10 Daftar Tempat Wisata Terbaik di Lamongan Jawa Timur

Memasuki musim liburan pastinya anda sedang memilah dan memilih destinasi wisata terbaik yang dikunjungi bersama dengan keluarga. Nah, bagi anda yang hendak berkunjung atau sedang berada di daerah Jawa Timur, ada beberapa tempat wisata terbaik dan hits dikalangan anak muda, khususnya di Lamongan Jawa Timur. Apa saja?

1. Tlogo Sadang
Tlogo Sadang
Tlogo Sadang via wisatalengkap.com
Lokasi 
Objek wisata Tlogo Sadang ini terletak di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Akses menuju objek wisata sangat mudah dilalui dengan mobil maupun motor.

Daya Tarik Wisata
Obyek wisata tlogo sadang, awal mulanya adalah gunung kapur yang seiring berjalanya waktu dilakukan pertambangan sehingga terdapat sebuah lubang besar dan terisi oleh air karena hujan. 

View pemandangan disini sangat eksotis, dan tentunya instragamable sehingga cocok sekali dikunjungi oleh pemuda pemudi. Air yang terdapa di telaga ini tergolong aman meskipun kolam tempat tersebut merupakan bekas pertambangan.

Objek wisata tlogo sadang ini berdekatan dengan tempat pertambangan batu kapur lainya namun meskipun begitu kegiatan tambang batu kapur sedikitpun tidak menggangu aktifitas pengunjung objek wisata tlogo sadang.

2. Gondang Outbound
Gondang Outbound
Gondang Outbound via youtube.com
Lokasi 
Objek wisata Gondang ini terletak di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur. Akses menuju ke objek wisata ini mudah dilalui oleh kendaraan prinadi baik roda empat maupun roda dua, selain itu bisa juga menggunakan angkutan umum seperti bus dan mikrolet.

Daya Tarik Wisata
Objek wisata gondang out bound ini merupakan salah satu objek wisata edukasi di daerah lamongan. Objek wisata ini dulunya adalah sebuah waduk biasa namun sering dikunjungi sebagai objek wisata sehingga kemudian pemerintah setempat melakukan pembangunan dan sekarang berkembang lagi menjadi wanawisata outbound dan edukasi.

Objek wisata gondang outbound ini tergolong masih sangat baru karena memang baru diresmikan pada tahuun 2016 tepatnya tanggal 10 November. Namun meski masih baru, daya pikat objek wisata ini cukup mengesankan karena selalu ramai dikunjungi pelh wisatawan entah itu lokal maupun luar daerah lamongan.

Beberapa fasilitas wisata atau wahana yang bisa dinikmati disini yaitu kolam renang dengan gaya eropa, spot pesawat wego, serta outbound, camping ground, dan juga bumi perkemahan.
  
3. Pantai Kutang
Pantai Kutang
Pantai Kutang via paketwisata.id
Lokasi 
Objek wisata pantai kutang ini terletak di Desa Kentong, Kecamatan Labuhan Brondong, Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur. Akses menuju ke pantai ini sangat mudah dilalui dengan kendaraan mobil dan juga motor.

Daya Tarik Wisata
Objek wisata pantai kutang ini memiliki spot foto yang lumayan banyak dan tentunya menarik, sehingga masuk dalam daftar objek wisata favorit yang ada di Kabupaten Lamongan. Pantai ini tergolong dalam pantura sehingga ombaknya tidak terlalu besar seperti pantai selatan dan aman untuk anak-anak jika ingin beramain air dan pasir di pantai.

Ketika matahri mulai terbenam, pemandangan dipantai ini menjadi sangat eksotis di dukung dengan perpaduan warna langit dari warna biru, terang dan juga warna orens. Selain  menjadi objek wisata pantai, terdapat juga hutan mangrove yang juga dibuka untuk umum. 

4. Masjid Agung Lamongan
Masjid Agung Lamongan
Masjid Agung Lamongan via flickr.com
Lokasi 
masjid agung lamongan menjadi salah satu objek wisata religi di kabupaten lamongan. Masjid ini terletak di Jl. K.H Hasyim Asari Tumenggungan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

Daya Tarik Wisata
Daya tarik objek wisata masjd agung Lamongan ini teletak pada bangunanya yang sangat megah dan luas. Dalam komplek masjid terdapat 2 buah gentong yang terletak di pintu utama, gentong tersebut terbuat dari batu yang konon menurut sejarah adalah gentong miliki 2 putri kembar kerajaan kediri yang bernama dewi andanwangi dan dewi andan sari. 

Masjid Agung lamongan ini dikenal sebagai bukti sekaligus saksi bisu persebaran agama islam di kabupaten Lamongan. Masjid ini didirikan pada tahun 1908 oleh mbah nyai mahmoed. 

5. Alun-alun Lamongan
Alun-alun Lamongan
Alun-alun Lamongan via m.pojokpitu.com
Lokasi 
Objek wisata alun-alun Lamongan ini terletak di Jl. Lamongrejo Tumenggungan, Kabupaten Lamongan. Alun-alun ini masih berdekatan dengan masjid agun dan menjadi salah satu pusat keramaian yang ada di Kabupaten Lamongan. Aksesnya cukup bagus dan bisa di jangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Daya Tarik Wisata
seperti halnya alun-alun pada umumnyaa, alun-alun lamongan ini  merupakan pusat keramaian yang menjadi pusat hiburan bagi warga setempat. Berbagai macam kuliner dan permainan ada disini, baik pada waktu pagi, siang, sore hingga malam hari. Bagi anda penikmat kuiner, jika berkunjung ke kota Lamongan wajib hukumnya mampir sebentar di alun-alun untuk sedikit mengenal budaya Lamongan dan mencicipi kuliner khas.

6. Wisata Bahari Lamongan (WBL)
Wisata Bahari Lamongan (WBL)
Wisata Bahari Lamongan (WBL) via beritalamongan.com
Lokasi 
Objek wisata bahari Lamongan (WBL) ini terletak di Jl. Raya Paciran, Kabupaten Lamongan. Bisa diakses dengan kendaaan pribadi maupun kendaraan umum.

Daya Tarik Wisata
Objek wisata bahari lamongan ini (WBL) menjadi salah satu objek wisata terfavorit warga lamongan bahkan banyak juga pengunjung atau wisatawan dari luar daerah lamongan. 
Wahana yang terdapat disini cukup lengkap, kurang lebih ada sekitar 40 wahana, yaitu:
1. Wahana menunggangi unta.
2. Speed flip.
3. Wahana permainan Kano.
4. Wahana sepeda air.
5. Banana boat.
6. Wahan king donat boat.
7. Atv area.
8. Moto cross.
9. Wahana paus dangdut.
10. Permainan Tagada.
11. Permainan drop zone.
12. Istana Boneka.
13. Permainan ranger.
14. Permainan crazy car.
15. Permainan tembak ikan.
16. Taman berburu.
17. Space Shuttle.
18. Area sarang bajak laut.
19. Ruah Kucing.
20. Rumah hantu.
21. Rotary coaster.
22. Resto Marina.
Dan masih banyak lagi. Jika anda penasaran segeralah berkunjung ke objek wisata bahari lamongan.

7. Maharani Zoo dan Goa
Maharani Zoo dan Goa
Maharani Zoo dan Goa via wisatajatim.info
Lokasi
Objek wisata maharani zoo ini terletak di Jl. Raya Paciran Kabupaten Lamongan. Masih berdekatan dengan wisata bahari lamongan tepatnya disebrang jalan objek wisata tersebut.

Daya Tarik Wisata
objek wisata ini memiliki luas kurang lebih 3,5 hektare dengan koleksi binatang yang dimiliki yaitu orang utan, wallaby, jerapah, beruang madu, harimau putih, singa putih. Ada juga koleksi burung dan binatang albino seperti ular putih, kanguru dan lainya.
Terdapat juga galery satwa serta museum fosil-fosil binatang yang hampir punah seperti ikan paus dan beruang putih. 

8. Makam Sunan Drajat
Makam Sunan Drajat
Makam Sunan Drajat via lamonganoke.wordpress.com
Lokasi 
Situs makam sunan drajat berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata
Situs makam sunan drajat in merupaka objek wisata religi yan ada di kabupaten Lamongan. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata favorit khususnya bagi pemeluk agama Islam. Selalu ramai setiap harinya terdapat pula masjid agung, museum dan juga pasar pusat oleh-oleh.

9. Sendang Brumbung
Sendang Brumbung
Sendang Brumbung via faktualnews.co
Lokasi
sendang brumbun terletak di desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata
Sendang Brumbung ini biasa dikenal oleh masyarakat sebagai pemandian air panas sendang brumbun karena mungkin memang lebih mudah menyebutnya. Konon katanya pemandian ini dulunya sering menjadi tempat singgah wali untuk sekedar berendam. 

Dulunya, sendang ini manjadi pusat kehidupan warga sekitar baik untuk minum dan mandi cuci kakus. Namun pada suatu masa terjadi perubahan warna, bau dan rasa sehingga ada beberapa warga sekitar yang sakit setelah mndi cuci kakus dan minum di sendang tersebut. 
Kemudian sunan drajat datang dan menolong warga dengan cara menaancapkan sebuah tongkat di tanah kapur dekat pemndian tersebut. Latas dari lobang bekas tancapan tongkat tersebut mengucur air tawar yang begitu deras hingga berlebih-lebih stocknya hingga sekarang ini.

10. Makam Sunan Sendang Duwur 
Makam Sunan Sendang Duwur
Makam Sunan Sendang Duwur via kisahislami2016.blogspot.com
Lokasi
objek wisata makam sunan sendang duwur ini terletak desa sendang duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata
Bangunan yang ada di makam sunan sendang duwur ini dikeramatkan oleh warga sekitar karena memiliki arsitektur perpaduan antara budaya hindu dan agama islam. 

Perlu diketahui Sunan sendang duwur merupakan putera Abdul Kohar bin Malik bin Sultan abu yazid yang merupakan asli keturunan baghdad atau irak. Beliau merupakan tokoh yang memiliki karismatik yang luar biasa dan berjasa sebagai penyebar ajaran agama islam di wilayah tersebut. 

Nah, itu dia list tempat wisata terbaik di Lamongan Jawa Timur yang wajib dikunjungi. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.