10 Wisata Alam Fenomenal Terbaru di Kecamatan Berastagi, Sumatera Utara

Berastagi telah menjadi salah satu tujuan destinasi hiburan yang sudah terkenal di Sumatera Utara dan sekitarnya. Berastagi ini masih termasuk Kabupaten Karo, meski ke depannya nanti Berastagi akan menjadi kota Madya, hal ini juga telah tertulis di Wikipedia.

Berastagi juga telah menjadi salah satu daerah yang sukses dalam menghasilkan buah dan sayur yang diekspor hingga ke Malaysia dan Singapura. Dan yang akan kita bahas adalah tentang keindahan pesona alam di Berastagi yang benar-benar Iconix.

1. Bukit Gundaling
Bukit Gundaling
Bukit Gundaling via triptrus.com
Tempat Wisata pertama di Berastagi yang akan kita bahas ini berlokasi di Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kab. Karo. Dengan tinggi 1,575mdpl dan lokasinya yang tidak jauh dari kota membuat bukit ini selalu menjadi incaran wisatawan. 

Anda dapat menyaksikan panorama indahnya kota Berastagi dari ketinggian, termasuk minat Gunung Sinabung yang baru-baru ini meletus. Kondisi sekitar bukit ini juga masih asri dengan banyak populasi pohon pinus serta udara segar. Benar-benar sangat pas untuk melepas lelah. 

Akses menuju bukit Gundaling ini juga cukup mudah, meski jumlah kendaraan yang mengarah ke sini terbilang terbatas. Di hari biasa, tempat ini dibuka selama 24jam. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja, sedangkan untuk parkirnya Anda dikenai Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Desa Peceren
Desa Peceren
Desa Peceren via wisatalogi.com
Desa Peceren ini menyimpan banyak edukasi tentang budaya hingga rumah adat masyarakat sekitar, yaitu suku Karo. Selain dikenal sebagai Desa Peceren, desa indah ini juga biasa disebut sebagai Desa Pempajaya, jadi, desa ini punya dua nama, ya. 

Ada sekitar 700 kepala keluarga di desa ini, dan semuanya berasal dari suku Karo. Di desa ini terdapat 6 rumah adat suku Karo yang bisa Anda kunjungi, usianya mencapai 120 tahun, sehingga nilai sejarahnya sudah sangat pekat. 

Lokasi desa Peceren ini di sebelah Utara Kota Berastagi, dengan akses masuk lewat jalan lintas Medan – Berastagi. Anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk, sebab tempat ini memang tergolong perkampungan biasa dengan fasilitas wisata yang masih minim. 

3. Museum Pusaka Berastagi
Museum Pusaka Berastagi
Museum Pusaka Berastagi via perempuannovember.com
Selanjutnya adalah Museum Pusaka Berastagi  yang di dalamnya tersimpan berbagai macam benda pusaka milik masyarakat suku Karo. Usianya telah mencapai ratusan tahun sehingga nilai sejarahnya sangat kental.

Lokasi museum ini berada di Jl.Perwira, Kel. Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo. Anda bisa mengunjungi tempat ini dari pagi hingga sore di hari-hari normal. 

4. Gunung Sinabung
Gunung Sinabung
Gunung Sinabung via id.wikipedia.org
Gunung ini sudah sangat fenomenal, apalagi belakangan lalu telah banyak diperbincangkan sebab terus berada pada status yang tidak menentu dan telah 4 tahun lebih mengeluarkan isi perutnya. 

Meski begitu, Gunung Sinabung pernah menjadi gunung terbaik yang selalu Rai oleh para pendaki. Saat kondisi masih aman, Gunung ini selalu dikunjungi dan dipuja-puja berkat keindahan alam sekitar yang sangat asri serta jalur pendakian yang juga masih alami, sehingga aman memacu adrenalin pendaki. 

Perlu diketahui bahwa jalur pendakian Gunung Sinabung memang tidak terlalu jelas, namun Anda bisa mematuhi rambu-rambu yang berada di jalur agar Anda tidak tersesat. 

5. Lau Sidebuk-debuk
Lau Sidebuk-debuk
Lau Sidebuk-debuk via merahputih.com
Selanjutnya adalah wisata berupa pemandian air panas yang berlokasi di Desa Daulu, Kec. Berastagi, Kab. Karo. Jika Anda berangkat dari Medan, maka Anda perlu menempuh lama perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam dengan jarak 58KM.

Tempat ini sangat ramai oleh pengunjung pada hari-hari libur dan hari besar nasional. Menurut kabar yang beredar turun-temurun, air panas di tempat ini merupakan air panas alami yang dipercaya mampu menyembuhkan  berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kurap, jerawat dan lain sebagainya. 

Dulu, sebelum dikenal dan dijadikan wisata pemandian air panas, lokasi in merupakan tempat cagar alam. Kemudian pada tahun 1980, cagar alam ini terebut dan kemudian diganti menjadi taman wisata dengan luas 7 Ha. Sekarang, untuk bisa masuk ke area pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini Anda perlu membayar tiket seharga Rp 15.000 sampai Rp 20.000 terlebih dahulu. 

Oya, biaya tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkirnya, ya. Akan dipatok Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Meski biaya tiket masuknya terbilang mahal, namun tempat ini mampu memberikan pelayanan berupa fasilitas lengkap yang tentunya akan memudahkan semua pengunjung serta memberi pelayanan ekstra. Tempat ini sudah lengkap dengan toilet, tempat ibadah dan beberapa fasilitas penting lainnya. Bahkan di sini juga dengan mudah dapat menemui pedagang oleh-oleh. 

6. Funland Mickey Holiday
Funland Mickey Holiday
Funland Mickey Holiday via traveloka.com
Tidak hanya Bandung saja yang mempunyai wahana permainan keren, namun Berastagi juga mulai unggul dengan tempat wisata bernama Funland Mickey Holiday yang menyediakan lebih dari 40 wahana permainan dengan nuansa menantang. Beberapa di antaranya adalah roller coaster, tornado dan masih banyak lagi.

Meski hingga saat ini Funland Mickey Holiday tidak memiliki wahana selengkap yang ada di Trans Studio Bandung, Namun secara keseluruhan, tempat inj telah mampu memberikan kesenangan bagi masyarakat sekitar dengan jenis-jenis permainan yang tergolong lengkap dan layak. 

Funland Mickey Holiday ini berlokasi di Jl. Letjen Jamin Ginting KM 50, Desa Pecen, Kec. Berastagi, Sempajaya, Kab. Karo. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 120.000 saja dan sudah bisa menikmati semua wahana yang ada di tempat ini. 

7. Bukit Kubu 
Bukit Kubu
Bukit Kubu via sp.beritasatu.com
Bukit Kubu merupakan salah satu tempat wisata di Berastagi yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga. Lokasi ya berada di Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Sempajaya, Kab. Karo. 

Di Bukit Kubu ini Anda bisa menikmati beberapa fasilitas menarik seperti kuda dan delman untuk ditunggangi dan berkeliling area bukit, flying fpx, mobil remot kontrol dan masih banyak lagi. 

Jika dibanding tempat wisata lainnya di Berastagi, tempat inilah yang paling mudah diakses. Fasilitas penunjangnya pun terbilang lengkap, mulai dari tempat parkir luas, penginapan, toilet, hingga tempat makan pun bisa nada jumpai dengan mudah di sini. 

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk satu orang. Dan Rp 30.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat. 

8. Panatapan
Panatapan
Panatapan via finiestumorang.blogspot.com
Bagi Anda yang hobi Travelling tapi suka sering lapar, maka Panatapan menjadi tempat wisata reccomended saat Anda berkunjung ke Berastagi. 

Panatapan telah menjadi tempat wisata yang cocok untuk melepas penat. Pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah dan Anda bisa menikmati sajian kuliner sederhana seperti jagung bakar maupun mie rebus. Kondisi alam sekitar Panatapan ini masih sangat asri dengan udara yang juga segar. 

Fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap, meliputi area parkir, tempat ibadah, tempat makan, toilet dan semuanya bisa dinikmati oleh para wisatawan. 

Anda tidak akan dibebani tiket masuk untuk dapat masuk ke Panatapan ini, dan karena merupakan tempat terbuka, maka Anda bisa masuk kapan pun Anda mau. Disarankan untuk berkunjung pada malam hari karena akan disuguhkan dengan pemandangan cantik lampu-lampu kota. Jika Anda tidak suka mi instan dan jagung bakar, maka Anda bisa mencoba menu lain seperti nasi goreng, kopi, susu maupun jahe sebagai penghangat tubuh. 

Lokasi Panatapan ini berada di Jalan Jamin Ginting, KM 54, atau sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Berastagi jika ditempuh menggunakan angkutan umum. Dan 2 jam dari kota Medan jika menggunakan kendaraan pribadi maupun Bus AKAD. 

9. Pasar Buah Berastagi
Pasar Buah Berastagi
Pasar Buah Berastagi via pa-kabanjahe.net
Berastagi memang wilayah dataran tinggi yang sangat melimpah hasil pertaniannya. Belum lengkap jika nada berkunjung ke sini namun tidak mencoba hasil pertanian dari sini pula. 

Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan segala hasil pertanian masyarakat setempat adalah Pasar Buah Berastagi, lokasinya berada di Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Kec. Berastagi, Kab. Karo. 

Di sini Anda bisa dengan leluasa berbelanja dan mengenal lebih dalam apa saja yang dihasilkan oleh penduduk di Berastagi. Beberapa di antaranya adalah manggis, sayur sawi, buah stroberi, jeruk, markisa dan masih banyak lagi. Karena Travelling itu tidak melulu mengunjungi tempat wisata maupun wahana yang memacu adrenalin, ya, namun juga mengunjungi tempat-tempat baru yang akan memberikan pengalaman baru pula. 

10. Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar via payungnarinake.blogspot.com
Danau Lau Kawar ini berlokasi di Desa Kutagugung, Berastagi, begitu menawarkan pemandangan eksotis karena letaknya di kaki Gunung Sinabung.

Anda hanya akan menghabiskan 50 menit perjalanan jika berangkat dari kota Berastagi. Meski tidak seindah Danau Toba, Danau Lau Kawar ini tetap unggul dalam kategori keasriannya. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti bermain air, memancing, berenang dan lain sebagainya di danau ini.