PLARIUSMODIFIKASI101

Pilihan Oleh-Oleh Khas Cimahi Jawa Barat, Paling Cocok Dibawa Pulang!

Wednesday, November 7, 2018
Kalian para traveller yang hobi mengunjungi kota-kota di Indonesia? Pasti satu hal yang tidak akan kalian lewatkan selain menikmati keindahan pariwisatanya ialah membeli oleh-oleh khas dari kota yang kalian kunjungi, iya kan Sobat? Jika Sobat sedang berada di Kota Cimahi, Jawa Barat. Maka, jangan sampai kalian tidak membeli berbagai produk jajanan, kuliner, serta kerajinan asli masyarakat Cimahi. Sobat traveller tentu nggak akan menyesal untuk memberikan oleh-oleh yang khas dari Kota Hijau. Baik sebagai hadiah untuk orang terkasih, maupun cinderamata bagi kawan-kawan di rumah.

Wilayah yang memiliki banyak fasilitas dan pusat pendidikan militer ini, selain terkenal dengan Kota Tentara juga memproduksi berbagai olahan makanan dan kerajinan unik. Lebih amazing-nya lagi Sobat, salah satu kerajinan asli dari Kota Cimahi telah dikenal sampai ke luar negeri lho, kurang keren apalagi coba? Jadi, bagi Sobat traveller yang sedang bingung mencari oleh-oleh apa yang cocok untuk dijadikan kenangan berkesan, bisa menyimak ulasan berikut, tentang oleh-oleh khas Cimahi Jawa Barat. 

Batik Cimahi
Batik Cimahi
Batik Cimahi via jabar.tribunnews.com
Batik merupakan kebudayaan yang sangat identik dengan Indonesia, bahkan sudah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia. Dari situ, masyarakat Cimahi yang juga dikenal kreatif dan inovatif, tidak ingin kalah dalam menciptakan batik dengan motif dimana menunjukkan kebudayaan Kota Cimahi itu sendiri. Diantara batik kebanggan Kota Cimahi ialah Batik Cirendeu dengan motif dominannya ialah daun ketela. Bukan tanpa maksud sobat traveller, motif ini terinspirasi oleh makanan pokok masyarakat Cirendeu, Cimahi Selatan yaitu singkong dan ketela. Jadi begitu filosofinya Sobat. 

Ada lagi Batik Ciawitali yang motifnya dipenuhi dengan pohon bambu. Sama seperti Batik Cirendeu, pohon bambu telah menjadi ciri khas dari daerah Ciawitali, Cimahi Tengah. Sehingga batiknya bergambarkan pohon bambu. Satu lagi batik khas Cimahi yang sangat nyentrik jika dilihat dari motifnya, yaitu Batik Pusdik. Batik Pusdik merupakan bentuk kebanggan dan pengenalan masyarakat Cimahi sebagai Kota Hijau atau kota dengan wilayah yang banyak ditempati pusat pendidikan militer kepada khalayak. Sobat traveller pasti akan terlihat cool dan fashionebel ketika mengenakan batik dengan motif berbau militer seperti Tank dan lainnya. 

Masih ada lagi batik khas Cimahi yang dapat sobat traveller beli. Batik Curug Cimahi, mewakili wisata alam di Cimahi. Batik Kawung, sebagai gambaran salah satu senjata tradisional asal Jawa Barat. Bagi Sobat yang tertarik, bisa langsung datang ke sentra pengrajinan Lembur Batik Canting Art. Beralamat di jalan Pesantren No. 131 Cibabat, Kota Cimahi. Sentra batik ini, menjual bermacam motif batik khususnya buatan Cimahi sendiri baik yang sudah jadi pakain maupun yang berbentuk kain.

Keripik Setan
Keripik Setan
Keripik Setan via parisvanjava.web.id
Keripik merupakan camilan yang terbuat dari singkong, diiris tipis-tipis bulat pipih, dibumbui dan digoreng. Sekarang pun keripik singkong sudah tersedia dalam bentuk olahan dan kemasan yang lebih modern. Namun, Cimahi menghadirkan keripik singkong yang tidak kalah nge-trand bahkan digandrungi para kaula muda lho Sobat. Keripik Setan Mang Odod contohnya, yang menjadi salah satu brand keripik pedas terkenal di Kota Cimahi. 

Dinamakan keripik setan karena kepedasan rasa dari makanan ini dengan berbagai pilihan level. Mulai level biasa, sedang, sampai setan banget. Tak perlu khawatir bagi Sobat yang tidak menyukai rasa pedas. Keripik Mang Odod juga memproduksi varian rasa keju, original dan jeruk. Dengan harga mulai dari Rp 20.000 perkilogram kamu sudah bisa menikmati bagaimana kepedasannya. Sobat data membeli keripik setan ini di jalan Kademangan No. 25, Setianah, Cimahi Tengah. 

Onde Ketawa
Onde Ketawa
Onde Ketawa via oleh-olehcimahi.blogspot.com
Nama yang unik kan Sobat untuk sebuah makanan? Onde-onde biasanya berukuran sebesar bola pingpong dan diisi dengan kacang hijau berkulit kenyal. Tapi jika onde ketawa itu kecil seukuran kelereng, ditaburi wijen dengan rasa manis renyah. Sobat penasaran kenapa kok namanya ‘ketawa’? For your information sobat, jadi nama ketawa itu merupakan kepanjangan dari Keterampilan Tangan Wanita, kalau mau ketawa juga boleh lho. 

Onde ketawa yang terkenal dari Cimahi adalah Onde Ketawa 99, di jalan RH. Abdul Haliim, No.14 Cigugur Tengah, Setiamanah, Cimahi Tengah. Harganya mulai dari Rp 12.000 sampai Rp 15.000, kamu sudah bisa mengantongi onde ketawa untuk oleh-oleh khas dari Cimahi. 

Kue Semprong Kipas
Kue Semprong Kipas
Kue Semprong Kipas via deniasitudimas.wordpress.com
Jajanan saat lebaran ini ternyata juga menjadi kue khas dari Cimahi lho Sobat. Kue semprong yang biasa berbentuk tabung ramping itu ditangan masyarakat Cimahi, memprakarsai kue semprong dengan bentuk kipas sehingga membedakannya dengan kue semprong dari kota lainnya. Rasa kue yang kriuk-kriuk renyah ditambah aroma sedapnya pasti memikat nafsu Sobat traveller. 

Kue khas kota Cimahi ini, diproduksi salah satunya oleh Bapak Jumadi yang membandrol harga kuenya kisaran Rp 8.000 sampai Rp 20.000 saja Sobat. Kalian bisa langsung datang ke tokonya di jalan Entcep Kartaprawira, Kota Cimahi. Sobat juga dapat membeli kue semprong dengan inovasi rasa di Toko KSC (Kue Semprong Cimahi) di jalan Citeureup No. 35 Citeureup, Cimahi Utara.

Dendeng Jantung Pisang (Denjapi)
Dendeng Jantung Pisang (Denjapi)
Dendeng Jantung Pisang (Denjapi) via bukalapak.com                 
Sobat traveller mungkin lebih umum dengan dendeng daging sapi. Tapi masyarakat Cimahi yang kreatif, membuat produk dendeng berbahankan jantung pisang. Diolah sedemikian rupa sehingga jika dikunyah rasanya tidak beda jauh dengan dendeng daging yang sering kalian santap. Bukan cuma rasanya nikmat namun juga menyehatkan lho Sobat. 

Banyak sekali khasiat dari jantung pisang yang sudah terbukti mengandung beberapa zat pencegah kanker, pengobat diabetes, dan bedampak positif pada kesehatan tubuh lainnya. Warga kreatif itu ialah Mas Bambang yang mengolah jantung pisang tersebut bukan hanya menjadi dendeng, tapi juga sosis, bakso, nugget hingga menghantarkan Kota Cimahi meraih penghargaan Lomba Ketahanan Pangan Nasional. Kalian bisa mendatangi kediaman Mas Bambang di Puri Cipageran Indah Blok A no. 136, Cimahi, Jawa Barat. Bisa juga Sobat traveller dapatkan di POCI (Pusat Oleh-Oleh Cimahi) yang berlokasi Jalan Gandawijaya, Cimahi Mall, Setiamanah, Cimahi Tengah.

Keripik Daun Singkong 
Keripik Daun Singkong
Keripik Daun Singkong via deniasitudimas.wordpress.com
Seperti disinggung di atas tadi, bahwa daerah Cimahi memiliki potensi perkebunan singkong yang melimpah. Jadi, tidak hanya menginspirasi masyarakat untuk menjadikannya sebagai motif batik atau mengolah singkong sebagai keripik. Daun dari pohon singkong itupun diolah menjadi keripik renyah. Bahan dasar dari keripik ini tentunya terdiri dari daun singkong, tepung beras, telur, ketumbar dan beberapa rempah penyedap, kemudian dicampur seperti membuat rempeyek. 

Jajanan ini dikemas dengan ukuran yang pas buat sobat traveller bawa kemana-mana. Harganya yang murah juga bisa dinikmati oleh beragam kalangan. Karena itu, tak heran jika keripik daun singkong menjadi camilan kesukaan  masyarakat Cimahi. Buat kalian yang ingin merasakan renyahnya keripik daun singkong, bisa langsung mendatangi pusat oleh-oleh khas Cimahi seperti di Toko Oleh-Oleh Sariwangi, jalan Raya Barat No. 637, Setiamanah, Cimahi Tengah. 

Kerajinan Bambu
Kerajinan Bambu
Kerajinan Bambu via nasional.tempo.co
Kota Cimahi ternyata mempunyai segudang oleh-oleh khas yang tidak hanya dijual di dalam negeri, tetapi juga merambah sampai ke luar negeri. Kerajinan dari bambu inilah salah satunya. Mulai dari alat-alat musik seperti gitar, biola dan lainnya yang berbahan dasar bambu. Sampai pada aksesoris seperti jam tangan juga ada lho Sobat traveller.  

Salah satu insan kreatif dari Kota Tentara ini adalah Adang Muhidin yang menciptakan produk baru yaitu jam tangan bambu. Tidak hanya unik dan alami, jam tangan tersebut diakuinya bisa anti air juga Sobat. Jika kalian tertarik untuk mengoleksinya sebagai tambahan aksesoris. Sobat boleh langsung datang ke jalan Melong Asih No. 23, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan.

Nah, bagaimana Sobat traveller? Apakah masih bingung untuk memilih mana oleh-oleh khas Kota Cimahi yang paling cocok Sobat beli? Untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga ataupun teman di rumah? Tidak perlu kalian pusing-pusing mencari kesana-kemari. Sobat traveller tinggal pilih saja salah satu atau semua oleh-oleh yang khas dari Kota Tentara di atas. Dijamin oleh-oleh yang Sobat bawa pulang akan memberikan kebahagiaan bagi yang menerima. Selamat berbelanja sobat traveller. Semoga trip dan traveling kamu makin berkesan.