Referensi Tempat Wisata Terbaik di Bau-Bau Sulawesi Tenggara

Menyinggung masalah tempat wisata, tentu Indonesia tak perlu diragukan lagi, banyak sekali potret keindahan alam yang tak ada habisnya untuk ditelusuri. Salah satunya di kota Bau-Bau yang terletak di Pulau Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. Kota ini terkenal mempunyai banyak obyek menarik untuk dijadikan tujuan berlibur. Oya, sebelum lebih jauh mengupas keindahan wisatanya, perlu diketahui bahwa nama Bau-Bau yang tersemat dalam kota ini, dikarenakan dulu banyak sekali atau bisa dibilang, mayoritas bangsawan Bugis yang bermukim disana bergelar Andi Bau.

Nah, untuk anda yang masih bingung tidak tau berlibur kemana saat di kota Bau-Bau, berikut ini kami bagikan beberapa referensinya.

1. Pantai Nirwana
Pantai Nirwana
Pantai Nirwana via gandukaleng.blogspot.com
Berbicara mengenai pantai tentu sudah bukan hal biasa bukan? Letak Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau tentu banyak sekali pantainya. Dan salah satu pantai keren Indonesia yang terletak di Bau-Bau adalah Pantai Nirwana ini.

Kata Nirwana sendiri berasal dari bahasa Melayu yang mempunyai arti surga. Pantai ini terletak di Kelurahan Sula, Betoambari, Bau-Bau, Buton, Sulawesi Tenggara. Jarak tempuh Pantai Nirwana sekitar 9 km dari kota Bau-Bau, yang dapat diakses dengan menggunakan kendaraan umum.

Biaya untuk memasuki pantai ini relatif murah yaitu Rp.2000,00 saja sebagai uang retribusi. Di Pantai ini banyak menawarkan berbagai fasilitas pantai penunjang liburan Anda, seperti Gode-Gode (gubuk istirahat), restoran, penginapan, penyewaan ban dan alat Snorkeling serta Diving yang dapat Anda coba. Selain itu air pantai disana juga sangat jernih dan tenang sehingga membuat Anda tak perlu khawatir untuk berenang dan bermain-main disekitar pantai. 

Di pantai Nirwana ini Anda dapat menikmati keindahan sunset dan sunrise serta keindahan bawah laut yang dapat menyegarkan pikiran Anda. Disekitar pantai juga terdapat tempat pembudidayaan rumput laut yang di kelola masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan.Yang tak kalah indah, ada pula pulau kecil yang mengapung di atas laut yaitu Pulau Kadatua dan Pulau Siompu serta Gua Moko yang terkenal sebagai pemandian aiir payau.

2. Pantai Kamali
Pantai Kamali
Pantai Kamali via indonesiakaya.com
Pantai Kamali merupakan salah satu tempat wisata andalan dari kota Bau-Bau. Letak pantai yang mudah dijangkau yaitu berada di tengah pusat kota Bau-Bau membuat banyak wisatawan berkunjung setiap harinya untuk menikmati keindahan pantai. 

Pada pantai ini juga terdapat Maskot Kota Bau-Bau yang dibangun pada tahun 2007 yaitu Patung Kepala Naga yang diyakini sebagai simbol kekuatan, kegigihan dan kejayaan kekuasaan Kerajaan Buton pada masa lampau. 

Anda dapat merasakan atmosfer berbeda saat berkunjung pada malam hari, Patung Kepala Naga akan memperindah suasana pantai dengan dominasi hiasan lampu-lampu yang cantik. Di pantai ini juga tersedia fasilitas tempat bermain anak dan hotspot serta biasanya banyak diselenggarakan event-event penting yang menarik untuk di kunjungi oleh Anda.

3. Pantai Kolagana
Pantai Kolagana
Pantai Kolagana via wisataku.id
Tempat wisata Pantai Kolagana ini bisa menjadi alternatif wisata bagi Anda yang tertarik dengan wisata bawah laut. Selain dapat melakukan aktifitas penyelaman Anda juga bisa melakukan aktifitas seperti memancing, berenang dan snorkeling.Pantai ini berada di Kelurahan Palabusa, Kecamatan Bungi, Kota Bau-Bau.

4. Air Terjun Lawaguna
Air Terjun Lawaguna
Air Terjun Lawaguna via traveltodayindonesia.com
Air terjun Lawaguna atau biasa disebut air terjun Laguna merupakan salah satu air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Sekeliling air terjun yang merupakan rimbunan hutan yang hijau menambah kesan alami pada air terjun.

Air terjun Lagawa terletak di Kelurahan Karya Baru Kecamatan Sorawolio yang berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota Bau-Bau. Dalam perjalanan Anda akan trekking melewati hutan-hutan, dan setelah sampai segala penatnya perjalanan akan terbayar lunas oleh pemandangan alam yang disajikan. 

5. Cagar Alam Wakonti
Cagar Alam Wakonti
Ilustrasi Cagar Alam Wakonti via reyginawisataindonesia.blospot.com
Cagar Alam Wakonti menyajikan edukasi wisata alam yang menarik dan sayang untuk dilewatkan oleh Anda. Kawasan cagar alam ini terletak 6 kilometer dari pusat kota Bau-Bau, beragam flora dan fauna hidup dalam hutan konservasi yang disediakan. 

Ditempat ini juga digunakan sebagai tempat penelitian berbagai pohon langka, anggrek liar serta hewan langka seperti kera dan kuskus. Berbagai jenis burung seperti Kakaktua dan juga kupu-kupu.

Di Cagar Alam Wakonti ini Anda dapat melihat pohon langka yang warnanya sama persis dengan seragam tentara yaitu Pohon Loreng.

6. Benteng Keraton Buton
Benteng Keraton Buton
Benteng Keraton Buton via indonesiakaya.com
Wilayah pulau Buton banyak menyimpan kekayaan sejarah rakyat Indonesia, salah satunya Benteng Keraton Buton. Tempat wisata benteng ini merupakan benteng terbesar di dunia yang ditandai dengan penerimaan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Guinnes Book Record pada tahun 2006. Benteng ini memiliki luas keliling sekitar 2.740 meter dengan tinggi satu sampai delapan meter serta luas sekitar 23.375 hektar.

Benteng ini memiliki arsitektur yang artistik dan cukup unik dengan bangunan benteng yang terbuat dari batu gunung yang tersusun begitu kokoh. Disini juga terdapat meriam peninggalan Kesultanan Buton yang masih utuh sampai sekarang. Dan dari atas bukit benteng tersebut Anda juga dapat melihat pemandangan yang indah.

7. Air Terjun Samparona
Air Terjun Samparona
Air Terjun Samparona via gotravelly.com
Ait terjun setinggi 30 meter ini menyajikan keeksotisan tersendiri bagi tempat wisata tersebut. Letaknya yang berada di lingkungan hutan asri semakin menambah keindahannya. Jaraknya dapat ditempuh sekitar 13 kilometer ke arah Timur dari pusat kota Bau-Bau.

8. Masjid Kuba
Masjid Kuba
Masjid Kuba via twitter.com
Sepintas masjid ini tidak seperti bangunan masjid kebanyakan karena memang bangunanya seperti rumah biasa. Namun ini merupakan masjid tertua di Bau-Bau yang dibangun pada masa Sultan Buton XXIX pada tahun 1826 yaitu Sultan Muhammad Idrus Kaimuddin.

Disekeliling masjid Kuba ini juga terdapat makam yang salah satunya makam Sultan Buton XXIX.Tempat ini merupakan salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi sebagai wisata Religi yang terletak di Kelurahan Baadia, Kecamatan Murhum. 

9. Pantai Sulaa
Pantai Sulaa
Pantai Sulaa via wisataku.id
Pantai Sulaa merupakan pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi saat berlibur. Birunya laut dan semilir anginnya akan membawa ketenangan bagi pengunjung yang datang. Kondisi pantai yang tenang juga akan membuat aktifitas berlibur Anda jadi menyenangkan, Anda dapat mencoba memancing dan snorkeling.

10. Pantai Lakeba
Pantai Lakeba
Pantai Lakeba via ksmtour.com
Pantai yang berada di kabupaten Buton ini memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata dengan keindahan pasir putih yang mendominasinya. Ombaknya yang tenang dan air lautnya yang jernih menambah ketertarikan dari pantai ini. 

Sambil menikmati panorama pantai Anda juga dapat menikmati aktifitas yang lainnya seperi berjemur, berenang dan bermain pasir. Di Pantai Lakeba ini juga Anda dapat menikmati beragam fasilitas yang disediakan antara lain Jet Sky, Banana Boat, Parasailing, Children Play Ground, Resort dan juga Restoran denagn live musik yang akan memanjakan waktu liburan di Pantai Lakeba  kota Bau-Bau ini.

11. Pemandian Alam Bungi
Pemandian Alam Bungi
Pemandian Alam Bungi via udaindra.bogspot.com
Sebenarnya tempat ini merupakan tempat aktivitas sehari-hari warga sekitar yng berkaitan dengan air bersih. Namun lama-kelamaan banyak pengunjung yang datang untuk menikmati sejuknya sumber air untuk melepas penat dari segala aktivitas.

Airnya yang segar dan bening membuat pengunjung betah berlama-lama untuk merasakan atmosfer kesegarannya. Anda juga dapat menikmati pemandangan Air terjun Tirta Rimba yang lokasinya berdekatan dengan sumber air tersebut.

12. Bukit Kalampa
Bukit Kalampa
Ilustrasi Bukit Kalampa via musafirtimur.wordpress.com
Bukit Kalampa merupakan tempat wisata alam yang cocok bagi Anda yang senang mengabadikan gambar. Anda bisa melihat pemandangan alam sekitar dari ketinggian bukit yang mempesona dan udaranya yang sejuk. Lokasinya dari kota Bau-Bau sekitar 7 kilometer yaitu berada di Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari. 

13. Air Terjun Lagawuna
Air Terjun Lagawuna
Ilustrasi Air Terjun Lagawuna via jelajahsultra.com
Air terjun ini berada di Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Sorawolio yang berjarak 24 kilometer dari kota Bau-Bau. Tempat ini dapat dijangkau dengan kendaraan darat dan dilanjutkan berjalan kaki sekitar 4 kilometer. Selain keindahan alam yang dapat Anda lihat, disana juga Anda dapat mendengar kicauan burung yang dapat menambah ketenangan suasana liburan Anda. 

14. Gua Lakasa
Gua Lakasa
Gua Lakasa via sportourism.id
Selain wisata pantai dan air terjun di Kota Bau-Bau juga terdapat wisata edukasi pengenalan dunia geografi. Akses ke tempat ini pun penuh dengan tantangan karena medannya yang sulit dan terjal. Dalam gua ini juga banyak terdapat stalakmit dan stalaktit yang terbentuk dari pengkristalan mata air dalam gua. Kedalaman gua ini mencapai 120 meter yang tentunya akan manambah rasa takjub dan keindahan alam Gua Lakasa ini.

Nah, itulah diatas  14 tempat wisata terbaik di Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.