PLARIUSMODIFIKASI101

Sedap dan Menarik, Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan

Tuesday, December 25, 2018
Berwisata menjadi suatu aktifitas menyenangkan bagi banyak orang. Dapat melepaskan kepenatan dan kelelahan akibat kerjaan yang menumpuk. Tidak salah jika kita menyisihkan kesempatan untuk sejenak mencari angin segar. Refreshing ke suatu tempat yang indah dan teduh, dapat menjadi obat mujarab. Membuat jiwa serasa mekar. Sehingga, kita bisa menghadapi segala agenda dengan lebih bersemangat lagi. Nah, sekarang coba deh berkunjung ke kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Kamu bisa menikmati estetika pariwisata yang ada disana. 

Bukan hanya itu, kamu pun dapat merasakan pengalaman baru. Mengetahui berbagai pergaulan maupun budaya yang ada disana. Terlebih jangan lupa, membeli oleh-oleh khas Banjar Jawa Barat. Berbagai macam oleh-oleh khas dapat kamu jumpai disana. Sungguh membuat mata terbelalak, karena tergiur dengan pesonanya. Oleh-oleh khas yang kamu beli bisa untuk para rekan kerja, keluarga, maupun sahabat di kota asal. Pasti mereka akan ikut senang, mendapatkan buah tangan menarik dari kota ini. Selain itu, membeli oleh-oleh juga akan menjadi kenang-kenangan termanis kamu. Baik berwujud suatu barang souvenir khas, maupun kenangan terhadap rasa jajanan yang memiliki karakteristik cita rasa tersendiri. Gimana makin penasaran saja kan Guys, apa saja oleh-oleh khas Banjarmasin Kalimantan Selatan ? So, saksikan yang berikut. Sekaligus akan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan oleh-oleh khas kota tersebut yang dapat kamu kunjungi. 

Pusat Perbelanjaan Oleh-Oleh Khas Banjar masin Kalimantan Selatan Paling Popular
Kamu ingin berwisata ke kota Banjar? Nah, jika kamu ingin bertandang kesana jangan lupa mampir di pusat perbelanjaan oleh-oleh khas-nya. Rasanya nyesel dan nggak lengkap kalau traveling, pulang enggak bawa suatu oeh-oleh. So, solusinya coba datangin salah satu atau semua pusat belanja oleh-oleh khas Banjarmasin Kalimantan Selatan paling popular di bawah ini.

1. Wadai Banjar
Wadai Banjar
Wadai Banjar via jagamineproject.wordpress.com
Pengen cari pusat perbelanjaan oleh-oleh khas yang popular dan banyak jenis jajanannya? Salah satunya, kamu bisa kunjungi Wadai Banjar. Menjual berbagai oleh-oleh khas yang beranekaragam. Kamu bisa memilihnya sesuai selera dan kantong. Disini terdapat makanan seperti aneka kudapan dan variasi kue basah. Misalnya seperti amplang, dodol kandangan, pia galuh, acang jaruk, dan ikan asin dikeringkan diantaranya iwak saluang, wadai sagu, iwak karing sapat, abon haruan, dan lainnya. Dilengkapi lagi berbagai bolu dengan varian rasa choco chipe, berry, dan keju. So, bagi kamu yang suka manis-manis cocok banget nih beli oleh-oleh disini. Pasti tambah berkesan perjalanan traveling kamu, dan pastinya membuat orang terdekatmu di kota asal makin senang. Nah, makin tertarik kan? Langsung saja datang ke outline Wadai Banjar di Jln. A Yani Km 2, Nomor 83A, Banjarmasin.

2. Sentral Oleh-Oleh Matahari
Sentral Oleh-Oleh Matahari
Sentral Oleh-Oleh Matahari via sentraloleholehmatahari.business.site
Kalau pengen beli oleh-oleh khas yang makin lengkap lagi, kamu bisa datangi Sentral Oleh-Oleh Matahari. Bukan hanya jajanan khas saja. Bahkan berbagai kerajinan, minyak, kopi, madu rasa, coklat pasak bumi, tongkat ali, hingga ramuan tradisional tersedia disini. Wah, makin membuat mata melotot nih. Siap-siap daftar list oleh-oleh yang bakal kamu beli ya. Jangan lupa budget-nya juga, hehe. Kalau enggak direncanain dulu, takutnya uang kamu membengkak karena saking asyiknya berbelanja. Jika kamu kepengen beli disini, langsung saja datangi rukonya. Alamatnya di Jln. Ahmad Yani, Km 33, Loktabat, Banjarbaru. 

3. Outlite Andalas
Outlite Andalas
Outlite Andalas via tribunnews.com
Bagi kamu yang suka dengan koleksi souvenir, nih tempat yang tepat membeli oleh-oleh khas. Berbagai kerajinan cantik bisa kamu temui disini seperti batu, baju sasirangan, kaos, gelang, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, jika mau beli jajanan khas disini juga ada lho Guys. Diantaranya seperti rimpi, amplang, rabuk ikan haruan, dodol kandangan, wadai ranggai, dan lain-lain. Gimana menarik kan Guys? So, langsung saja kunjungi outlite Andalas di Jalan Perintis Kemerdekaan, RT 22, Nomer 12, Kelurahan Pasar lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Banjarmasin.

4. Outlite Galuh Banjar
 Outlite Galuh Banjar
 Outlite Galuh Banjar via dalunawisata.com
Nah, Toko Galuh Banjar ini juga menjadi salah satu outlite yang menyediakan produk oleh-oleh khas secara lengkap. Pasalnya, disini dijual beragam souvenir, kain sasirangan, dan aneka jajanan. Selanjutnya, juga tersedia Mandai goreng yang menjadi makanan paling kas. Bahkan di pulau Jawa yang lainnya tidak ditemukan. Gimana ingin datang kesini Guys? Lansung saja ke alamatnya yang berada di Jalan S. Parman Nomer 5, Kecamatan Banjarmasin Barat, Banjarmasin.

5. Kampoeng Sasirangan Banjarmasin
Kampoeng Sasirangan Banjarmasin
Kampoeng Sasirangan Banjarmasin via banjarmasintourism.com
Kamu tertarik ingin beli barang-barang hasil kreasi yang khas dari kota Banjar? Langsung saja ke Kompoeng Sasirangan Banjarmasin. Disini menjual berbagai macam barang khas seperti maju, hijab, kaos, gantungan kunci, dompet, sandal, tempat tisu, taplak meja, songkok. Gimana menarik kan? Apalagi bagi kamu yang suka shopping, pasti suka banget jika berbelanja oleh-oleh kesini deh. Bisa kunjungi alamatnya di Jalan Sebrang Masjid, kota Banjarmasin.

6. Outlite B-Banjar
Outlite B-Banjar
Outlite B-Banjar via kaosbanjarmasin.com
Kamu pencinta baju dan kaos dengan kreasi unik dan ber-icon pariwisata? Nah, di Outlite B-Banjar ini solusinya. Kamu bisa membeli beragam kaos kesukaan yang sudah diberikan desain unik dan ciri suatu pariwisata. So, akan bisa jadi kenang-kenangan kalau kamu pernah ke tempat wisata di kota Banjar. Beragam warna dan varian desain dapat kamu pilih. Gimana makin penasaran? Langsung saja kunjungi lokasinya yang berada di alamat Jalan A. Yani, Km 4,5 Banjarmasin.

Variasi Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan Paling Sedap dan Menarik
Sudah tahu lokasi untuk membeli oleh-oleh kan. So, sekarang saatnya kamu makin mengenal apa saja sih oleh-oleh yang khas disana. Dengan begitu, akan mempermudahkan kamu saat nanti memilih produknya ketika di pusat perbelanjaan. Kamu sudah tidak lagi bingung, karena sudah mengetahui jenis oleh-olehnya. Selain itu, kamu juga bisa mulai membuat daftar belanjaan. Oke kalau begitu, langsung saja ini beberapa oleh-oleh khas Banjar Jawa Barat yang paling sedap dan menarik. 

1. Kerupuk Amplang
Kerupuk Amplang
Kerupuk Amplang via nomadictrip.com
Sudah pada tahu nggak apa itu kerupuk amlang? Sebuah kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri dengan bentuk kecil-kecil. Rasanya yang asin dan gurih sangat enak untuk disantap. Apalagi yang swaranya krispi itu lhoh, makin gemes kan. Enggak sabar pengen buruan serbu. Kerupuk ini memang enak, dan menjadi khas dari Banjar. Bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk cemilan di rumah, atau sebagai lauk pauk saat makan juga enak. Harganya juga terjangkau banget, cukup dengan mengeluarkan uang 25 ribu rupiah kamu sudah bisa mendapatkannya.

2. Dodol Kandangan
Dodol Kandangan
Dodol Kandangan via ksmtour.com
Dodol itu sudah enggak asing, karena hampir dimana-mana terkenal. Tetapi, buat dodol yang satu ini sangat khas-nya orang Banjar. So, rasanya juga bakal beda. Rasanya lebih manis, berbentuk tipis, dan memiliki cita rasa durian dan coklat. Hemmm sedap deh. 

3. Abon Ikan Haruan
Abon Ikan Haruan
Abon Ikan Haruan via tokopedia.com
Pasti sudah pada tahu abon kan Guys? Eitz, tapi abon yang dari Banjar beda lhoh. Enggak pakai ayam atau daging. Namun, menggunakan ikan haruan.  Ikan ini disulap menjadi makanan yang lezat dan bisa dijadikan oleh-oleh.

4. Gorengan Ikan Seluang
Gorengan Ikan Seluang
Gorengan Ikan Seluang via inspirasikukeni.blogspot.com
Menjadi ikan khas orang Banjar, kalau di Jawa timur hampir mirip ikan wader. Ini juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh buat kamu bawa pulang. Kamu bisa membeli ikan mentahnya, sampai rumah digoreng. Rasanya gurih dan dagingnya renyah.

5. Kue Rangai
Kue Rangai
Kue Rangai via common.wikimedia.org
Kue rangai menjadi primadona bagi para wisatawan. Dikarenakan, rasanya yang manis dan gurih. Sedap deh pokoknya. Kue ini serasa kering di luar, karena proses pembuatannya dipanggang. Tetapi, saat sudah di mulut sensainya meluber. Teksturnya terasa lembut, dan penuh dengan aroma rempah-rempah. 

6. Songkok Jangang
Songkok Jangang
Songkok Jangang via banjarmasin.tribunnews.com
Songkok jangan ini menjadi hasil kreasi masyarakat Banjar yang benar-benar khas. Cocok banget untuk oleh-oleh kamu yang dispesialkan buat Ayah atau pacar. Kopyah ini terbuat dari akar pohon jangang, kemudian dirajut menjadi songkok yang indah. 

7. Batik Sasirangan
Batik Sasirangan
Batik Sasirangan via tokopedia.com
Batik sasirangan menjadi icon yang paling khas dari Banjar. Batik yang bercirikan warna cerah pada kain dengan model anggun dan formal. Cocok banget buat oleh-oleh kamu, untuk Ibu atau sahabat. Pas untuk dikenakan saat kondangan. 

8. Intan Martapura
Intan Martapura
Intan Martapura via indonesiakaya.com
Bagi kamu yang menyukai aksesoris dengan harga dan kwalitas berkelas, bisa boyong oleh-oleh yang satu ini. Intan Martapura ini menyediakan barang jadi berupa cincin, kalung, dan sejenisnya. Selain itu, juga tersedia yang masih berbentuk batu intan. 

Sekian artikel dari kami tentang oleh-oleh khas Banjarmasin Kalimantan Selatan beserta pusat perbelanjaannya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua yang ingin bertandang ke Banjar. Entah untuk berwisata, ataupun urusan lainnya. Jika ke Banjar, jangan lupa mampir beli oleh-oleh. Agar bisa dijadikan kenang-kenangan dan menyenangkan keluarga. Kamu pun bisa merasakan betapa lezat dan khasnya jajanan disana.