PLARIUSMODIFIKASI101

Deretan Obyek Wisata Terbaik dan Terfavorit di Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung

Friday, December 21, 2018
Sebagaimana yang kita tahu, provinsi kepulauan bangka belitung terdiri atas beberapa kabupaten kota, salah satunya adalah pangkal pinang yang sekaligus menjadi ibukota provinsi. Bicara mengenai Pangkal pinang, secara morfologi kota ini mempunyai bentuk cekung dengan pusat kota berada di dataran rendah. Bagian yang berbukit mengelompok di sisi barat dan selatan kota. Salah satu bukit yang terkenal disana adalah bukit girimaya dengan ketinggian 50 mdlp. 

Dilihat dari topografi dan mofrologi, kota ini menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk para wisatawan. Nah, bagi anda yang penasaran mengenai obyek wisata terbaik apa saja yang ada di Pangkal pinang ini, maka silahkan lanjutkan membaca ulasan ini sampai selesai. Nah, silahkan disimak.

Deretan Obyek Wisata Terbaik dan Terfavorit di Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung

1. Babel bhay park 
Babel bhay park
Babel bhay park via bangka.tribunnews.com
Babel park merupakan akronim dari Babel Bhayangkara Park. Dinamakan bhayangkara karena taman ini merupakan karya dari pimpinan kepolisian bangka belitung yakni Pol. Syaiful Bachri. Berada di kompleks perkantoran pemerintah provinsi kepulauan bangka belitung tepatnya di  samping kantor POLDA BABEL.

Bagi anda yang ingin jogging atau sekedar jalan santai, babel bhay park mentediakan jalur mengelilingi danau. Terdapat spot hunting foto yang menarik disepanjang trek. Di dekat lintasan joging juga terdapat cafe yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman. Uniknya, cafe ini menggunakan peti kemas sebagai lokasi utamanya. Ada juga restoran terapung .

Di taman ini juga tersedia arena bermain anak-anak dan juga bisa menjadi tempat edukasi yang berhubungan dengan peraturan lalu lintas. Terdapat pula kandang rusa dan kelinci yan menambah keindahan lokasi ini.

Bhayangkara park  ini mempunyai spot foto yang instagramable dan masing-masing spot dinamakan sesuai dengan direktorat yang ada di polda kepulauan bangka belitung seperti tamaan lalu lintas dari dirlantas polda babel, rumah hobit dari sarplas polda babel, dan sebagainya. Taman ini semakin terlihat indah ketika malam hari, karena terdapat banyak lampu led hias yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat sangat menawan. 

Alamat destinasi wisata babel bhay park air itam terletak di bukit intan, kota pangkalpinang. 

2. Alun-alun taman merdeka (ATM)
Alun-alun taman merdeka (ATM)
Alun-alun taman merdeka (ATM) via klikbabel.com
Merupakan park yang berlokasi di pusat kota pangkal pinang bengka belitung. Berlokasi di 0 kilometer, taman ini terletak di barat jalan jendral soedirman dan didepan rumah ex residen di jalan merdeka. Disekitar tama ini terdapat lapangan tenis, internet hospot, taman sari yang di dalamnya terdapat tempat bermain anak-anak, lapangan voli, jembatan seat. Taman ini ramai dikunjungi terutama pada sore hari dan hari libur.

Yang menjadi daya tarik dari taman ini adalah beragam kuliner yang dijajakan disini mulai dari kacang rebus, soto, es buah, siomay, ayam bakar, pempek, nasi goreng dan ikan hias pun tersedia disini. Penjual ikat pinggang, dompet, buku, jam tangan ikut meramaikan suasana taman merdeka. 
Pada hari minggu biasanya taman ini dijadikan tempat berkumpulnya sejumlah kominitas seperti komunitas skateboard, anjing, musang serta reptil.

Alamat alun-alun taman merdeka ada di Jl. Merdeka, Pangkalpinang.

3. Pantai pasir padi
Pantai pasir padi
Pantai pasir padi via pesonawisataindonesia.com
Berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat kota Pantai ini merupakan salah satu objek wisata favorit pengunjung di kota pangkalpinang. Untuk memasuki areal ini anda diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 4000 untuk mobil. Tidak jauh dari gerbang masuk, pemandangan pantai yang mempesona sudah menyambut anda. 

Pantai ini memiliki garis pantai berkisar 100-300 meter. Terdapat tulisan pantai pasir padi di salah satu sisi pantai. Hamparan pasir putih yang indah dan air laut yang berkilauan akan memanjakan mata anda. Pepohonan yang tumbuh berjejer di sekitar pantai menambah keindahan pantai ini.

Anda juga bisa berjalan menuju pulau punai yang berada tak jauh dari pantai. Pulau tersebut ditumbuhi sejumlah pohon dan permukaanya berupa batuan. Pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet umum dan mushola. Pengembangan fasilitas masih terus dilakukan oleh pemerintah kota. 

Nah, untuk alamatnya, pantai pasir padi ini ada di Jl. Raya pasir padi, Air Itam Bukit Intan, Pangkalpinang. 

4. Kelenteng kwan tie miaw
Kelenteng kwan tie miaw
Kelenteng kwan tie miaw via beautywithkummy.blogspot.com
Merupakan salah satu kelenteng tertua di pulau bangka.  Dulunya kelenteng kwan tie miaw bernama kelenteng kwan tie bio. Dilihat dari aksara cina pada lonceng besi di kelenteng, diperkirakan kelenteng ini dibangun pada tahun 1841 M. 

Terdapat hiasan buah labu atau guord di puncak kelenteng dan lambang patkwa atau pakua di depan kelenteng yang melambangkan kebahagiaan, keberuntungan, rejeki dan ditengahnya terdapat simbol Ying Yang. Kelenteng ini sudah 2 kali mengalami perubahan nama. Pada masa orde baru, kelenteng ini bernama amal bakti.

Pada februari tahun 1998 terjadi kebakaran yang menganguskan sebagian besar bangunan kelenteng. Kemudian dilakukan pemugaran, dan sejak itu pada tanggal 5 agustus 1999 kelenteng diresmikan dengan nama kelenteng Kwan Tie Miaw.

Kawasan kelenteng kini diramaikan dngan kehadiran gang singapur dan pasar mambo sebagai salah satu daya tarik wisata yakni wisata budaya, wisata belanja dan wisata kuliner.

Alamat kelenteng kwan tie miaw ini terletak di jalan mayor muhidin, pangkalpinang.

5. Museum timah indonesia
Museum timah indonesia
Museum timah indonesia via bangkatour.com
Tujuan museum ini dibangun adalah mencatat sejarah pertimahan di bangka belitung dan memperkenalkanya pada masyarakat luas. Bagi anda yang suka dengan wisata sejarah anda wajib berkunjung ke Museum ini . 

Museum ini bertempat Rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning.. Museum ini menyajikan Sejarah perjalanan pertimahan di bangka belitung khususnya dan dunia pada umumnya. Rumah dinas tersebut juga mempunyai sejarah yang berarti bagi kemerdekaan RI.

museum ini  satu-satunya museum timah yang ada di indonesia. Gedungnya pun memiliki nilai sejarah yang tinggi karena sempat dijadikan lokasi perundingan antara pemimpin republik yang diasingkan ke bangka dengan pemerintah belanda dan UNCI yang melahirkan Roem-Royan Statement pada 7 Mei 1949.

Alamat obyek wisata bersejarah, museum timah indonesia tepatnya di Jalan Ahmad Yani no. 179 Pangkalpinang

6. Jembatan emas
Jembatan emas
Jembatan emas via bangka.tribunnews.com
Jembatan dengan panjang 785 m dan lebar 23 meter berdiri kokoh di atas aliran sungai pangkal balam, ketapang, pangkalpinang. Nama Jembatan yang merupakan akronim dari mantan gubernur bangka belitung eko maulana alis soeharso ini menjadi ikon baru pariwisata bangka belitung.

Jembatan ini merupakan satu-satunya yang menggunakan teknologi bascule atau sistem buka tutup di regional sumatera. Dari atas jembatan terlihat keindahan pantai asir anyir, pasir padi , dan PLTU Air Anyir. 

Jembatan ini ramai didatangi pengunjung terutama pada sore hari untuk sekedar berfoto atau menikmati keindahan alam kota bangka dari atas jembatan. Pada malam hari jembatan ini terlihat lebih indah karena dihiasi dengan lampu yang berwarna-warni

Lokasi jembatan emas ini ada di ketapang, pangkalpinang 

7. Bangkanesia
Bangkanesia
Bangkanesia via bangkanese.com
Bangkanesia merupakan sebuah badan usaha milik swasta yang bergerak di bidang pemanfaatan hasil usaha kayu pada hutan tanaman industri dalam hutan tanaman produksi Dan kawasan lindung yang terletak di sadep, koba kabupaten bangka tengah kepulauan bangka belitung. 

Untuk sampai ke sini anda harus menempuh perjalanan seiktar 1,5 jam dari kota pankalpinang. Disini anda bisa menikmati suasana hutan alami dengan pemandangan rumput dan sugai yang hijau. Sangat cocok untuk tempat bersantai dan menghilangkan stress.

Lokasi bangkanesia ini berada di kabupaten bangka tengah, desa belimbing.

8. Bangka botanical garden (BBG)
Bangka botanical garden (BBG)
Bangka botanical garden (BBG) via bgreensmansa.blogspot.com
Bangka botanical garden atau BBG Merupakan icon agrowisata di bangka belitung. Kawasan ini merupakan area hijau denganluas 300 hektar. Anda bisa menikmati suasana damai dan sejuk disini juga sekaligus belajar tentang usaha pertanian, peternakan dan perikanan .

Ketika memasuki areal wisata, anda akan disambut dengan deretan cemara yang berjejer rapi. BBG didirikan akhir tahun 2006 dengan tujuan menyediakan bibit reklamasi lahan bekas galian tambang dan dikembangkan menjadi area agro tourism setelah banyak pihak yang meminta. 

BBG juga mempunyai 14 kolam ikan dengan beragam jenis ikan didalamnya seperti ikan mas, nila, patin sertakakap putih. BBG juga memiliki sekitar 250 ekor sapi yang terdiri dari sapi pedaging, sapi perah da sapi bali. 

BBG menarik untuk dikunjungi terbukti dengan kunjungan 10 walikota,  duta besar indonesia dan negara sahabat serta beberapa pakar dari belanda dan taiwan. BBG juga telah menarik Menteri kehutanan MS kaban dan Menteri BUMN Sofyan Djalil kala itu untuk berkunjung.

Alamat destinasi agowisata BBG  ini terletak di Jl. raya pasir padi, kelurahan temberan.

Nah, semua obyek wisata terfavorit di Pangkal pinang yang kami sebutkan diatas, sangat menarik bukan untuk dijadikan tujuan berlibur.