PLARIUSMODIFIKASI101

Variasi Oleh-Oleh Khas Bekasi, Bikin Kangen di Hati

Tuesday, November 27, 2018
Kebanyak orang pasti membeli oleh-oleh menjelang akhir traveling-nya. Pasalnya, menjadi list penting yang sangat sayang jika dilewatkan. Namun kendalanaya saat seperti itu terkadang waktu terlalu mepet, hingga tidak sempat membeli. Alasanya, ada yang disebabkan mendadak cepat pulang karena ada urusan bisnis ataupun pekerjaan. Bahkan, dilatarbelakangi dengan keuangan yang sudah terlanjur habis di awal perjalanan. 

Nah, agar semua itu terantisipasi. Kamu tetap bisa beli oleh-oleh untuk keluarga ataupun rekan dengan waktu yang singkat. Kamu perlu membuat rencana dan juga mengetahui jenis makanan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas kota yang dikunjungi. Masalah budget kamu bisa mengaturnya dengan pembagian secara tepat, memilah sesuatu yang memang sangat dibutuhkan. Agar pengeluaran kamu tidak membengkak. 

Pergi ke suatu tempat nge-trip kamu perlu tahu varian makanan khas dan juga pusat oleh-oleh yang ada disana, supaya  nggak kehabisan waktu untuk mencari dan memilih. Khususnya bila kamu bepergian ke Jawa Barat. Nggak ada salahnya nih kamu baca dulu oleh-oleh khas Bekasi, yang berprovinsi di Jawa Barat. Sayang banget kalau nggak dicoba dan bawa pulang. Jalan-jalan ke kota Bekasi pasti kamu bakal nemuin yang khas dari Betawi, bukan cuma masyarakat dan wisatanya, tapi juga oleh-oleh khas yang bikin kangen dihati. 

Pusat Oleh-Oleh Khas Bekasi Paling Popular
Kamu sedang berlibur ke wisata di kota Bekasi? Jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh khas Bekasi. Menjual berbagai macam buah tangan yang sangat popular di kata tersebut. Pastinya, bakalan menyesal jika tidak mampir dan membelikan untuk keluarga, sahabat, dan rekan di kota asalmu. Harganya pun terjangkau. 

1. Pusat Oleh-Oleh Kota Bekasi
Pusat Oleh-Oleh Kota Bekasi
Pusat Oleh-Oleh Kota Bekasi via gobekasi.pojoksatu.id
Pusat oleh-oleh disini didirikan oleh beberapa orang yang memiliki Industri Kecil Menengah (IKM). Terdiri dari beberapa toko kelontong yang disusun rapi. Harga pun terjangkau. Selain mendapatkan harga murah, kamu bisa menjumpai berbagai macam jenis oleh-oleh khas Betawi. Menyediakan makanan seperti ikan bandeng, cornet, bugget, dan aneka keripik. Letaknya tidak terlalu jauh dari Kantor Pemerintah Kota.  Tepatnya di Jalan Jendral Ahmad Yani, Nomer 1 Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat.

2. Halte Pasar Betos
Halte Pasar Betos
Halte Pasar Betos via faktabisnisbekasi.blogspot.com
Menjual berbagai macam makanan khas Betawi dan juga jajanan khas dari daerah lain. Disini kamu akan menjumpai banyak jenis oleh-oleh sehingga disebut sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Bekasi. Ada sekitar 110 penjual yang menggelar dagangannya. Biasanya buka dari pukul 4 pagi sampai 4 sore. Berada di jalan Cut Meutia, Bekasi Timur dekat dengan terminal Bekasi.

3. Toko Jonjon
Toko Jonjon
Toko Jonjon via m.infonitas.com
Toko Jonjon adalah pusat cinderamata, mulai dari kaos, kain batik dan juga pernak-pernik lainnya tersedia. Harga yang ditawarkan pun sesuai dengan kwalitas. Jadi jangan takut kecewa untuk membeli cinderamata di Toko Jonjon. Nah uniknya di toko Jonjon menyediakan kaos tematik tentang kebudayaan dan sejarah Bekasi. Harganya pun ramah di kantong, cukup 80 ribu kamu bisa membawa pulang kaos keren tersebut. Kamu tertarik Sobat? Langsung saja kunjungi tokonya di alamat Jln. Pintu Air, Nomer 14, Kel. Harapan Mulya, Kec. Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat.

4. Carrefour Bekasi Square
Carrefour Bekasi Square
Carrefour Bekasi Square via deviantart.com
Carrefour Bekasi Square, pusat perbelanjaan terpadu di Bekasi. Terdiri dari 4 lantai yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas memadai seperti belanja, hiburan dan lifestyle. Kamu pun dapat menjumpai beraneka jenis makanan khas Bekasi yang dikemas rapi dan tersusun cantik di rak. Tentunya dengan harga yang berbeda, tapi pastinya kwalitas dan tetap terjamin. Jika kamu berminat mami bisa langsung mendatanginya ke Jalan Jendral Ahmad Yani, Nomer 8 Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat.

5. Gerai Mpok Nini
Gerai Mpok Nini
Gerai Mpok Nini via khasjakarta.co.id
Gerai ini berada di jalan Belanak 2 Ujung RT/02 RW/01 No.57 Perumnas 2 Kelurahan Kayuringin Jaya. Menjual bermacam jenis oleh-oleh khas Betawi yang bisa kamu dapatkan.

Macam-Macam Oleh-Oleh Khas Bekasi Paling Memikat
Biar nggak seperti kota metropolitan lainnya, Bekasi punya jajanan khas dan unik yang sayang banget kalau nggak dibawa dan diborong pulang. So, apa saja sih oleh-oleh khas Bekasi Jawa Barat. Simak keterangannya dibawah ini yukz.

1. Kue Duit
Kue Duit
Kue Duit via mimikos.com

Kue yang paling unik di Bekasi adalah kue duit, lucu ya namanya. Kue yang satu ini bentuknya mirip sama seperti kepingan uang logam, nggak heran kalau dinamakan dengan kue duit. Nah kue ini dibuat dari berbagai macam bahan seperti tepung, gula dan telur. Setelah bahan siap, kemudian dicampur dengan air dan diuleni hingga membentuk adonan kue. Setelah itu, adonan dibentuk bulat-bulat dan ditipiskan lalu digoreng hingga matang.

Kue ini memiliki cita rasa manis dan renyah, sangat pas dijadikan teman minum untuk ngopi ataupun ngeteh bersama keluarga kamu. Dijadikan camilan saat piknik pun  oke. Kamu bisa mendapatkan kue duit ini disekitar kota Bekasi, ditoko-toko yang menjual beraneka jenis oleh-oleh khas Bekasi, bisa dibeli dengan kemasan kecil maupun kiloan. Sangat cocok untuk oleh-oleh khas Bekasi untuk di bawa pulang.

2. Kue Sagon
Kue Sagon
Kue Sagon via bukalapak.com
Nah, berikutnya ada kue sagon. Kue ini juga nggak kalah populer lho dari kue duit. Keberadaannya pun sering dicari oleh Turis lokal maupun luar kota. Mereka sering memburu kue sagon untuk dijadikan oleh-oleh khas, bagi keluarga atau teman di rumah. Kue sagon dibuat dari tepung beras yang disangrai, menimbulkan aroma dan rasa khas banget saat dicicipi. Bentuknya bermacam-macam ada yang persegi panjang, kotak, oval, lingkaran, lonjong dan lain-lain. Kamu tinggal pilih bentuk yang disuka. Selain itu, rasanya pun gurih dan juga harganya ramah di kantong alias murah. Jangan lupa beli kue sagon untuk keluarga dan orang tersayang kamu, biar mereka juga mencicipi nikmatnya jajanan khas Bekasi.

3. Rengginang
Rengginang
Rengginang via rengginangaja.com
Salah satu jenis kerupuk tebal, terbuat dari nasi yang dikeringkan lalu digoreng. Camilan ini diburu karena rasanya yang gurih dan juga mengenyangkan. Biasanya rengginang dijual dengan kemasan plastik. Jadi setelah membeli pastikan ditaruh pada tempat yang aman agar tidak hancur alias remek. So, pasti sangat menyenangkan jika rengginang di bawa pulang sebagai buah tangan.

4. Bir Peletok
Bir Peletok
Bir Peletok via oleholehbekasi.co.id
Walaupun namanya bir, akan tetapi bir peletok ini bukanlah minuman yang terbuat dari alkohol. Minuman ini dibuat dari bahan rempah seperti jahe, pandan wangi. Kandungan rempah inilah yang membuat tubuh menjadi sehat dan hangat. Bir peletok juga tersedia dalam kemasan bubuk lho, jadi kamu bisa membelinya untuk oleh-oleh keluarga di rumah tanpa takut basi. Karena tersedia dalam bentuk bubuk kamu bisa menyeduhnnya sewaktu-waktu.

5. Dodol Betawi
Dodol Betawi
Dodol Betawi via oleholehbekasi.co.id

Seperti dodol umumnya, dodol Betawi juga memiliki rasa legit dan enak. Dibuat dari ketan pilihan. Mau rasa original atau rasa varian pun sekarang juga tersedia seperti rasa durian contohnya. Saat menjelang hari raya Idul Fitri, dodol ini begitu banyak dijumpai. Biasanya dijadikan suguhan saat ada sanak saudara atau tamu yang berkunjung ke rumah. Nah, buat kamu nggak perlu nunggu menjelang Idul Fitri untuk mendapatkannya, tinggal berkunjung saja ke pusat oleh-oleh khas Betawi.

6. Kue Biji Ketapang
Kue Biji Ketapang
Kue Biji Ketapang via oleholehbekasi.co.id
Kue biji ketapang begitu melegenda di hati para pecintanya. Bukan berarti terbuat dari biji ketapang ya. Hanya saja bentuknya dibuat mirip seperti biji ketapang. Rasanya khas manis, renyah dan agak keras. Sangat pas untuk oleh-oleh keluarga kamu.

7. Akar Kelapa
Akar Kelapa
Akar Kelapa via oleholehbekasi.co.id
Namanya aneh ya. Sekilas makanan ini mirip akar kelapa. Atau orang-orang menyebutnya kue procot, sebab pembuatan kue ini diprocotkan (red jawa_dimasukkan) ke dalam minyak goreng dengan pelan-pelan melalui tabung yang telah dilubangi bagian ujungnya.

8. Kembang Goyang
Kembang Goyang
Kembang Goyang via resepgulaku.com
Kue yang berbentuk seperti bunga ini dicetak dengan cetakan khusus, rasanya yang gurih dan juga manis menjadikan kue ini begitu cocok disantap sebagai camilan keluarga.

9. Telur Gabus
Telur Gabus
Telur Gabus via usahafrozenfood.com
Kue ini memiliki bentuk kembung panjang. Biasanya dengan rasa keju yang khas, gurih dan renyah saat digigit.

10. Batik bekasi
Batik bekasi
Batik bekasi via sportourism.id
Selain makanan, Bekasi juga punya ikon batik tersendiri. Batik Bekasi memiliki 12 motif. Hal itu menjadikan batik Bekasi sebagai salah satu oleh-oleh yang bagus untuk cinderamata. Bisa digunakan untuk membuat bahan baju, rok, kemeja dan lain-lain.
Nah banyak banget kan makanan khas Bekasi Jawa Barat, dan juga pusat oleh-oleh khasnya yang bisa kamu kunjungi dengan mudah. Bisa diakses oleh kendaraan umum. Nge-trip kamu jadi makin asyik dan menyenangkan, saat pulang berburu kuliner khas dan oleh-olehnya. Selain menenangkan fikiran untuk refresing, kamu juga makin mengenal keanekaragaman budaya dari segi  makanan di negeri kita tercinta.

Mulai dari nama, cara pengolahannya dan rasa pun berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lainnya. Makanya banyak orang yang suka membawa pulang cinderamata dan juga oleh-oleh untuk dibagikan kepada sanak-saudara, rekan, teman, tetangga, bahkan pacar kamu Sobat. Agar mereka juga turut merasakan rasa jajanan tersebut. Nah, siapa tau mereka tertarik dan melakukan perjalanan yang sama seperti kamu lakukan. Caranya kenali dulu oleh-oleh khas daerah tersebut, lalu tempat yang tepat untuk membelinya. Jangan sampai salah pilih ya. Karena beda tempat biasanya beda harga, juga kwalitas rasa dan bahan pembuatannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin berkunjung ke Kota Bekasi. Semoga traveling kamu menyenangkan.