Objek Wisata di Banyumas Yang Rekomended Banget! No 11. Paling Bacin!

Banyumas adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang juga memiliki potensi wisata alam serta budaya melimpah. Bahkan, Kabupaten Banyumas juga dikelilingi oleh kabupaten lainnya yang juga kaya akan destinasi wisatanya, seperti Brebes di utara, Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen di timur, serta Cilacap di selatan dan barat.

Ibukota dari Kabupaten Banyumas sendiri bermana Purwokerto. Kota ini terkenal dengan sebutan Ngapak Island karena logat  bicara masyarakat sekitar yang sangat khas. Jika Anda pernah mendengar seseorang berbicara ngapak, pasti rasanya ingin ikut tertawa.

Letak Kabupaten ini berada di kaki Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3400mdpl dan masih termasuk Gunung yang aktif. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat mengapa Banyumas sangat kaya akan destinasi wisata alamnya. Nah, bagi Anda yang berniat liburan ke sana, maka berikut adalah daftar objek wisata di Banyumas yang reccomended banget.

1. Curug Gede
curug Gede
Curug Gede via anggiriyanti-122.blogspot.com
Curug ini berjarak sekitar 3km dari lokasi Wisata Baturraden, letaknya di Desa Ketengger, Banyumas. Curug ini juga bisa kita sebut air terjun, yang mana merupakan destinasi wisata alam terindah yang jangan sampai Anda lewatkan saat berkunjung ke Banyumas. 

Air terjun ini memiliki kapasitas air yang sangat banyak, tingginya mencapai sekitar 25 meter tentu tidak akan membuat Anda bosan. Ditambahkan pemandangan sekeliling yang sangat alam oleh hutan nan asri. Bahkan Anda juga bisa bermalam di area wisata Curug Gede ini untuk menikmati keindahannya di malam hari

2. Curug Ceheng
Curug Ceheng
Curug Ceheng via wisatajateng.com
Nah, selanjutnya juga masih Curug di Banyumas, bedanya Curug bernama Curug Ceheng ini mempunyai telaga cukup luas di bawahnya. Lokasinya berada di Kecamatan Sumbang yang merupakan ujung timur kota Banyumas ini. 

Memang jika dilihat dari ukurannya, masih lebih lebar Curug Gede. Tapi juga sangat cocok untuk tujuan berwisata bersama keluarga sembari bermain-main air. Bisa juga mengajak anak-anak dengan memberikan pengawasan ekstra, karena ditakutkan tergelincir ke telaga yang lumayan dalam. Area wisata ini bisa dikatakan kuas untuk bermain dan bersantai. 

3. Curug Jenggala
Curug Jenggala
Curug Jenggala via brobali.com
Objek wisata bernama Curug Jenggala ini merupakan tujuan paling Hits di kalangan wisatawan Banyumas karena sesuai selera remaja. Letaknya di Desa Ketengger, Baturraden, Banyumas.

Curug ini juga memiliki beberapa keunikan yang mampu menarik wisatawan, salah satunya adalah adanya papan berbentuk love yang terdapat di depan air terjun. Lokasi ini tentunya sangat cocok digunakan sebagai spot berfoto untuk mendapatkan jepretan yang Instagramable.

Jika Anda benar-benar ingin berkunjung ke sini, maka Anda harus bersiap melewati perjalanan yang agak sulit dan berlumpur. Hal ini dikarenakan Curug Jenggala ini baru resmi dijadikan objek wisata alam Banyumas dan masih pada tahap perkembangan sana-sini.

4. Curug Nangga
Curug Nangga
Curug Nangga via ksmtour.com
Lokasinya berada di Desa Patuhan, Kecamatan Pakuncen, Kabupaten Banyumas. Tempat wisata alam yang satu ini masih terbilang baru di dan belum banyak yang mengetahui objek wisata ini. Keindahannya terletak dari tujuh undakan/tingkatan. Dan makin hari, tempat ini selalu mengalami kenaikan jumlah pengunjung. 

Objek wisata ini tentunya sangat cocok dijadikan destinasi wisata penjelajah alam yang sangat menarik. Dan sudah dinilai sebagai tempat wisata di Banyumas yang paling bagus. Pesona pemandangan alamnya sangat asri dan mampu memukau, sangat pas dijadikan tempat berfoto di Banyumas. Namun, untuk bisa sampai di sana pengunjung perlu melewati jalanan yang menanjak dengan kendaraan roda dua. Dan Anda akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Curug ini, atau kurang lebih 1 km. 

Jadi, Anda perlu mengiapkan kendaraan dan fisik yang kuat, ya. Dan kelelahan Anda akan terbayar sat melihat pemandangan alam yang sangat eksotis di objek wisata tersebut.

5. Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman
Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman
Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman via banyumaskab.go.id
Siapa yang tidak tahu tentang sejarah ini, bahwa Banyumas merupakan tempat kelahiran Panglima Besar Jendral Sudirman. Tak salah jika di sana terdapat museum yang mengapresiasi perjuangan beliau. Lokasi museum ini berada di sebelah barat Kota Banyumas. Untuk sampai ke tempat wisata ini, maka Anda perlu menempuh jarak sekitar 3 km dari pusat pemerintahan Banyumas. 

Museum ini terdiri atas dua lantai, lantai pertama diisi dengan diaroma dan foto-foto perjuangan jendral Sudirman pada masa lalu. Sedangkan pada lantai 2 terdapat relief jendral Sudirman ketika mempertahankan Yogyakarta. Oya, tempat wisata ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga, tak terkecuali anak-anak karena justru bisa menambah wawasan mereka. 

6. Museum Wayang Wedhang Mas
Museum Wayang Wedhang Mas
Museum Wayang Wedhang Mas via situsbudaya.id
Tempat Wisata di Banyumas selanjutnya yang akan kita bahas juga masih sama dengan tempat sebelumnya. Karena di Banyumas memang terdapat beberapa objek wisata museum yang menarik. Museum Wayang Wedhang Mas ini mengoleksi beberapa wayang, mulai dari wayang gragag Banyumas, Yogyakarta, dan Surakarta, purwa, serta benda-benda purbakala.

Lokasi museum ini berada di pusat pemerintahan Kota Banyumas. Dan selain sebagai tempat wisata, Museum Wayang Senddhang mas ini digunakan juga untuk wadah pelestarian budaya. Objek wisata ini juga dapat dijadikan sebagai tempat hunting di Banyumas. Anda bisa membayangkan betapa keren hasil jepretan Anda dengan latar koleksi wayang yang akan menghadirkan aroma seni.

7. Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal via situsbudaya.id
Selain sebagai tempat beribadah umat Islam, masjid juga menjadi salah satu bangunan terindah dan termegah yang mampu memukau mata. Dan Masjid Saka Tunggal ini merupakan peninggalan wali sangat. Lokasinya terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas.

Di sekitar masjid ini juga terdapat sebuah makam dari Kyai Toelih yang merupakan penyebar agama Islam di Banyumas. Masjid Saka Tunggal biasanya dijadikan sebagai objek wisata religi di Kabupaten Banyumas yang masih banyak digandrungi keindahannya hingga sekarang.

Yang menjadi keunikan Masjid Saka Tunggal ini adalah, banyaknya kera –kera jinak yang berkeliaran. Sehingga Anda bisa bercengkerama dan memberi makan kera-kera tersebut, atau bahkan mengajak mereka berfoto.

8. Goa Maria
Goa Maria
Goa Maria via trendpurwokerto.com
Letak dari Goa Maria ini sekitar 14 km dari pusat kota Banyumas, yaitu berada di  kawasan perbukitan hijau Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor. Seperti nama Maria yang sudah familier ini, Goa Maria memang merupakan tempat ziarah bagi umat Kristiani. Di dalam Goa ini pun terdapat beberapa fasilitas. Seperti jalan salib, taman Rosario hidup, kapel ratu soraga dan rumah retret maria imakulata.

9. Gunung Slamet
Gunung Slamet
Gunung Slamet via regional.kompas.com
Bagi Anda yang hobi Travelling dan lihai dalam mendaki gunung, maka Anda perlu mencoba sensasi menaklukkan Gunung Slamet yang merupakan Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini. Tingginya mencapai 3428 Mdpl ini tentunya masih aktif dan merupakan spot favorit bagi para pendaki gunung. Selain karena  keindahannya, gunung ini terkenal dengan medan jalan yang penuh tantangan. Berani coba, kan?

Oya, Medan yang akan dilewati oleh pendaki pun juga cukup berat dan sulit, maka dari itu sangat diperlukan perlengkapan dan fisik yang kuat. Namun, semua itu akan terbayarkan dengan pesona keindahan dalam perjalanan maupun ketika sudah sampai puncak Gunung Slamet. Inilah saat yang tepat untuk banyak-banyak mengambil foto, Guys.

10. Batur Agung
Batur Agung
Batur Agung via purwokertoguidance.com
Tempat Wisata Batur Agung juga tidak boleh Anda lewatkan, sebab, tempat ini mengusung konsep wahana yang menyatu dengan alam, sehingga Anda bisa bermain sembari menikmati keasrian kota Banyumas ini. 

Tidak hanya terdapat wahana air saja, namun juga masih ada outboun, Fliying fox, Arum Jeram, waterpark, Kebun Buah, kereta mini dan situs purbakala. Tempat wisata area Banyumas ini terletak di Desa Kadung Banteng.

11. Pemandian Kali Bacin
Pemandian Kali Bacin
Pemandian Kali Bacin via rayyanc.blogspot.com
Keunikan nama tempat ini tentu membuatnya cepat Hits, tempat pemandian ini juga bisa menggantikan saat rencana berkunjung ke Pancuran 7 atau Pancuran 3 gagal, karena sama-sama bisa digunakan untuk berenang. Bahkan, air belerang di sini pun bisa menjadi sembuhkan berbagai penyakit. 

Konon, air belerang tersebut bisa menghilangkan gatal-gatal, jerawat, dan penyakit kulit lainnya. Sehingga, banyak pengunjung yang menyempatkan waktunya untuk datang dan berendam di air belerang ini. Bahkan menurut kabar air belerang ini juga mampu mengobati penyakit berat seperti syaraf maupun tulang.

Lokasi pemandian Kali Bacin ini berada di Desa Tambaknegara, Kecamatan rawalo, Kabupaten Banjarnegara. Tempat wisata indah di Banyumas dapat Anda jadikan sebagai salah satu tempat untuk pengobatan alternatif dan spot foto berupa pemandangan sekelilingnya juga reccommended banget.