Menariknya Oleh-Oleh Khas Makassar Sulawesi Selatan, Liburan Tambah Asyik

Liburan adalah moment yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang. Alasannya tentu saja orang-orang perlu beristirahat dan menyegarkan jiwa dari rutinitas keseharian mereka yang melelahkan. Orang-orang biasanya mengisi liburan dengan berjalan-jalan dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang unik dan menarik. Makassar yang memiliki destinasi wisata patut kamu jadikan alternative untuk liburan kali ini. Ada banyak tempat wisata yang keren, cocok banget untuk kamu kunjungi, seperti pantai Losari, Tanjung Bita dan lain-lain. Disini kamu dapat menyegarkan jiwa kembali.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru, serta mengenal berbagai budaya yang ada disana. Terlebih, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk orang tersayang. Entah keluarga, sanak-saudara, rekan kerja ataupun sahabat. Tapi, bingung, oleh-oleh apa saja yang perlu dibeli, dan dimana bisa mendapatkannya. Jangan khawatir, artikel ini bisa menjadi referensi buat kamu berburu oleh-oleh disana. Langsung saja berikut ulasan beberapa oleh-oleh khas Makassar dan pusat perbelanjaannya yang recommended buat kamu. Yuk cuz liat daftarnya.

Pusat Perbelanjaan Oleh-Oleh Khas Makassar Sulawesi Selatan Paling Recommended
Kamu ingin berlibur ke kota Makassar? Nah, jika kamu ingin bertandang kesana jangan lupa mampir di beberapa pusat perbelanjaan oleh-olehnya. Rasanya nyesel kalau liburan, pulang nggak bawa oeh-oleh. So, solusinya coba datang saja ke salah satu atau semua pusat belanja oleh-oleh khas Makassar Sulawesi Selatan paling popular berikut ini.

1. Toko Otak-otak lbu Elly
Toko Otak-otak lbu Elly
Toko Otak-otak lbu Elly via bukalapak.com
 Mau cari pusat perbelanjaan terpopular di Makassar, datang saja ke Toko Ibu Elly. Toko ini terletak di Jalan Kijang, Nomer 73 D Maricaya Baru, kota Makassar. Sesuai namanya toko ini identik menjual otak-otak. Otak-otak yang dijual disini adalah ikan tenggiri khas Makassar. Tapi tidak hanya itu guys, toko ini juga menjual berbagai macam oleh-oleh khas Iainnya. Misalnya seperti cenderamata dan kain tenun Bugis.

2. Toko Cahaya oleh-oleh
Toko Cahaya oleh-oleh
Toko Cahaya oleh-oleh via makassar.tribunnews.com
 Pengen cari pusat perbelanjaan dengan lokasi yang strategis, datang saja ke Jalan Sulawesi Nomer 181 Makassar. Di Toko ini lengkap menjual berbagai oleh-oleh khas Makassar. Mulai dari aneka jajanan sampai souvenir cantik bisa kamu temukan disini. Contonya aneka jajanan khas, kain tenun, sarung khas bugis, miniatur kapal dengan berbagai ukuran, serta yang paling unik adalah gantungan kunci dari perak. Gimana, lengkap strategis pula, cocok kan. Eitz, jika tak sempat mampir kesini toko cahaya oleh-oleh juga sudah membuka cabang di sejumlah tempat loh. Diantaranya ada di Jalan Nusantara, Perintis Nusantara dan Perintis Kemerdekaan.

3. Sulawesi Art Shop
Sulawesi Art Shop
Sulawesi Art Shop via id.foursquare.com
Sulawesi Art Shop yang berada di Jalan Haji Bora, Nomer 9, Bulo Gading, Makassar ini juga tak mau kalah dengan pusat perbelanjaan lainnya. Toko ini juga menyediakan aneka camilan dan souvenir khas juga. Harga yang ditawarkan pun relative lebih murah. Cocok banget buat kamu yang lagi cari pusat perbelanjaan.

4. Toko Serba Oleh-oleh  (Khas Makassar)
Toko Serba Oleh-oleh  (Khas Makassar)
Toko Serba Oleh-oleh  (Khas Makassar) via travel.detik.com
Toka Serba Oleh-oleh  (Khas Makassar) juga bisa kamu jadikan pilihan untuk tempat berburu oleh-oleh khas. Berbagai macam oleh-oleh khas tersedia disini juga. Mulai dari aneka camilan maupun souvenir khasnya. Untuk mengunjungi pusat perbelanjaan ini, langsung saja catat alamatnya di Jalan Sombu Opu, Nomer 141, Makassar.

5. Toko Keradjinan
Toko Keradjinan
Toko Keradjinan via thejournale.com
Masih pengen cari yang lebih lengkap, datang saja ke Toko Keradjinan. Walaupun toko ini lebih fokus menjual berbagai souvenir kerajinan khas, tetapi ada juga jajanan Makassar yang ada disini. Kamu bisa mendapatkan souvenir dan jajanan khas dengan harga yang relatif murah. Adapun jajanan dan souvenir yang dijual disini yaitu; kue baruasa, minyak tawon, kopi dan masih banyak lagi. buruan catat alamatnya, Jalan Somba Opu, Nomer 34, Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar.

Variasi Oleh-Oleh Khas Makassar Sulawesi Selatan Paling Lezat dan Menarik
Sudah tahu tempat untuk membeli oleh-oleh kan. So, sekarang waktunya kamu mengenal oleh-oleh khas Makassar. Dengan begitu, akan mempermudahkan kamu untuk memilih produknya ketika di pusat perbelanjaan. Kalau begitu, langsung saja ini beberapa oleh-oleh khas Makassar Sulawesi Selatan yang paling lezat dan menarik.

1. Otak-otak ikan Tenggiri
Otak-otak ikan Tenggiri
Otak-otak ikan Tenggiri via makassarkuliner.com
Makanan ini sebenarnya sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat Indonesia. Akan tetapi, tentu saja otak-otak Makassar satu ini, memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah penggunaan tepung gandum sebagai campuran ikan tenggiri, sehingga menjadikan rasanya lebih gurih dan beda dari yang lain. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari 35 ribu rupiah kamu sudah bisa mendapatkan jajanan ini.

2. .Kue Baruasa
Kue Baruasa
Kue Baruasa via idntimes.com
Kue ini merupakan jajanan khas Kota Makassar yang terbuat dari tepung beras, telur, dan kelapa parut. Sekilas.bentuk kue ini hampir mirip dengan biskuit bayi loh, tapi jangan salah,rasanya berbeda kok. Kue ini memiliki rasa yang manis dan dominan gurih sangat cocok untuk dijadikan teman minum kopi ataupun teh. Harga kue ini juga relatif murah. Dengan uang kisaran 15 ribu rupiah kamu dapat membawa pulang kue ini.

3. Sirup Dari Hasil Tangan
Sirup Dari Hasil Tangan
Sirup Dari Hasil Tangan via wartatimur.com
Tak lengkap rasanya jika ke Makassar tanpa membeli sirup ini untuk buah tangan. Sirup ini berwujud kental dengan aroma khas pisang ambon. Dalam proses pembuatannya sirup ini masih menggunakan tenaga manusia. Jadi masih benar-benar alami. Tanpa ada campur tangan dari mesin yang dapat menimbulkan bahaya.

4. Kacang Sembunyi
Kacang Sembunyi
Kacang Sembunyi via daftarkulinerindonesia.com
Kacang tanah yang sembunyi dibalik kulit tepung khas Makassar memiliki rasa renyah tiada tandingnya. Rasanya yang nagihin membuat jajanan ini kerap dibeli para wisatawan. Dengan rasa yang pedas manis membuat mulut tak mau berhenti ketika menikmati. Kamu bisa mencicipi jajanan ini diberbagai toko oleh-oleh khas Makassar.

5. Kue Kurma
Kue Kurma
Kue Kurma via tokopedia.com
Jangan gagal paham ya guys. Walaupun namanya kue kurma, bukan berarti itu menjadi bahan bakunya. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, maezena, mentega dan juga telur. Hanya saja bentuknya yang mirip dengan buah kurma, maka itu menjadi nama panggilannya. Rasanya manis dan gurih, cocok banget buat camilan dirumah.

6. Krupuk Jintan
Krupuk Jintan
Krupuk Jintan via tempatnongkrongasik.com
Krupuk lovers, jangan lupa, sempatka diri kamu untuk memborong jajanan ini. Krupuk jintan memiliki tekstur sangat renyah.tambahan jintan hitam dalam krupuk ini, semakin menambah rasa gurih dan lezat. Cocok banget buat di makan sambil duduk bersantai dirumah.

7. Kopi Toraja
Kopi Toraja
Kopi Toraja via kopitoraja.weebly.com
Nah,ini dia oleh oleh khas Makassar yang wajib kamu bawa pulang. Semua pasti udah pada kenal dong sama kopi yang ini. Yaps kopi toraja namanya. Kopi ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas, berbeda dengan lainnya. Jadi gak heran kalau kopi ini banyak diburu oleh wisatawan. Kamu bisa membeli kopi ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga, kerabat maupun rekan kerja yang ada di kota asal. Mereka pasti ikut senang, mendapatkan kopi mantap dari Makassar.

8. Kain tenun dan sarung khas Bugis
Kain tenun dan sarung khas Bugis
Kain tenun dan sarung khas Bugis via mamikos.com
Selain jajanan dan minuman ada juga loh oleh-oleh khas makassar Iainnya, yaitu kain tenun dan sarung. Kain tenun khas bugis ini terkenal halus dan memiliki berbagai motif unik yang bisa kamu pilih sesuai selera. Selain kain,ada juga sarung tenun yang cocok kamu jadikan buah tangan. Kain adalah termasuk oleh-oleh yang awet dan dapat bertahan lama. Jadi bisa buat pengingat atau nostalgia liburan setiap melihat maupun memakainya.

9. Minyak Tawon
Minyak Tawon
Minyak Tawon via tokopedia.com
Gak selamanya kan oleh-oleh itu harus berupa jajanan ataupun souvenir. Dikota Makassar ini ada juga minyak khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Namanya minyak tawon. Minyak ini adalah minyak essensial asli Indonesia yang berasal dari Makassar. Minyak ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, penghangat badan saat masuk angin, menghilangkan berbagai bekas luka pada kulit, mengobati diare, sakit kepala, flu, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Itu tadi artikel dari kami tentang beberapa oleh-oleh khas Makassar serta pusat perbelanjaannya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu ketika mau atau sudah bertandang di kota Makassar. Jangan lupa mampir dan beli oleh-oleh khasnya.