PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Kawasan Wisata Kopeng Terbaru dan Paling Ikonik

Monday, December 24, 2018
Pasti di antara kalian sudah tidak asing lagi dengan Kawasan Wisata Kopeng, terlebih bagi yang tinggal di Jawa Tengah. Yups, Wisata Kopeng ini memang terletak di daerah lereng pegunungan, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi kapan pun dengan ukuran udara dingin dan akan mampu menghilangkan penat.

Benar saja dingin, karena Kawasan Wisata Kopeng sendiri berada di ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut, sebab itulah tempat ini mampu menyuguhkan pemandangan elok hawa sejuk khas pegunungan dengan berbagai wisata. Sebagai pengetahuan tambahan, secara administratif, kawasan ini masuk wilayah Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Namun, karena lokasinya berdekatan dengan Kota Salatiga, masyarakat lebih melekatkan Kopeng dengan Salatiga daripada Semarang. Dan persepsi itu masih melekat hingga sekarang, loh. Hehe.

Nuansa alam yang disuguhkan tempat ini memang v benar-benar sangat memesona, bahkan bisa dijadikan alternatif menarik bersama teman maupun keluarga. Jika Anda sempat melewati area ini, maka akan ada beberapa tempat yang menonjol seperti penginapan, hotel dan juga losmen karena memang tempat ini juga cukup romantis dengan suhu dingin yang khas.

Tempat Wisata di Kawasan Wisata Kopeng Paling Iconix
Kawasan Wisata Kopeng juga hadir dengan beberapa tempat andalan yang menjadi icon kawasan ini sendiri. Beberapa di antaranya Taman Wisata Kopeng, Air Terjun Umbul Songo dan beberapa tempat lainnya lagi.

Nah, bagi Anda yang berniat mampir untuk menikmati keindahan Kawasan Wisata Kopeng, berikut referensi tempat yang reccomended untuk Anda kunjungi:

1. Taman Wisata Kopeng
Taman Wisata Kopeng
Taman Wisata Kopeng via wisatabaru.com
 Sepanjang jalan saat hendak masuk ke kawasan Objek Taman Wisata Kopeng, Anda akan disuguhkan keindahan surga dunia berupa rimbunnya hutan pinus. Karena memang letaknya di kaki gunung yang cukup tinggi, maka Anda akan merasakan hawa yang cukup sejuk khas pegunungan.

Tempat wisata ini pastinya juga  menawarkan berbagai wahana, mulai dengan waterpark, playground yang cukup luas, arena camping, sertaoutbound bagi anak-anak maupun dewasa. Terdapat juga fasilitas menarik lainya seperti, biliar, ATV, serta dilengkapi dengan restoran, family karaokedan resort.

Jika Anda menyukai kegiatan memacu adrenalin, maka Anda bisa mencoba  aneka jenis flying fox  setinggi 12 meter atau yang lebih extreme lagi seperti spider  jumper setinggi 20 meter. Sedangkan untuk harga tiket masuknya, Anda hanya perlu merogoh kocek sedalam Rp 10.000 saja dan Untuk mencoba wahana lainnya maka akan dikenakan biaya tambahan lagi. 

Taman Wisata Kopeng ini berlokasi di Jl. Raya Salatiha-Mahelang, KM. 15, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka tempat ini mulai pukul 08.00 – 16.3 0 WIB.

2. Air Terjun Umbul Songo
Air Terjun Umbul Songo
Air Terjun Umbul Songo via frontoneinnsemarang.com
Tempat Wisata kedua yang Iconix di Kopeng ini juga tidak boleh Anda lewatkan nih, Guys. Namanya adalah Air Terjun Umbul Songo, tempatnya sih tidak terlalu jauh dari Taman Wisata Kopeng, atau berjarak sekitar 550 meter saja. 

Menurut legenda yang beredar,  Umbul Songo ini adalah sebuah  mata air yang ditemukan oleh para wali pada masa Kerajaan Demak. Mata air tersebut merupakan jawaban atas permintaan para wali kepada Allah SWT  untuk diberikan kemudahan mendapatkan air.

Jika ditilik dari namanya, Umbul Songo mempunyai makna bahwa terdapat sembilan mata air di tempat ini, yaitu  Takelan, Contre, Tayengan, Selodhuwur, Kopeng, Kali Sati, dan Peng. Wisata ini sangat lah cocok bagi Anda yang punya hobi berpetualang. Tinggi air terjunnya mencapai 15 meter dengan debit air yang cukup deras, apalagi saat musim hujan. Ditambah banyaknya bebatuan di sekitarnya juga menambah kesan sentuhan alami yang indah.

Untun dapat sampai di tempat wisata ini, Anda perlu menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit dengan berjalan kaki. Medan yang akan ada lalui berupa jalan setapak berliku yang akan terasa licin selepas hujan. Meskipun melelahkan, tapi rasa lelah Anda akan tergantikan dengan panorama alam yang menawan di air terjun yang jarang terjamah ini.

Meski letaknya masih dibilang pedalaman, karena memang jauh di dalam hutan, namun, Anda jangan khawatir, sebab beberapa fasilitas penunjang telah tersedia di sana. Beberapa fasilitas tersebut adalah kamar mandi umum, tempat parkir yang luas dan kolam renang dibangun serta dikelola khusus oleh dinas pariwisata.

Amda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000 orang, jam buka tempat  mulai pukil08.00 sampai 17.00 WIB.  Berlokasi di Kopeng, Getasan, sematang, Jawa tengah pastinya akan membuat Anda merasakan kesejukan tempat ini. 

3. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu
Gunung Merbabu via kumparan.com
Jika Anda suka Camping, maka Wisata Gunung Merbabu ini bisa menjadi tujuan yang pas untuk Anda. Karena faktanya, Gunung ini merupakan salah satu gunung primadona, khususnya di Jawa Tengah. Keindahan sabana dan tanaman edelweis mampu memikat siapa saja yang mengunjunginya.

Ada banyak sekali jalur  pendakian gunung ini Yang bisa Anda pilih. Jika Anda memilih mendaki Gunung Merbabu  melalui Kopeng, Anda bisa melalui Desa Cunthel atau Thakelan. Pendakian biasanya akan memakan waktu selama 6 sampai 7 jam. Akan lebih lengkap lagi jika Anda bisa menyaksikan indahnya malam di gunung dengan berkemah di sana. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan golden sunrise dispot tertentu, yang telah menjadi icon menarik bagi tempat wisata ini dan memang banyak dicari-cari pengunjung. 

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja yang telah mendapatkan fasilitas parkir di basecamp. Alamat jalur I berada di  Cuntel, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan jalur 2 berada di  Thakelan, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah.

4. Kopeng Treetop Adventures Park
Kopeng Treetop Adventures Park
Kopeng Treetop Adventures Park via youtube.com
Nah, yang satu ini adalah tempat wisata di Kopeng yang dapat memacu adrenalin dan sudah sangat tranding di kalangan pencinta wisata alam. Kopeng Treetop Adventure Park merupakan bagian dari Treetop Adventure Park yang tersebar di seluruh dunia dan memiliki sekitar 350 jaringan. Meskipun baru diresmikan Mei 2016 lalu, wisata ini menjadi bidikan bagi yang suka tantangan.

Luas lahannya cukup luas, yaitu sekitar 7 hektar dan telah lengkap dengan  8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flying fox, dangiant Tarzan jump.  Wahana-wahana inilah yang akan menciptakan sensasi fun ,adventure, serta uji adrenalin menjadi satu dan tak terlupakan. Waah, keren banget, ya?

Apalagi, setiap sirkuit telah dirancang sedemikian rupa dengan tingkat kesulitan yang berbeda baik untuk dewasa dan anak-anak. Model wahana ini telah dilengkapi dengan  tali-temali sebagai penyambung ke permainan berikutnya.  Lokasi tempat wisata ini berada di Jl. Raya Kopeng, Batur, Semarang, Jawa Tengah. Jam bukanya mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB, untuk anak-anak perlu membayar tiket sebesar Rp 110.000 dan dewasa Rp 160.000.

5. Agrowisata Kopeng Gunungsari
Agrowisata Kopeng Gunungsari
Agrowisata Kopeng Gunungsari via agrowisatakopeng.com
Lokasinya berada di Dusun Dukuh, Desa Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang.  Tempat ini belum Alma dibangun namun sudah banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat ini. 

Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 dan bebas memetik serta memakan jambu dari sinu. Agrowisata ini punya beraneka ragam tanaman indah. Bahkan gerbang masuknya sangat panjang dengan lengkungan kawat yang bentuk mirip layaknya terowongan yang nantinya untuk mengembangkan tumbuhan tanaman rambat. 

Spot foto pertama adalah gardu panjang yang sangat asri dengan kombinasi kayu serta bambu. Latar belakang hutan Pinus memanjang tentunya akan memberikan spot foto sempurna. Sedangkan spot foto keduanya adalah tulisan Agrowisata Kopeng Gunungsari berukuran besar. 

Di bagian tengah Gardu Panjang Raksasa terdapat beberapa kursi yang ditata melingkar. Gardu pandang utama ini memiliki tiga tingkat, yang dari tingkat paling atas bisa kita lihat seluruh area wisata. Disisi timur terlihat Gunung Gajah, Telomoyo dan Andong yang berjajar.

Rute Menuju Wisata Kopeng dari Pusat Kota Yogyakarta
Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai di Wisata Kopeng, karena memang lokasinya cukup jauh dari pusat kota, yaitu 88 KM. Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi merupakan pilihan yang lebih efektif, mengingat ketersediaan transportasi umum yang terbatas.

Jika dari pusat kota, maka Anda perlu  melewati Muntilan untuk menuju Sawangan. Setelah itu, Anda bisa berbelok ke kanan saat menemui plang penunjuk arah ke Ketep tepat di perempatan lampu merah. Selanjutnya, perjalanan berlanjut sampai menemui pertigaan besar di mana Anda akan mengambil jalan ke arah kiri untuk sampai ke Kopeng.