Garut merupakan Kabupaten di Jawa Barat yang berlokasi antara Bandung dan Tasikmalaya. Banyak fakta yang telah menjadi sumber keunikan kabupaten ini, yaitu olahan dodolnya yang khas dan merupakan Kabupaten yang dikelilingi oleh lima gunung sekaligus. Sehingga menjadikan kabupaten ini sangat kaya akan destinasi wisata alam.

Bahkan, beberapa di antaranya masih ada yang masih suci, belum tersentuh pembangunan-pembangunan dan kelestariannya begitu utuh oleh masyarakat sekitar. Hal seperti ini, tentu sangat perlu diapresiasi. Karena wisata yang indah akan menjadi sangat buruk ketika tidak ada yang mengupayakan kebersihan di tempat tersebut.

Mulai dari gunung, Curug, pantai, sungai, sampai wisata air panas, semua bisa Anda temukan di Garut. Nah, pastinya Anda sudah tidak sabar di mana saja tempat wisata di Garut paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan, kan? Inilah daftarnya:

1. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan
Gunung Papandayan via 1001wisata.com
Mungkin beberapa di antaranya Anda sudah tidak asing lagi dengan Gunung Papandayan ini. Sebab, memang sudah banyak diketahui orang dan banyak wisatawan yang mendoakan Gunung ini sebagai wisata reccomended. 

Berlokasi di Kecamatan Cisurupan, Garut Selatan, Anda bisa dengan mudah menempuh perjalanan hanya sekitar 3 jam dari pusat kota Garut menggunakan mobil pribadi. 
Jika Anda memilih menggunakan angkutan umum, maka Anda bisa turun di alun-alun Cisurupan lalu melanjutkan perjalanan naik ojek atau colt buntung hingga tiba di Area Taman Wisata Alam Papandayan.

Gunung ini setinggi 2665meter dan menyuguhkan banyak spot menarik seperti kawah Papandayan, hutan mati Papandayan, Tegal alun, Tegal panjang, dan camping Ground Pondok Saladah. Jalur pendakian gunung ini bisa dibilang landai, sehingga masih aman untuk mengajak anak-anak. 

2. Gunung Cikuray
Gunung Cikuray
Gunung Cikuray via yulianto-ahmad.blogspot.com
Selanjutnya, mari kita beralih membahas gunung yang tertinggi di Garut, yaitu Gunung Cikuray. Tingginya mencapai 2.818 meter dari permukaan laut, sehingga pemandangan yang disuguhkan pun sangat luar biasa indahnya. 

Jika Anda berhasil naik ke puncak, maka Anda akan dibuat kagum oleh pemandangan Kota Garut, Kawah Kamojang, Gunung Papandayan, Gunung Slamet, Gunung Ciremai sampai garis pantai Selatan yang tampak dari kejauhan, semuanya sangat memukau mata.

Banyak penyakit yang menjuluki gunung Cikuray sebagai “Negeri Atas Awan” sebab saat cuaca sedang cerah, maka gunung ini akan dikelilingi oleh hamparan awan putih yang membuatnya bak samudera.

Anda bisa ke sini dengan menempuh salah satu jalur, karena terdapat 3 jalur. Anda bisa lewat jalur pendakian Cia Boyongbog, Via Pemancar Cilawu dan pendakian via Cikajang. Namun perlu diingat, trek pendakian gunung ini lumayan terjal. 

3. Gunung Guntur
Gunung Guntur
Gunung Guntur via backpackerjakarta.com
Gunung yang ke-3 ini juga tidak kalah indahnya. Bahkan telah menjadi salah satu wisata pegunungan yang tak boleh dilewatkan. Gunung Guntur ini masuk dalam kategori gunung api yang masih aktif dengan ketinggian mencapai 2.249meter dari permukaan laut yang berlokasi di Garut.

Tanjakan Gunung ini pun tidak kalah terjalnya dibandingkan dengan Gunung Cikuray, bahkan ada jalur berpasir mirip Gunung Semeru. Jadi, para pendaki harus ekstra hati-hati. 

Dengan susah payah dan keringat untuk sampai di atas, akhirnya, para pendaki akan merasakan kesejukan dan pemandangan indah dari ketinggian. Anda bisa leluasa melihat Gunung Cikuray, Pemandian Air Panas Cipanas Garut, dan Wisata Situ Begendit. 

4. Arung Jeram Sungai Cimanuk
Arung Jeram Sungai Cimanuk
Arung Jeram Sungai Cimanuk via conenet.blogspot.com
Bagi Anda yang suka memainkan wahana memacu adrenalin, maka Arung Jeram Sungai Cimanuk ini sangat reccomended sekali. Aliran sungainya memiliki jeram-jeram deras sehingga adrenalin Anda akan terpacu. Lokasinya berada di Perum Rama Cipta Indah No.Blok C, Jayawaras, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151.

Bahkan, ketika Anda melewati sungai ini, banyak panorama alam indah nan asri yang sangat memukau. Tempat ini juga cocok untuk menghilangkan oenat setelah beraktivitas seharian. 

Anda bisa memilih 1 dari 2 rute yang disediakan. Yaitu dari kampung padarek Kec. Boyongbog – Lapang Faris Kec. Tarogong Kidul – Janger atau rute Patroli Kc. Banyuresmi – Leuwigoong – Sasak Beusi Cibatu. 

Anda bisa mengajak teman sebanyak 25 orang untuk satu paket rafting, Anda hanya perlu membayar Rp 350.000 per orang. Tarif ini sudah termasuk transportasi menuju lokasi awal, peralatan arung jeram, pendamping profesional, tim penyelamat, asuransi, p3k, equiptment dan makan sang 1x serta Snack. 

5. Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje via adrasablog.com
Lokasi Curug ini di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Garut. Tingginya mencapai 90 meter dengan panorama sekitar yang sangat indah, bahkan, terdapat dua jalur air terjun cukup deras. Jadi, tidak heran jika banyak yang menyebut Curug ini sebagai Curug Kembar. 

Menurut legenda, Curug Sanghyang Taraje ini dulunya digunakan Sangkuriang untuk mencapai langit kemudian mengambil bintang untuk diberikan kepada Dayang Sumbi. 

6. Curug Orok
Curug Orok
Curug Orok via travel.detik.com
Curug Orok juga tidak kalah indahnya dengan Curug Orok. Orok sendiri berarti ‘anak’ dalam bahasa Garut, karena memang pada saat itu ada sebuah legenda yang menceritakan bahwa pernah ada seorang ibu yang membuang bayinya di atas Curug tersebut. 

Terlepas dari mitos tersebut, yang jelas, Curug Orok yang berlokasi di desa Cikandang, Garut ini menawarkan pemandangan sangat memukau dan tidak boleh dilewatkan. Lokasinya berada di Cikandang, Cikajang, Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44171.

Di sekitar area air terjun utamanya yang tinggi dan deras, terdapat Curug kecil yang mengalir dari sel-sel tebing yang tertutup perdu. Sangat cocok untuk tuk menyesap kopi hangat sembari bermain air nan jernih. 

7. Kawah Talaga Bodas
Kawah Talaga Bodas
Kawah Talaga Bodas via pergidulu.com
Lokasinya di Desa Sukamenak, Kec. Wanaraja, Garut. Pemandangan di sini juga sangat indah, hampir mirip dengan Kawah Putih yang berlokasi di Ciwidey, Bandung. 

Kawah Talaga Bodas ini berjarak 20,6 KM dari pusat kota dan memakan 40 menit saja jika menempuh menggunakan motor dan mobil. 

Sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan tanah berbukit yang ditanami kol, tomat, sayuran dan lain sebagainya. Di kawasan objeknya, Anda bisa melakukan aktivitas seru seperti camping, hiking, trekking, dan pemandian air panas. 

8. Kawah Kamojang
Kawah Kamojang
Kawah Kamojang via pergidulu.com
Kawah ini merupakan kawah dari salah satu gunung berapi yang masih aktif di Kabupaten Garut. Lokasinya berada di Kec. Samarang, Garut, dan berada di ketinggian 1.730meter di atas permukaan laut. Anda bisa mengikuti rute Menuju Kec. Samarang lalu berbelok ke kanan di pertigaan arah Kamojang – Kampung Sampireun. 

Untuk masuk ke objek wisata ini, Anda perlu membayar tiket seharga Rp 7.000 saat hari biasa dan Rp 9.500 saat hari libur. 

9. Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje via hoteldiindonesia.net
Pantai Karang Paranje berlokasi di Kec. Cibalong, Garut. 

Pantai ini masih sangat bersih karena belum tersentuh berbagai bangunan dan masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan, lingkungannya sangat asri serta memiliki suasana tenang. Ditambah gugusan-gugusan karang yang terdapat di sepanjang pantai tentu akan menambah keindahan pantai ini. 

Yang paling memukau adalah pemandangan matahari terbenam enam yang sangat indah. Jadi, reccommended sekali bagi Anda untuk mengunjungi Pantai Karang Paranje pada sore hari menjelang senja. 

10. Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang via wiki-wisata.blogspot.com
Pantai Sayang Heulang ini juga masuk sebagai daftar tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Garut. Lokasinya berada di wilayah Pameungpeuk, Garut atau sekitar 87 KM dari pusat kota Garut. Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 3,5 jam perjalanan menggunakan mobil.

Tidak jauh berbeda dengan Pantai Karang Paranje, Pantai Sayang Heulang juga memiliki panorama alam nan indah. Hamparan pasirnya begitu bersih dan banyak batu karang yang menyebar di sepanjang pantai, keindahan ini berpadu dengan angin sepoi-sepoi yang mampu menambah keasrian serta kenyamanan pantai ini. 

Ada banyak pepohonan rindang yang berjejer di sekitar pantai dan bisa Anda gunakan untuk tempat berteduh sembari minum kopi atau jus kesukaan Anda sembari menikmati angin pantai nan sejuk. Anda juga bisa mencoba berselancar karena ombak di pantai ini juga cukup tinggi dan bisa digunakan untuk berolahraga air. 

Itualh beberapa tempat wisata di Garut yang menyuguhkan pemandangan indah, kebanyakan memang tanpa membayar tiket masuk. Namun alangkah baiknya untuk membawa perbekalan lengkap dan terus waspada dengan keadaan sekitar. Jangan sampai saat Anda keasyikan bertamasya, lalu melupakan keselamatan diri sendiri dan sahabat. 
By