PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Terbaik di Tarakan Kalimantan Utara

Thursday, November 15, 2018
Tarakan merupakan kota terbesar di Kalimantan Utara. Dan bisa dibilang, kota ini termasuk kota yang perkembangannya paling pesat, dibanding kota lain yang ada di sana. Luas wilayah kota ini sekitar 250 km persegi dan menempati urutan ke tujuh belas sebagai kota terkaya di Indonesia.
Dan perlu diketahui, Tarakan bukan hanya kota kaya, namun juga kota yang indah, karena terdapat banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Daftar Tempat Wisata Terbaik di Tarakan Kalimantan Utara

Nah, diantara banyaknya obyek wisata yang ada di Tarakan Kalimantan utara, berikut ini kami pilihkan beberapa tempat wisata terbaik yang tidak boleh anda lewatkan.

1. Pantai Amal
Pantai Amal
Pantai Amal via ksmtour.com
Rekomendasi pertama adalah pantai Amal. Pantai Amal merupakan wisata pantai yang menjadi favorit warga Tarakan dan selalu ramai pengunjung. Pantai ini terbagi menjadi dua wilayah pantai, yaitu pantai Amal Lama dan pantai Amal Baru. 

Pantai ini menyuguhkan keindahan pemandangan alamnya dengan ombak pantai yang berukuran sedang tidak terlalu tinggi serta warna pasir pantai yang coklat bersih. 

Daya tarik lain dari pantai ini adalah ketika cuaca sedang cerah, keindahan alam pantai ini akan nampak jelas dari wilayah pesisir. Keindahan matahari terbit juga tidak kalah mempesona. Suasana pantai yang sejuk dan alami membuat pengunjung betah berlama-lama.

Pantai ini berjarak sekitar 11 km dari p[usat kota Tarakan atau sekitar 20 menit perjalanan dengan berkendara. Fasilitas pendukung pantai ini adalah adanya Swiss-Belhotel, sebuah hotel berbintang yang berlokasi di pusat kota dekat dengan pusat perbelanjaan dan hiburan.

Jangan lupa untuk mencicipi masakan khas Tarakan yaitu udang sambal jeruk dan kapah kerang yang lezat dan dijamin mampu menggoyang lidah Anda. 

2. Museum Rumah Bundar
Museum Rumah Bundar
Museum Rumah Bundar via pengenwisata.com
Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki bentuk atap yang unik yakni bundar atau setengah lingkaran. Museum rumah Bundar ini merupakan objek wisata bersejarah yang ada di Tarakan.

Bangunan ini dulunya digunakan sebagai hunian bagi para orang Australia setelah berhasil merebut kekuasaan dari bangsa Jepang. Dilihat dari catatan yang terdapat di museum ini, rumah bundar di bangun pada tahun 1938 dengan bangunan yang menyerupai rumah Iglo.

Ada banyak koleksi benda peninggalan bersejarah bekas perang dunia ke II di tempat ini. benda bersejarah tersebut terawa dan terjaga dengan rapi di dalam lemari-lemari kaca. Benda-benda tersebut antara lain senapan, sepatu, peluru tentara Jepang, dan perlengkapan perang lain pada masa itu. 

Di museum ini juga terdapat koleksi peninggalan kesultanan Bulungan mulai dari tempat tidur hingga baju kebesarannya serta beberapa barang anik lainnya, misal uang koin jaman dahulu dan mobil kotak.

3. Baloy Adat Tidung
Baloy Adat Tidung
Baloy Adat Tidung via folksofdayak.wordpress.com
Baloy Adat Tidung atau rumah adat Tidung merupakan sebuah bangunan rumah yang berbahan dasar kayu ulin, yang merupakan kayu dari pohon yang tergolong langka saat ini. Rumah adat ini sangat unik dimana rumah dibangun dengan menghadap ke utara sedangkan pintu utamanya menghadap ke selatan. 

Bangunan rumah ini terdiri atas empat ruang utama yang disebut Ambir, ambir kiri merupakan ruangan untuk menerima pengaduan perkara, ambir tengah merupakan ruang pemuka adat memutiskan perkara, ambir kanan merupakan ruang istirahat sekaligus ruang berdamai, dan lamin damon yang merupakan singgasana kepala adat dayak Tidung.

Pengunjung yang datang dapat melihat dan berkeliling bangunan rumah adat ini sambil mengagumiukiran-ukiran rumah yang terbua dari kayu ini. selain berwisata Anda juga bisa belajar tentang sejarah masayarakat Dayak Tidung. 

4. Penangkaran Buaya Juwata
Penangkaran Buaya Juwata
Penangkaran Buaya Juwata via rahmid.wordpress.com
Penangkaran buaya ini berada di kelurahan Karang Harahap, Tarakan. Penangkaran Buaya Juwata (PBJ) merupakan tempat wisata unggulan Tarakan dengan koleksi buaya dari beberapa wilayah di Kalimantan.

Penangkaran ini memiliki luas wilayah sekitar 5 ha, yang telah ada sejak 1991. Terdapat tiga jenis buaya di PBJ yaitu buaya muara, buaya supit, dan buaya air tawar. 

Habitat asli buaya tersebut mulai terancam kepunahan, dan jumlahnya terus menurun seiap tahunnya, oleh sebab itu, reptil ini perlu dilestarikan agar keberadaannya di alam tetap lestari.

Di Indonesia sendiri terdapat 4 jenis buaya yang dilindungi antara lain yaitu ketiga spesies buaya yang ada di PBJ ditambah buaya papua atau nama lainnya crocodilus novaeguineae.

Meskipun PBJ juga menjual dan menyediakan produk dari buaya, namun hal tersebut masih aman karena buaya yang dipakai bukan yang terdapat di alam liar, melainkan dari hasil penangkaran sehingga tidak mengganggu habitat asli buaya-buaya tersebut.

5. Taman Oval Ladang
Taman Oval Ladang
Taman Oval Ladang via pariwisatatarakan.com
Taman Oval Ladang merupakan lokasi wisata sekaligus berfungsi sebagai ruang hijau terbuka di kota Tarakan. Taman ini selalu ramai pengunjung yang ingin menikmati pemandangan hijaunya taman.

Dinamakan taman oval karena memang taman ini berbentuk oval. Taman ini berada di lingkup wilayah kompleks perumahan sehingga teta[p terjaga rapi dan bersih. Terdapat banyak patung di taman ini seperti patung kuda, patung ikan, patung dinosaurus, dan berbagai patung bentuk hewan lainnya.

Sejumlah fasilitas pendukung juga melengkapi taman ini, seperti area jogging track, tempat bermain anak-anak, air mancur dan lampu hias. Terdapat pula banyak warung pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman. Anda juga bisa menikmati pentas seni yang diselenggarakan di taman ini.

Fasilitas yang paling digandrungi pengunjung disini apa lagi pala kaula muda adalah tersedianya wifi gratis yang bisi diakses untuk umum. Taman oval ini buka setiap jam 4 sore hingga 12 malam saja. Tiket masuk taman juga murah yaitu hanya 2 ribu rupiaj saja. 

6. Islamic Center Baitul Izzah
Islamic Center Baitul Izzah
Islamic Center Baitul Izzah via tarakanborneo.blogspot.com
Islamic Center Baitul Izzah merupakan sebuah kawasan dengan bangunan utama berupa masjid yang besar dan megah yang menjadi kebanggan masyarakat Tarakan. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di wilayah Kalimantan Uara. Masjid ini berlokasi di kampung 4, Tarakan Timur.

Selain sebagai pusat ibadah, tempat wisata religi ini memiliki bangunan pendukung ain seperti gedung olahrag indoor yang digunakan sebagai tempat berolahraga tentunya dan juga gedung serbaguna tempat menghelat pertemuan. 

GOR tersebut mampu menampung sebanyak 3 ribu orang. Ada bermacam pertandingan yang bisa diadakan di gedung ini seperti pertandingan bola voli, badminton, dan mini footsal. 

Letak Islamic Center Baitul Izzah ini sangat dekat dengan pusat kota Tarakan, hanya sekitar 5 m. Oleh sebab itu, lokasi ini selalu ramai pengunjung. 

7. Gusher Plaza
Gusher Plaza
Gusher Plaza via wisatalengkap.com
Guzher plaza merupakan pusat perbelanjaan pertama yang berdiri di kota Tarakan. Tempa perbelanjaan ini berada di Karang Rejo, Tarakan Barat, kota Tarakan. Bangunan plaza ini diresmikan pada tahun 2002, tempat ini berada di bawah naungan PT Gusher Tarakan yang juga sebagai pemiliki Grand Tarakan Mall.

Stand-stand yang terdapat di pusat perbelanjaan ini termasuk sangat lengkap. Ada Ramayana dept. Store, Robinson supermarket, ShoeMart, Zone2000. KFC, Pizza Hut, Texas Chicken, dan masih banyak lagi penyewa lainnya. 

Dengan fasilitas yang lengkap, plaza ini selalu ramai pengunjung, entah hanya berjalan-jalan saja, windows shopping, atau pun berbelanja kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pelengkap lainnya.

Plaza ini buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai jam 8 pagi hingga 10 malam. 

8. Wana Wisata Persemaian
Wana Wisata Persemaian
Wana Wisata Persemaian via tempatwisataid.com
Wana Wisata Persemaian merupakan tempat persemaian bebrapa tanaman yang berlokasi dekat dengan pusat kota Tarakan. Persemaian ini terletak di jalan Aki Balak, Juata Kerikil, Tarakan Utara, Tarakan, Kalimantan Utara. Sekitar 30 menit dari pusat kota.

Luas kawasan ini sekitar 95 hektar dengan pemandangan sekeliling yang hijau dan asri menyegarkan mata. Dari depan pintu masuk Anda akan disambut udara segar yang menyejukkan, kemudian Anda akan melihat papan reklame di sebelah kiri jalan yang berisi denah lokasi wana wisata persemaian.

Di tempa ini terdapat beberapa tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi antara lain seperti taman satwa, bumi perkemahan, taman anggrek, kolam pemancingan, tempat bermain golf, tempat bermain anak-anak, tempat persemaian, hutan pinus dan hutan agatis. 

Masuk lebih dalam Anda akan menjumpai jembatan kecil yang berada di atas sungai yang kecil pula. Terdapat 3 rumah penjaga lokasi wisata ini diseberang sungai tersebut. 

Banyak sekali tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di sini, jadi jika Anda sedang berada di Tarakan, sempatkan untuk mampir ke lokasi wisata satu ini, dijamin tidak akan rugi dan menyesal. Wana wisata persemaian ini di buka untuk umum seiap hari Senin hingga Jumat. 
Nah, itulah diatas ulasan singkat mengenai tempat wisata terbaik di Tarakan Kalimantan Utara yang dapat Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga ataupun teman-teman anda.