PLARIUSMODIFIKASI101

Pusat Oleh-Oleh Khas Depok Jawa Barat, Berbahan Alami dan Harga Terjangkau

Friday, November 30, 2018
Sobat traveller sedang bingung mencari daerah yang menyediakan oleh-oleh tradisional yang menggunakan bahan alami dengan harga terjngkau? Ini buat Sobat, bertandang saja ke Kota Depok di Provinsi Jawa Barat. Kota ini selain berdiri perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, juga memiliki masyarakat yang creative dan sangat peduli akan kesehatan warga Depok. Terbukti dengan bermunculannya UKM yang memproduksi brand berkonsep camilan atau makanan dengan bahan-bahan menyehatkan.  

Kota Depok juga menjadi salah satu kota penyangga bagi Provinsi Jakarta, terletak di tengah-tengah antara Bogor dengan Jakarta. Kamu pasti tau dengan kota ini, dimana memiliki buah yang khas yaitu belimbing dewa. Ya betul sekali, Kota Depok memang sejak dahulu dikaitkan dengan belimbing berkualitas nomer satu di Indonesia. Bahkan, sampai-sampai jika pihak pemerintah kedatangan tamu dari luar negeri. Maka, belimbing dewa khas Depok yang menjadi pilihan untuk disuguhkan kepada para petinggi negara asing. 

Tak heran jika kota ini dijuluki Kota Belimbing. Jadi Sobat, jika ingin mencari buah tangan yang menyehatkan dan sedap pastinya. Kota Depoklah juaranya, kamu harus datang kesini dan dapatkan berbagai oleh-oleh khas Depok. Mulai dari makanan ringan, juice, kue kering, serta masih banyak lagi. Langsung aja, kamu simak ulasan di bawah ini.

Dulur Depok
Dulur Depok
Dulur Depok via oleholehdepok.blogspot.com
Toko oleh-oleh khas Kota Depok yang satu ini, sudah sangat terkenal di daerahnya. Melayani para wisatawan yang ingin membelikan keluarga atau sanak-saudara mereka dengan pilihan barang terlengkap. Di Dulur Depok yang berarti “Saudara Depok” ini, kamu bisa membeli jajanan khas seperti dodol, wingko, nastar yang berbahan baku buah belimbing. 

Bukan hanya buah belimbing saja, Dulur Depok juga menyediakan aneka minuman dari buah dan tanaman herbal. Kamu bisa menyeruput juice rumput laut atau juice buah jambu merah yang amat segar, terlebih jika masih dalam keadaan dingin. Bukan cuma menyegarkan, namun juga menyehatkan lho Sobat. Jus dari rumput laut ini terbukti memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Utamanya, guna mengeluarkan zat radikal bebas dengan kandungan antioksidan. Jambu biji merah juga tak kalah menyehatkan terutama untuk mengobati diare. 

Dengan harga mulai dari Rp7.000, kamu bisa membawa pulang sebotol juice yang sehat dan murah lagi, iya kan? Jadi, langsung saja kamu kunjungi Toko Dulur Depok di Jl. Pelita IV Blok E2 No. 2, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok. 

Rasa Dewa 
Rasa Dewa
Rasa Dewa via kabardepok.id
Rasa Dewa telah menjadi brand ternama di Kota Belimbing. Dari namanya saja, menunjukan bahwa brand tersebut memperkenalkan buah khas dari Depok yaitu belimbing dewa dengan warnanya yang kuning keemasan dan rasa super enak. Jika Sobat sedang berada di Kota Depok, pasti ketika berkunjung ke tempat oleh-oleh khas Depok akan menemukan brand olahan belimbing dengan nama Rasa Dewa ini. Karena, olahan belimbing Rasa Dewa menjadi pilihan wajib bagi pengunjung untuk dibeli.

Produk yang berkembang mulai tahun 2009 ini, merupakan ide dari pembuatnya dimana kemudian membangun KUB Harapan Sejahtera Abadi di Sawangan, Depok. Tempat inilah yang menjadi sentra pengolahan belimbing dewa. Dari yang masih berbentuk buah kemudian diolah sedemikian rupa, menjelma bermacam-macam jajanan belimbing dan akhirnya menjadi oleh-oleh khas Depok, Jawa Barat. Hasil dari olahannya meliputi, jajanan tradisional seperti dodol, kerupuk  dan wingko belimbing, yang membuat kamu ketagihan dengan rasa dodol berbeda dengan daerah lainnya. 

Lalu, terdapat aneka minuman seperti ¬juice¬ dan sirup belimbing dewa. Hingga pada olahan kekinian yaitu mayonnaise serta kue nastar isi selai belimbing. Buah belimbingnya pun dipasok langsung dari petani yang ada di Depok. Pembuatannya dijamin bebas dari bahan pengawet, namun juga bisa bertahan cukup lama. Jika ingin membelinya, Sobat langsung saja berkunjung ke Blok A No. 3, Jl. Bungsan Pesona Gaharu, Bedahan, Sawangan, Kota Depok. Jangan sampai kamu tidak membeli buah khas Depok ini ya!

Pesona Rasa
Pesona Rasa
Pesona Rasa via kompasiana.com
 Toko oleh-oleh yang menjual beragam hasil UKM masyarakat Depok. Didirikan Mbak Enny Fitri, bertepatan dengan hari jadi Kota Depok yakni 27 April 2013 silam lho Sobat. Jadi, kamu yang ingin tahu produk apa saja dari pengusaha kecil menengah di Depok, bisa langsung datang ke Pesona Rasa. Harganya tentu terjangkau bagi kalian, tidak mahal-mahal kok. Mulai harga Rp5.000 saja kamu sudah bisa mengantongi oleh-oleh khas Depok yang menyehatkan. 

Salah satunya adalah  jus aloe vera. Mungkin masih banyak dari kalian yang belum pernah menjumpai minuman berbahan aloe vera atau lidah buaya ini. Karena biasanya, tanaman tersebut dibuat sebagai bahan kosmetik. Bahkan, Sobat diberi pilihan dengan berbagai varian rasa, ada jus aloe vera sari jambu merah, ada yang original. Kamu cukup merogoh dompet Rp7.000 saja, sudah bisa icip-icip rasa dari minuman menyehatkan ini.  

Jika tertarik, kamu bisa datang ke jalan Jl. Margonda Raya, No. 334C, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok. Pesona Rasa juga menjual olahan lain, kamu akan mendapati jajanan seperti manisan rumput laut, krupuk libuy (lidah buaya), jahe merah instan, dan tentunya olahan dari belimbing dewa.

Rumah Biskuit
Rumah Biskuit
Rumah Biskuit via depokterkini.com
Seperti namanya, oleh-oleh kali ini merupakan sentra bagi pengolahan biskuit khas Kota Depok yang tidak hanya enak namun sangat bermanfaat bagi penambah gizi. Jadi, latar belakang terbentuknya Nutri Local Food, pemilik brand Rumah Biskuit ini adalah sebagai inovasi camilan yang sehat dan baik dikonsumsi untuk memperbaiki gizi masyarakat Depok.  Hadir dengan 4 varian yang cocok untuk makanan anak-anak, balita, Ibu menyusui dan lansia. 

Ke 4 varian tersebut meliputi biskuit Temma (tempe kurma), berbahan tepung tempe dan kurma yang berguna untuk miningkatkan nafsu makan bagi anak-anak. Lalu, biskuit Catemma dengan komposisi tepung mocaf atau tepung ubi kayu, dicampur tepung tempe dan selai kurma. Catemma sangat cocok untuk Ibu menyusui dan lansia karena kandungan vitamin dan nutrisinya. 

Berikutnya ialah biskuit Bisma (biskuit kurma), seperti yang kalian ketahui, kurma memang berasa manis dan kadang dihindari para pelaku progam diet. Namun ternyata, dengan biskuit Bisma ini, malah menjadi makanan pendamping diet yang baik lho Sobat. Kok bisa? Karena kurma dapat mengenyangkan perut cukup lama, jadi mereka yang sedang diet bisa mengurangi kuantitas makan. Terakhir, ialah biskuit Caromma (mocaf, koro pedang, selai kurma) yang mana hadir dengan rasa coklat, pandan, nangka dan mocca. Cocok buat kamu para penderita diabetes Sobat. 

Bagaimana? Makanan ringan yang satu ini memang sangat menyehatkan bukan? Jadi, langsung saja datang ke jalan Alternatif Cibubur No. 102, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok. Atau kamu bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh khas Depok, sudah pasti biskuit sehat ini akan kamu jumpai. Satu bungkus biskuit biasa dihargai Rp5.000 saja Sobat, murah dan menyehatkan.

Munafood (Pechoc)
Munafood (Pechoc)
Munafood (Pechoc) via tokopedia.com
Satu lagi camilan sehat khas Depok, yaitu Pechoc atau Tempe Chocolate. Olahan dari Munafood ialah mengandalkan makanan tempe, terbuat dari kedelai yang terkenal makanan desa ini. Divariasi menjadi olahan yang lebih modern dengan dicampur coklat. Sehingga, rasa dari tempe menjadi lebih mantap, dan disukai berbagai kalangan. Munafood berdiri sejak 2015, hadir sebagai solusi bagi wisatawan yang berkunjung ke Depok agar mereka bisa membawa oleh-oleh yang dapat awet cukup lama sepanjang di perjalanan dan di rumah. 

Harga dari Pechoc berkisar dari Rp.15.000 per bungkusnya. Dengan aneka rasa wijen, original, ataupun green tea. Sobat yang ingin menikmati olahan tempe berpadu rasa coklat ini bisa datang ke Blok F2, No. 20B, Kel. Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok. 

Itulah oleh-oleh khas Depok, Jawa Barat. Meskipun jajanan Depok terkesan bercitra rasa modern, namun tetap dipadu juga dengan unsur kuliner Indonesia. Jadi, Sobat yang sedang berada di Depok, jangan lupa membeli buah tangan di sana. Bukan hanya enak di santap, namun juga baik untuk kesehatan. Pasalnya, berbagai jajanan terbuat dari bahan alami yang mengandung banyak khasiat. Sudah dapat berbelanja ria, mendapat bonus sehat pula. So! Healthy Shopping guys.