Kota Yogyakarta memang perlu diakui keindahan pesona alamnya. Keindahan alam yang berpadu dengan kentalnya budaya menjadikan kota ini sebagai salah satu kota pariwisata yang ramai pengunjung. Gunung Merapi sendiri adalah gunung dengan ketinggian puncak kurang lebih 2.930 meter dari permukaan laut. Gunung berapi yang berada di bagian tengah Pulau Jawa ini tercatat sebagai salah satu gunung teraktif yang ada di Indonesia.

Selain dikenal sebagai salah satu gunung berapi teraktif, Gunung Merapi sendiri juga merupakan salah satu gunung di dunia yang berdiri kokoh di 4 wilayah kota di Indonesia. Lereng sisi selatan gunung ini mencapai Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan di sisi sebelah baratnya Gunung ini sampai di Provinsi Jawa Tengah yaitu di Magelang dan sisi timur serta utaranya terletak di Kabupaten Boyolali, dan sisi tenggaranya terletak di Kabupaten Klaten.

Terlepas dari segala bencana yang ditimbulkan Gunung ini, Gunung Merapi sendiri merupakan salah satu tempat wisata yang telah banyak dikunjungi wisatawan dari banyak daerah. Panorama alam dan juga keindahannya sangat indah dan mampu menjadi magnet utama bagi siapa pun untuk mengunjunginya. 

Rute menuju Gunung Merapi
Rute pertama menuju obyek wisata Gunung Merapi yaitu melalui Desa Kinahrejo yang berjarak 2 kilometer dari sebelah timur kaliurang. Dari desa ini kalian bisa menuju ke puncak merapi dengan jarak tempuh 9 kilometer dan memakan waktu kurang lebih 10 jam dengan medan berbatu dan cukup terjal.

Rute kedua kalian bisa melalui dari daerah Selo Kabupaten Boyolali yang lokasinya berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari kota Yogja kalian bisa menggunakan transportasi umum seperti bus menuju Kartosuro, dari sini kalian bisa berlanjut ke arah Boyolali hingga sampai di Selo.

Pesona Gunung Merapi
Memang tidak lengkap rasanya jika mengunjungi kota Yogyakarta, terlebih di daerah Kaliurang, namun sempatkan mampir ke Gunung Marapi. Terlebih bagi Anda yang mempunyai hobi mendaki atau berpetualang, Gunung ini sangat pantas Anda coba. Alasannya, kawasan ini memang sudah lengkap dengan jalur pendakian yang bisa wisatawan gunakan untuk mendaki. Di kawasan ini Anda juga bisa menyaksikan sisa-sisa peninggalan dari letusan dahsyat beberapa tahun lalu. 

Di lereng gunungnya, banyak sekali objek wisata yang bisa kalian kunjungi, seperti Museum Sisa Harta Ku dan Kaliadem. Bukan hanya itu saja, kalian juga dapat melakukan Lava Tour dengan menyewa mobil jeep yang tersedia di sekitar kawasan obyek wisata.

JVM Adventure merupakan komunitas jeep yang berada di wilayah Lava Tour merapi, tepatnya di Dusun Krangkah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Komunitas jeep inilah yang nantinya menyediakan jasa antar untuk kalian berwisata di kawasan Gunung Merapi. 


Beberapa Tempat di Wisata Gunung Merapi

1. Taman Nasional Gunung Merapi
Taman Nasional Gunung Merapi
Taman Nasional Gunung Merapi via dolandolen.com
Taman Nasional Gunung Merapi ini dikelola oleh pemerintah setempat sendiri. Lokasinya berada di sekitar puncak hutan Merapi dan telah didirikan sejak tahun 2004 dengan tujuan supaya alam sekitar bisa terjaga dengan baik.

2. Museum Sisa Harta Ku
Museum Sisa Harta Ku
Museum Sisa Harta Ku via jogja.tribunnews.com
Museum Sisa Harta Ku adalah sebuah tempat dari banyak bangunan yang hancur akibat letusan dahsyat Gunung Merapi pada tahun 2010, kondisinya sangat hancur dan mampu membuat siapa saja yang melihatnya akan membayangkan betapa mengerikan bencana dari Gunung legendaris ini. 

Di tempat inilah terdapat sebuah benda yang mempunyai histori kental akan kejadian kelam tersebut, yaitu sebuah jam yang menunjukkan pukul  00.05 WIB waktu Yang menunjukkan saat daerah wilayah Dusun Petung hancur lebur yang di akibatkan erupsi Gunung Merapi. Terdapat benda lain seperti gamelan, sepeda motor, benda pusaka dan peralatan lainnya.

3. Bungker Kaliadem
Bungker Kaliadem
Bungker Kaliadem via seputarwisata.com
Juga terdapat bungker yang dibangun sejak 2005, lokasinya berada di lereng Gunung Merapi, atau tepatnya di Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Bangunan ini berada di bawah tanah dengan kedalaman sekitar 3 meter dan berukuran 12 x 8 meter. Di dalamnya terdapat banyak tabung oksigen karena memang ditujukan untuk kondisi darurat seperti saat gunung api meletus. 

4. Bukit Glagahsari
Bukit Glagahsari
Bukit Glagahsari via melisamayo.blogspot.com
Tempat yang dijuluki Bukit Glagahsari ini berada di lereng sebelah selatan Gunung Merapi. Lokasinya berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangringan, Sleman jaraknya hanya 3 kilometer dari puncak. Di sekeliling area bukit banyak ditumbuhi pohon sehingga menjadikan kawasan bukit terasa begitu adem. Mungkin asalnya Anda akan mengira bahwa pohon di sekitar area bukit merupakan pohon Cemara, padahal bukan, pohon yang tumbuh mengelilingi bukit ini adalah pohon Sogo.

5. Makam Mbah Maridjan
Makam Mbah Maridjan
Makam Mbah Maridjan via grinataadventure.com
Mbah Maridjan sendiri sudah sangat terkenal hingga pelosok negeri, ia adalah yang rela mendedikasikan hidupnya serta memiliki loyalitas tinggi kepada Gunung Merapi. Semasa hidup Mbah Maridjan dipergunakan untuk menjaga atau dikenal sebagai pawang dari Gunung Merapi. 

Dari itu, ia seakan memiliki rasa tanggung jawab yang besar karena pekerjaannya dan di dorong dengan kecintaannya terhadap merapi membuat Mbah Maridjan memilih Gunung Merapi sebagai tempat peristirahatan terakhir. Lokasi makam Mbah Maridjan berada di Dusun Srunen, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. 

6. Kali Opak
Kali Opak
Kali Opak via snowlife-elisa.com
Lokasinya berada di sebelah selatan lereng Gunung Merapi dan memiliki kedalaman sekitar 30 meter serta panjang kurang lebih 12 kilometer. Dengan adanya Kali Opak ini juga lah yang memisahkan antar dua desa di daerah Kecamatan Cangkringan yaitu Desa Kepuharjo dan Desa Umbulharjo.

7. Wisata Air Kali Kuning
Wisata Air Kali Kuning
Wisata Air Kali Kuning via lavatourmerapi.blogspot.com
Di sebelah selatan lereng Gunung ini terdapat sebuah tempat yang menyediakan sumber mata air, namanya Air Kali Kuning. Di sinilah muncul dua sumber mata air yang sangat jernih, lalu di beri nama oleh warga sekitar Umbul lanang dan Umbul Wadon.

Indahnya gemercik air serta perpaduan keindahan alam sekitar yang di penuhi dengan tumbuhan hijau mendatangkan nuansa damai pada Kali Kuning. Selain keasrian alamnya, terdapat pula jembatan kuno yang berdiri sejak kolonial Belanda ada. Meski terbilang tua, nyatanya jembatan tersebut masih kokoh dan layak dilalui.

8. Batu Alien
Batu Alien
Batu Alien via jogja.tribunnews.com
Jangan berpikir batu ini adalah peninggalan makhluk asing, karena, sebenarnya batu ini adalah salah satu batu besar yang keluar dari mulut Gunung Merapi ketika terjadi erupsi pada tahun 2010 silam.

Disebut batu Alien karena diameternya sekitar 5meter dan bentuknya mirip kepala serta wajah makhluk luar angkasa. Jika kalian melihat dari sisi sebelah kiri, maka akan tampak jelas penampakan layaknya kepala manusia yang dilengkapi dengan anggota tubuh bagian atas seperti layaknya manusia pula.

Pada bagian utara Batu Alien Anda akan dapat melihat hamparan pasir yang tercipta akibat luapan lava dari Sungai Gondol saat letusan Gunung Merapi. Sebelum tragedi tersebut terjadi, dulunya, kawasan ini merupakan pemukiman warga Dusun Jambu. Luapan lahar panas dari Sungai Gondol lah yang membuat area ini ditumpuki pasir serta batu-batu.

9. Sunrise
Sunrise
Sunrise via tour.qtiket.com
Untuk mendapatkan kesenangan puas, maka mulailah perjalanan dari pukul 04.00 pagi agar bisa menyaksikan fenomena alam terbitnya sang matahari dari lereng Gunung Merapi. 

Keindahan Sunrise-nya tidak  kalah menawan dengan tempat  lain, yang menjadi pembeda adalah ketika hari cerah, Anda bisa menyaksikan keseluruhan gunung merapi dari bawah hingga puncak.

Alamat Wisata Gunung Merapi di Jogja 
Lokasinya berada di Jl.Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kab.Sleman, Yogyakarta 55582.

Rute Pendakian ke Gunung Merapi Jogja
Setelah letusan terjadi pada 2010 silam, jalur pendakiannya beralih dari bukit Pronojiwo Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Dengan melewati jalur ini Anda akan menghabiskan waktu pendakian kurang lebih 7 jam untuk sampai ke puncak merapi.

Fasilitas di Wisata Gunung Merapi Jogja
Wisata di Gunung Merapi kawasan Kaliurang ini sangat banyak menawarkan fasilitas untuk mendukung kegiatan Anda selama berwisata di Gunung Merapi. Di sinu telah disediakan bumi perkemahan bagi Anda pencinta alam atau yang ingin bermalam di kawasan tempat wisata. Di sisi lain juga telah disediakan tempat perkemahan serta  jalur lintas jelajah alam yang bisa dipakai para pengunjung untuk mengeksplorasi segala keindahan yang ada di sini.

Juga terdapat villa dan bungalow di sekitar area lereng, dan biasa dipakai untuk berbagai acara seperti, seminar, rapat dan lokakarya. Jadi bagi Anda yang sedang berkunjung di sinu, jangan khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Karena memang  kawasan ini telah menyediakan fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap.  
By