Ini Dia, 10 Destinasi Wisata Malang Yang Indah dan Paling Dicari

Malang dan sekitarnya memang sangat kaya akan tempat pariwisata menarik dan pantas dikunjungi. Beberapa di antaranya hadir dengan keasrian alami dan mampu memanjakan mata. Terlebih sebelah selatannya yang ramai oleh jejeran pantai-pantai dengan pasir putih, pohon-pohon rindang serta nuansa eksotis. 

Bagi sahabat yang tengah mencari referensi tepat untuk berpariwisata ke Malang, maka beberapa tempat di bawah ini sangat cocok Anda kunjungi. 

1. Mata Air Sumber Sirah
Mata Air Sumber Sirah
Mata Air Sumber Sirah via jejakpiknik.com
Mata Air Sumber Sirah merupakan tempat wisata di kota Malang yang terbilang masih baru, lokasinya berada di Desa Sumber Jaya, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang. Tempat wisata Mata Air Sumber Sirah ini merupakan sebuah wisata sumber air tawar yang sangat jernih, di mana sangat mendukung Aktivitas berenang dan snorkeling. 

Salah satu keistimewaan yang dikagumi banyak muda-mudi adalah pemandangan menakjubkan berupa ganggang hijau di dasarnya. Jadi, jika singgah ke sini, sangat disarankan untuk menyiapkan snorkeling, kamera tahan air dan pakaian renang karena akan dibuat ketagihan saat bermain air dan melihat pemandangan di sini. 

Teruntuk Anda yang sedang mencari tempat wisata gratis di kota Malang, maka Mata Air ini bisa menjadi salah satu referensi Anda, keran untuk masuk Anda tidak akan dikenai biaya sepeser pun. Namun, jika Anda hendak melakukan aktivitas seperti berenang, tentu perlu menyewa ban seharga Rp 3.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Nah, tunggu apa lagi?

2. Omah Kayu
Omah Kayu
Omah Kayu via berangan.com
Berikut adalah tempat wisata kota malang yang telah menjadi favorit anak-anak muda, yaitu Omah Kayu. Area ini telah banyak dikenal oleh banyak pengguna Facebook maupun Instagram, karena banyak pengunjung yang suka berfoto kemudian meng-uploadnya ke beberapa jejaring sosial tersebut. Tempat ini menjadi salah satu yang paling cocok untuk gunting foto.

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah persawahan dari ketinggian, semilir angin khas kota Malang pun akan menjadi santapan indah untuk Anda di sana, tentunya akan membuat waktu nongkrong lebih istimewa. Lokasinya berada di Kita Batu, Malang, Jawa Timur. Bahkan tempat ini sudah biasa dijadikan lokasi berbulan madu dan prewedding yang sangat romantis. 

Omah Kayu ini memiliki konsep hampir sama dengan Rumah pohon dan jika Anda ingin menginap semalam, maka perlu membayar sekitar Rp 250.000 sampai Rp 300.000. namun jika hanya ingin duduk-duduk saja, maka hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

3. Museum Angkut
Museum Angkut
Museum Angkut via merdeka.com
Museum Angkut di Malang ini tidak akan membuat Anda cepat jenuh, kok. Benar sekali, predikat museum yang biasanya membosankan akan hilang seketika setelah Anda bertandang ke Museum Angkut. Konsep yang diusung sangat berbeda.

Museum ini menawarkan benda-benda bersejarah dari zaman purbakala, seperti alat makan, senjata perang dan beberaoa koleksi mobil-mobil tua nan autentik. Tentunya, mobil-mobil tersebut dihadirkan dari. Beberapa benua seperti Asia, Amerika dan Eropa. Sangat berkelas, bukan?

Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 50.000 untuk weekdays dan Rp 75.000 untuk weekend. Anda juga bisa melihat mobil yang pernah dinaiki Pak Soekarno dulu, loh!

4. Coban Nirwana
Coban Nirwana
Coban Nirwana via cekajah.com
Coban Nirwana ini juga biasa dikenal sebagai Coban Mbok Karimah yang merupakan air terjun super eksotis. Meski air terjun ini belum memiliki nama resmi, namun banyak yang menyebutnya dengan nama tadi. 

Coban ini masih jarang dikunjungi wisatawan, bahkan panoramanya masih sangat indah, alami dan juga cocok untuk backgroundnya berfoto. Memang, untuk hal fasilitas masih minim sekali. Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis. 

Lokasinya berada di kawasan Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. Untuk akses ke sini terbilang mudah, kok. Meski beberapa saat akan sampai ke lokasi, jalanannya sedikit kurang baik. 

5. Pemandian Kalireco
Pemandian Kalireco
Pemandian Kalireco via ngadem.com
Pemandian Kalireco juga menjadi tempat wisata yang cocok untuk “ngadem” dan menenangkan pikiran. Terlebih pemandangannya yang akan memberikan hawa segar ke seluruh tubuh, rasa letih pun akan lenyap seketika. 

Warna airnya sangat jernih dan banyak pepohonan rimbun di sekitarnya, sungguh menjadi daya tarik tersendiri untuk tempat ini. Lokasinya berada di Sumber Waras, Lawang, Malang, Jawa Timur. Sebenarnya, Kalireco ini bukanlah objek wisata, sebab belum diresmikan oleh Dinas Pariwisata setempat. Tempat ini hanyalah pemandian dan irigasi. Namun karena nuansanya yang sangat asri dan eksotis, tempat ini lalu banyak dimanfaatkan para traveller untuk memanjakan mata, mandi dan menyegarkan diri.

Anda tidak akan dikenakan tiket masuk, namun Anda bisa menyumbang untuk perkembangan objek wisata di kemudian hari. 

6. Teluk Bidadari 
Teluk Bidadari
Teluk Bidadari via travelingyuk.com
Satu lagi tempat wisata anti-mainstream di Malang yang sedang hits, yaitu Teluk Bidadari yang terletak di Pantai Mbehi, Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Malang. 

Dari namanya, sudah kelihatan bahwa Tempat Wisata ini pasti sangat indah dan mampu membuat siapa saja terkesima. Teluk Bidadari ini berupa sebuah spot berbentuk lingkaran yang di dalamnya berisi air berwarna kebiruan, letaknya berada satu area dengan Pantai Mbehi. 

Sepintas, teluk ini hampir mirip Angel's Bilabong yang merupakan satu tempat wisata di Bali. Teluk Bidadari ini sangat efektif untuk memulangkan penat dan menangkan pikiran, karena suasana asri tentu akan memberikan energi positif bagi tubuh. Jangan lupa siapkan bekal dan kamera saat hendak main ke sini. 

Dibutuhkan sekitar 30 – 40 menit untuk trekking dan diwajibkan menggunakan guide yang disewa seharga Rp 10.000 per orang. 

7. Pantai Batu Bengkuang
Pantai Batu Bengkuang
Pantai Batu Bengkuang via dolandolen.com
Pantai merupakan salah satu tempat wisata alam paling diminati sebab keasriannya masih alami, terlebih jika bibir pantainya bersih dari sampah. Salah satunya adalah Pantai Batu Bengkuang di Malang. Lokasinya di Desa Gajah Rejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. 

Pantai ini menawarkan pemandangan berupa tebing karang yang indah serta ombak besar khas pantai Selatan. Memang, Anda tidak akan bisa berenang di sini, namun pemandangannya sangat memesona dan bisa ditangkap kamera. Satu yang tak boleh dilewatkan adalah, keindahan sunset di pantai ini. 

Terdapat beberapa fasilitas seperti parkir 24 jam, toilet, dan warung yang menjadikan tempat ini sangat cocok untuk camping. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per motor dan jika menginap maka dibebani Rp 10.000 per motor. 

8. Segara Anakan Pulau Sempu
Segara Anakan Pulau Sempu
Segara Anakan Pulau Sempu via manusialembah.com
Nama wisata Segara Anakan Pulau Sempu ini memang sedang naik daun. Memang keindahannya tidak bisa diragukan lagi, Guys. Namun, Anda perlu menyiapkan fisik yang baik saat memutuskan untuk datang ke Pulau Sempu, sebab diperlukan trekking untuk sampai di Pulau ini. 

Banyak traveller yang ketagihan untuk camping di pantai bernama Segara Anakan. Pantai ini memang tersembunyi, letaknya di tengah laut dan dikelilingi oleh tebing. Pokoknya, tidak kalah cantik dengan Pantai di pulau Lombok. Tidak heran jika pulau Sempu disebut sebagai “Surganya Wisata Alam”. 

9. Eco Green Park
Eco Green Park
Eco Green Park via naturalsunrisetour.com
Tempat Wisata ini menjadi salah satu tempat wisata di kota Malang yang cocok untuk dikunjungi keluarga, tidak terkecuali anak-anak. Eco Green Park berisi perkebunan yang mampu meng-edukasi karena memberikan informasi tentang memelihara lingkungan. Anda akan disambut oleh patung gajah besar saat memasuki tempat ini. 

Banyak wahana yang bisa Anda coba, salah satunya adalah E-bike seharga Rp 100.000 untuk 3 jam. Wahana yang tak kalah menarik lainnya adalah Jugle Adventures, Anda akan berkeliling hutan buatan mengenakan kereta terbuka. Tidak hanya berkeliling, namun Anda juga diajak menangkap pemburu liar di hutan. Anda bisa menangkap pemburu tersebut menggunakan senapan mainan. Dan kejelian sangat dibutuhkan di wahana ini, karena tidak mudah menembak dari kereta yang tengah berjalan.

Masih ada pula beberapa wahana lainnya seperti Animal Farm, Duck Kingdom, World Parrota, Geology Science, Eco Science Center, Walking Bird, Pasar Burung dan Insectarium. 

Lokasi Eco Green Park ini di Jl. Oro-oro Ombo, No. 9A, Batu, Malang, Jawa Timur. Untuk masuk, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 40.000 untuk hari Senin sampai Kamis, dan Rp 60.000 untuk hari Jumat sampai Minggu. Jam buka penjualan tiket mulai pukul 08.30 sampai 16.30 WIB. 

10. Masjid Tiban Malang
Masjid Tiban Malang
Masjid Tiban Malang via bello.id
Masjid Tiban Malang ini berada di kawasan Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailie Rahmah, letaknya di Turen, Kab. Malang, Jawa Timur. Untuk masuk, Anda hanya perlu izin kepada penjaga masjidnya, tidak perlu membayar tiket. 

Nama pondok ini mempunyai makna Laut Madu, tidak heran jika warna masjid ini dominan biru. Konon, masjid ini dibangun dalam waktu semalam oleh jin. Namun siapa tahu kebenarannya, karena memang itu hanya mitos. Faktanya, Masjid Tiban ini dibangun oleh para santri di ponpes tersebut. 

Karena coraknya yang sangat indah karena memadukan budaya China, Timur Tengah dan budaya modern, maka tak heran jika masjid ini mampu menyedot banyak pengunjung. Perpaduan nan indah ini menjadi salah satu spot berfoto paling keren.