PLARIUSMODIFIKASI101

Daftar Tempat Wisata Terfavorit di Ternate Maluku Utara

Tuesday, November 6, 2018
Liburan memang suatu hal yang selalu ditunggu, baik itu libur akhir pekan terlebih saat libur panjang. Nah bagi anda yang saat ini sedang mencari tempat liburan yang menyenangkan di Ternate Maluku Utara. Kali ini kami akan membagikan beberapa obyek wisata keren disana. Penasaran? Daftar Tempat Wisata Terfavorit di Ternate Maluku Utara

1. Danau Laguna Ngade
Danau Laguna Ngade
Danau Laguna Ngade via phinemo.com
Obyek wisata pertama adalah danau laguna ngade. Bagi anda yang sedang di ternate pastinya sangat rugi jika melewatkan Danau Laguna Ngade ini. Karena  disini anda bisa menikmati panorama alam yang luar biasa keindahannya, bernuansa tenang dan juga sangat eksotis karena tempanya yang berdekatan dengan pantai. 

Disana, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang sangat cantik, terlebih saat dilihat dari ketinggian. Dan menariknya, danau Laguna Ngade ini airnya tetap memiliki rasa tawar, walaupun tempatnya sangat dekat dengan pantai.

Danau ini ada di Desa Ngade, kelurahan Fitu, di Kota ternate, Maluku Utara. Yang jaraknya tak begitu jauh dari bandara Baabulah, jika dari bandara Baabulah anda akan menempuh jarak sekitar 40 kilometer.

Disana, pengunjung bisa menikmati beberapa hal menarik, seperti menikmati indahnya laut, menikmati pemandangan pulau Maitara - Tidore, menikmati beragam makanan khas Ternate di restoran terapung, dan menikmati keindahan alam dengan ayunan yang disediakan, serta memancing. 

2. Pantai Jikomalamo
Pantai Jikomalamo
Pantai Jikomalamo via lihat.co.id
 Salah satu spot terbaik di Ternate yang tak bisa anda lewatkan begitu saja adalah Pantai Jikomalamo. Ternate menyimpan beberapa wisata alam yang tersembunyi dan belum di ketahui banyak orang, salah satunya Pantai Jikomalamo ini. Disini pengunjung akan menemukan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Memang pantai ini tak begitu popular seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Ternate atau bahkan mauku, tapi justru disitulah yang menjadi daya tarik pantai ini. Karena belum banyak pengunjung membuat suasanya sangat asri, dan pasir pantainya juga sangat bersih. Dan walaupun tempatnya bisa terbilang sempit tapi anda tidak perlu kawatir anda akan tetap dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang begitu jernih.

Lokasi Pantai Jikomalamo berada tidak jauh dari Pantau Sulamadaha. Pulau Ternate – Maluku Utara. Jika anda ingi kesana anda harus menyewa speedboad karena belum ada akses darat menuju pantai ini. Untuk biaya sewa speedboad ini sekitar Rp 250 sudah bisa untuk antar  dan jemput.

3. Masjid Al  Munawar
Masjid Al  Munawar
Masjid Al  Munawar via kabarternate.com
Salah satu icon kota Ternate adalah Masjid Al Munawar, masjid ini mempunyai arsitekstur yang memanjakan para jama’ah yang mengunjunginya. Masjid Al Munawar dibangun di lahan seluas sekitar 6 hektar, yang mempunyai luas 9.512 meter persegi, dan bisa menampung  hingga 15.000 ribu jama’ah. Jika anda berada di Ternate anda harus menyempatkan singgah di Masjid Al Munawar ini, anda bisa beribadah sekaligus berwisata religi.

Jika terlihat dari kejauhan masjid ini seakan mengapung di tengah laut, sekaligus mempunyai pemandangan yang bagitu menakjubkan, latar pemandangannya sendiri adalah Gunung Gamalama sehingga memyempurnakan keindahan yang ada, maka dari itu Masjid ini juga merupakan destinasi wisata umat yang berada di Ternate.

Lokasi Masjid Al Munawar ini berada di jalan Tapak II nomor 1 kelurahan Gamalama kota Ternate, Maluku Utara

Anda bisa menikamati pemandangan alam yang luar biasa saat berada di Masjid Al Munawar ini, seperti menyaksikan pemandangan pesisir Halmahera, menikmati pemandangan Pulau Tidore dan aktivitas Pelabuhan Ahmad Yani.

4. Museum Kedaton Ternate
Museum Kedaton Ternate
Museum Kedaton Ternate via kedatonternate.blogspot.com
Museum Kedaton Ternate merupakan museum sejarah yang  memyimpan benda-benda sejarah dari kesultanana Ternate pada masa perang dan pada masa datangnya orang bangsa Eropa di Maluku pada abad 15 lalu. Museum ini di bangung pada tahun 1813 oleh seorang arsitektur dari China.


Museum ini sebagai tempat penyimpanan peninggalan bangsa Eropa dan menyimpan mahkota istimewa yang tidak dimiliki di istana / museum manapun.  Keistimewaan dari mahkota ini adalah mahkota ini mempunyai rambut yang bisa tumbuh sendiri layaknya manusia. Sehingga setiap setahun sekali memang diadakan acara ritual pemotongan rambut pada mahkota itu. Acara itu biasanya dilaukan pada hari raya Idul Adha.

Lokasinya berada di Sio Sio, Ternate Utara, sangat mudah di temukan jika anda berangkat dari bandara Baabullah anda akan menempuh jarak sektar 3,5 kilometer, jika anda berangkat dari Pelabuhan Ahmad Yani  anda akan menempuh jarak sekra 1,5 kilometer.

5. Batu Angus
Batu Angus
Batu Angus via tips-wisata-indonesia.blogspot.com
Di Ternate tedapat lokasi wisata yang berisikan batu. Namanya Batu Angus, Batu Angus ini merupakan tempat yang berisikan tumpukan bebatuan yang berwarna hitam seperti batu yang hangus. Batu Angus ini terbentuk dari letusan gunung Gamalama yang terjadi pada tahun 1673 silam.

Kawasan Batu Angus ini menyerupai lukisan yang terbentuk oleh alam, batu berwarna hitam yang berpadu dengan hijaunya Gunung Gamalama dan birunya laut perairan ternate membuat pemandangan yang disajikan begitu mengesankan mata yang memandangnya.

Lokasi dari Batu Angus ini berada di jalan kota Ternate, provinsi Maluku Utara. Letaknya tidak terlalu jauh dari kota ternate. Jika dari pusat kota anda harus memepuh perjalanan sektar 10 kilometer. 

6. Pantai Tobololo
Pantai Tobololo
Pantai Tobololo via traveluxion.web.id
Pantai Tobololo ini terletak di Pulau Ternate, ada suatu keunikan yang ada di pantai ini yakni, jika air laut surut kita bisa melihat batu karang yang indah dan pada saat air laut pasang biasanya di gunakan untuk berselancar oleh para wisatawan.

Terdapat sumber air panas di Pantai Tobololo ini, pengunjung biasanya mencari spot-spot yang dialiri sumber air panas itu, sebetulnya sumber air panas itu dari Gunung Gamalama tapi ada beberapa spot yang bisa di temukan di patai ini.

Pantai ini diapit oleh dua pulau yaitu Pulau Halmahera dan Pulau Hiri, tepatnya Pantai Tabololo terletak di bagian Utara Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara. 

Selain menikmati pemandangannya, pengunjung bisa berselancar dan memancing di pantai ini. Namun sangat disayangkan belum ada fasiitas memadai di obyek wisata ini.

7. Pantai Sulamadaha
Pantai Sulamadaha
Pantai Sulamadaha via jalanwisata.id
Pantai sulamadaha ini merupakan destinasi wisata favorite dan pastinya wajib dikunjungi saat berada di ternate, Maluku Utara. Pantai ini tidak begitu luas dan memiliki bentuk U, di sekitar pantai di tumbuhi banyak pepohonan, sehingga menciptakan suasna sejuk di pantai.

Pantainya yang tidak terlalu luas jadi memberikan kesan privat pantai. Saat pengunjung sampai, pengunjung disambut oleh pasir putih dan air laut pantai yang begitu bening sehingga menarik pengunjung untuk bermain air, jernih dan sejuknya air juga membuat betah belama-lama bermain air di pantai ini.

Lokasi Pantai Sulamada sendiri teletak di pulau Ternate, kota Ternate, Maluku Utara

Jangan kawatir soal fasilitas wisata, karena fasilitas disini terbilang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi umum, penjual makanan, peresewaan pelampung dan bahkan perahu untuk mengarungi pantai.

8. Pantai Fitu
Pantai Fitu
Pantai Fitu via sportourism.id
Apakah anda pernah memperhatikan lukisan yang ada di pecahan uang seribu rupiah? Ya, yang terlihat di gambar tersebut merupakan pantai fitu yang berada di Ternate Maluku Utara. Pantai ini tentunya memiliki daya tarik luar biasa, hingga sampai dijadikan ikon/gambar untuk pecahan mata uang.

Memang tak salah jika pantai ini diabadikan di pecahan mata uang, karena nyatanya terdapat beragam pesona yang ditawarkan. Selain panorama pantai itu senditi, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Tidore dan Gunung Maitara yang ada di seberang.


Nah, untuk anda yang tertarik berkunjung dipantai ini, langsung saja datang di kelurahan Fitu, Kota Ternate, Maluku Utara. Jika perjalanan dimulai dari Bandara Baabullah maka diperlukan waktu sekitar 30-40 menit perjalanan, atau kurang lebih berjarak 40 kilometer. Untuk kesana pengunjung bisa mengendarai kendaraan, baik mobil atau motor. 


Terdapat anjungan yang bisa digunakan pengungjung untuk menikmati keindahan alam Pantai Fitu ini, melalui anjungan ini pengunjung bisa dengan leluasa melihat keindahan Pulau Maitara, Pulau Tidore dan Danau Ngade. Dan menariknya lagi, terdapat banyak kuliner lezat dipinggir Pantai.

Nah, itu dia beberapa obyek wisata terbaik yang dimiliki Ternate, Maluku utara. Memang tak dipungkiri Ternate menyimpan banyak keindahan alam eksotis yang sayang dilewatkan begitu saja. Selamat berlibur.