PLARIUSMODIFIKASI101

Referensi Tempat Wisata di Lombok Paling Populer

Friday, December 7, 2018
Indonesia memang kaya akan banyak hal. Selain rempah-rempah yang telah mendunia, kini, Indonesia semakin terkenal berkat destinasi wisatanya yang sangat memukau. Salah satunya adalah Lombok yang merupakan alternatif destinasi wisata populer di Indonesia. Banyak tempat di Lombok yang seindah Bali, hanya saja, lebih sepi. Namun hal tersebut bukanlah alasan untuk tidak mengunjungi kota ini, sebab, selain wisata pantai, Anda juga akan menemukan wisata sejarah dan budayanya. 

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Lombok Paling populer, maka beberapa ulasan berikut bisa Anda jadikan referensi.

1. Pantai Kuta
Pantai Kuta
Pantai Kuta via marlionllc.com
Dari namanya, memang tidak asing lagi. Namun, Pantai Kuta di Lombok tentu berbeda dengan Pantai Kuta di Bali, karena relatif lebih bersih dan sepi. Lokasinya di Desa Kuta, Lombok Tengah, Lombok. Pantai nan indah ini telah menjadi salah satu tujuan utama bagi wisatawan yang baru mendarat di Bandara Internasional Lombok. 

Pantai ini memiliki pasir yang sangat lembut, ombaknya pun juga cocok untuk aktivitas berselancar, ditambah pemandangan bawah laut yang benar-benar indah. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan adalah berselancar, snorkeling, menyewa perahu, melihat indahnya sunset dan berenang. Tempat wisata ini sangat lengkap dengan adanya homestay, tempat penyewaan papan selancar dan snorkeling serta tempat kuliner. 

Disarankan bagi Anda untuk datang pukul 09:00 sampai 15:000 untuk mendapatkan suasana ombak optimal dan 16:00 sampai 17:00 untuk menikmati sunset. 

2. Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak via dilombok.com
 Masih satu jalur dengan Pantai Kuta, Pantai Selong Belanak juga tidak kalah menarik untuk dijadikan tujuan wisata pantai. Tempat Wisata ini memiliki pasir putih nan lembut dengan air biru, pengunjungnya juga tidak terlalu ramai meski telah memiliki berbagai fasilitas standar. Ombaknya juga sangat cocok untuk berselancar, bahkan untuk pemula pun juga masih aman karena ombaknya tidak terlalu besar. 

Seperti halnya pantai lainnya, di Pantai Selong Belanak ini juga direkomendasikan untuk melakukan kegiatan berenang, berselancar, berjemur, melihat matahari terbenam hingga snorkeling. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar sewa parkir sebesar Rp 3.000 saja. 

Pantai ini berjarak hanya 30 menit dari Pantai Kuta dengan kondisi jalan yang bagus dan mudah dilewati. Terdapat banyak warung makan dengan harga murah di sekitar Pantai ini. 

3. Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan via holidayislombok.com
 Masih di sekitar lokasi Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak, ada juga Pantai Tanjung Aan yang juga sangat indah panoramanya. Bahkan, pantai ini menawarkan ombak nan lembut dengan karakteristik pasir yang menyerupai butiran merica. 

Terdapat pula beberapa tonjolan bebatuan dan jejeran karang yang mempercantik pantai ini. Pantai ini bisa dibilang cukup ramah pengunjung serta cocok untuk peselancar pemula. Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti halnya di pantai-pantai sebelumnya.

Pantai Tanjung Aan merupakan tempat wisata pantai yang paling cocok untuk aktivitas snorkeling, bahkan penduduk setempat banyak yang menyewakan pelengkapan untuk snorkeling dan membuka warung jajanan.  

Anda juga bisa menemukan banyak penjual kelapa muda dan menikmatinya sembari duduk di bangku. 

4. Pantai Bangko-bangko
Pantai Bangko-bangko
Pantai Bangko-bangko via wisatania.com
Pantai Bangko-bangko ini juga biasa disebut Desert Point dengan area pantai yang berbatu tajam, ombak besar sehingga sangat menantang adrenalin untuk peselancar ahli. Lokasinya di sebelah barat daya kota Lombok, di area yang memang sedikit terpencil, namun kondisi pantai ini masih cukup asri. 

Jika Anda berada di pelabuhan lembar, maka Anda bisa menyewa perahu untuk bisa sampai di Pantai Bangko-bangko, sedangkan untuk sampai di area pantai, maka Anda perlu menyewa mobil atau ojek. Sejauh ini memang belum banyak memiliki fasilitas, namun penduduk setempat biasanya menyatakan pondok-pondok penginapan dengan harga murah di sekitar pantai. 

5. Pantai Tangsi
Pantai Tangsi
Pantai Tangsi via catperku.com
Mungkin dari banyaknya pantai di lombok, pantai Tangsi lah yang paling unik karena memiliki pasir berwarna merah mudah dan sering disebut sebagai Pantai Pink. Lokasinya sekitar 2KM dari Mataram, terdapat penunjuk jalan yang bertuliskan “Pantai Pink 50M”. Atau Anda bisa menyewa kapal dari Pelabuhan Tanjung Luar untuk mencapai pantai ini.

Pantai ini biasanya ramai pengunjung pada pukul 08:00 sampai 16:00, karena sinar matahari yang cukup terang akan memantulkan warna merah muda dari pasir sehingga mampu menciptakan suasana indah. Warna pasir merah  di Pantai Tangsi ini akan terlihat maksimal pada saat musim kemarau. Oya, jangan lupa untuk membawa bekal dan pulanglah sebelum senja, sebab, tidak ada penginapan, Warung maupun fasilitas untuk pelancong lainnya di sekitar pantai ini. 

6. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via phinemo.com
Gunung Rinjani merupakan Taman Nasional Indonesia yang juga merupakan puncaj tertinggi ketiga dari Tujuh Puncak Tertinggi Indonesia. Ada banyak hal yang bisa Anda saksikan di tempat wisata ini, meski tidak mendaki hingga puncak. 

Terdapat Danau Segara Anak yang sangat indah, dan sekitar area danau ini pun cocok untuk berkemah dan memancing. Terdapat banyak gua di sekitar danau ini dan semuanya bisa dijelajahi, yaitu Gua Susu, Gua Manik dan Gua Payung. 

Anda juga bisa menyaksikan setidaknya 20 air terjun di kaki gunung ini, semuanya lengkap dengan kolam nan jernih. Gunung ini berada di desa Sembalun Lawang, Lombok. 

7. Bukit Persaingan
Bukit Persaingan
Bukit Persaingan via giant.tours
Lokasinya masih di area Sembalun, Lombok Timur, bukit ini sangat populer karena pemandangan dari ketiga bagiannya sangat indah dan tanpa melewati pendakian. 

Bukit ini menawarkan pemandangan hutan, sawah, Gunung Rinjani dan pedesaan dari kejauhan. Bukit ini juga menjadi titik sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam. Ada juga fasilitas petualangan seperti paralayang dan Sepeda gunung. Oya, bukit persaingan ini juga cocok untuk dijadikan area berkemah, loh. 

8. Taman Narmada
Taman Narmada
Taman Narmada via apwtour.com
Lokasinya di Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Taman ini adalah peninggalan dari Anak Agung Ngurah Karang Asem yang merupakan tajam Mataram Lombok pada abad ke 18. Tempat ini dulunya difungsikan sebagai tempat peristirahatan sekaligus area ritual. Sekarang, tempat ini telah dibuka untuk umum setelah melewati berbagai proyek pemugaran. Kondisinya sudah rapi dan terawat, mirip taman keluarga kerajaan di Karangasem, Bali. 

Taman ini terbagi atas berbagai area bangunan bersejarah yaitu Balai Loji, Terang dan Pemerataan, Pura Lingsar dan Kalasa sebagai tempat ibadah dan panggung terbuka untuk menampilkan pertunjukan. Terdapat juga danau buatan dan Kolam Balai Petirtaan yang airnya berasal dari Gunung Rinjani. 

Pengunjung bisa bermain flying fox dan perahu dayung di area danau. Pengunjung juga bisa naik ke puncak Pura Kalasa untuk bisa menyaksikan seluruh keindahan taman. Pengunjung diwajibkan bersikap sopan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak memakai pakaian terbuka saat memasuki pura.

9. Dusun Sade
Dusun Sade
Dusun Sade via dilombok.com
Sudah lebih dari enam abad Islam, Dusun Sade yang merupakan hunian suku Sasak ini dipertahankan oleh penduduk dengan berbagai aspek budaya tradisional yang melekat di dalamnya. Lokasinya berada di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Penduduk di desa ini masih tinggal di Rumah tradisional beratap alang-alang lengkap dengan dinding layanan dan bambu, sedangkan sebagai penunjangnya menggunakan kayu. 

Anda akan belajar banyak di sini. Setiap Rumah di sini memiliki banyak perbedaan satu sama lain, yaitu dalam hal fungsi. Bale Tani berfungsi sebagai hunian keluarga, Bale Kodong untuk pasangan muda yang belum memiliki momongan atau lansia, dan Bale Bonter untuk dihuni oleh petinggi desa. Masih ada juga bangunan lumbung padi dan balai desa sebagai tempat warga mengadakan perundingan, semua Bangunan ini dihubungkan dengan jalan setapak. 

Bahkan, para wisatawan bisa menyaksikan pembuatan ikan secara tradisional, belajar menenun atau membelinya dari warga setempat. 

10. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi via gayamamahmuda.top
Lokasinya di Lombok Barat, tidak jauh dari Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, pantai ini juga terbilang populer di Lombok. Pantai ini sangat indah dengan pasir lembut dan air yang jernih. Tentunya sangat cocok untuk kegiatan snorkeling. 

Keunikan lainnya adalah gradasi warna pasir yang berwarna gelap ke putih. Ombaknya tidak terlalu tinggi, cocok untuk berenang dan berselancar. 

Pantai Senggigi ini juga sangat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam. Bahkan pemandangan Gunung Agung akan sangat menawan jika dilihat dari pantai ini. Pantai ini pun Saudah banyak dikelilingi oleh penginapan dan hotel, bahkan banyak toko oleh-oleh berjajar di sekitar pantai ini.