Oleh-Oleh Khas Binjai Sumatera Utara, Nikmatnya Berjuta Rasa

Horas! Apa kabar pemirsa! Eh pembaca maksudnya. Kali ini kita bakal bahas beberapa oleh-oleh khas kota Binjai Sumatera Utara. Walaupun beberapa tidak bisa dipisahkan dari nama Medan, tapi oleh-oleh ini pun sangat banyak dijumpai di Binjai lho! Beraneka ragam buah tangan dapat kamu temukan disini guys. So, sepulang nge-trip dari kota ini kamu bisa membawakan oleh-oleh yang menyenangkan buat keluarga maupun rekan dikota asal. Pasalnya, oleh-oleh disini memiliki kenikmatan yang berjuta rasa. Sangat cocok banget buat kamu coba tentuna Sobat traveler.

Pusat Oleh-Oleh Khas Binjai Sumatera Utara
Terdapat berbagai oleh-oleh khas Binjai dan juga dari daerah sekitarnya. So, masih banyak lagi oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan disana, dengan cara mengunjungi dan juga mengenal berbagai macam ciri khas dari Binjai tercinta. Nah, nih tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi untuk membeli beberapa oleh-oleh tersebut.

1. Toko Royyan
Toko Royyan
Toko Royyan via kompasiana.com
Toko yang terletak di jalan ST. Hasanuddin Binjai, depan tanah lapang merdeka kota Binjai. Menyediakan berbagai macam olahan khas Binjai, dan juga daerah di sekitar sana. Tersedia bolu rambutan, Bika Ambon Medan, aneka brownis dan juga beragam olahan lain. Mulai dari makanan ringan, kue kering, dan sebagainya. Selain itu, di toko Royyan pun menjual aneka kain Ulos. Dimana toko ini merupakan toko terbesar sebagai pusat oleh-oleh khas Binjai.

2. Bangkatan Binjai Food Truck
Bangkatan Binjai Food Truck
Bangkatan Binjai Food Truck via binjaipunyakuliner.blogspot.com
Salah satu pusat jajanan di kota Binjai yang merupakan pasar kaget. Terletak di jalan A. Yani, Kecamatan Binjai Kota. Mungkin kamu akan menjumpai kemacetan disini. Pasalnya, banyak pedagang yang menggelar lapak hingga ke badan jalan. Walaupun demikian kamu akan banyak menemui bermacam jenis makanan dan minuman disana seperti aneka es dan beberapa makanan khas Binjai lain. Namun sekedar saran, jika kesini silahkan cari tempat yang tidak mengarah ke badan jalan. Guna menghindari kemacetan.

Beragam Jenis Oleh-Oleh Khas Binjai Sumatera Utara
Bagi kamu Sobat yang suka traveling, jangan lupa buat bertandang ke kota Binjai ya. Selanjutnya, sebelum pulang kamu lebih baik membeli beragam jenis oleh-oleh khas kota ini buat orang di rumah. Bakal nyesel jika pulang dengan tangan kosong. So, nih beberapa variasi oleh-oleh khas Binjai Sumatera Utara yang dapat kamu beli Guys.

1. Bolu Meranti
Bolu Meranti
Bolu Meranti via blumeranti.co.id
Walaupun bolu ini berasal dari Medan, karena jaraknya dekat dengan kota Binjai maka kita pun bisa menjumpai bolu meranti disana. Sensasi kue yang enak, lembut dan memiliki banyak varian rasa seperti stroberi, coklat, nanas, kacang, blueberry, keju dan masih banyak lagi. Makin memanjakan lidah kamu deh! Karena rasanya itulah bolu ini sering dicari oleh pengunjung. Harga pun nggak mahal-mahal amat, sekitar Rp60.000,-/kotak, kamu  bisa memilih 1 sampai 3 rasa dalam satu gulung bolu. Gimana, penasaran bukan? Kalau ke Binjai jangan lupa cicipi bolu yang satu ini.

2. Bika Ambon
Bika Ambon
Bika Ambon via resepdanmasakan.com
Wah setelah mendengar kata Ambon kamu mungkin akan mengira bolu ini asalnya dari Ambon, Maluku ya? Menurut beberapa versi cerita, kue ini awalnya dibuat di Jalan Ambon, Sei Kera, Medan. Sehingga orang-orang menyebutnya kue Ambon. Versi lain mengatakan kue ini awalnnya dibawa oleh seseorang yang berasal dari Maluku. Kemudian, merantau ke Malaysia lalu ke Medan dan menetap kemudian membuka usaha kue bika disana. Terlepas dari itu semua, bika Ambon tetaplah kue yang terkenal di Medan dan juga Binjai. Tekstur bika yang empuk, berongga dan agak berminyak mirip seperti martabak manis namun berbeda. Mau tau bedanya dimana? Daripada penasaran mending langsung beli deh di toko yang menyediakan oleh-oleh khas sumatra utara. Harga yang dipatok pun cukup murah. Harga satu loyang ukuran sedang dibandrol sekitar Rp35.000,-, menariknya lagi, kue ini mampu bertahan hingga 4 hari lho!

3. Teri Medan
Teri Medan
Teri Medan via kedaikuka.co.id
Sering ya saudara pulang dari sumatera utara ntah itu di Medan, Binjai ataupun Tapanuli dan daerah sekitar sana, oleh-oleh yang dibawa adalah teri medan. Rasa teri yang asin dan kaya akan gizi menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh. Biasanya bisa dijumpai di Pasar Sentral perdagangan ikan teri. Atau kios-kios tertentu. Nah, ada pula pilihan lainnya seperti ikan teri yang dijadikan olahan dalam bentuk matang dan dikemas. Seperti sambal teri.

4. Manisan Jambu
Manisan Jambu
Manisan Jambu via berburukuliner.blogspot.com
Manisan Jambu, salah satu oleh-oleh yang bisa didapatkan di pinggir-pinggir jalan. Rasanya segar, manis dan renyah. Begitu nikmat saat dinikmati berjalan-jalan santai bareng teman ataupun keluarga. Agar awet kamu bisa membeli manisan jambu yang dalam kondisi utuh, ya bisa bertahan sampai tiga hari.

5. Kacang Sihobuk
Kacang Sihobuk
Kacang Sihobuk via food.detik.com
Kacang ini berasal dari desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Rasa dari kacang ini begitu gurih dan nikmat sehingga banyak yang menyukainya. Kacang Sihobuk dimasak dengan cara disangrai menggunakan pasir yang berada di dalam kuali besar. Cara memasaknya pun disangrai sampai garing. Kamu bisa menjumpai kacang sihobuk di berbagai toko oleh-oleh sekitar kota Binjai. Tersedia dalam berbagai kemasan.

6. Durian dan Pancake Durian Medan
Durian dan Pancake Durian Medan
Durian dan Pancake Durian Medan via tokopedia.com
Kenapa namanya Durian Medan? Sedang disini dibahas oleh-oleh khas Binjai. Yapz, durian sebenarnya berasal dari beberapa daerah di Sumatra termasuk daerah Sidikalang. Namun, kebanyakan dikirim ke daerah Medan sehingga dilabelkan  namanya menjadi Durian Medan. Durian memiliki aroma khas, daging buah yang manis, sungguh sangat menggoda. Apalagi jika diubah menjadi pancake. Hmmm... lezat deh pokoknya! Pancake durian ini bisa menjadi alternatif kamu kalau ke Kota Binjai. Pasalnya, disana juga terdapat durian Medan yang terkenal rasanya. Pancake ini mirip seperti bantal, daging buah dibungkus kulit tipis lalu dibekukan. Sehingga, saat digigit dan dikunyah rasanya seperti makan durian langsung.

7. Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang via bukalapak.com
Kopi yang bisa dijumpai di seluruh Sumatra Utara, termasuk Binjai. Merupakan kopi asli khas Binjai dan sudah terkenal sampai luar negeri. Rasanya begitu enak dan juga nggak kalah deh sama kopi-kopi lainnya, termasuk kopi Brazil. Untuk harganya, kopi Sidikalang bisa dibeli dengan terjangkau, dan juga tersedia di berbagai toko terdekat, warung, baik pasar maupun swalayan.

8. Lemang
Lemang
Lemang via menara62.com
Makanan tradisional dari beras ketan dicampur santan kemudian digulung dengan daun pisang. Cara memasaknya pun cukup unik, yaitu dimasukkan ke dalam ruas bambu lalu dibakar di atas bara api. Dimasak sampai matang. Rasa yang gurih dan teksturnya pulen, menjadikan lemang sangat digemari. Ditambah aromanya yang begitu khas, paduan dari aroma daun pisang dan bambu yang sangat mengundang selera makan. Kamu bisa menjumpai lemang di pinggir-pinggir jalan pusat kota atau alun-alun.  Lemang bisa bertahan hingga dua hari di dalam bambu.

9. Dolung-Dolung Parapat
Dolung-Dolung Parapat
Dolung-Dolung Parapat via idetraveling.com
Dolung-dolung merupakan salah satu jajanan pasar. Jenis kue lepat yang berbentuk bulat. Kue ini berasal dari Parapat daerah di tepi Danau Toba. Dolung-dolung terbuat dari tepung beras diisi gula aren, dicampur kelapa parut lalu dibungkus dengan daun bambu. Rasa yang begitu lezat, apalagi dibuat dengan bungkus daun bambu yang memiliki aroma khas. Jajanan ini sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Ditambah segelas kopi atau teh yang menemani waktu santai kamu. Salah satu oleh-oleh yang cocok dibawa untuk orang tercinta di rumah.

10. Rambutan Binjai
Rambutan Binjai
Rambutan Binjai via rumahtanaman.com
Hmmm.....ini nih yang juga khas dari Binjai. Apalagi kalau bukan rambutan Binjai. Bentuknya yang lebih besar daripada rambutan di kota lain, pun menjadi nilai plus. Apalagi rasanya yang manis dan harum. Bijinya yang kecil pun menjadikan daging buah rambutan ini begitu tebal. Nah, jika dalam bentuk buah saja sudah biasa, ada lagi nih inovasi baru dari warga Binjai. Mengolah rambutan menjadi aneka makanan dan minuman seperti bolu rambutan, brownis rambutan dan sirup rambutan. Wah, wah, wah! Sedap deh pokoknya! Rasanya pun nggak kalah sama yang di pasaran.

11. Roti Ganda
Roti Ganda
Roti Ganda via travelingyuk.com
Ke daerah Sumatra Utara nggak lengkap kalau nggak nyobain roti Ganda. Ya, salah satu ciri khas daerah Siantar yang sudah terkenal luas. Bentuknya yang tebal dan besar, sangat cocok untuk menu sarapan kamu. Cara makannya, menambahkan selai sesuai rasa yang kamu suka. Tapi ada juga yang tidak menambahkan selai, dimakan biasa saja juga nikmat.

12. Kain Ulos
Kain Ulos
Kain Ulos via hariansib.co
Salah satu ciri khas pakaian adat di Indonesia yang turun-temurun diwariskan, dikembangkan oleh masyarakat Batak dan Sumatra Utara. Cara membuatnya pun mirip dengan songket Palembang, yaitu memakai tenun. Warna yang biasanya digunakan adalah hitam, putih, dan biru yang dikombinasikan dengan benang emas atau perak. Ulos biasa dipakai dengan cara dijadikan selendang atau sarung. Dipakai untuk menghadiri acara-acara resmi. Namun, sekarang kain ulos dibuat bukan hanya menjadi pakaian saja. Bahkan, diubah menjadi kerajinan karya seperti souvenir, tas, dompet, dasi, gorden dan lain-lain. 

Gimana? Sudah siap packing belum? Atau buat list oleh-oleh dulu. Siapa tau bermanfaat buat perjalanan kamu di Kota Binjai. Semoga lancar dan menyenangkan! Perjalanan traveling mengasyikkan, pulang pun membawa buah tangan yang makin melengkapi kebahagiaan. Happy Holiday!