Pada artikel kali ini, tentunya kita akan membahas objek wisata di Kecamatan Bandungan, Kab. Semarang yang tidak kalah Hits. Bagi Anda yang tengah sibuk mengulik-ulik referensi tempat wisata di Kecamatan Bandungan ini, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai tuntas. Sebelumnya, Kota Semarang memang telah terkenal akan keaneragaman kulinernya dan ini, makin hari juga terkenal memiliki banyak lokasi wisata alam yang indah dan menawan di setiap sudutnya.

Salah satunya adalah Kabupaten Bandungan yang juga termasuk salah satu kecamatan yang masuk Kab. Semarang. Letaknya di sebelah selatan kota Semarang, yaitu di bawah gunung Ungaran, di situlah banyak terdapat wisata alam yang menarik dikunjungi. Langsung saja, berikut adalah daftar objek wisata di Kabupaten Bandungan yang paling Hits tahun 2018:

1. Puncak Gunung Ungaran
Puncak Gunung Ungaran
Puncak Gunung Ungaran via delapanmataangin.com
Tempat wisata di Bandungan, Semarang yang akan kita bahas pertama ini tentunya sangat reccomended bagi para penyuka olahraga mendaki gunung. Jika memang benar Anda seorang Pendaki Gunung sejati, maka Anda bisa mencoba sensasi mendaki gunung yang terletak di Kec. Bandungan, Semarang ini. Anda bisa menuju gunung Ungaran ini dengan melalui Kec. Bandungan kemudian memulai pendakian dari Basecamp Mawar. 

Menurut informasi yang beredar, gunung Ungaran ini memiliki ketinggian mencapai 2.050 meter di atas permukaan laut. Untuk dapat mencapai puncaknya, memerlukan waktu kurang lebih sekitar 3 sampai 4 jam. Dan agar rada lelah dan penat bisa diminimalisir saat menempuh perjalanan ke puncak gunung Ungaran, para pendaki biasanya akan beristirahat sejenak sembari mengisi tenaga di beberapa pos yang telah disediakan.

Terdapat beberapa pos dengan pemandangan indah dan cocok untuk berfoto, yaitu pos 1, pos kolam renang dan pos terakhir yang merupakan perkebunan teh Medini. Nah di pos terakhir ini, Anda kemudian bisa mendirikan tenda sebagai tempat berteduh sambil menikmati panorama keindahan perkebunan teh yang memukau. Setelah sejenak melepas lelah di pos perkebunan teh Medini, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan ke puncak gunung Ungaran, namun, Pendakian mungkin akan terasa lebih sulit dan agak menanjak. 

Setelah sampai di Puncak, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan indah di sekeliling Gunung Ungaran ini, sehingga, rasa lelah mendaki pun akan terobati.

2. Taman Bunga Setiya Aji
Taman Bunga Setiya Aji
Taman Bunga Setiya Aji via jejakpiknik.com
Selanjutnya adalah tempat wisata di Bandungan yang mengandalkan bunga sebagai daya tarik, namanya Taman Bunga Setya Aji. Lokasinya berada di dusun Ngasem, desa Jetis kecamatan Bandungan. Untuk Anda yang menyukai bunga dan hobi berfoto dengan background bunga, maka tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi guna menghasilkan foto super memukau dan Instagramable.

Di sini juga tersedia banyak sekali koleksi bunga yang siap memanjakan mata Anda. Bunga-bunga di tempat ini telah tertata rapi dan penuh warna, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat mengambil foto dan menyegarkan pikiran karena pemandangan asri mampu membawa ketenangan bagi tubuh.

Jika Anda tertarik dan berencana untuk mengunjungi Wisata Taman Bunga Setya Aji yang berlokasi di Bandungan ini, maka kami sarankan agar Anda berkunjung pada waktu pagi hari. Sebab, selain bisa mengambil foto dengan cahaya matahari yang baik, Anda juga tidak kehabisan waktu mengantre karena saking banyaknya pengunjung. 

Teman wisata ini juga cocok dikunjungi oleh segala kalangan dan paling pas dinikmati bersama keluarga maupun pasangan. Karena selain tempatnya yang menyenangkan, taman bunga tentunya akan membawa kesan romantis. 

3. Pasar Kembang Bandungan
Pasar Kembang Bandungan
Pasar Kembang Bandungan via bandunganonline.blogspot.com
Biasanya, seorang wanita sangat suka dengan bunga. Nah, bagi Anda yang punya kekasih, maka singgahlah ke tempat wisata yang satu ini. Namun jangan salah dulu, Anda berkunjung bersama keluarga dan rekan pun juga pas kok tidak hanya Taman Bunga Setya Aji saja, namun masih ada tempat lain yang menyediakan beragam bunga seperti Pasar Kembang Bandungan ini, Guys.

Ada banyak jenis bunga yang dijual di sini, beberapa di antaranya adalah bunga sedap malam, bunga dahlia, bunga mawar dan bunga krisan. Pasar ini mulai dibuka atau aktif pada waktu dini hari, sementara untuk waktu kunjungan terbaik. Anda bisa memilih waktu antara pukul 14.00-20.00 WIB. Jangan heran jika tempat ini selalu ramai, karena pasar  kembang Bandungan ini memang telah menjadi tempat wisata Bandungan Semarang bagi para pencinta kembang. 

4. Susan SPA
Susan SPA
Susan SPA via visitjawatengah.jatengprov.go.id
Susan SPA tergolong tempat SPA yang sangat unik. Sebab, lokasi tempat berdirinya bangunan SPA ini berada di atas ketinggian sehingga mampu memberikan sajian udara segar dan panorama alam yang indah. Biasanya, Wisatawan setelah berkeliling mengunjungi beberapa tempat wisata Bandungan Semarang, maka badan mereka akan terasa lelah dan butuh istirahat, dan memilih Susan SPA sebagai tempat beristirahat adalah sebuah ide yang sangat cemerlang.

Tidak hanya menyediakan tempat SPA untuk menyegarkan tubuh saja, namun, Susan SPA ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti restoran dan toko suvenir. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 saja, Anda dijamin akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan. Dan setelah liburan, maka Anda tidak akan merasakan lelah yang berarti. 

5. Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo via jejakpiknik.com
Siapa yang tidak kenal tempat wisata ini? Mungkin Anda sudah beberapa kali mendengarnya namun belum sempat ke sana. Tempat Wisata ini berada di atas lereng gunung Ungaran, tepatnya di ketinggian 1.200 mdpl. Candi ini adalah pusat percandian umat Hindu yang ada di Semarang. Selain digunakan sebagai tempat upacara keagamaan umat Hindu, tempat ini juga telah menjadi area rekreasi bagi yang ingin jalan-jalan sembari menikmati nuansa sejarah. 

Sudah sejak lama, lokasi candi Gedong Songo juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi wisata oleh masyarakat Semarang. bahkan beberapa orang kadang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk mengambil foto-foto prawedding.

Ditambah pemandangan indah dan udara sejuk, tentu akan membuat para wisatawan merasakan segar dan stres akibat aktivitas seharian pun bisa hilang. Setelah bosan berkeliling dengan jalan kaki, Anda bisa mencoba sensasi menunggang kuda yang telah disediakan dan bisa disewa di tempat ini.

6. Pondok Kopi
Pondok Kopi
Pondok Kopi via ragentar.com
Bagi para pencinta kopi, maka sangat pas untuk mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bandungan yang satu ini. Lokasinya berada di Desa Sidomukti, tempat wisata ini telah menjadi favorit banyak kaula muda. 

Selain bisa menikmati kopi dengan cita rasa khas, Anda pun bisa mengajak teman Anda yang hang out ke sini, suasana lingkungannya pun masih alami ditambah udara yang sejuk. Memandang indahnya panorama alam ditemani hangat dan harumnya aroma kopi, tentu akan menjadikan hari Anda semakin istimewa.

7. Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti via mangkoko.com
Tempat Wisata yang selanjutnya ini juga sudah sangat populer loh Guys, bahkan sampai ke wisatawan Semarang. Tempat Wisata terfavorit ini mempunyai bermacam fasilitas seperti kolam renang, camping ground, flying fox dan juga outbound. Di antara keempat fasilitas itu, yang paling banyak diminati dan juga paling terkenal adalah fasilitas kolam renang.

Lokasi Umbul Sidomukti ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Sehingga, kolam renang Umbul Sidomukti menjadi begitu unik dan mampu memberikan kesan berbeda bagi setiap pengunjung. Bisa dibilang, jenis-jenis kolam renang yang disediakan di sini cukup bervariasi, yaitu memiliki 4 tingkatan dengan kedalaman berbeda-beda yang bisa dipilih sesuai kemampuan renang Anda. Kemudian, apabila ingin menikmati suasana alam sambil duduk santai, maka Anda bisa mengabaikan waktu bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan.

8. New Bandungan Indah Waterpark & Faily Resort
New Bandungan Indah Waterpark & Faily Resort
New Bandungan Indah Waterpark & Faily Resort via wisatakaka.com
Tempat wisata yang terakhir ini juga tidak kalah populer, loh. Fasilitas-fasilitasnya pun bisa dibilang lengkap, beberapa yang disediakan di New Bandungan Indah Waterpark ini adalah waterpark, kidcastle dan outbound.

Lokasinya yang identik dengan daerah pegunungan, tentu membuat tempat ini mempunyai udara yang cukup sejuk dan segar. Selain dapat menikmati wahana permainan air, Anda pun juga bisa menikmati bermacam kuliner di resort yang telah disediakan.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner di Bandungan, Semarang yang berhasil kami rangkum kali ini. Tentunya, selaun beberapa tempat di atas masih banyak pula tempat wisata lainnya yang belum sempat kami tulis. Dan semuanya sangat reccomended dengan kelebihan masing-masing. 

Nah, apakah Anda sudah menemukan referensi yang tepat untuk tujuan liburan Anda? Pastikan Anda mengajak pasangan, keluarga maupun rekan saat merayakan hari libur Anda di Bandungan, Semarang ini ya, Guys. 
By