roti pun tidak berair. Ada banyak varian roti rendang mulai dari roti randang ayam,  sapi, kambing dan kacang. Nah, untuk menikmati lezatnya si randang kamu hanya perlu mengeluarkan 6000 rupiah saja. Sudah mendapat sepotong roti, kalorinya setara dengan jumlah kalori yang kita makan saat sarapan pagi. Tentu megenyangkan bukan! Atau jika kamu kurang puas, bisa membeli dengan porsi di atasnya yaitu sekitar 60.000 ribu rupiah sudah mendapat 10 kali lebih besar dari roti dengan harga 6000 tadi. Tentu dengan isi daging yang lebih banyak. Wah, jadi lapar ya malam-malam gini ngomongin makanan! Menu yang wajib dicoba saat ke Bukittinggi nih! Beigitupun juga jajanan yang sangat cocok untuk buang tangan saat pulang ke rumah.

4. Karak Kaliang
Karak Kaliang
Karak Kaliang via saribundo.biz
Salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari tepung ubi kayu, ditambah dengan bawang putih dan garam. So, menciptakan rasa gurih dan enak. Dibentuk sedemikian rupa menyerupai angka delapan lalu digoreng. Warnanya yang kuning begitu menggoda, sangat cocok dijadikan camilan atau pelengkap makanan seperti bakso, mie ayam, soto dan lain-lain. Harganya pun relatif murah, di bawah 10.000 ribu rupiah saja kamu sudah bisa membawa satu bungkus karak kaliang.

5. Galamai
Galamai
Galamai via indonesiakaya.com
Olahan ini hampir sama seperti dodol, hanya saja bahan-bahan yang digunakan berbeda yaitu tepung beras ketan, santan, gula aren dan kacang tanah (disangrai). Nah, kacang tanah inilah yang membedakan galamai dengan jenis dodol lainnya. Selebihnya mulai dari memasak hingga pengemasan pun mirip seperti dodol. Kamu bisa mendapatkan galamai langsung dari pusatnya yaitu di Gerai Gelemai Tek Tam, jl. Latsitarda No.114 Payakumbuh. Salah satu produsen galamai, disana.

6. Bareh Randang
Bareh Randang
Bareh Randang via mamikos.com
Ini bukanlah jenis rendang, akan tetapi makanan yang dibuat dari tepung beras disangrai lalu dicampur dengan santan dan gula. Nama bareh artinya beras, sedang randang artinya sangrai/menyangrai. Jika sudah matang, tampilan bareh pun terlihat kasar dan rasa manis yang khas. Bareh randang dijual dengan bentuk kecil-kecil sekitar 1 cm. Walau pun tidak setenar dengan oleh-oleh lainnya, randang bareh memiliki ciri tersendiri dari rasanya. Nah, penasaran kan? Yuk cuz cobain deh, pasti enak.

7. Kerupuk Sanjai
Kerupuk Sanjai
Kerupuk Sanjai via ksmtour.com
Makanan khas yang terbuat dari singkong, berupa kripik yang sangat gurih dan enak. Nama Sanjai adalah nama jalan di daerah Manggis, Manggis Gantiang Sanjai. Disitu awal mula pembuatan dan pemasaran kerupuk singkong ini. Ada 3 varian rasa yang bisa kamu coba yaitu original, asin dan balado pedas. Di daerah Sanjai terdapat banyak sekali pembuat kerupuk Sanjai, kamu bisa mendapat harga murah disini. Selain itu, beberapa pengrajin juga membuat inovasi dari varian Kerupuk Sanjai, yaitu berbentuk dalam wujud stik juga berbumbu kering.

8. Rendang Paru
Rendang Paru
Rendang Paru via id.carousell.com
Rendang yang dibuat dengan bahan dasar paru-paru sapi, berbeda dengan rendang pada umumnya. Cara memasak yang cukup lama dan takaran bumbu lebih banyak dari rendang berbahan daging. Selain itu, rasa paru-paru memiliki tekstur agak keras dan juga aroma khas, menjadikannya sebagai salah satu pilihan bagi mereka yang sudah bosan dengan menu rendang daging.

9. Dendeng
Dendeng
Dendeng via tokopedia.com
Makanan yang terbuat dari daging utuh tanpa lemak, dipotong kecil-kecil lalu diolesi bumbu saos dan dikeringkan di api kecil. Bisa juga dengan cara diasinkan kemudian dijemur hingga kering, setelah itu digoreng. Nah, disana dendeng juga diberi bumbu balado sehingga disebut dendeng balado. Varian rasa pun nggak kalah dengan yang lain, seperti pedas cabai merah, atau pedas cabai hijau.

10. Kipang Kacang
Kipang Kacang
Kipang Kacang via sarahcorner.wordpress.com
Jika di Jawa ini mirip seperti ampyan, yaitu kacang yang dipadu dengan gula merah. Rasanya manis dan renyah. Sangat pas dimakan bersama keluarga dan teman, baik acara santai maupun acara formal. So, pas banget buat oleh-oleh. Untuk teman minum teh dan kopi pun makin nikmat. Ada tips agar kamu tetap bisa menikmati kerenyahan dari kipang kacang, walaupun setelah membuka kemasan. Kamu jangan takut kalau sudah dibuka renyahnya akan berkurang jika tidak segera dihabiskan. Nah, untuk itu setelah membuka kemasan, silahkan kamu taruh kipang kacang di dalam freezer. Tapi jangan lama-lama ya.

11. Kue Sapik
Kue Sapik
Kue Sapik via padek.co
Kue tradisional yang bertekstur renyah, terbuat dari telur, margarin, gula pasir, tepung beras, garam, juga kayu manis. Kue ini mirip seperti kue semprong pada umumnya. Pembuatan yang memerlukan kesabaran ekstra. Selain itu, rasa yang dihasilkan juga tidak mengecewakan seperti gurih, renyah dan  manis. Sekali makan mulut nggak bisa berhenti ngunyah! Cocok banget kamu bawa pulang untuk menyenangkan keluarga.

Nah, itulah rekomendasi oleh-oleh khas Bukittinggi Sumatera Barat dan pusat yang dapat dikunjungi. Bisa kamu coba untuk berburu kuliner yang langsung dimakan, maupun untuk di bawa pulang. So, dapat melengkapi traveling kamu agar lebih mengharukan. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan juga perjalanan kamu mengunjungi suatu wisata tetap menyenangkan dan berkesan.