PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Wisata Terbaik di Banyumas yang Wajib Anda Kunjungi

Sunday, December 23, 2018
Indonesia memang kaya akan potensi pariwisata alam dan budayanya, bahkan bisa dibilang semua daerah memiliki tempat-tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Dan salah satunya yaitu Kabupaten banyumas, meskipun hanya bagian kecil dari provinsi jawa tengah namun destinasi wisata yang miliki tidak kalah dengan daerah lainnya.

Destinasi Wisata Terbaik di Banyumas
Nah, berikut kami telah pilihkan beberapa destinasi wisata terbaik di Banyumas yang wajib anda kunjungi. Silahkan disimak.

1. Lokawisata Baturaden
Lokawisata Baturaden
Lokawisata Baturaden via rayapos.com
Berada di selatan lereng gunung slamet menjadikan tempat wisata yang satu ini berhawa sejuk. Tidak heran jika setiap akhir pekan tempat ini selalu ramai dengan pengunjung. Akses jalan menuju baturaden terbilang cukup mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan kota. Namun jika tidak terbiasa dengan jalan menanjak maupun berkelok ada baiknya untuk tidak berkendara sendiri mengingat tingkat kemiringan dari jalan mencapai 30 derajat. 

Berbagai wahana bisa anda nikmati disana mulai dari kolam renang, seluncur air kemudian ada air terjun. Disana juga akan disuguhkan seni lokal dengan iringan musik tradisional. Nah bagi anda yang berlibur dengan anak tidak perlu khawatir karena disana juga menyediakan wahana khusus untuk anak-anak seperti teather alam dengan tampilan menarik yakni didalam sebuah pesawat garuda kemudian ada bioskop 4D. Bagi yang hobi dengan hal-hal eksrem dan menguji adrenalin maka flying fox bisa anda coba.

Untuk memasuki kawasan wisata baturaden anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 14.000 per orangnya. Jika ingin masuk ke dalam theater alam maka anda juga harus membayar tiket sebesar Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk memasuki wahana air pancuran telu.

2. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Telaga Sunyi via goodnewsfromindonesia.id
Untuk mencapai telaga sunyi dari pintu gerbang wana wisata baturaden anda hanya menempuh jarak sekitar 3 Km. Namun jika anda mengawali perjalanan dari pusat kota Purwokerto kurang lebih akan memakan waktu  25 menit hingga 30 menit. Akses jalan yang cukup nenanjak dengan melewati kawasan hutan damar dan hutan pinus menjadikan tempat tersebut jauh dari pemukiman penduduk. Telaga ini memiliki air berwarna biru laut yang sangat indah ditambah pula dengan kejernihanannya yang menanarik para wisatawan untuk bermain air atau sekedar ber foto. 

Harga tiket masukpun bisa dibilang cukup terjangkau yakni Rp 10.000 dengan tambahan biaya parkir Rp 2.000. Meskipun tempatnya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk namun tempat wisata tersebut telah menyediakan berbagai fasilitas diantaranya mushola, toilet,  warung makanan, dan tempat parkir.

3. Curug Jenggala
Curug Jenggala
Curug Jenggala via akurat.co
Destinasi wisata daerah ini didominasi wisata alam dan air-nya yang melimpah sangat sesuai dengan nama daerahnya yakni “Banyumas” yang berarti air dan kemakmuran. Curug jenggala menjadi tempat wisata yang akhir-akhir ini sedang hits dan banyak dibicarakan dimedia sosial. Icon dari wisata curug jenggala ini adanya spot foto berbentuk hati dengan berlatar belakang 3 jurug berjejeran sehingga menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengabadikannya lewat foto.

Curug jenggala terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger Kecamatan Baturaden tidak jauh dari kebun raya Baturaden. untuk bisa mencapai tempat tersebut anda harus menyusuri jalan setapak sejauh 500 meter, maklum karena obyek wisata ini baru saja dibuka maka untuk akses jalan maupun sarana dan prasarananya-pun belum semuanya tersedia.

Untuk bisa masuk ke kawasan curug jenggala anda harus membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang dengan tambahan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

4. Batur Agung
Batur Agung
Batur Agung via kettyh.blogspot.com
Obyek wisata batur agung terletak di Kecamatan Kadungbanteng, sekitar  14,4 Km dari alun-alun Purwokerto. Batur agung ini menjadi salah satu cagar budaya yang ada di Banyumas. Nah di situs batur agung terdapat beberapa artefak dan beberapa arca kuno yang akan menambah wawasan dan pengetahuan anda ketika berkunjung ketempat tersebut.

Nah mengapa batur agung sangat cocok untuk destinasi wisata keluarga? Karena selain adanya berbagai peninggalan bersejarah, ditempat tersebut juga menyediakan beberapa wahana yang sangat menarik. Beberapa bentuk permainan yang disukai anak-anak diantaranya outbond, fliying fox, arum jeram, waterpark, kebun buah dan masih banyak wahana lain yang harus anda coba.

Untuk bisa memasuki obyek wisata batur agung anda harus membayar tiket sebesar Rp 10.000 namun jika menghendaki untuk bermain arung jeram maka perorangnya dikenakan biaya Rp 25.000.

5. Gunung Slamet
Gunung Slamet
Gunung Slamet via regional.kompas.com
Gunung slamet merupakan gunung tertinggi dijawa tengah yang mencapai 3428 Mete daiatas permukaan laut dan tergolong gunung aktif ini memiliki keindahan luar biasa utamanya pada malam hari yang menjadi spot favorit para pendaki. Meskipun medan jalan yang cukup menantang, namun bagi mereka para pendaki semua itu akan terbayarkan dengan pesona keindahan yang ditawarkan dari puncak gunung slamet.

6. Museum Panglima Besar Jendral Sudirman
Museum Panglima Besar Jendral Sudirman
Museum Panglima Besar Jendral Sudirman via banyumaskab.go.id
Banyumas merupakan tempat kelahiran Panglima Jendral Sudirman, tidak salah jika adanya museum yang dibuat untuk mengapresiasi perjuangan beliau. Museum panglima jendral sudirman terletak dibagian barat kota banyumas,dengan jarak 3 Km dari pusat pemerintahan.

Museum ini dilengkapi dengan berbagai diorama maupun foto-foto dari perjunagan Jendral Sudirman pada masa lalu. Selain itu banyak relief-relief Jendral Sudirman ketika beliau memperjuangkan Yogyakarta. Obyek wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin membawa serta anak-anak ketika berlibur.

Untuk bisa memasuki museum jendral sudirman anda cukup membayarkan tiket sebesar Rp 3.000 per orangnya. Museum ini mulai dibuka pukul 08.00 Wib dan tutup pukul 16.00 Wib.

7. Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal via wisatajeteng.com
Nah bagi anda yang ingin berwisata religi maka sangat cocok jika berkunjung ke masjid saka tunggal yang ada di desa cikakak kecamatan wangon kabupaten Banyumas.  Masjid ini merupakan salah satu peninggalan wali sanga dan menjadi masjid tertua yang ada di Indonesia. Wajar saja jika dikatakan sebagai masjid tertua mengingat usia dari masjid ini yang sudah sangat lama yakni didirikan pada tahun 1288 M jauh sebelum era wali sanga. Banyak cerita bersejarah yang bisa anda ulik ketika berwisata religi ketempat tersebut.

8. Pemandian Kali Bacin
Pemandian Kali Bacin
Pemandian Kali Bacin via dinporabudpar.banyumaskab.go.id
Dari arti namanya sendiri wisata ini terdengar unik dan berbeda dengan yang lain. kali bacin memiliki arti sungai tengik. Sungai ini menyuguhkan pemandian air hangat yang berasal dari air belerang yang konon katanya dapat menyembukan beberapa penyakit diantaranya gatal-gatal, jerawat, dan penyakit kulit lainnya.

Nah obyek pemandian kali bacin ini berlokasi di desa tambaknegara, kecamatan rawalo  kabupaten Banjarnegara. Untuk memasuki area pemandian kali bancin ini anda harus membayar tikel masuk sebesar Rp 3.000 per orang.

9. Curug Cipendok
Curug Cipendok
Curug Cipendok via purwokertoguidance.com
Air terjun di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 92 meter dan kedalaman 20 meter. Curug ini sering disebut-sebut sebagai curug tercantik yang ada di Banyumas. Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas sekitar 25 Kilometer dari arah barat kota Purwokerto. Akses jalan menuju curug Cipendok ini juga cukup mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Selain keindahan air terjun yang ditawarkna para pengunjung juga bisa menjumpai beberapa hewan seperti elang, harimau jawa dan monyet yang menjadi daya tarik tersendiri karena keberadaan dari hewan-hewan tersebut sudah mulai langka.

Untuk bisa memasuki area wisata curug Cipendok ini anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 9.000 per orang dengan tiket parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk jam operasional objek wisata curug Cipendok ini mulai 07.00 -16.00 waktu Indonesia barat.

Selain itu fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola cukup lengkap yaitu ada cottage, jogging track, junggle tracking serta adanya bumiayu perkemahan. Tentu hal tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti tempat parkir, mushola, kamar mandi, dan wahana bermain khusus anak.

10. Dreamland Park Pancasan Banyumas
Dreamland Park Pancasan Banyumas
Dreamland Park Pancasan Banyumas via dinporabudpar.banyumaskab.go.id
Dreamland park merupakan salah satu wahana bermain air yang cukup terkenal di Banyumas, sangat cocok sekali bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama anak. Tidak hanya permainan air saja melainkan juga ada taman reptil, berbagai burung dan unggas langka serta taman batu karts yang sangat unik.

Tiket masuk area wisata dreamland juga cukup terjangkau, denga Rp 15.000 per orang anda sudah bisa menikmati semua wahana yang ada ditempat tersebut.

Nah itulah diatas tempa-tempat wisata terbaik di Banyumas yang tentunya tidak boleh anda lewatkan saat sedang kesana.