PLARIUSMODIFIKASI101

11 Wisata Daerah Jombang Terpopuler dan Menyenangkan

Wednesday, January 9, 2019
Masih saja bingung mencari tempat wisata di Jombang? Tidak perlu khawatir, karena ulasan di bawah ini akan membantu Anda dapay memilih beberapa tempat wisata dengan destinasi wisata terbaru dan Hits di kalangan muda-mudi masa kini. Bahkan, beberapa di antaranya juga cocok untuk disambangi bersama keluarga maupun anak-anak. 

Jombang sudah dikenal sebagai salah satu kota santri karena beberapa pondok terkenal di dalamnya. Bahkan, selain dikenal sebagai “Kota Santri”, Jombang juga mempunyai slogan “Jombang Beriman”. Hal tersebut tidak menutup potensi tempat wisata mengagumkan, bahkan, Jombang telah masuk sebagai daftar kota yang tak boleh dilewatkan saat liburan. Bagi Anda yang tengah mencari referensi tempat wisata yang Hits, maka berikut beberapa referensinya. 

1. Bale Tani Jombang
Bale Tani Jombang
Bale Tani Jombang via hargajoss.com
Bale Tani ini adalah tempat wisata yang menyediakan wahana edukasi terbaru di Kabupaten Jombang, beberapa yang menjadi unggulan dari tempat ini adalah mampu memberikan pelajaran seputar pertanian. 

Beberapa jenis pertanian yang dikembangkan di sini adalah ladang, hidroponik, hortikultura, persawahan, perikanan darat dan peternakan sapi. Fasilitasnya juga bisa dibilang lengkap dengan adanya mushola, karaoke keluarga, Rumah punggung, kolam renang anak, tujuh Rumah panggung dan beberapa spot foto keren. 

Saat singgah ke sini, memang belum lengkap rasanya apabila belum berfoto dengan latar belakang super unik dan kekinian. Beberapa background yang bisa Anda pilih adalah di sela-sela tanaman sayur, gambar sayap besar, ayunan kursi malas dan rumah pohon yang mirip pagupon. 

Untuk masuk ke Bale Tani, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 saja. Lokasinya berada di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kec. Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur. 

2. Bukit Hijau Carangwulun
Bukit Hijau Carangwulun
Bukit Hijau Carangwulun via nyero.id
Bukit ini juga termasuk daftar tempat wisata di Jombang yang sedang hits. Destinasi yang ditawarkan adalah pemandangan pepohonan pinus yang telah dihiasi dengan spot foto kekinian. 

Seperti yang sedang menjamur saat ini, Anda bisa berfoto ala Instagramable di beberapa sudut. Terdapat beberapa spot foto menarik seperti bentuk hati yang terbuat dari ranting, spot foto kupu-kupu, tulisan dari bambu, Rumah pohon dan Sepeda gantung. 

Pastikan Anda menggunakan kendaraan yang prima untuk menuju ke lokasi, sebab rutenya cukup berliku-liku. Lokasi Bukit Hijau ini berada di Carangwulun, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. 

3. Taman Ponggok 
Taman Ponggok
Taman Ponggok  via travelingyuk.com
Taman Ponggok juga termasuk daftar tempat wisata di Jombang yang Hits dan kekinian banget. Yang menjadi daya tarik Taman Ponggok ini adalah adanya taman bunga nan indah yang berisi beberapa jenis bunga cantik seperti bunga marigold dan gumitir. 

Kumpulan bunga cantik tersebut tentunya ditata dengan formasi tertentu sehingga sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto ala Instagramable. Terdapat juga beberapa jenis bunga lain sepeti bunga matahari, padi, labu, jagung dan kedelai. Kira-kira terdapat hampir 200 jenis tanaman pangan dan non pangan terdapat di tempat wisata ini. 

Ada baiknya bagi para pengunjung untuk tidak hanya hunting foto saja, melainkan juga mampu mengenal berbagai jenis tanaman untuk menambah wawasan. Di sini juga terdapat menara setinggi 3 meter yang tidak kalah keren untuk berfoto.

Lokasi Taman Ponggok ini berada di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, Kec. Bandar Kedung Mulyo, Kab. Jombang, Jawa Timur. 

4. Alas Gedangan Mojoagung
Alas Gedangan Mojoagung
Alas Gedangan Mojoagung via explorewisata.com
Selanjutnya adalah Alas Gedangan Mojoagung yang juga termasuk dalam daftar tempat wisata paling Hits di Kabupaten Jombang, sangat wajib bagi Anda untuk exsplore segala keindahannya. 

Di sini Anda bisa mengeksplor beberapa spot foto memukau seperti Rumah kayu, gardu pandang, replika sarang burung dan masih banyak spot menarik lainnya. Satu momen yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sunrise di Bukit Sunrise. Seperti namanya, tentunya Anda akan dikagumkan oleh keindahan sunrise paling eksotis di bukit ini. 

Alas Gedangan ini terletak di Dusun Gedangan, Desa Kedung lumpang, Kec. Mojoagung. Kab. Jombang, Jawa Timur. 

5. Wisata Alam Banyu Mili
Wisata Alam Banyu Mili
Wisata Alam Banyu Mili via nyero.id
Wisata Alam Banyu Mili memang bisa dikatakan baru karena karena resmi dibuka pada bulan November 2017, namun siapa sangka telah menjadi wisata Hits di kota Jombang sekarang ini. Destinasi yang ditawarkan sangat beragam, bahkan jalur trekking bisa dibilang cukup menantang meski sepanjang jalan akan dibuat terpukau oleh keindahan alam hijau. 

Jika Anda lelah mengatasi lokasi, maka bisa beristirahat di Hammock yang terdapat di sekitar area tersebut. Juga tersedia beberapa warung yang menyediakan minuman dingin, kopi, sampai Mie instan. 

Ada juga Rumah Hobbit dan gelas raksasa yang menjadi spot berfoto paling populer di sini. Bahkan, lingkungan alamnya juga masih sangat asri, loh. Tentu Anda akan bebas untuk berfoto di mana, karena semuanya sisi tempat ini sangat indah. 

Lokasi Wisata Alam Banyu Mili ini terletak di Desa Carang Wulung, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. 

6. Kampoeng Djawi
Kampoeng Djawi
Kampoeng Djawi via gpswisataindonesia.wordpress.com
Lokasi Kampoeng Djawi ini berada di ketinggian 750 dari atas permukaan laut, udaranya pun cukup segar dengan banyak sekali pegunungan serta hamparan sawah.

Kampung ini bahkan menjadi tempat ideal untuk melakukan rekreasi, melepas penat dan kembali ceria saat malam hari. Budaya yang dilestarikan pun sangat menyatu dengan keramahan penduduk desa Carangwulung, karena dibuat dengan sentuhan arsitektur Jawa. 

Suasana yang rekreatif akan semakin lengkap dengan adanya fasilitas seperti kegiatan High rope, ampi theater, kolam renang, flying fox, arena shooting target, pendapa Joglo, off road, motor cross, mountain Bike dan Anda juga bisa melakukan kegiatan rafting di Sungai Boro. Destinasi di sini juga sangat ideal untuk liburan bersama keluarga. 

Lokasi Kampoeng Djawi ini berada di Desa Gondang, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. 

7. Air Terjun Tretes 
Air Terjun Tretes
Air Terjun Tretes via sinyoureh.blogspot.com
Air Terjun Tretes ini memiliki tinggi mencapai 158cm dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Nuansa yang dihadirkan sangat berkelas namun tetap alami. Udaranya pun sejuk dengan aliran air lumayan deras. 

Untuk mencapai tempat ini, memang diperlukan tenaga ekstra dan fisik prima, sehingga tempat ini sangat cocok sekali bagi Anda yang suka Adventures. Terdapat bongkahan batu besar di depan air terjun ini pasti sangat unik untuk spot berfoto. Biasanya, wisatawan akan menghasilkan foto landscape maupun potrait di depan bebatuan ini. 

Lokasi Air Terjun Tretes ini berada di Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. 

8. Air Terjun Grenjeng
Air Terjun Grenjeng
Air Terjun Grenjeng via sinyoureh.blogspot.com
Air Terjun Grenjeng ini memiliki tinggi berkisar 8 meter. Meski tidak terlalu besar, tapi tempat wisata alam ini sangat cocok untuk bersantai dan menenangkan pikiran, bahkan akses jalannya juga tidak terlalu sulit. 

Sensasi keindahan alam yang masih asri di sini terasa berkat suasana alami sekeliling dan percikan air segar. Jika Anda berniat singgah, maka silakan datang ke Desa Jenis gelaran, Kec. Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur. 

9. Air Terjun Sanggar
Air Terjun Sanggar
Air Terjun Sanggar via adventurewonosalam.blogspot.com
Tidak hanya terlihat menawan, namun Air Terjun Sanggar juga sangat indah dari segi aliran airnya, sebab sangat jernih, segar dan bentuknya unik menyerupai pocong. 

Bahkan Anda juga bisa melakukan aktivitas hunting foto keren dan camping di sekitar sini. Lokasinya berada di Dusun Sanggar, Desa Jarak, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. 

10. Kedung Cinet
Kedung Cinet
Kedung Cinet via kompasiana.com
Tempat Wisata di Jombang No 10 ini merupakan area yang terbentuk dari kombinasi tebing bebatuan kapur dengan aliran bernuansa hijau di sekelilingnya. Suasananya sangat unik dan mampu membuat siapa saja nyaman dan betah. 

Memang, akses jalan menuju lokasi Kedung Cinet ini belum cukup memadai, namun berkat keindahan yang ada di dalamnya tentu mampu membuat wisatawan terpikat.

Lokasinya berada di Klitih, Kec. Plandaan, Kab. Jombang, Jawa Timur.  

11. Kedung Sewu
Kedung Sewu
Kedung Sewu via explorewisata.com
Jika Anda mencari spot wisata alam yang unik dan eksotis, maka Kedung Sewu bisa menjadi salah satu tujuan wisata reccommended saat bertandang ke Kota Jombang. 

Rangkaian cekungan ini terbuat secara alami yang kemudian terisi oleh air. Di Kedung, banyak aliran sungai panjang nan berkelok-kelok. Di sisi dan kanannya inilah terdapat banyak Kedung berukuran kecil yang terisi air. Tepatnya, kedung-kedung ini berada di antara bebatuan raksasa yang telah melewati proses selama ribuan tahun, hingga jadilah seperti demikian. 

Di Kedung Sewu ini Anda tidak bisa berenang, melainkan hanya berendam dan mandi saja. Yang paling tak boleh dilewatkan adalah ber-selfie dengan spot keren dan memukau kedung-kedung di sana. Lokasinya berada di Tanjung Wadung, Kec. Kabuh, Kab. Jombang, Jawa Timur.