PLARIUSMODIFIKASI101

List Tempat Wisata Terbaik di Tebing Tinggi Sumatera Utara

Saturday, November 10, 2018
Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, mungkin nama Tebing Tinggi masih cukup asing. Namun di Sumatera Utara, kota ini terkenal sebagai kota lintas wisata. Meski lebih dikenal sebagai kota lintas wisata dan sering dijadikan sebagai tempat singgah, namun bukan berarti kota ini tidak memiliki  tempat wisata sendiri. Karena nyatanya Tebing Tinggi juga punya banyak obyek wisata keren. Nah, berikut beberapa obyek wisata menarik yang bisa anda kunjungi saat berada di Tebing tinggi Sumatera Utara.

1. Museum Kota Tebing Tinggi
Museum Kota Tebing Tinggi
Museum Kota Tebing Tinggi via xplora.id
Museum Kota Tebing Tinggi merupakan sebuah tempat yang  biasanya di gunakan para pelajar maupun mahasiswa untuk mencari tahu dan menggali informasi tentang peninggalan kerajaan yang pernah ada di Tebing tinggi

Museum Kota Tebing Tinggi menjadi tempat penyimpanan benda-benda bersejarah dari berbagai suku yang ada di Tebing Tinggi seperti suku batak, suku batak simalungun, suku jawa dan suku nias. Yang membuat menarik dan penasaran ialah, di dalam Museum Kota Tebing Tinggi terdapat pula benda bersejarah dari kerajan Padang, seperti uang koin lama, tongkat, gerabah dan keris. Serta ada pula telepon peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih bisa digunakan.

Untuk lokasinya Museum Kota Tebing Tinggi terletak di jalan Kotamadya, Kota Tebing Tinggi, Propinsi Sumatera Utara. Letaknya ada di kota sehingga mudah di jangkau. Namun sayang belum ada fasilitas yang bisa digunakan pengunjung untuk lebih bisa menikmati tempat ini. Semoga kedepannya pemkot memberikan beberapa fasilitas yang bisa di gunakan/dinikmati pengujung, sehingga pengunjung bisa lebih antusian mengunjungi Museum Kota ini.

2. Pemandian Batu Nongol
Pemandian Batu Nongol
Pemandian Batu Nongol via rahhadiary.blogspot.com
Pemandian Batu Nongol atau biasa di sebut pemandian BTN merupakan salah satu wisata alam yang ada di Tebing Tinggi. Tempat keren ini tak pernah sepi pengunjung, terlebih saat musim liburan.

Disana para wisatawan bisa menikmati pemandangan di sekeliling pemandian seperti persawahan dan perkebunan serta ada beberapa lembu yang mencari makan di rerumputan pinggir jalan. 

Lokasi pembadian BTN terletak di perbatasan kecammatan Dolok Merawan dan Sipislis. Pemandian BTN  letaknya masih sekitar 15 kilometer jika ditempuh dari pertingaan siplis kota Tebing Tinggi.

Oya, disana terdapat menara pemantau (di dalam pemandian), menara ini bisa di gunakan pengunjung yang ingin mengbadikan pemandangan sekitar, dan ada juga pondok diatas bukit jika pengunjung ingin melihat suasna yang ada di sekitar pemandian BTN ini.

3. Istana Negeri Padang 
Istana Negeri Padang
Istana Negeri Padang via tribunnews.com
Istana Negeri padang merupakan istana peninggalan Kerajaan Melayu di Raja ke XII. Istana Negeri Padang di bangun dengan ornament kebanggaan warga melayu yaitu kuning terang. Istana Negeri Padang bisa dijadian destinasi wisata budaya yang menarik, di kota Tebing Tinggi.

Istana Negeri Padang Ini masih berdiri kokoh walau usianya sudah hampir dua abad. Karena konon, istana ini dibangun pada tahun 1800 silam, dan menariknya  baik isi maupun bangunan, tidak ada yang berubah dari dulu hingga sekarang. Hal ini tentu mengundang decak kagum dan menjadi taya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung.

Lokasinya berada di jalan KF Tandean, kota Tebing Tinggi. Istana Negeri Padang ini juga berdiri diantara rumah penduduk yang lain, namun warna Kuning yang menghiasinya membuatnya berbeda dengan rumah pendududk yang ada di sekitarnya.

Di destinasi ini, pengunjung bisa melihat barang-barang peninggalan Raja, seperti misalnya pedang, foto keluarga, pakaian raja hingga kursi dan peralatan makan - minum milik sang Raja.

4. Lubuk Indah
Lubuk Indah
Lubuk Indah via hetanews.com
Jika anda sedang berada d kota Tebing Tinggi atau sedang dalam perjalanan melintasi kota Tebing Tinggi bersama anak, tak ada salahnya anda menyempatkan singgah di Lubuk Indah yang menawarkan tempat rekrasi untuk anak, tempatnya pun tak jauh dari kota.

Tempat ini menawarkan berbagai sarana bermain untuk anak dan letaknya berada di pinggir jalan raya, sehingga membuat banyak orang menyempatkan singgah di Lubuk Indah ini  jika pengunjung hanya ingin sekedar masuk, tidak akan di kenakan biaya. Namun jika ingin menggunakan wahana baru akan di kenakan biaya tiket.

Letaknya berasa di jalan Gatot Subroto, Kecamatan Padang Hulu, kota Tebing Tinggi. Lokasinya berada di pinggir jalan lintas Tebing Tinggi – Pematang Siantar. Jika dari pusat kota hanya berjarak 3 kilometer saja.

Di dalam Lubuk Indah ini terdapat fasilitas bermain seperti kolam renang dan sepeda air, dan terdapat juga area memancing bila tak ingin berenang. Di lokasi ini juga banyak penjual makanan dan minuman jadi pengunjung tak usah bingung soal urusan perut.

5. Waterpark Gundaling
Waterpark Gundaling
Waterpark Gundaling via id.foursquare.com
Waterpark Gundaling merupakan objek wisata permainan air yang ada di Tebing Tinggi, bagi anda sekeluarga yang mempunyai anak kecil, tempat ini sangat pas dijadikan tempat wisata saat liburan, selain menawarkan beberapa wahana air harganya pun terjangkau.

Di Dalam Waterpark Gudaling terdapat kolam renang dan pemandian yang tak hanya untuk anak tetapi juga orang dewasa, terdapat beberapa pilihan ukuran kolam di dalam Waterpark ini yang bisa pengunjung pilih, serta air yang di gunakan merupakan sumber dari dasar bumi.

Lokasi taman reskreasi Waterpark Gundaling ini Terletak di Jalan Negara Soekarno Hatta Lingkungan 3, Kelurahan Tambangan, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi.

Di Waterpark Gundaling tidak hanya terdapat kolam renang saja, tetapi di lengkapi dengan waterboom, tempat seluncuran, aneka hiburan untuk anak, hiburan musik  dan masih ada beberapa yang lainnya yang bisa dinikmati para pengunjung.

6.  Tugu Emas jembatan Gandeng
Tugu Emas jembatan Gandeng
Tugu Emas jembatan Gandeng via tribunnews.com
Tugu Emas Jembatan Gantung merupakan salah satu Icon kota Tebing Tinggi tak heran bila masyarakat terutama masyarakat luar daerah selalu mengunjungi tempat ini walau hanya sekedar untuk foto  terlebih lagi tempatnya juga sangat mudah di jangkau dan strategis. 

Tugu Emas Jembatan Gantung ini menjyajikan panorama yang indah, dari sini kita bisa melihat pemandangan kota  dan membuat pengujung tak akan merasa jenuh. Tugu Emas Jembatan Gantung ini merupakan Icon kota. Tempat ini sangat di senangi para kawula muda dan pasti menjadi tempat yang sering di kunjungi para wisatawan dari luar daerah.

Letak tugu ini beradi di kawasan Tebing benteng, Pasar Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi, kabupaten Empatlawang, Provisi Sumatera Utara dan letaknya berada di tengah kota yang dekat dengan jalan lintas Sumatera.

Karena posisinya yang pas, para pengunjung bisa dengan leluasa berfoto dan menkmati panorama kota seperti jembatan ketreta api yang bersebelahan dengan sungai musi atau biasa disebut jembatan gandeng, dan jembatan jalingtensum. 

7. Pemnadian Putri Nagur
Pemnadian Putri Nagur
Pemnadian Putri Nagur via abdulkhalik-news.blogspot.com
Bagi anda yang berada di Tebing Tinggi dan mencari suasan alam yang menakjubkan dengan pemandangan air mengalir deras maka datanglah ke Pemandian Putri Nagur. Pemandian alamiah ini berada di Aliran Bah Kualit, dan bah Kualit sendiri merupakan aliran dari anak sungai Padang. 

Pemandian ini bernuansa sejuk dan memiliki air yang jernih. Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini tidak dipungut biaya apapun, saat musim penghujan tiba debit air di Pemandian Putri Nagur ini akan penuh sehingga memberikan sensai menakjubkan di bagi yang melihatnya

Pemandian Putri Nagur ini berada di aliran Bah Kuliat, tepatnya di desa Tinokkah, Kecamatan Sipispis, kabupaten serdang Bedagai, Kota Tebing tinggi 

Belum ada fasilitas yang ada di area pemandian ini, namun pengunjung bisa menikmati aliran air yang ada dan di suguhi pemandang alam dengan bukit-bukit dan pegungungan Simbolon dan persawahan yang membentang luas.

8. Pesona Tinggi Raja
Pesona Tinggi Raja
Pesona Tinggi Raja via gayahidup.dreamers.id
Pesona Tinggi Raja merupakan salah satu pemandian air panas alam yang ada di Tebing Tinggi, karena banyak media yang menyiarkan pemandian ini maka kini pemandian ini ramai di kunjungi wisatawan yang  berkunjung yang sedang berada di kota Tebing Tinggi.

Pemandian ini menyajikan pesona bukit kapur dan air panas yang menjadi satu di kawasan hutan konservasi. Sejuknya suasana yang ada menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena memang tempatnya masih sangat alami.

Pemandian pesona tinggi Raja berada di Kecamatan Silau Kahaean, Kabupaten Simalungun, Tebing Tinggi, namun tempatnya lumayan jauh dari pusat kota, jaraknya sekitar 60 kilometer dari pusat kota Tebing Tinggi, namun hal ini tidak menyurutkan minat wisatawan untuk datang.

Belum ada fasilitas yang ada di Pemandian Tingi Raja ini, namun pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan alam yang hijau di tengah hutan konservasi di padukan dengan warna kapur dan dan beningnya air sehingga memberikan kesejukan bagi yang datang.

Itu dia beragam obyek wisata keren yang ada di Tebing Tinggi Sumatera Utara, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.