PLARIUSMODIFIKASI101

Pusat Oleh-Oleh Khas Cirebon Jawa Barat, Paling Rekomended dan Lengkap

Friday, November 23, 2018
Bagi kamu yang sedang melewati Jalur Pantura, jangan lupa untuk singgah sebentar ke Kota Cirebon yang terkenal dengan udang dan petisnya. Kota di pesisir pantai utara Provinsi  Jawa Barat, salah satu wilayah yang dilewati oleh jalur pantura dengan menghubungkan antara Kota Jakarta, Cirebon, Semarang sampai Surabaya. Dengan daerahnya berada di dekat pantai dan sebagai jalur penghubung, tentunya Kota Cirebon memiliki pusat oleh-oleh khas tersebar di berbagai daerah yang mudah dikunjungi. Selain itu, juga menyuguhkan olahan dari laut dengan budaya Jawa Barat.

Sering kali, Kota Cirebon sangat ramai dikunjungi ketika musim arus balik lebaran ataupun saat libur panjang tiba. Bukan tanpa alasan, jalan tol yang sering macet dan menjenuhkan, ber¬-shopping ria menjadi pilihan alternatif para pengendara atau pemudik. Ditambah lagi, beberapa pusat wisata kuliner serta oleh-oleh khas Cirebon yang tidak hanya menjual buah tangan. Akan tetapi, juga memfasilitasi pengunjung dengan macam-macam wisata edukatif untuk sekedar me-refresh¬ kembali pikiran dan tenaga agar perjalanan berkendara lebih aman tentunya. Di bawah ini, merupakan rekomendasi belanja yang menjadi pusat oleh-oleh khas Cirebon, Jawa Barat dan dijamin produk-produk hasil tangan masyarakat Cirebon akan mudah kamu dapatkan disitu.

EB Batik Tradisional Cirebon
EB Batik Tradisional Cirebon
EB Batik Tradisional Cirebon via clurlie.blogspot.com
Sentra batik ini, bukan hanya sebagai showroom penjualan baju dan kain batik. Namun, juga dilengkapi dengan butik serta tempat pembelajaran membatik yang langsung dibimbing oleh para pengrajin batik asli Cirebon. Pusat oleh-oleh batik khas Cirebon yang mengusung konsep one stop shopping, menyediakan beragam motif batik. Seperti lereng pantra, lereng kembang, pincuk, topeng dan tidak ketinggalan motif yang paling laris yaitu megamendung. 

Pastinya Sobat sudah pernah melihat motif itu kan? Atau Sobat sedang mencari-cari batik dengan gambar mega yang terkenal itu. Nah, jika Sobat sedang berada di Cirebon, mampir saja ke EB Batik yang beralamatkan di jalan Panembahan Utara, Cirebon. Bukan hanya kain atau baju batik yang bisa kamu beli. Namun, juga beragam aksesoris dari batik seperti syal, topi dan lainnya. Cocok untuk laki-laki ataupun perempuan. Sobat tidak perlu cemas soal harga. EB Batik menawarkan produknya mulai harga Rp 20.000 saja untuk aksesoris, dan kemeja batik berkisar dari harga Rp 30.000 hingga Rp1.5 juta. 

Bukan berhenti disitu saja fasilitas yang diberikan oleh EB Batik. Setelah Sobat puas ber-shopping ria, kamu bisa menikmati sedapnya kuliner-kuliner khas Kota Udang di Taman EB Batik lho Sobat. Bukankah lengkap dan memanjakan kamu, apa lagi sebagai obat saat jenuh di perjalanan. 

Toko Daud
Toko Daud
Toko Daud via jdlines.com
Kamu ingin berbelanja oleh-oleh yang tidak cuma menyediakan jajanan saja? Toko Daud menjadi rekomedasi yang lengkap bagi Sobat. Di sini, bukan hanya jajanan khas Cirebon seperti kerupuk udang, terasi, kue gapit dan jajanan lainnya. Kamu juga bisa membeli batik khas Cirebon di Toko Daud yang terletak tidak jauh dari Pasar Pagi Cirebon, di jalan Sukalila Utara No 4D. 

Toko buah tangan yang sering dipilih oleh Sultan Cirebon untuk dikunjungi ini, buka setiap harinya dari jam 07.00 pagi sampai 20.00 malam WIB. Sobat bisa membeli beragam produknya dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp40.000. Jika ingin membeli secara grosir, bisa juga lho Sobat. Bahkan kamu bisa mendapat potongan harga. 
 
Gerai Cirebon Sultana
Gerai Cirebon Sultana
Gerai Cirebon Sultana via daftarhargadelivery.blogspot.com
Cirebon Sultana merupakan brand oleh-oleh dari Cirebon yang berdiri sejak bulan Maret  2017 kemarin. Namun, ke-booming¬-nya dari gerai ini tidak perlu kamu tanyakan lagi. Sudah sangat ramai di media sosial seperti instagram. Cirebon Sultana adalah toko oleh-oleh kekinian Cirebon milik salah satu artis terkenal yaitu Indra Bekti, Sobat pasti tahu. Dengan menu utamanya yaitu ¬pastry atau kue bolu padat yang dilapisi ¬topping  dan dibalut croiissant.

Terdapat lima pilihan rasa yang bisa Sobat coba, yaitu double choco, choco banana, keju, mangga dan blueberry. Meski belum berdiri lama seperti toko oleh-oleh Cirebon yang lain. Hebatnya, menu mereka selalu habis dalam sehari. Pasalnya, mereka berkomitmen untuk memproduksi langsung dan tidak melayani secara online sesuai jargon Cirebon Sultana “kapan main ke Cirebon”. Jadi, Sobat yang ingin merasakan nikmatnya bolu berlapis, harus langsung datang ke toko yang mengusung nama Kraton Kasunanan ini di jalan Kartini No 5, Kota Cirebon. 

Tidak perlu khawatir jika Sobat ingin membawa pulang kue ini. Karena pastry Cirebon Sultana bisa bertahan sampai lima hari di lemari pendingin dan tiga hari di suhu ruangan. Cukup seharga Rp55.000, Sobat sudah bisa membawakan keluarga tersayang kue bolu milik Indra Bekti ini. 

Manisan Shinta
Manisan Shinta
Manisan Shinta via smallbudgetfortraveller.wordpress.com
Toko manisan yang telah ada sejak puluhan tahun lalu, merupakan pusat oleh-oleh khas Cirebon yang cocok untuk kamu kunjungi. Terutama bagi kalian para manisan lovers, siapkan daftar manisan buah untuk kalian beli. Karena, berbagai macam olahan manisan ada di sini. Jika musim libur panjang tiba, toko Manisan Shinta pasti nampak ramai dikunjungi wisatawan atau para travellers¬ yang sedang berlibur ke Kota Cirebon.

Bagi kamu yang ingin membeli bermacam manisan dari buah-buah pilihan dan berkwalitas bagus. Toko Manisan Shinta yang terletak di jalan Lemah Wungkuk No 37 dekat daerah Pasar Kanoman, bisa jadi  pilihan wajib. Meskipun mengangkat nama toko Manisan Shinta, tetapi toko oleh-oleh khas Cirebon ini juga menjual produk asli khas lainnya. Mulai dari olahan udang, kerupuk, otak-otak dan di depan toko bisa juga kamu jumpai es duren yang seger banget pastinya.

Cirebon Kelana
Cirebon Kelana
Cirebon Kelana via rakyatjabarnews.com
Jika tadi ada Cirebon Sultana milik Indra Bekti, kali ini ada lagi satu brand milik artis. Cirebon Kelana namanya, toko yang berlokasi di jalan Jl. Siliwangi No 169, Kota Cirebon ini adalah milik Ussy Sulistiowaty. Nama dari brand ini bukan asal-asalan lho Sobat. Jadi kata Kelana diambil dari sebuah Tarian asal Cirebon yaitu Tari Kelana. 

Toko ini menjual olahan kue sponge cake yang bertumpuk 2 lapis dan di tengahnya ditambahkan lapisan puff pastry, tentu dengan taburan topping berbagai pilihan rasa. Produk unggulan dari toko ini adalah cirebon kelana gedong kaya. Dimana mengenalkan mangga gedong khas Cirebon. Selain itu, ada juga 8 rasa lainnya seperti coklat, keju, red velvet, durian, green tea, dan lainnya. Banyak pilihan kan Sobat buat kalian? 

Pasar Kanoman
Pasar Kanoman
Pasar Kanoman via womenshare.blogspot.com
Pasar Kanoman, merupakan salah satu pasar di Kota Cirebon yang sangat terkenal. Menjadi pusat ekonomi di Kota Udang ini. Terutama bagi para pedagang tradisional dan pelaku UKM. Jadi, sudah pasti kamu yang ingin berbelanja oleh-oleh khas Cirebon dengan harga yang paling pas di kantong. Bisa kamu dapatkan buah tangan tersebut di Pasar Kanoman. 

Sepanjang jalan di depan pasar maupun di dalam pasar, akan kamu temui banyak penjual baju batik khas Cirebon. Selain batik, kamu juga akan menjumpai para pedagang udang dengan berbagai variasi olahan seperti terasi, krupuk udang, petis, dan banyak lagi. Para penjual ikan laut juga biasa berdagang di pasar ini. 

Jika kamu ingin merasakan berbelanja di suasana pedesaan namun tetap  bersih, kamu bisa langsung datang ke Pasar Kanoman yang beralamatkan di Jalan Kanoman, Cirebon. Sobat jangan sampai lupa, untuk mampir ke Keraton Kanoman, terletak di belakang pasar. Sudah dapat ber¬-shopping  ria, ditambah lagi dengan wisata sejarah dan budaya pula. 
Dari Kota Cirebon atau yang baru-baru ini mendapat julukan Kota Tilang, karena banyaknya penilangan yang terjadi di kota tersebut. Dari sini, kalian yang sedang penat atau letih di perjalanan. Bisa mampir sejenak untuk membeli oleh-oleh khas Cirebon dan juga menikmati fasilitas di pusat perbelanjaan, disediakan untuk sejenak menyegarkan hati dan pikiran. Dari pada emosi dan bosan akan kemacetan di perjalanan, isi saja waktu menunggu kamu dengan berbelanja di pusat-pusat oleh-oleh yang ada di Kota Cirebon, Jawa Barat.  Mulai dari pusat shopping yang tradisional sampai sentra perbelanjaan modern ada lho. Jadi Sobat, lewat jalur pantura jangan lupa singgah ke Kota Cirebon ya.