PLARIUSMODIFIKASI101

Daftar Obyek Wisata Terbaik di Jember Jawa Timur

Wednesday, January 2, 2019
Mungkin Jember bukan destinasi wisata utama di Jawa Timur, tidak seterkenal kota Malang dan mungkin juga tidak sebesar Banyuwangi atau Surabaya. Tapi, siapa bilang kalau Jember gak punya tempat wisata yang keren. Nah, tidak percaya?

Langsung saja, intip beberapa pilihan tempat wisata terbaik di Jember, yang kami rekomendasikan berikut ini. Check it out! Daftar Obyek Wisata Terbaik di Jember Jawa Timur

1. Pantai Pasir Putih Papuma
Pantai Pasir Putih Papuma
Pantai Pasir Putih Papuma via travel.kompas.com
Wisata pantai di Indonesia memang tak ada duanya. Di Pulau Jawa, terutama Jawa Timur, menyimpan kekayaan alam yang sangat indah berupa pantai dan laut. Ada salah satu pantai yang menjadi tepat wisata kebanggaan di Jember, namanya Pantai Papuma. Pantai ini cukup luas dengan pasir yang putih bersih dan air laut hijau kebiruan. Terdapat banyak batu karang beraneka bentuk dan ukuran, yang paling besar terletak agak menjorok ke laut.

Pantai ini dihiasi deretan kapal nelayan yang mengapung di dekat pantai. Benar-benar suatu pemandangan yang akan memanjakan mata anda. Ada beberapa fasilitas yang disediakan di pantai ini. Ada warung makan seafood, toilet umum dan toko souvenir. Anda bisa menikmati sunset atau sunrise disini karena pemandangannya benar-benar luar biasa. Kalau mau bermalam di pantai juga bisa, dirikanlah tenda karena jika malam hari, suasana pantai akan lebih tenang dan syahdu. Anda akan disuguhi pemandangan langit yang bertaburan bintang atau biasa disebut stargazing.

Akses menuju kemari cukup mudah walaupun agak jauh dari pusat kota Jember. Naik mobil waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan, namun jalanannya pun sudah diaspal dan bagus meski jika sudah dekat pantai agak berkelok-kelok dan menanjak. Untuk masuk ke pantai wisatawan domestik dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 dan wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000.

2. Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo via islamcendekia.com
Kalau di Bali ada objek wisata Uluwatu, di Jember namanya beda sedikit, yaitu Watu Ulo. Pantai Watu Ulo terletak di Desa Ambulu, kecamatan Sumber Rejo, Jember Selatan. Pantai ini memiliki batu panjang yang menjorok ke laut, jika dilihat dari atas akan mirip seperti badan ular yang panjang. Penamaan Watu Ulo ini juga dari Bahasa Jawa yang artinya Batu Ular. Batu yang panjang itu biasa dinaiki dan dijadikan spot berfoto oleh para turis yang datang karena punya daya tarik tersendiri. 

Selain bermain di pantai, anda juga bisa berkunjung ke 2 goa yang letaknya tidak terlalu jauh. Ada Goa Jepang dan Goa Kelelawar yang berumur ratusan tahun dan menjadi alternatif wisata kalau sudah bosan main air di pantai. Pantai ini juga memiliki pasir yang bersih berwarna putih kecokelatan dan air laut yang sangat biru. Udaranya juga masih alami walaupun pepohonannya tidak sebanyak di Papuma.

Letak Pantai Watu Ulo sekitar 40 km dari pusat kota Jember. Jalanannya sudah diaspal dan banyak kendaraan, banyak papan penunjuk arah yang mempermudah perjalanan anda jadi gak perlu cemas kesasar, ya. Kalau dari Timur, bisa dicapai dari arah kabupaten Banyuwangi. Kalau dari Jateng atau Jabar, bisa lewat Lumajang.

Masuk ke pantai anda harus membayar tiket Rp. 7.500 cukup murah kan? Tenang aja, disini disediakan warung-warung makan dan penjual es kelapa muda. Ada toilet umum juga dan area berkemah karena biasanya banyak orang berkemah di malam hari. Apalagi jika musim liburan.

3. Pantai Bandealit
Pantai Bandealit
Pantai Bandealit via aikon2.com
Pantai lainnya yang worth it dikunjungi adalah Pantai Bandealit. Lokasinya 59 km dari pusat kota Jember, sudah hampir mendekati Banyuwangi. Pantai ini terletak di Area Hutan, Andongrejo, Tempurejo, Jember. Banyak wisatawan datang kesini untuk menikmati suasana pantai yang masih asri dan ketenangannya. Bagi anda yang suka mancing dan berenang, pantai ini pasti cocok. Airnya jernih dan bersih, ombaknya juga kecil jadi pas untuk berenang bersama keluarga. Selain pantai, ada juga kawasan hutan mangrove dan pelepasan penyu karena pantai ini berada di ujung area Taman Nasional Meru Betiri.

Sarana yang disediakan yaitu kamar mandi, gazebo untuk bersantai, parkir kendaraan dan area kemah. HTMnya Rp. 8.000/orang, cukup murah ya? Oh, ya rute menuju ke pantai ini cukup terjal sehingga dibutuhkan kendaraan yang memadai. Sebaiknya pakai kendaraan roda empat yang gak ceper atau dipendekin bagian bawahnya ya, karena jalannya lumayan berbatu. Tidak disarankan menggunakan motor karena akan sulit ditempuh dari jalan utama.

4. Teluk Love
Teluk Love
Teluk Love via objekwisatapopuler.com
Teluk Love menjadi salah satu destinasi terpopuler di Jember. Teluk ini merupakan perairan yang menjorok ke daratan, uniknya bentuknya seperti lengkungan hati hingga dinamakan Teluk Love. Jika anda ingin melihat keindahan teluk dengan sempurna, sebaiknya anda naik ke atas Bukit Domba (bukit di dekat teluk) yang menyajikan pemandangan pantai dan laut dari ketinggian. Dijamin pemandangan yang indah dan langka itu akan jadi kenangan tak terlupakan.

Bukit yang anda naiki untuk melihat pemandangan dari ketinggian itu juga punya mitos unik lho. Katanya, pasangan yang mendaki bukit itu akan memiliki hubungan yang langgeng. Wah, siapa yang percaya? Tapi, yang jelas banyak sekali pasangan dan keluarga yang datang kesana. Wisata alam ini juga memiliki fasilitas pendukung seperti area parkir dan warung makan yang berjejer ramai. Untuk masuk kesini, anda hanya perlu bayar Rp. 10.000 dan sudah termasuk tiket parkir.

Lokasi Teluk Love ini ada di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu. Tidak jauh malah dari Pantai Papuma. Akses menuju kemari cukup mudah karena jalannya ramai dan sudah beraspal. Bisa diaskses oleh roda dua dan roda empat dengan waktu sekitar 40-60 menit. Petunjuk arahnya pun ada dimana-mana, biasanya kalau sudah di lampu merah Ambulu anda bisa ikuti rute menuju Pantai Papuma arah lurus jika dari Ajung. Jika dari balung bisa belok kanan, lanjutkan terus hingga anda sampai di pertigaan terakhir, kalau anda ambil kanan menuju pantai papuma dan yang lurus menuju teluk love.

5. Pantai Paseban
Pantai Paseban
Pantai Paseban via jibriliatour.blogspot.com
Pantai Paseban terletak di Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember. Kira-kira 50 km dari pusat kota Jember. Rute perjalanannya mudah dan gampang, tinggal lewat jalanan utama Jember, Jl. Lumajang-Jember lalu menuju Jl. Tanggul-Kencong. Tiket masuknya pun murah, hanya Rp. 5.000 untuk roda dua dan Rp. 10.000 untuk roda empat. 

Pantai ini memiliki pemandangan lautan luas sejauh mata memandang, paling bagus dikunjungi saat sore hari ketika matahari terbenam. Bagi anda yang mau hunting foto dan berselancar, pantai ini akan jadi objek wisata yang pas. Ombaknya tergolong cukup besar untuk berselancar jadi enak, walaupun tidak disarankan saat sore hari berenang karena takut membahayakan. Fasilitas yang disediakan lumayan lengkap, ada tempat ibadah, wc umum, warung makan dan area parkir. Jadi anda dan keluarga tidak usah khawatir untuk datang ke pantai ini, ya karena fasilitasnya memadai.

6. Puncak Rembangan Jember
Puncak Rembangan Jember
Puncak Rembangan Jember via wisatajatim.info
Puncak Rembangan bisa dibilang seperti Puncak Cisarua Bogor. Letaknya gak jauh dari pusat kota Jember, hanya 12 km saja. Tepatnya di Darungan, Kemuninglor, Jember. Ada banyak fasilitas dan sarana bermain disini, cocok banget buat liburan sama keluarga. Ada kolam renang, taman bermain, panggung hiburan, area parkir luas, toilet bersih dan restoran.

Ada juga motel dan hotel untuk para turis menginap. Selain itu, terdapat pula perkebunan kopi dan taman bunga. Udara masih sangat segar dan bebas polusi sebab Puncak Rembangan memang cukup tinggi. Kalau malam, anda bisa melihat pemandangan kota Jember yang dihiasi ribuan kerlip lampu. HTMnya cukup murah, Rp. 5.500/orang sudah termasuk masuk taman dan kolam. Namun, anda harus membayar hotel dan penginapan sendiri permalamnya sekitar Rp. 170.000 – Rp. 200.000 dan harga bisa berubah sewaktu-waktu.

7. Air Terjun Tancak
Air Terjun Tancak
Air Terjun Tancak via adventurewisata.blogspot.com
Satu lagi pemandangan alam di Jember, Air Terjun Tancak. Lokasinya yang dekat dari kota (cuma 16 km saja) membuatnya ramai dikunjungi orang-orang. Rute menuju ke objek wisata ini terbilang mudah, sama sekali tidak ada medan yang sulit. Namun, untuk masuk ke dalam dan melihat ar terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 3,5 km dari pintu masuk. Selama perjalanan, anda akan disuguhi pemandangan dari perkebunan kopi dan area hutan. Disarankan untuk mengenakan sepatu dan outfit yang nyaman, serta membawa bekal ya. HTMnya hanya sebesar Rp. 5.000/orang dan belum termasuk tiket parkir.

8. Waterboom Niagara
Waterboom Niagara
Waterboom Niagara via adventurewisata.blogspot.com
Jember juga punya wisata air yang cukup bagus dan besar lho. Waterboom Niagara ini menjadi tempat wisata yang cocok didatangi bersama sanak saudara dan anak-anak anda karena memiliki macam-macam permainan dan wahana air. Tempatnya pun asri dan nyaman. Waterboom ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk anda, seperti gazebo untuk berkumpul keluarga, kursi-kursi, tempat ibadah, restoran dan kamar mandi umum.

Lokasinya di Ambulu, Kabupaten Jember. Sekitar 40 km dari pusat kota, kalau naik kendaraan pribadi gak sampai sejam juga sudah tiba. HTM perorang sebesar Rp. 15.000. Murah kan?

9. Taman Botani Sukorambi
Taman Botani Sukorambi
Taman Botani Sukorambi via firdaus-ubaidillah.blogspot.com
Taman yang cukup eksis di Jember ini berada di Sukorambi, Kabupaten Jember. Luasnya 8 hektar dengan fasilitas yang lengkap. Disini terdapat kolam berenang sebagai salah satu fasilitas bagi para pengunjung. Taman Botani Sukorambi menggunakan air yang berasal dari mata air alami, jadi sudah terjamin bersih untuk digunakan karena tidak didaur ulang. Selain kolam, terdapat pula gazebo, pondok rapat khusus untuk meeting dan pertemuan, area BBQ outdor, pondok seni, restoran, area outbond, golf cart, panggung pertunjukan, villa, kamar mandi VIP, kamar mandi untuk difabel, WiFi gratis serta lahan parkir yang luas. Lengkap deh!

Taman Botani Sukorambi juga menyediakan semacam toko oleh-oleh seperti pasar flora dan fauna. Benar-benar tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga anda. Akses kesini juga mudah, apalagi ketika sudah sampai. Jalanan ke bawah menuju pintu menuju Taman Botani sudah diperbaharui dan jadi lebih praktis. Untuk masuk kesini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 12.000/orang untuk weekdays dan Rp. 20.000/orang untuk weekend. Terjangkau banget ya.

10. Rumah Tembakau
Rumah Tembakau
Rumah Tembakau via travelingyuk.com
Perlu diketahui, saat ini Jember merupakan kota penghasil tembakau dan cerutu terbaik di dunia. Karena itu ada satu tempat yang gak bisa dilewatin ketika berlibur kesini. Ya, Rumah Tembakau. Objek wisata ini sebenarnya tempat mengeringkan tembakau, makanya ukuran rumahnya besar seperti lumbung. Rumah ini dibangung dengan tiang-tiang bambu dan jerami. Tapi, tetap tampak kokoh. Keberadaan rumah seperti ini ada di areal persawahan di Jember, tapi biasanya yang sering dikunjungi dan jadi spot foto ada di Mumbulsari dan Ajung. Dari stasiun Jember hanya sejam perjalanan, malahan gak begitu jauh jika ditempuh dari Papuma.

Nah, dari obyek wisata terbaik di Jember yang kami sebutkan diatas, adakah yang sudah pernah anda kunjungi? Atau bahkan belum ada sama sekali?