PLARIUSMODIFIKASI101

Objek Wisata Terbaik di Garut Untuk Habiskan Waktu Liburan

Saturday, December 29, 2018
Menjadi bagian dari provinsi Jawa Barat, Kabupaten garut memiliki pesona yang menarik para wisatawan untuk berkunjung. Selain terkenal dengan olahan dodolnya, kabupaten yang dikelilingi oleh lima gunung sekaligus ini memiliki destinasi wisata yang cukup beragam.

Berikut, adalah beberapa destinasi wisata Garut terbaik yang sangat rekomended untuk dikunjungi.

1. Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje via adrasablog.com
Curung yang berlokasi di Kampung Kombongan, Desa Pakenjang, Kecamatan Pamulihan, Garut menawarkan pemandangan air terjun yang sangat indah. Memiliki ketinggian 90 meter dengan dua jalur air terjun membuat para wisatawan menyebutnya dengan curug kembar.

Konon menurut ceritanya curung ini dulunya pernah dijadikan sangkuriang sebagai tempat untuk mencapai langit dan mengambil bintang untuk diberikan kepada dayang sumbi. Adanya legenda yang secara turun temurun dipercayai oleh masyarakat setempat membuat tempat ini senatiasa dirawat dan lestarikan. Sehingga untuk sarana dan prasarananya juga cukup memadai seperti toilet, mushola, warung dan juga ada tempat tidur sederhana jika ada pengunjung yang berkeinginan untuk bermalam disana.

Curung sanghyang taraje buka setiap hari mulai pukul 08.00 Waktu Indonsia barat hingga pukul 17.00.Untuk bisa masuk ke area wisata curug ini anda perlu membayar tiket sebesar Rp 6.000 per orangnya.

2. Gunung Papandayan 
Gunung Papandayan
Gunung Papandayan via kangbudipapandayan.com
Gunung api yang satu ini menjadi obyek wisata pengunungan yang cukup diminati. Berada diketinggian 2665 Meter diatas permukaan laut, gunung ini menawarkan beberapa spot menarik yang sayang jika terlewatkan. Para pedaki bisa menikmati pemandangan kawah papandayan,  hutan mati papandayan, tegal panjang, tegal alun serta adanya camping groud pondok saladah.

Berlokasi di Kecamatan Cisurupan kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Garut. Untuk menuju ke lokasi tersebut anda bisa menggunakan jasa angkutan kota jurusan Cisurupan. Akses jalan menuju lokasi sudah bagus dan mudah dicapai, jadi bagi anda yang ingin membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir dengan rute maupun terjalnya jalan.

Harga tiket masuk kawasan wisata gunung papandayan cukup terjangkau untuk weekday Rp 18.000 pelajar, Rp 20.000 pengunjung lokal dan Rp 200.000 pengunjung mancanegara. Tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Sedangkan untuk tiket weekend Rp 20.000 pelajar, Rp 30.000 pengunjung lokal dan Rp 300.000 pengunjung mancanegara. Tentu dengan harga tersebut anda dapat memperoleh beberapa fasilitas diantaranya masjid, kantor informasi, toilet, keamanan 24 jam.

3. Arung Jeram Sungai Cimanuk
Arung Jeram Sungai Cimanuk
Arung Jeram Sungai Cimanuk via conenet.blogspot.com
Bagi para pencinta arung jeram destinasi wisata yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Aliran sungai Cimanuk yang deras membuat adrenalin para penggemar olahraga air menjadi lebih tertantang. Ditengah-tengan aktivitas arung jeram, anda juga akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan asri di sepanjang sungai.

Di tempat arung jeram sungai Cimanuk telah menyediakan dua rute yang bisa dipilih oleh penginjung dalam mengarungi sungai. Rute pertama yaitu melalui kampung Padarek Kecamatan Boyongbong kemudian menuju lapang Faris Kecamatan Torogong Kidul samapi di Janger, sedangkan rute kedua anda akan melewati Patrol Kecamatan Banyuresmi kemudian Leuwigoong hingga di Sasak Beusi Cibatu.

Harga paket arung jeram ini cukup terjangkau yaitu Rp 350.000 per orang dengan minimal peserta sebanyak 25 orang. Tarif yang dikenakan tersebut sudah termasuk semua peralatan arung jeram, transportasi menuju lokasi awal, instruktur profesional, tim penyelamat, P3K, asuransi, safety equipment serta satu kali makan dan snack.

4. Kawah Telaga Bodas
Kawah Telaga Bodas
Kawah Telaga Bodas via pergidulu.com
Objek wisata kawah telaga bodas terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Jarak tempuh sekitar  20,6 kilometer dari terminal Garut, jika ditempuh menggunkan roda 2 maupun roda 4 akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit mengingat kondisi jalan sudah sangat baik sehingga bisa diakses dengan cepat.

Berada di kawasan kawah telaga bodas anda akan dimanjakan dengan panorama perbukitan yang mengelilingi kawah tersebut. disana anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas seperti trekking, hiking, camping, atau juga menikmati pemandian air panas yang tersedia.

Harga tiket masuk yang harus anda keluarkan ketika berada di kawah telaga bodas adalah Rp 9.500 per orang dengan biaya tambahan untuk parkir Rp 5.000. Untuk menuju lokasi  para pengunjung bisa berjalan kaki atau naik ojek yang ada dipintu masuk dengan tarif Rp 15.000 pulang pergi.

5. Pantai Santolo
Pantai Santolo
Pantai Santolo via merahputih.com
Pantai yang menawarkan pesona pasir putih sepanjang garis pantainya ini terletak di Desa Pameungpuek, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 3,5 jam dari pusat kota garut dengan jarak  90 kilometer. Akses jalan yang cukup mudah membuat pantai Santolo menjadi salah satu destinasi wisata pantai paling banyak dikunjungi utamanya ketika musim liburan.

Selain karena keindahan akan pasir putihnya, pantai ini juga memiliki air laut sangat jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga membuat para pengunjung betah berlama-lama ditempat tersebut. 

Harga tiket masuk sangat terjangkau, dengan Rp 5.000 dan Rp 2.000 untuk biaya parkir. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya parkir luas, toilet, mushola, warung makan. Nah bagi anda yang ingin berenang maupun snorkling juga telah disediakan jawa penyewaan peralatan yang dibutuhkan untuk aktivitas tersebut.

6. Curug Orok
Curug Orok
Curug Orok via liburanbandung.web.id
Asal usul nama curug orok ini berawal dari cerita yang beredar dimasyarakat luas bahwa dahulunya pernah ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas curug tersebut. hal ini sejalan dengan arti “orok” itu sendiri yaitu anak, itulah kenapa sampai saat ini air curug tersebut dinamakan dengan curug orok.

Untuk bisa mencapai tempat tersebut dari pusat kota Garut anda harus menempuh perjalanan sekitar 25 kilometer melalui jalan raya Cimanuk hingga tiba di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang. Nah para pengunjung yang memasuki area wisata akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per orang.

7. Situ Cakuang dan Candi Cakuang
Situ Cakuang dan Candi Cakuang
Situ Cakuang dan Candi Cakuang via travel.detik.com
Situ atau danau yang terletak di Desa Cakuang, Kecamatan Leles, Garut ini menyuguhkan keindahan serta air yang jernih. Konon katanya nama Cakuang sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang tumbuh di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad yang juga sebagai pendiri Kp pulo atau sering pula disebut dengan kampunh keramat.

Selain disuguhkan dengan panorama danau yang mempesona anda juga bisa berkunjung kesalah satu candi Hindu peninggalan Kerajaan sunda Galuh. Untuk bisa masuk ke area wisata tersebut anda dikenai tarif sebesar Rp 2.000 per orang.

8. Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje via hoteldiindonesia.net
Pantai karang paranje memiliki keindahan yang khas yaitu terdapat bongkahan-bongkahan karang yang menjulang keatas permukaan laut, selain itu pantai ini juga memiliki tanaman pandan bidur yang sering dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membuat kerajinan.

Untuk lokasinya sendiri pantai ini terletak di Desa Karyasari, Kecamatan Cibolang, Garut. Akses jalan cukup mudah untuk bisa sampai ditempat tersebut, bagi anda yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa memanfaatkan angkutan kota.

Tiket masuk yang harus anda bayarkan ketika memasuki area wisata ini sebesar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir Rp 2.000. untuk sarana dan prasarana yang ada dipantai ini cukup memadai yaitu area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, penginapan, serta tersedia warung-warung makan disekitar pantai.

9. Pemandian Air Panas Cipanas
Pemandian Air Panas Cipanas
Pemandian Air Panas Cipanas via jabar.tribunnews.com
Pemandian air panas ini menjadi salah satu objek wisata garut yang cukup terkenal, hal ini karena khasiat dari air panasnya yang mampu mengobati beberapa jenis penyakit kulit.

Air panas yang ada di pemandian Cipanas ini berasal dari geyser  yaitu air panas yang berasal dari kerak bumi, tentu hal ini berbeda dari pemandian air panas lainnya yang airnya bersumber dari mata air biasa.

Untuk bisa mencapai tempat wisata pemandian air panas cipanas anda bisa melalui Jalan Raya Cipanas, Penanjung, Tarogong Kaler yaitu sekitar  6 Kilometer dari pusat kota Garut dan 50 Kilometer dari Kota bandung. Untuk bisa memasuki area wisata pemandian air panas ini anda cukup membayar tiket masuk sebesar  Rp 20.000 per orang untuk kolam renang dewasa, Rp 15.000 per orang untuk kolam renang anak-anak.

Jam operasional pemandian air panas Cipanas  ini 24 jam, namun jika anda ingin mengetahui seberapa antusias para pengunjung terhadap tempat wisata yang satu ini bisa dilihat pada weekend atau hari libur lainnya.

Nah, semoga tempat wisata terbaik di Garut yang kami pilihkan diatas, bisa menjadi tujuan berlibur menyenangkan bagi anda.