Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lezat dan Menariknya Oleh-Oleh Khas Bitung Sulawesi Utara, Perlu Dicoba

Bitung merupakan daerah terkenal dengan pelabuhannya yang terbesar dan satu-satunya di Sulawesi utara. Banyak kapal antar kota yang singgah disana. Sehingga kegiatan ekonomi dan spot-spot tertentu pun dikembangkan. Para turis juga banyak yang berkunjung kesana lho, nah apakah kamu salah satunya? Kalau iya, tidak lengkap rasanya bila pulang dari Bitung kamu tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Oleh karena itu, kamu perlu mencoba oleh-oleh khas Bitung Sulawesi Utara. Pastinya, memiliki cipta rasa yang lezat. Bahkan begitu menarik mata, karena tidak hanya makanan. Souvenir pun juga ada lho.

Pusat Oleh-Oleh Khas Bitung Sulawesi Utara yang Bisa Dikunjungi
Bila kamu berkunjung ke Bitung, tentu membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Nah, untuk kamu mendapatkan buah tangan tersebut perlu mengunjungi pusat penjualannya. So, di bawah ini terdapat beberapa tempat berbelanja oleh-oleh yang dapat kamu kunjungi.

1. Pusat Penjualan Souvenir dan Oleh-Oleh Hasil Olahan Laut
Pusat Penjualan Souvenir dan Oleh-Oleh Hasil Olahan Laut.
Pusat Penjualan Souvenir dan Oleh-Oleh Hasil Olahan Laut via sepasangsepatuhidup.blogspot.com
Lokasi tempat ini berada di kelurahan Bitung Barat I, depan lokasi pasar Tua Bitung. Disana kamu bisa menikmati berbagai macam olahan laut. Dapat dijadikan oleh-oleh seperti cakalang fufu, ikan kaleng, juga sambal roa. Disana pun kamu bisa mencicipi kuliner khas Bitung seperti Sashimi. Bahkan, bukan hanya oleh-oleh berbentuk makanan. Buah tangan berupa souvenir juga dapat kamu beli.

2. Pelabuhan Kota Bitung
Pelabuhan Kota Bitung
Pelabuhan Kota Bitung via manadobaswara.com
Nah, disini pun kita bisa mendapatkan berbagai macam olahan ikan dan berbagai makanan khas Minahasa lainnya. Letak dari pelabuhan ini tepatnya beralamat di Jln. D.S Sumolang kota Bitung.

Variasi Oleh-Oleh Khas Bitung Sulawesi Utara
Saat kita pulang traveling dari kota Bitung, tentu oleh-oleh menjadi yang ditunggu keluarga maupun rekan di kota asal. Bukan hanya itu, oleh-oleh juga bisa dijadikan untuk mengenal khas dari sebuah tempat yang telah dikunjungi. So, penasaran apa saja yang menjadi oleh-oleh dari kota ini? Nah, berikut ada daftar oleh-oleh khas Bitung yang bisa kamu coba. 

1. Cakalang Fufu
Cakalang Fufu
Cakalang Fufu via exploremanado.com
Apakah nama ini begitu asing di telinga? Atau sudah akrab? Cakalang fufu merupakan makanan khas daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui dengan bahan-bahan khusus, kemudian dimasak dengan cara diasap. Karena proses olahannya tersebut, ikan ini sangat cocok jika dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jika ingin menyantapnya, kita cukup memanaskan dengan cara digoreng. Lalu, selanjutnya dimakan sebagai lauk bersama nasi juga sambal. Wuiihhh.....sedap! Kamu bisa mendapatkan cakalang fufu dengan harga 35.000 sampai 65.000 rupiah.

2. Halua Kenari
Halua Kenari
Halua Kenari via idntimes.com
Daerah Minahasa atau Indonesia bagian Timur memiliki pohon-pohon kenari. Tidak heran jika disana sering dijumpai kenari. Sehingga, masyarakat memiliki inisiatif untuk mengubah kenari menjadi camilan khas oleh-oleh di daerah mereka. Termasuk di kota Bitung. Salah satunya adalah halua kenari, merupakan makanan yang terbuat dari olahan kenari dicampur dengan gula merah. Sekilas seperti gula-gula kacang, rasanya pun tidak kalah gurih. Apalagi rasa manis yang begitu terasa di lidah. Menjadikan halua kenari ini sangat recomended sebagai oleh-oleh dan menemani waktu santai. Harga yang dibandrol pun bervariasi antara 10.000 sampai 45.000 ribu rupiah.

3. Pala Manis
Pala Manis
Pala Manis via masakandapurku.com
Orang sering menggunakan biji pala sebagai bahan rempah-rempah untuk masakan mereka. Rasa masakan yang dihasilkan pun begitu nikmat setelah dicampur dengan biji pala. Nah, selain biji pala apakah kamu pernah merasakan buah pala? Apalagi yang dijadikan makanan. Hhhmmm.....pasti belum kan! Nah, ini dia salah satu makanan khas daerah Minahasa yang harus kamu coba. Pala manis, buah pala diolah dengan cairan gula sebagai pemanis. Nah, dari gula inilah akan terkesan efek kilap pada makanan tersebut. Biasanya pala manis dibandrol dengan harga Rp40.000,00 tiap bungkus. Kamu bisa mendapatkan pala manis ini di berbagai toko pusat oleh-oleh atau di sekitar pelabuhan Bitung.

4. Panada
Panada
Panada via anekatempatwisata.com
Panada merupakan kue yang diisi dengan ikan cakalang, dicampur dengan parutan pepaya muda. Untuk ikan cakalang dimasak dengan rasa pedas terlebih dahulu. Saat dimakan rasa dari kulit dan isi kue ini menyatu di mulut, menciptakan sensasi rasa yang enak, pedas dan unik. Jika sudah mencoba sekali, pasti akan nambah lagi. Makanan ini bisa kamu nikmati saat jalan-jalan mengelilingi kota Bitung bareng teman, keluarga atau rekan kerja kamu. Bentuknya mirip dengan jelangkote (makanan khas Makassar) atau pastel. Bedanya rasa dan isinya yang memiliki khas tersendiri. Kamu harus coba, harga yang ditawarkan pun cukup murah. Mulai dari Rp1.250,- saja kamu sudah bisa menikmatinya. Semakin mahal harga panada, maka isi kuenya juga semakin banyak.

5. Sambal Roa
Sambal Roa
Sambal Roa via dabudaburoa.net
Tersedia dengan kemasan botol menyerupai botol selai, namun jangan salah ya. Ini sambal bukan selai, sambal Roa itulah namanya. Yupz, salah satu sambal khas Minahasa yang ada di Bitung. Pembuatannya pun dari bahan ikan Roa yang diasapi, kemudian dihancurkan dan dimasak dengan bumbu sambal. Nah, sambal ini bisa awet hingga setengah tahun jika disimpan dalam lemari pendingin. Cukup lama bukan? Apakah kamu penggemar sambal ikan? Nah, ini bisa jadi alternatifnya yaitu Sambal Roa. Selain nikmat dan tahan lama, kamu juga akan mendapatkan cita rasa unik dari makanan ini. Karena rasanya itulah sambal Roa telah dikenal banyak orang. Harga dari sambal ini berkisar mulai dari 55.000 sampai 65.000 rupiah.

6. Dodol Amurang
Dodol Amurang
Dodol Amurang via ksmtour.com
Amurang merupakan daerah pembuatan dodol yang terbuat dari kenari. Maka dari itu dinamakan Dodol Amurang. Kenari yang diolah bersama gula aren dan beras ketan yang sudah dihaluskan. Rasa yang begitu enak dan juga sensasi gurih manis begitu memanjakan lidah. Dodol ini mirip seperti jenang Jawa.  Biasanya masyarakat membuat dodol Amurang untuk acara-acara tradisi syukuran.

7. Kue Lampu-Lampu
Kue Lampu-Lampu
Kue Lampu-Lampu via tribunnews.com
Kue lampu? Aneh ya, begitulah namanya. Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, tepung beras juga gula merah. Makanan ini termasuk makanan sehat, sebab cara pengolahannya dengan dikukus, tidak menggunakan minyak sedikitpun. Apabila mengolah kue ini, saat dimasak di dalam panci kamu harus tutup. Tidak boleh dibuka, sebab rasa dari kue akan rusak. Rasanya begitu manis, cocok disantap saat acara keluarga ataupun saat santai.

8. Kacang Goyang
Kacang Goyang
Kacang Goyang via anekatempatwisata.com
Makanan ini begitu terkenal di daerah Sulawesi Utara. Terbuat dari kacang tanah yang memiliki rasa enak dan gurih. Para wisatawan sering memburu kacang goyang, karena warna dan bentuknya yang macam-macam membuat mereka tertarik. So, sayang banget kalau tidak dibeli. Kamu bisa membawa pulang kacang goyang hanya dengan harga 10 sampai 25 ribu rupiah untuk tiap kemasannya. Cukup terjangkau bukan.

9. Klappertart
Klappertart
Klappertart via manado.tribunnews.com
Kue ini selain enak juga memilki rasa gurih karena terbuat dari kelapa, susu, tepung terigu, telur dan mentega. Makanan yang merupakan warisan peninggalan zaman penjajahan Belanda dengan citarasa khas Indonesia ini, sukses menjadikan kalppertart menjadi makanan yang paling diburu sebagai oleh-oleh disana. Selain itu, makanan ini juga menyehatkan karena mengandung banyak protein dari susu. Seperti mencegah penyakit osteoporosis, mencegah karies gigi dan menetralkan tekanan darah. Kamu bisa mendapatkan klappertart hanya dengan merogoh kocek Rp15.000,- sampai Rp60.000,- tergantung ukuran.

10. Pia Amurang
Pia Amurang
Pia Amurang via manado.tribunnews.com
Walaupun dari namanya saja sudah pasti bisa ditebak bahwa pia amurang berasal dari kecamatan Amurang, hal ini tidak menjadikan pia Amurang hanya sebatas oleh-oleh yang bisa dijumpai di Amurang saja. Tetapi juga bisa didapatkan di kota Bitung. Dari berbagai sumber menjelaskan bahwa kue Amurang dibuat pertama kali oleh masyarakat Tionghoa, namun demikian perkembangan pembuatan pia Amurang di Minahasa tetap menjadi ciri khas daerah tersebut. Seperti di kota Bitung. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko penjual oleh-oleh.

11. Kaos
Kaos
Kaos via kaoslove.com
Nah, bukan rahasia umum lagi bahwa setiap daerah juga memilki oleh-oleh souvenir seperti kaos. Tidak terkecuali daerah Bitung ini. Mulai dari gambar pemandangan, ikon khas Minahasa, juga berupa tulisan. Biasanya para wisatawan memilih oleh-oleh berupa kaos dengan desain tulisan. Karena menurut mereka susunan dan rangkaian kata lebih menarik daripada sebuah gambar. Bagaimana dengan kamu? Apakah sependapat dengan mereka? Kamu bisa membawa pulang kaos tersebut dengan harga yang cukup murah. Tersedia varian harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Harga menentukan kwalitas ya kawan! Semakin mahal harga kaos, maka bahan dan mutunya sudah pasti bisa dijamin.

12. Batik
Batik
Batik via beritasatu.com
Nah, selain kuliner kamu juga bisa berburu oleh-oleh berupa kain seperti Batik Manado. Batik Manado merupakan salah satu ciri khas Minahasa. Batik ini memiliki tiga corak yaitu lilin, reef dan zig zag. Corak lilin menggambarkan simbol kota dan juga tempat ibadah yang menjadi simbol kerukunan hidup masyarakat dalam perbedaan. Corak reef menggambarkan kekayaan sumber daya alam hayati. Kemudian untuk motif zig zag menggambarkan kehidupan masyarakat yang berkharisma.

13. Pernak Pernik
Pernak Pernik
Pernak Pernik via indonesiakaya.com
Begitu pula dengan souvenir, tiap kota pun memiliki ikon yang dituangkan melalui kerajinan tangan berupa pernak-pernik. Tentu karena masing-masing tempat memiliki ciri khas yang berbeda, souvenir yang dibuat pun juga berbeda. Nah, untuk daerah Bitung kamu bisa mendapatkan pernak-pernik berupa pena yang berbentuk ikan hias, tarsius yang dibuat dari bahan kayu kelapa, coelacanth juga gambar timbul tarsius dan lain-lain.  Untuk harganya pun bervariasi tergantung besar kecil ukuran souvenir.

Bagaimana guys, sekarang sudah tahu kan apa saja oleh-oleh khas Bitung Sulawesi Utara yang lezat dan menarik? Begitupun kamu sudah mendapatkan referensi terkait pusat pembelian yang bisa kamu kunjungi. So, tunggu apalagi. Jika bertandang kesini, jangan lupa dicoba beli ya oleh-oleh khasnya.