PLARIUSMODIFIKASI101

10 Tempat Wisata Kuliner di Pangkal Pinang Mampu Menggoyang Lidah

Sunday, December 16, 2018
Kepulauan Bangka Belitung merupakan emas bagi Indonesia. Semua di dalamnya sangatlah beragam, hal tersebut merupakan kekayaan dan kebanggaan bagi kita semua. Meski belum tentu masyarakat di Indonesia mampu menjelajah hingga ke kepulauan tersebut, namun banyak sumber yang mampu mengeksplorasi tempat ini secara luas.

Bangka Belitung juga mempunyai ragam kuliner, terutama di kota Pangkal Pinang yang perekonomiannya semakin maju. Semoga, keadaan seluruh daerah di pelosok negeri ini semakin baik, ya?

Dan bagi Anda yang hendak mengunjungi kota sejuta kuliner ini, maka berikut adalah beberapa referensi tempat wisata kuliner di kota Pangkal Pinang yang bisa Anda sambangi.

1. Asui Seafood Restoran137
Asui Seafood Restoran137
Asui Seafood Restoran137 via tripadvisor.com
Lokasinya berada di Jl. Yang Zubaidah, No. 242, Bintang, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33137. 

Asui Seafood Restoran137 ini menjadi tempat wisata kuliner pertama yang akan kita bahas. Jam buka tempat ini mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Memang untuk dijadikan area nongkrong, kurang tepat, sebab tidak buka sampai menjelang pagi. Namun di sini menyediakan banyak macam olahan, dan semuanya sangat enak, bahkan bangunannya pun terdiri atas 2 lantai. So, reccomended banget untuk mengisi perut, meski tidak untuk nongkrong. 

Untuk harga, memang terbilang mahal, kebanyakan yang mengunjungi tempat ini adalah orang China. Terkenalnya Asui Seafood Reatoran137 ini berkat olahan seafood-nya yang masih segar dengan cita-rasa khas. Menu paling andalan adalah tenggiri bakar dan cumi goreng mentega yang dilumuri bumbu super lezat ala Asui Seafood Restoran137.

2. Restaurant Seafood Mr. Adox
Restaurant Seafood Mr. Adox
Restaurant Seafood Mr. Adox via belitong.wordpress.com
Selanjutnya adalah Restaurant Seafood Mr. Adox yang berlokasi di Jl. Alexander Raya, Simpang Empat, Barang, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kep. Bangka Belitung 33684. 

Setiap hari, tempat ini selalu ramai. Mungkin disebabkan karena lokasinya yang sangat strategis. Namun strategis saja tidak cukup, karena tempat wisata kuliner ini juga telah terjamin kenyamanan serta kebersihannya. Bahkan area parkirnya pun juga luas. Dan yang paling andalan adalah olahan keping seperti kepiting asap dan masih banyak lagi. Bahkan tidak jarang para artis dan tokoh tersohor lainnya mampir ke sini. So, reccomended banget!

3. Mie Koba Iskandar
Mie Koba Iskandar
Mie Koba Iskandar via eatinguntildiee.blogspot.com
Lokasinya berada di Gedung Nasional, Taman Sari, kota Pangkal Pinang, Kep. Bangka Belitung 33684 yang menjadikan Mie Koba Iskandar sangat strategis dan mudah dikenal publik. 

Mie Koba ini merupakan yang legendaris di kota Pangkal Pinang. Olahan ini hadir dengan kuah kaldu ikan yang lezat. Mie-nya pun enak, istimewa dan lembut di mulut. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa memesan telur rebus, bakso maupun kerupuk dan juga aneka jus yang semuanya legit. Bahkan, Mie khas pangkal pinang yang diolah di sini memiliki aroma khas seperti aroma ikan. Rasanya pun bercampur antara pedas, manis dan gurih.

4. Tan Kasteel Restaurant & Lounge
Tan Kasteel Restaurant & Lounge
Tan Kasteel Restaurant & Lounge via tribunnews.com
Tan Kasteel Restaurant & Lounge ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani, No. 187, Pangkal Pinang, Batin Tikal, Taman Sari, Pangkal Pinang, Kep. Bangka Belitung 33126. 

Tempatnya terbilang nyaman, bahkan terkesan romantis dengan hiasan lampu temaran. Makanan yang disediakan juga sangat Up to date, bisa dibilang makanan kekinian. Tersedia juga hiburan Love music yang menjadikan suasana lebih mewah. Bahkan, dekorasi ala shabby chic dan vintage-nya sangat cocok untuk berfoto. 

Sedangkan untuk harganya standar seperti di restoran pada umumnya, tempat parkirnya juga luas. So, Tan Kasteel Restaurant &  Lounge ini Coco dijadikan area hangout bareng kawan-kawan, khususnya bagi kaula muda dan kids zaman now, hehe.

5. Otak-otak Amui
Otak-otak Amui
Otak-otak Amui via tesyasblog.com
Siapa sangka otak-otak super lezat juga bisa Anda temukan di kota Pangkal Pinang yang sangat fenomenal akan kekayaan kulinernya. 

Bagi Anda pencinta otak-otak, nama Otak-otak Amui ini bisa menjadi tujuan wisata kuliner saat berkunjung ke kota Pangkal Pinang. Lokasinya berada di Jl. Melintas, No. 23, Rangkui, kota Pangkal Pinang.

Banyak yang mengungkap bahwa otak-otak di sini enak dengan rasa sambal yang sedikit asam, sangat memikat selera. Sambal ini biasa disebut taoco dengan sedikit bau terasi. Otak-otak di Bangka tentunya sangat berbeda dengan otak-otak di Palembang. Otak-otak di Bangka lebih harum. Sangat cocok dicicipi dan reccomended untuk dijadikan oleh-oleh khas Bangka.

6. Tahukok Yen-yen & Mie Ayam
Tahukok Yen-yen & Mie Ayam
Tahukok Yen-yen & Mie Ayam via fr.tripadvisor.ca
Di pangkal pinang masih banyak terdapat kuliner halal, salah satunya adalah Mie Bangka di Tahukok Yen-yen & Mie Ayam ini, lokasinya berada di Jl. Yang Zubaidah, No. 148, Bintang, Rangkui, Pangkal Pinang, Kep. Bangka Belitung 33684. 

Harganya sangat murah, sekitar Rp 12.000 sampai Rp. 15.000 saja per porsi. Sedangkan menu andalan Tahukok-nya seharga Rp 22.000 untuk seporsi nya, namun Anda juga bisa request setengah porsi saja. 

Tahukok dan mie ayamnya juga enak sekali. Rasa yang legendaris ini selalu terjaga kualitasnya sejak dulu. Namun untk tempat parkirnya memang kurang luas, pengguna mobil akan merasa kesulitan. 

7. Latrasee Bistro
Latrasee Bistro
Latrasee Bistro via tripadvisor.ca
Latrasee Bistro ini berlokasi di 65, Jl. Jenderal Sudirman, Opas Indah, Taman Sari, Pangkal Pinang, Kep. Bangka Belitung 33684. Lokasinya cukup strategis sehingga mempermudah pengunjung untuk datang ke tempat wisata kuliner ini. Memang lokasi menjadi salah satu pertimbangan saat ingin mengunjungi sebuah tempat kuliner, tidak terkecuali di kota Pangkal Pinang ini.

Latrasee Bistro merupakan tempat wisata kuliner yang sangat nyaman, baik dari segi pelayanan, tata ruangan dan kulinernya. Pelayanannya sangat cepat, dan pemilik serta karyawannya pun ramah. Kuliner yang menjadi rekomendasi saat berkunjung ke sini adalah roti peranakan dan kopi susu yang sangat cocok dijadikan menu sarapan. Bahkan tempat ini memiliki nilai historis yang sangat mengedukasi.

8. Resto Anggrek
Resto Anggrek
Resto Anggrek via indonesiakaya.com
Resto Anggrek ini merupakan tempat wisata kuliner yang juga sangat legendaris di kota Pangkal pinang. Kebanyakan menu yang disediakan adalah varian es, seperti es kacang merah, es campur, dan lain sebagainya. Sangat cocok diseduh saat cuaca sedang panas. Rasanya pun sangat nikmat, tidak terlalu manis, segar sekali.

Lokasinya di Jl. Pembangunan, dekat Bangka Trade Center, Bintang, Rangkui, Pangkal Pinang, Kep. Bangka Belitung 33684. Tersedia juga bermacam makanan yang juga enak. Seperti namanya, menu paling andalan di sini adalah Es anggrek yang sudah sangat populer. 

9. Wisata Kuliner Kampoeng Rasau
Wisata Kuliner Kampoeng Rasau
Wisata Kuliner Kampoeng Rasau via lensabangkabelitung.com
Tempat Wisata kuliner ini merupakan salah satu yang menyediakan olahan ayam. Yang paling menjadi andalan adalah Ayam Gepreknya yang sangat nikmat. Lokasinya berada di Jl. Moh. Toyib, Kacang Pedang, Gerunggang, Pangkal Pinang, Kep. Bangka Belitung 33684. 

Selain ayam geprek juga masih ada olahan ayam lainnya, tentunya juga dengan rasa juara. Bahkan Wisata Kuliner Kampoeng Rasau ini mempunyai resep bumbu tersendiri yang menjadikan rasa tiap olahannya sangat nikmat dan lezat. 

Disarankan untuk mengunjungi tempat ini selain hari libur, karena akan sangat ramai, karena memang banyak pengunjung yang rela antre untuk mencicipi ayam geprek ala Kampoeng Rasau.

10. Pantiauw Tutut
Pantiauw Tutut
Pantiauw Tutut via travel.tribunnews.com
Pantiauw Tutut ini merupakan tempat wisata kuliner yang menyediakan pantiauw dengan rasa gurih, rasa ikannya pun sangat terasa. Harganya mulai Rp 10.000 saja. Selain itu, ada juga jajanan lain seperti Pempek telur dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Jalan Depati Hamzah, Semabung Lama, Bukit Intan, Semabung Lama, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684.

Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 8 pagi. Pantiauw Tutut ini sudah buka. Disarankan untuk mengunjungi tempat ini selain hari libur, karena akan sangat ramai sekali. Bahkan banyak yang rela berdesakan dan antre untuk bisa mencicipi pantiauw maupun Pempek telur.

Itulah beberapa referensi tempat wisata kuliner di kota Pangkal Pinang yang bisa Anda jadikan tujuan memanjakan perut bersama kawan maupun keluarga. Memang di pangkal pinang Anda harus sedikit selektif dalam memilih tempat wisata kuliner yang menyediakan makanan halal maupun tidak. Dan beberapa referensi di atas bisa Anda pertimbangkan lagi. Namun selain tempat wisata kuliner di atas, juga masih tersedia banyak tempat kuliner lainnya yang tidak kalah populer.