PLARIUSMODIFIKASI101

Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Serang Banten

Monday, November 5, 2018
Banten merupakan sebuah provinsi baru. Dulunya Banten merupakan bagian dari Jawa Barat. Berdiri pada tahun 2000, Banten terus melakukan pembenahan untuk sektor pariwisatanya. Wilayah Banten menjadi sentra industri di Pulau Jawa karena sejak dahulu Banten sudah terkenal dengan sebagai pelabuhan yang sangat ramai. Jadi tidak salah jika Banten memiliki banyak pantai karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan Selat Sunda. 

Tak hanya itu, pusat pemerintahan provinsi yang berada di Serang ini juga menawarkan beragam destinasi wisata untuk menarik minat para wisatawan. Nah, penasaran apa saja obyek wisata keren yang ada di Serang Banten? Berikut beberapa diantaranya.

1. Pantai Anyer
Pantai Anyer
Pantai Anyer via sobatpetualang.com
Destinasi pertama dan selalu menjadi favorit banyak masyarakat yang berada di Serang adalah Pantai Anyer. Lokasinya terletak di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Pantai Anyer memiliki hamparan pasir putih yang membentang dengan dan air laut yang biru. Para pengunjung bisa melakukan beberapa aktivitas ketika berlibur ke sini, seperti main pasir, berenang, banana boat, snorkeling, diving, jet ski, jalan-jalan di sepanjang pantai, bahkan berkemah di sekitar pantai Anyer.

Tak hanya itu, fasilitas untuk menginap atau menghabiskan malam di pantai ini pun telah tersedia disertai dengan deretan akomodasi menarik yang berjajar untuk disewa. Bagi pengunung yang akan masuk ke pantai Anyer akan dikenaikan tarif sekitar Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,-/kendaraan roda dua. Sementara untuk mobil, tarifnya mencapai Rp 50.000,-. Tiket masuk tersebut berlaku selama jam buka pantai atau dihitung 24 jam. 

2. Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong via haluannews.com
Pantai unik di Serang selanjutnya adalah pantai Karang Bolong. Lokasinya terletak di desa Karang Suraga, kecamatan Cinangka. Konon pantai ini dulunya bernama Karang Suraga yang merupakan orang pintar dengan ilmu tinggi yang bertapa di tempat tersebut sampai akhir hayatnya. Namun lama kelamaan, pantai ini lebih dikenal dengan nama Karang Bolong. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki karang yang berlubang di bagian tengahnya. Menurut para ahli, terbentuknya lubang tersebut dikarenakan adanya pengikisan oleh air laut dalam jangka waktu panjang. Sementara menurut masyarakat sekitar, terbentuknya lubang disebabkan oleh letusan Gunung Krakatau. Hingga kini penyebab pasti terbentuknya lubang di Karang Bolong belum diketahui.

Para pengunjung bisa melakukan kegiatan seperti main perahu, banana boat jika air laut surut, tracking ke puncak karang sambil melihat indahnya Gunung Anak Krakatau dari jauh, berpiknik dengan menggelar tikar sambil santai, atau hanya menyusuri bebatuan karang. Di pantai ini para pengunjung tidak boleh berenang, karena banyak batu karang. Jika Anda berminat bekunjung ke sini, Pantai Karang Bolong buka setiap hari mulai dari pagi sampai petang dengan tiket masuk sekitar Rp 10.000,-.

3. Pulau Sangiang
Pulau Sangiang
Pulau Sangiang via ngetrip.net
Setelah pantai, di Serang juga terdapat pulau-pulau yang tak kalah menarik. Pulau pertama adalah Pulau Sangiang. Pulau ini terletak di desa Cikoneng, kecamatan Anyer. Pulau Sangiang sendiri merupakan taman wisata laut. Pulau ini dijuluki Seven Wonders of Banten. Sesuai dengan julukannya, pulau ini memiliki panorama alam yang sangat memukau karena adanya pantai-pantai indah dengan pasir putih dan air laut jernih. Pantai-pantai tersebut antara lain adalah Pantai Batu Mandi, Pasir Panjang, Tanjung Raden, dan Legon Waru.

Pulau Sangiang memiliki beraneka ragam tanaman khas, seperti cemara laut, ketapang bayur, walikukum, dadap laut, waru laut, dan nyamplung. Selain ragam tanaman, pulau ini juga memiliki bermacam hewan yang dilindungi seperti beberapa biota laut, belibis, camar, elang laut, dara laut. Pengunjung yang datang bisa melakukan beragam kegiatan seperti menyelam, snorkeling, dan berwisata ke Gua Kelelawar yang ada di dekat Pulau Sangiang. Tak hanya itu, pengunjung bisa menyaksikan indahnya biota laut yang beragam dengan memakai glass bottom boat di Pantai Tanjung Raden.

4. Pulau Burung
Pulau Burung
Pulau Burung via pesonawisataindonesia.com
Pulau unik di Serang  selanjutnya adalah Pulau Burung. Pulau Burung atau yang biasa dikenal dengan Pulau Dua ini merupakan kawasan di Serang yang menawarkan wisata pantai yang unik. Lokasinya terletak di desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Serang Timur. Para pengunjung yang datang ke sini bisa melihat puluhan jenis burung yang singgah sebentar sebelum akhirnya pergi kembali. Setiap tahun, kawasan pulau ini digunakan sebagai lokasi singgah para burung yang melakukan migrasi.

Saat terbaik untuk berkunjung ke pulau ini adalah pada bulan April hingga Agustus. Pada bulan tersebut terdapat 60 jenis burung yang bermigrasi dan siap difoto atau hanya dilihat dari kejauhan. Tak hanya itu, pulau yang buka dari pagi hingga sore ini memiliki menara untuk menyaksikan burung-burung tersebut tanpa membuat mereka ketakutan. Untuk masuk ke kawasan Pulau Burung tidak menggunakan tiket lagi, karena biasanya sudah menjadi satu dengan sewa perahu dan fasilitas lain jika ingin mengelilingi pulau ini.

5. Danau Rawa Dano
Danau Rawa Dano
Danau Rawa Dano via bantenwisata.com
Wisata di Serang selanjutnya adalah Danau Rawa Dano. Danau Rawa Dano merupakan sebuah kawasan cagar alam dengan luas sekitar 2.500 hektar. Danau ini terletak di desa Batukuwung, kecamatan Padarincang. Awalnya, Danau Rawa Dano berasal dari gunung berapi yang sudah tidak aktif. Kemudian seiring berjalannya waktu, tempat tersebut berubah menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi rawa-rawa di atas danau. 

Kawasan ini dipenuhi berbagai macam pepohonan hijau yang merupakan rumah dari beragam aneka satwa. Mulai dari bermacam-macam jenis burung yang mencapai 250 jenis hingga reptil seperti buaya dan ular juga hidup di sini. Para pengunjung bisa melakukan aktivitas menarik seperti penjelajahan dan fotografi. Pengunjung bebas melakukan penjelajahan di kawasan yang memiliki rawa, danau, pegunungan, dan bentang alam yang masih alami ini. 

6. Danau Tasikardi
Danau Tasikardi
Danau Tasikardi via flickr.com
Danau lainnya yang berada di Serang adalah Danau Tasikardi. Sesuai dengan namanya, Tasikardi berasal dari bahasa Sunda, yaitu Tasik dan Ardi yang berarti Danau Buatan. Danau Tasikardi terletak di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu.

Dulunya, tempat yang memiliki luas 5 hektar ini digunakan sebagai objek wisata oleh Kesultanan Banten untuk tempat relaksasi, bermain, dan hiburan di kala raja dan keluarga jenuh dengan kegiatan kerajaan mereka. Saat ini, Danau Tasikardi digunakan sebagai penampung air Sungai Cibanten.

Setiap hari libur, ratusan pengunjung akan datang ke Danau Tasikardi hanya untuk menikmati udara danau yang sejuk atau mengendarai perahu bebek untuk mengelilingi area danau. Danau Tasikardi memiliki beberapa infrastruktur pendukung, seperti tempat ibadah dan toilet. Untuk memasuki danau yang buka setiap hari mulai pagi hingga sore ini, para pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp 2.500,-/orang dan parkir Rp 2.000,-/kendaraan.

7. Curug Bumi
Curug Bumi
Curug Bumi via teluklove.com
Tempat wisata yang relatif masih alami di Serang selanjutnya adalah Curug Bumi. wisata ini terletak di Kecamatan Padarincang. Wisata Curug Bumi menawarkan keindahan pesona yang tiada duanya, yaitu beberapa air terjun kecil dengan ketinggian kurang lebih 3 hingga 5 meter, air yang cukup jernih, pemandangan yang masih asri serta tempat yang pun cukup bersih. Selain kondisi yang masih alami dan lokasinya yang masih tersembunyi, para pengunjung bisa bermain cliff diving dari tebing yang berada di area ini.

8. Rumah Hutan
Rumah Hutan
Rumah Hutan via jalanwisata.id
Destinasi wisata selanjutnya adalah destinasi yang terbilang baru. Objek Wisata tersebut yaitu Rumah Hutan. Lokasinya berada di Bukit Cidampit, Kampung Bojong, Desa Sayar, Kecamatan Taktakan. Sesuai dengan namanya, Rumah Hutan adalah sebuah rumah sederhana yang berada di tengah-tengah hutan. Destinasi wisata ini dibangun di salah satu sudut area tanah seluas 6.000 meter persegi.

Setiap akhir pekan, Rumah Hutan ini ramai dikunjungi para pengunjug untuk berkemah. Rumah Hutan ini memiliki beberapa fasilitas. Di antaranya adalah satu bangunan yang berfungsi sebagai warung, di tengah-tengah terdapat lapangan badminton, di beberapa sudut terdapat bangunan segi empat untuk berkumpul dan bercengkerama antar pengunjung yang datang, ada perpustakaan kecil serta bangunan kayu dua lantai yang disebut dengan Panenjoan (peninjauan), di mana para pengunjung bisa mengamati pohon durian secara utuh. Meskipun tidak dilengkapi aliran listrik permanen, Rumah Hutan ini memiliki generator listrik yang akan dipinjamkan jika para pengunjung memintanya dan pengunjung hanya perlu memberikan bahan bakar yang diperlukan untuk menyalakan generator listriknya.

9. Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten via wacana.co
Tempat wisata terakhir adalah wisata religi, yaitu masjid Agung Banten. Masjid yang terletak di Jalan Banten Lama, Kaseman, Serang ini dibangun pertama kali pada abad ke 16 oleh Sultan Banten. Dulunya masjid ini dijadikan sebagai pusat penyebaran Islam di ujung barat Pulau Jawa. Sekarang, masjid yang telah berusia 400 tahun lebih itu difungsikan sebagai tempat ibadah dan lokasi wisata budaya serta religi.

Para pengunjung bisa menikmati arsitektur masjid Agung Banten dengan unsur Jawa, Hindu, Tiongkok, dan Eropa. Tak hanya itu, para pengunjung bisa mengelilingi seisi bangunan masjid yang unik atau mengagumi menara masjid yang dicat putih serta mengambil foto di beberapa sudut menarik dengan kamera.

Itu dia beragam destinasi wisata keren yang ada di Serang Banten. Semoga  bisa menjadi referensi yang bermanfaat.