PLARIUSMODIFIKASI101

Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Tomohon Sulawesi Utara

Saturday, November 24, 2018
Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai banyak destinasi wisata dan keindahan alam yang ditawarkan, tak bisa ditemukan negara lain dimanapun. Nah, diantara daerah di Indonesia, salah satu provinsi yang memiliki banyak destinasi menarik adalah provinsi Sulawesi Utara, khususnya di kota salah Tomohon. 

Nah untuk anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Tomohon Sulawesi utara, dan bingung akan berlibur kemana,  berikut kami bagikan beberapa referensi yang bisa anda kunjungi.

1. Danau Linow
Danau Linow
Danau Linow via indonesiakaya.com
Danau Linow merupakan salah satu danau yang ada di Sulawesi Utara dan terletak di Tomohon, danau ini diketahui bisa memancarkan tiga warna menakjubkan, mulai dari hijau, biru dan juga coklat, perubahan warna tersebut disebabkan kandungan belerang di dalamnya yang memang begitu tinggi.

Daya Tarik
Danau unik yang bisa berubah warna ini juga menjanjikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan yang di sertai udaranya juga begitu sejuk dan nyaman membuat para wisatawan yang datang enggan bergegas meninggalkan Danau Linow ini.

Lokasi
Danau Linow ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Manado dan memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam perjalanan. Dan dari Kota Tomohon berada di sebelah barat dan berjarak sekitar 3 kilometer 

Fasilitas
Untuk fasilitas yang ada di Danau Linow ini juga sudah lumayan mendukung, para pengunjung sudah disediakan tempat parkir kendaraan yang aman, toilet umum, dan juga sudah banyak cafe yang tersedia di sekitar Danau.

2. Gunung Mahawu
Gunung Mahawu
Gunung Mahawu via travel.kompas.com
Jika berada di Tomohon sempatkan mengunjungi Gunung Mahawu, gunung ini memiliki ketinggian 1.300 meter lebih, di atas permukaan laut. Tempat ini juga ramai pengunjung terutama pada saat akhir pekan dan hari libur.

Daya Tarik
Gunung ini menjadi favorit para wisatawan karena suasana alamnya yang begitu bersahabat, dan jik ingin mendaki, jalur pendakiannya juga sudah sangat nyaman dan aman untuk dilalui karena sudah terdapat anak tangga yang didesain sedemikian rupa.

Lokasi
Secara geografis Gunung Mahawu ini terletak di Desa Kakaskasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara

Fasilitas
Fasilitas yang ada, dipastikan bisa membuat pengunjung nyaman karena sudah tersedia toilet atau kamar mandi umum, tempat sampah umum, parkir kendaraan, dan yang pasti jalur pendakian yang aman dan mudah dilalui.

3. Puncak Temboan
Puncak Temboan
Puncak Temboan via kompasiana.com
Apa anda ingin bersantai, sembari menikamti segelas kopi dengan ditemani pemandangan alam seperti pegunugan, laut dan danau yang keren? Jika itu yang anda inginkan,  maka anda bisa datang ke Puncak Temboan. Karena disana, semua yang anda inginkan bisa anda dapatkan.

Daya Tarik
Wisatawan yang datang kesini akan langsung disambut oleh pemandangan alam yang eksotis dan megah, pengunjung akan di suguhi pemandangan gunung klabat yang merupakan gunung tertinggi di dataran Sulawesi. Disisi lainnya pengunjung bisa melihat danau Tondano yang terlihat keren dari ketinggian.

Lokasi 
Puncak Tamboan sendiri berada di Kelurahan Rurukan Satu, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, provinsi Sulawesi Utara. Membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di tempat ini jika ditempuh dari pusat kota Tomohon.

Fasilitas
Untuk fasilitas sendiri, pengunjung sudah disiapkan area tempat parkir, toilet umum, dan beberapa cafe yang menyediakan kopi, beragam makanan, baik makanan ringan ataupun makanan berat. Dan menariknya harga yang di tawarkan juga cukup terjangkau.

4. Pasar Ekstrem
Pasar Ekstrem
Pasar Ekstrem via traveltodayindonesia.com
Jika anda berkunjung ke kota Tomohon dan kebetulan anda memiliki kecintaan terhadap hal-hal yang menantang, maka sempatkan untuk mampir ke Pasar Ekstrem, pasar ini bukan sembarang pasar seperti pada umumya, pasar ini menjual berbagai daging binatang, baik yang buas maupun tidak (tapi tidak termasuk binatang yang diindungi ya). 

Daya Tarik
Biasanya pengunjung yang datang merasa penasaran dengan apa yang di jual, karena pasar ini menjual makanan yang bisa dibilang tidak wajar, seperti daging babi hutan, monyet, ular, tikus hutan, anjing, kekelawar serta soa-soa. 

Fasilitas
Pasar ini sebetulnya mempunyai 2 area, untuk area yang pertama sama layaknya pasar lainnya yang menjual bahan pokok, untuk area kedua, menjual beragam jenis daging hewan ekstrem yang telah disinggung diatas. Dan menariknya, disana juga sudah ada penjual yang menjajakan makanan atau daging yang matang. Jadi, anda bisa langsung menguji nyali dengan mencicipi daging binatang ekstrim diatas.

5. Pagoda Ekayana
Pagoda Ekayana
Pagoda Ekayana via wiki-wisata.blogspot.com
Walaupun di kota Tomohon, provinsi Sulawesi Utara ini mayoritas penduduknya  penganut agama Kristen, namun nyatanya disana juga terdapat sebuah Vihara dan Pagoda yang begitu indah. Menariknya di Vihara ini pengunjung juga sekaligus bisa menikmati pemandangan Gunung Lokon yang mempesona. Sehingga tak heran bila tempat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah bagi agama Buddha, tetapi juga sebagai salah satu objek wisata di Tommohon.

Daya Tarik
Pengunjung bisa menikmati pesona bangunan Pagoda yang unik dan megah. sekaligus bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Lokon. Jadi, bisa dibilang tempat ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai lokasi berburu spot keren untuk di upload di media sosial.

Disana juga pengunjung bisa berkeliling melihat-lihat isi dari Vihara ini, saat memasuki gerbang pengunjung akan langsung disambut 18 jejeran patung, patung-patung tersebut menceritakan perjalanan 18 jalan Buddha. Bukan itu saja, disana pengunjung juga bisa melihat megahnya bangunan Istana Dewi Kwan In.

Lokasi
Vihara dan Pagoda Ekayana ini berada di kelurahan Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. 

Fasilitas
Disana terdapat berbagai fasilitas pendukung wisata, mulai dari toilet, area parkir, dan lainnya.

6. Alam Bukit Rurukan
Alam Bukit Rurukan
Alam Bukit Rurukan via manado.tribunnews.com
Apakah anda ingin menikmati suasana yang sejuk sambil berwisata? Kalau begitu anda harus mampir berkunjung ke Alam Bukit Rurukan. Meskipun saat ini Alam Bukit Rurukan sedang dalam masa pengembangan dan banyak dibangun beragam  infastrutur, namun tak membuat pengunjung terganggu menikmati pesonanya.

Daya Tarik
Suasana dan pemandangan yang begitu elok akan memanjakan pengunjung yang datang, dan membuat mereka enggan untuk pulang. Ditambah dengan udaranya yang sejuk sehingga cocok untuk merefresh diri.

Lokasi
Lokasinya terletak di desa Rurukan, kota Tamohon, provinsi Sulawesi Utara. Berjarak sekitar 3 kilometer jika dari pusat kota Tamohan. Dan menariknya dalam perjalanan menuju puncak, anda akan disuguhi pemandangan Gunung Mahawu.

Fasilitas
Selain menikmati pemandangan alamnya pengunjung bisa berkeliling kebun strawberry dan melihat peternkan kelinci, terdapat juga aula yang bisa di gunakan saat berwisata dengan rombongan. Dan untuk fasilitas pendukung, sudah terdapat area parkir, toilet, penjual makanan dan lainnya.

7. Air Terjun Tumimperas 
Air Terjun Tumimperas
Air Terjun Tumimperas  via amazingtomohon.com
Jika anda ingin mencari tempat wisata lain selain gunung dan pantai, maka cobalah datang ke Air Terjun Tumimperas. Lokasinya mudah di jangkau karena berada di lokasi strategis.

Daya Tarik
Suasana yang begitu alami, dengan banyak ditumbuhi pepohonan rindang di sekelilingnya menambah kesan eksotik suasana yang tercipta di Air Terjun Tumimperas ini, Disana, anda akan disuguhi beragam pemandangan indah dari atas air terjun dan sekaligus bisa merasakan kesejukan dan kesegaran airnya.

Lokasi
Air terjun ini berada di kelurahan Pinaras, kecamatan Tomohon Selatan, kota Tomohon, Provinsi Maluku utara. Lokasinya sangat mudah dijangkau, karena hanya berjarak 8 kilometer dari pusat kota.

Fasilitas
Jika anda sudah merasa lelah bermain air, anda bisa beristirahat di pondok yang sengaja dibangun oleh warga di pinggiran air terjun, disana banyak penjual snack dan beragam makanan lezat.

8. Bukit Doa
Bukit Doa
Bukit Doa via sumber.com
Di Tomohon terdapat wisata alam Religi yaitu Bukit Doa. Bukit Doa ini tidak hanya di jadikan tempat wisata, tetapi bisa juga di jadikan tempat menggelar pemberkatan dan pesta pernikahan.

Daya Tarik
Tempat ini menawarkan pesona keindahan yang tak biasa karena juga memberikan ketenangan kepada yang mengunjunginya, kondisinya begitu tertata rapi, dan menariknya tempat ini tidak hanya di tujukan untuk umat Kristiani saja, tetapi bisa untuk semua umat.

Lokasi
Bukit Doa berada di kaki Gunung Malawu , tepatnya berlokasi di jalan lingkat timur, Desa Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, provinsi Sulawesi Utara.

Fasilitas
Belum banyak fasilitas di tempat ini namun anda bisa mengunjungi sebuah tempat yang mirip dengan Colloseum yang biasa disebut Amphiteater. Tempat ini, biasanya digunakan sebagai lokasi ibadah, namun ada juga yang menggunakannya sebagai tempat Prawedding. 

Nah, itulah beragam obyek wisata terbaik di Tomohon, Sulawesi Utara. Bagaimana, sangat menarik bukan?