Destinasi Alam Spektakuler di Labuan Bajo No. 11 Paling Mengagumkan

Tidak hanya melulu terkenal dengan Pulau Komodo atau pun Pantai Merah alias Pink Beach saja, ternyata kini Labuan Bajo makin terkenal berkat banyaknya lokasi wisata yang bisa dieksplor oleh wisatawan.

Tentu saja anggapan bahwa Wisata Labuan Bajo hanya untuk melihat Komodo saja, saat ini sudah kurang pas! Mungkin dulu anggapan tersebut ada benarnya, namun seiring perkembangan zaman dan majunya sektor pariwisata di Labuan Bajo, maka telah muncul beberapa tempat wisata di Labuan Bajo yang juga mempunyai daya tarik serta keindahan tersendiri, beberapa di antaranya bahkan tampak seperti Surga Dunia. 

Bahkan saat Anda baru melihat beberapa destinasi melalui tangkapan kamera di bawah dan membawa artikel ini sampai tuntas, pasti Anda akan langsung tertarik dan kagum akan keindahan yang dimiliki Labuan Bajo. Perlu diingat, Anda tidak perlu ragu-ragu untuk mengunjungi destinasi di Labuan Bajo sebab paket wisatanya sangat murah dan berkualitas. 

Nah, maka dari itu, kami mencoba mendaftar beberapa destinasi wisata yang sangat menarik dan reccomended untuk Anda kunjungi saat berada di Labuan Bajo. Mulai dari wisata air, pemandangan alam, pantai, wahana snorkeling, wahana trekking sampai wisata budayanya. Seperti berikut:

1. Pulau Komodo
Pulau Komodo
Pulau Komodo via blog.airyrooms.com
Tempat wisata pertama di Pulau Bajo yang akan kita bahas ini memang sudah sangat familier dan bahkan hampir semua orang di Indonesia tahu, tempat wisata ini mempunyai daya tarik besar dan pantas saja jika namanya makin mendunia. Anda bisa melihat dari dekat kehidupan liar kadal raksasa, Komodo di Pulau Komodo ini.

Anda juga akan diajak melakukan Trekking menyusuri hutan dan mendaki bukit untuk melihat kehidupan liar komodo. Tersedia 3 macam track trekking yang bisa Anda pilih yaitu short track, medium track dan long track.

Bisa dipastikan bahwa pengalaman berlibur di Pulau Komodo ini bakal tidak terlupakan dan selalu berkesan, apalagi jika Anda bisa berfoto dekat sekali dengan komodo. Namun sebelum Anda ke taman nasional komodo ada baiknya memperhatikan panduan dan tips trekking di sini agar semuanya berjalan lancar tanpa hambatan.

2. Pulau Rinca
Pulau Rinca
Pulau Rinca via indonesiakaya.com
Selain Pulau Komodo yang sudah terkenal hingga mancanegara, ada juga Pulau Rinca yang sama-sama hadir untuk melindungi komodo. Tempat ini juga bisa memberikan pengalaman kepada Anda untuk bisa lebih dekat dengan komodo. Di sini, Anda juga akan diajak melakukan Trekking dengan 3 track Trekking yang bisa kamu pilih, yaitu : Short, Medium dan Long Track.

Sedangkan untuk medan serta jalur track yang terjal, maka di Pulau Rinca ini Anda akan menemukan tentangan super berbeda dengan Pulau Komodo! Trekking di Pulau Rinca ini akan terasa panjang dan cukup melelahkan meski Anda mengambil short track. 

3. Pink Beach
Pink Beach
Pink Beach via m.goldenrama.com
Bagi Anda yang suka destinasi alam, maka Pink Beach bisa menjadi tujuan wisata menyenangkan saat bertandang ke Labuan Bajo. Pink Beach atau yang sering dinamai Pantai Merah oleh orang lokal, akan memberikan pemandangan laut yang indah dan tidak mengecewakan. Pasir putih dengan gradasi warna merah menjadi surga bagi penduduk bumi, apalagi yang hobi snorkling. Karena Karang Laut dan Koral bisa dengan puas bisa Anda nikmati di sepanjang pantai ini.

Jika tidak suka atau tidak bisa snorkeling, maka Anda bisa bermalas-malasan di pinggir pantai atau sekedar bermain bola dan volly untuk mengisi waktu luang di pantai merah.

4. Manta Point
Manta Point
Manta Point via sportourism.id
Jika Anda sudah terbiasa menyaksikan keajaiban alam dari darat, maka Anda perlu mencoba yang satu ini. Manta Point ini akan  menawarkan sensasi berenang atau snorkling yang berbeda. Jika bisanya Anda hanya dapat melakukan snorkeling demi melihat karang laut, kali ini Anda akan diajak berenang bersama Manta Ray.

Jika Anda sedang beruntung, Anda akan dapat merasakan menyentuh Manra Ray yang telah menjadi daya tarik besar wisatawan untuk mengunjungi Labuan Bajo agar mendapatkan pengalaman snorkeling  yang lebih berbeda. 

5. Pulau Padar
Pulau Padar
Pulau Padar via padarnews.com
Tempat Wisata ini bisa dibilang sudah lama terdengar, karena memang telah populer sejak tahun 2014. Telah  banyak foto dan ulasan wisatawan yang pernah berkunjung ke sana, membuat pulau padar menjadi salah satu tujuan favorit dalam daftar tempat wisata Labuan Bajo.

Keindahan serta pesona alamat Pulau ini mampu menjadi saya tarik utama, dan selaun itu Anda juga bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise di atas bukit pulau padar. Pasti sangat mengagumkan!

6. Pulau Kelor
Pulau Kelor
Pulau Kelor via phinemo.com
Anda juga perlu mengetahui wisata alam yang satu ini, sama-sama Pantai, namun tetap saja Pulau Kelor menyimpan pemandangan laut yang juga sensasional. Apalagi karang dan koral yang ada di pulau kelor selalu menggoda para wisatawan yang datang berkunjung. Tidak hanya itu Anda pun akan diajak untuk menikmati pemandangan dari atas bukit pulau kelor.

Jika dilihat dari ketinggiannya, bukit di sini tidak setinggi dibanding dengan pulau padar, namun pemandangan yang diberikan tidak kalah kok. Kami sangat menyarankan Anda untuk mengunjungi pulau kelor, apalagi jika Anda bermaksud untuk melakukan sesi foto dengan backgroundnya Pantai nan memukau. Pasti Iconix sekali!

7. Pulau Kambing
Pulau Kambing
Pulau Kambing via wisatakomodotours.com
Anda jangan langsung menyimpulkan keadaan tempat ini dari namanya, ya. Pulau kecil di Labuan Bajo ini berbanding terbalik dengan namanya. Walau pun namanya kambing, bukan berarti banyak kambing atau pulau ini bau kambing? Tentu saja tidak. Bahkan faktanya, Pulau kecil ini menyimpan keindahan alam laut yang luar biasa indahnya.

Banyak wisatawan yang memilih menghabiskan waktu dengan snorkeling, berenang atau sekedar bermalas-malasan di pinggir pantai pulau kambing. Dan salah satu tempat recomended jika Anda melakukan sailing.

8. Pulau Bidadari
Pulau Bidadari
Pulau Bidadari via komodotour.co.id
Pulau Bidadari juga telah menjadi Iconix di Kota ini, biasanya, orang-orang juga menyebut Pulau ini sebagai Angel Island yang telah banyak dikenal wisatawan mancanegara.

Sebenarnya, jika mengikuti sejarah dari pulau ini, maja nama aslinya adalah Pulau Bidara. Anda busa membaca sejarahnya di sana, juga terdapat sejarah tentang Pulau Komodo.

Seperti halnya kegiatan di Pulau-pulau lainnya, Anda pun bisa melakukan aktivitas berenang, snorkling dan bermalas-malasan di pulau yang jaraknya sangat dekat dengan Labuan Bajo di banding pulau-pulau lainnya ini.

9. Pulau Kanawa
Pulau Kanawa
Pulau Kanawa via satutenda.com
Labuan Bajo memang sangat terkenal akan keindahan Pulau serta Pantainya. Karena bisa dibilang setiap Pulau di sana pasti menyimpan keindahan laut dan daratnya. Apalagi Pulau Kanawa yang sangat disayangkan untuk dilewatkan. Faktanya, di pulau ini telah terdapat sebuah  resort komersil yang disewakan bagi wisatawan. Namun tenang saja, Anda tetap bisa berkunjung dan snorkling di Pulau Kanawa kok.

Anda juga bisa melakukan Trekking menuju Puncak Bukit Kanawa dan menyaksikan pemandangan indah bak Surga yang terpampang jelas di depan mata. Sunset dari tempat juga sangat keren, loh. Sangat mesra jika Anda berkunjung bersama pasangan atau sahabat.

10. Pulau Kalong
Pulau Kalong
Pulau Kalong via blueeyesboat.com
Jika sudah bosan dengan pemandangan-pemandangan Pulau umumnya, maka silakan singgah ke Pulau Kalong yang akan memberikan pengalaman terbaru bagi Anda akan sebuah pulau. Di Pulau Kalong ini, Anda akan menemukan pemandangan luar biasa berupa ribuan Kalong yang terbang saat senja datang, View ini tentunya sangat langka di Pulau lain. Namun Anda bisa mendapatkannya di Pulau Kalong.

Memang disarankan untuk datang saat menjelang senja, bahkan Anda juga bisa berfoto dengan backgroundnya unik tersebut. Biasanya, jika Anda mengambil paket Komodo Tours, maka penyedia jasa akan memasukkan destinasi Pulau ini di hari pertama Anda berlibur. 

11. Pantai Pink Namo
Pantai Pink Namo
Pantai Pink Namo via wowkeren.com
Referensi terakhir ini akan mengakhiri deretan kata-kata pada artikel ini. Pantai Pinj Namo merupakan tempat wisata di Labuan Bajo terbaru, loh. Karena memang baru ramai didengar pada tahun 2015. Pantai ini merupakan ‘The Real Pink Beach’ yang ada di Komodo. Selain Pink Beach yang keindahannya sudah sangat familier, ada juga pantai Namo yang pastinya menyuguhkan pantai berpasir merah, bahkan warna merah di pantai namo terasa lebih terlihat dibanding Pink Beach.

Seperti halnya saat di pink beach, Anda juga bisa berenang dan snorkeling di pantai berpasir merah ini. Keindahan alam bawah lautnya juga tidak kalah dengan Pink Beach komodo loh, patut dicoba pokoknya!

Memang, menurut kabar beredar, pantai ini terlihat masih belum dikelola dengan benar sehingga banyak sekali sampah laut yang memenuhi pantai. Semoga, semakin hari tempat ini makin bersih ya, Guys. Bukannya malah diabaikan lalu ditinggalkan.