PLARIUSMODIFIKASI101

Rekomendasi Obyek Wisata Pilihan di Tuban Jawa Timur

Tuesday, January 1, 2019
Tuban adalah salah satu kabupaten di bagian Utara Jawa Timur yang memiliki banyak keindahan wisata alam dan beberapa tempat wisata lainnya yang menarik untuk dijadikan tujuan berlibur.

Nah, langsung saja, kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi obyek wisata pilihan di Tuban Jawa timur yang layak dipertimbangkan. Deretan obyek wisata keren  di Tuban Jawa Timur

1. Pantai Boom Tuban
Pantai Boom Tuban
Pantai Boom Tuban via gotuban.blogspot.com
Pantai Boom Tuban atau Tuban Boom Beach ini merupakan salah satu pantai terkenal yang dijadikan objek wisata di Tuban. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota, ada di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban. Pantai ini memiliki semenanjung sepanjang 800 meter dan dua buah sumur dengan air tawar didalamnya. Lucu ya, dekat pantai tapi malah ada sumur dengan air tawar. Di dinding atau bagian atas sumur terdapat tulisan sejarah Pantai Boom, konon katanya sumur ini sudah ada sejak jaman Majapahit.

Disini anda bisa memancing, menaiki perahu nelayan, bersantai dan melihat sunrise atau sunset yang tidak terhalang bangunan atau batu karang apapun. Pantai Boom Tuban ini cukup bersih dengan suasana tenang di pagi hari, udaranya pun sejuk. Untuk masuk ke kawasan pantai, anda harus bayar tiket masuk Rp. 2.500/orang. Murah banget ya? 

2. Pantai Kelapa Panyuran
Pantai Kelapa Panyuran
Pantai Kelapa Panyuran via pengetahuilmu.wordpress.com
Pantai ini memiliki deretan pohon kelapa yang rindang, menambah teduh dan indah suasana. Selain itu, lokasinya berada di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Makanya, dinamakan Pantai Kelapa Payuran. Jaraknya hanya 5 km dari pusat kota dan cukup masuk sejauh 300 meter dari jalan raya di Utara. Anda yang ingin menikmati pantai dengan fasilitas yang cukup lengkap, bisa datang kesini bersama keluarga. Jika musim libur, banyak orang akan datang meramaikan pantai yang indah ini.

Banyak spot bagus dan kawasan pantai yang bersih membuat anda akan betah berlama-lama. Selain bagus buat foto-foto, biasanya ada juga yang mengadakan acara berkemah di pantai ini. Untuk itu, disediakan area perkemahan dan fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi umum (MCK), tempat beristirahat, warung makan, area bermain anak dan lahan parkir. Tiket masuk Pantai Kelapa hanya Rp. 3.000/orang lho.

3. Pantai Cemara
Pantai Cemara
Pantai Cemara via idntimes.com
Selain Pantai Kelapa, Tuban juga memiliki wisata alternatif yang tak kalah cantik. Ya, Pantai Cemara. Tempat ini mempunyai deretan pepohonan cemara yang lebat di bibir pantainya dan pemandangan laut yang sungguh indah. Di bawah rindangnya pohon cemara, wisatawan bisa bersantai dan menikmati panorama alam yang memukau. Bagi yang suka berenang juga bisa main air karena laut di Pantai Cemara tergolong aman sebab dangkal dan tidak punya ombak yang besar.

Kalau anda mau kesini, rutenya cukup mudah. Pantai Cemara berada di Desa Sugihwaras, Kecamat Jenu. Gak jauh dari jalan utama Kabupaten Tuban. Tidak ada biaya masuk alias gratis, namun jangan harap anda menemukan fasilitas yang memadai ya. Selain area parkir, tak ada lagi fasilitas umum untuk para pengunjung karena memang belum ada pengelola resminya.

4. Pantai Sowan Tuban
Pantai Sowan Tuban
Pantai Sowan Tuban via gotuban.blogspot.com
Salah satu pantai cantik yang ada di Tuban adalah Pantai Sowan. Letaknya di Bogotan, Pancar, Kabupaten Tuban. Lumayan jauh dari pusat kota, namun rutenya gampang dilewati. Kalau gak ada kendaraan pribadi, anda bisa naik bus AKAP jurusan Surabaya-Tuban atau anda bisa naik Len, angkutan umum khas Tuban. Len akan langsung membawa anda menuju Desa Glondong dan sampai di Bogoran.

Keunikan dari pantai ini adalah hutan di pinggirnya yang luasnya 32 hektar, membuat suasana terasa lebih sejuk dan asri. Pantai Sowan memiliki pasir berwarna cokelat muda dengan bebatuan berserakan di tepiannya, para pengunjung diwajibkan untuk tidak membuag sampah sembarangan disini demi kelestarian lingkungan.

Tiket masuknya sebesar Rp. 10.000/orang. Ada beberapa fasiltas pendukung yang memudahkan pengunjung, seperti toilet umum, musholla, area bermain anak, tempat penangkaran hewan langka, warung makan seafood dan area parkir. Anda dan keluarga gak usah takut bosan karena selain bisa bermain air dan duduk-duduk di bebatuan, anda bisa bermain flying fox dan flying bike di pantai ini. Namun, harus membayar tiket sendiri ya.

5. Pantai Remen
Pantai Remen
Pantai Remen via afandimilestone.wordpress.com
Tuban memang terkenal dengan banyaknya wisata pantai. Salah satu yang tak boleh dilewati adalah Pantai Remen. Pantai ini berada di Jenu, Remen, Kabupaten Tuban. Lumayan dekat dengan Pantai Sowan. Pantai Remen masih tergolong wisata baru karena baru diresmikan tahun 2015 serta belum memiliki fasilitas yang lengkap. Namun, sudah banyak orang yang tahu dan datang kesini untuk menikmati keindahan dan keasriannya.

Pasirnya putih bersih dengan pohon-pohon di sekitarannya, ombaknya juga tidak besar dan aman dipakai berenang. Warga desa Remen beberapa membuka warung makan di kawasan pantai, jadi anda bisa makan sembari menikmati suasana pantai alami yang tidak ada di kota-kota besar. Ada juga bilik kamar mandi yang bisa dipakai bilas. Tiket masuknya hanya Rp. 2.000 saja sudah include tiket parkir.

6. Goa Ngerong
Goa Ngerong
Goa Ngerong via gapuranews.com
Goa Ngerong merupakan destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Goa ini memiliki kolam kecil yang bisa dipakai berenang dan didalamnya banyak ikan-ikan. Jadi, anda bisa berenang atau sekalian refleksi karena berendam bersama ikan-ikan yang akan memakan sel-sel kulit mati tubuh anda. Kolam alami ini begitu jernih sehingga anda bisa melihat sampai ke dasarnya. Selain kolam, di dalam Goa Ngerong pun terdapat air terjun yang indah.

Tiket masuknya sebesar Rp. 3.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Lokasinya berada di Jl. Raya Rengel No.155, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Anda akan mudah mencarinya karena ada papan tanda penunjuk arah serta bisa menggunakan maps.

7. Goa Suci Tuban
Goa Suci Tuban
Goa Suci Tuban via langkahanakdesa.blogspot.com
Ada lagi goa yang menjadi destinasi wisata populer, namanya Goa Suci Tuban. Goa Suci Tuban merupakan goa semi alami yang bentuknya menyerupai pahatan-pahatan. Ternyata memang dibangun saat jaman Kerajaan Majapahit. Ada tulisan tahun 1026 yang diukir di dinding goa menggunakan tulisan Jawa Kuno. Goa ini berada di area pertambangan kapur, namun memiliki pesona yang indah dan pemandangan yang luar biasa.

Letaknya di Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Dari Tuban, anda menuju ke Kecamatan Palang saja sekitar 12 km. Lalu, sebelum tugu perbatasan Tuban-Lamongan, belok ke kanan lewat jalan kampung di Kecamatan Palang dan Widang. Sekitar 15 menit akan ada papan penunjuk arah Goa Suci, sudah tidak jauh dan anda akan sampai tujuan. Tidak ada biaya tiket masuk atau tiket parkir karena tidak ada pengelola disini.

8. Goa Kancing
Goa Kancing
Goa Kancing via ambontheexplorer.wordpress.com
Wisata selanjutnya adalah Goa Kancing. Goa unik ini memiliki kedalaman hanya 4-5 meter saja, namun yang jadi daya tarik adalah panorama di sekitarnya. Ada padang rumput dan tebing-tebing yang bisa jadi spot foto bagus. Bagi anda yang suka fotografi, tempat ini bisa jadi referensi hunting anda. Kalau malam hari cuaca cerah, anda yang berjiwa traveller bisa mendirikan kemah dan melihat taburan bintang di langit. Seperti Milky Way. 

Goa Kancing berda di Desa Jarum, Prunggahan Kulon, Semanding, Tuban. Tidak jauh dari pusat kota dan mudah banget ditemukan.

9. Pemandian Bektiharjo
Pemandian Bektiharjo
Pemandian Bektiharjo via yo
Pemandian Bektiharjo di Desa Bektiharjo, Semanding ini begitu terkenal di Tuban. Pasalnya, airnya jernih, bersih dan tidak surut-surut bahkan di musim kemarau sekalipun. Anda bisa berfoto underwater lho disini, buat keperluan sosial media pasti asyik banget kan? Bisa pamer-pamer foto di spot yang bagus dan anti maisntream. Pemandian Bektiharjo juga punya beberapa fasilitas pendukung seperti kolam renang yang luas, air bersih, kamar mandi umum dan rumah makan.

Letanya tidak jauh dari pusat kota, mungkin sekitar 20 menit perjalanan saja. Rute paling mudah lewat jalan raya utama, Jl. Tuban-Babat. Bisa juga lewat Jl. Nakula dan Jl. Mojopahit. HTMnya cuma Rp. 5.000/orang.

10. Pemandian Air Panas Prataan
Pemandian Air Panas Prataan
Pemandian Air Panas Prataan via gotuban.blogspot.com
Kalau tadi anda puas bermain air dan berfoto underwater di kolam buatan yang jernih, anda bisa beralih ke pemandian air panas nih. Pemandian Air Panas Prataan berada di tengah hutan kecil dan merupakan pemandian yang berasal dari  mata air alami. Katanya, jika berendam di kolam air panas ini semua penyakit bisa sembuh, terutama penyakit kulit. Terdapat kandungan belerang yang berasal dari mata air Gunung Kendeng dan suhu airnya bisa mencapai 56 derajat celcius. Sebab itulah banyak wisatawan baik asli Tuban maupun dari luar kota yang tertarik datang.

Lokasinya ada di Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Anda bisa naik kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk sampai  ke lokasi ini. Tiket masuknya pun murah kok, hanya Rp. 6.000/orang namun bisa berubah sewaktu-waktu ya. Fasilitas yang disediakan berupa kamar mandi bilas, toilet, rumah makan, tempat istirahat dan area parkir. Anda harus datang kesini untuk menikmati kolam air panas yang enak, berendam sepuasnya hanya dengan membayar Rp. 6.000 saja!

Nah, itu dia 10 Tempat Wisata terbaik di Tuban, yang pastinya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Selamat berlibur.