Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Objek Wisata di Kuningan Jawa Barat Yang Rekomended Banget

Mengulik setiap sudut keindahan alam Negara Indonesia memang tidak akan pernah mengecewakan. Apalagi membedah kecantikan Kota Kuningan yang sangat berpotensi sebagai tempat wisata dengan tawaran sensasi berwisata tersendiri. Meski tidak sepopuler destinasi di Bandung, namun pesona dari Kuningan sangat perlu diperhitungkan. 

Kuningan sendiri merupakan Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Di sana tersedia banyak sekali pesona wisata yang tak kalah cantik dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Di kabupaten yang bersebelahan dengan Kota Cirebon ini sudah banyak dijumpai tempat wisata mulai dari wisata alam hingga sejarah yang mengedukasi. 

Nah, bagi Anda yang memerlukan beberapa referensi tentang tempat wisata di Kuningan, maka berikut adalah 12 objek wisata di Kuningan yang Recommended banget!

1. Curug Ciputri
Curug Ciputri
Curug Ciputri via ksmtour.com
Adanya Wisata Alam memang selalu mengasyikkan, bahkan hanya sekadar untuk dibicarakan. Nah, apalagi jika bisa kesampaian untuk mengunjungi salah satu wisata alam Iconix di Kuningan ini. Namanya adalah Curug Ciputri. Panorama alam yang ditawarkan sangat sempurna, ditambah kesehatan udara dan hawa sejuknya tentu mampu membuat pikiran rileks. 

Lokasi dari Curug Ciputri atau Curug Putri ini berada di kawasan bumi perkemahan Patulungan, yaitu di Kec. Cigugur, Kuningan. Curug Ciputri ini merupakan sebuah air terjun yang tingginya mencapai kurang-lebih 20 meter. Curug ini sangat terkenal berkat airnya yang sangat jernih dan segar karena berasal dari mata air di Gunung Ciremai.

2. Curug Sidomba
Curug Sidomba
Curug Sidomba via rentcarcirebon.wordpress.com
Masih sama seperti tempat wisata sebelumnya, di Kuningan juga masih terdapat Curug lain yang tidak kalah indahnya. Lokasinya berada di kawasan bumi perkemahan Sidomba, tepatnya di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana.

Meski pun tidak terlalu tinggi, hanya berkisar 3 meter saja, namun wisata air terjun yang terletak di kaki gunung Ciremai ini tak kalah cantik dengan wisata air terjun lainnya. Untuk mencapai tempat wisata ini diperlukan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat kota Kuningan.

3. Curug Bangkong
Curug Bangkong
Curug Bangkong via ksmtour.com
Tempat Wisata di Kuningan Yang selanjutnya ini juga merupakan wisata alam berupa air terjun, lokasinya berada di Desa Kertawiratma, Kec. Nusaherang, Curug ini telah menjadi salah satu yang tujuan menarik wisata alam di Kuningan.

Tinggi Curug Bangkong ini hanya sekitar 20 meter saja, namun di sekelilingnya telah dibangun tanggul yang berfungsi sebagai pengaman dari ancaman abrasi sungai.

4. Waduk Darma
Waduk Darma
Waduk Darma via limakaki.com
Masih seputar keindahan alam di Kuningan. Tempat Wisata selanjutnya ini bernama Waduk Darma yang menawarkan keindahan alam, kesejukan udara dan sangat cocok dinikmati segala kalangan, tempatnya juga nyaman. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Curug Bangkong, yaitu bertempat di Jl. Raya Cirebon-Kuningan-Ciamis, Desa Jegara, Kec. Darma.

Tempat ini menawarkan daya tarik berupa kecantikan alam sekitar waduk yang seluas 425 hektar. Tempat Wisata ini selain bisa sebagai tempat bersantai sembari menikmati panorama alam menyenangkan, juga bisa dijadikan tujuan bercamping. 

5. Telaga Remis
Telaga Remis
Telaga Remis via indonesiakaya.com
Memang jika menunjuk panorama airnya, wisata di Kuningan sangat melimpah dan semuanya indah. Terutama Telaga Remis yang juga merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan Yang juga menyuguhkan keindahan asri plus udara sejuk. 

Telaga Remis ini bisa dikatakan sangat cocok untuk area relaksasi akibat kelelahan bekerja, lokasi Telaga ini berada di Desa Kaduela.

6. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai
Gunung Ciremai via gempalamaniis.blogspot.com
Nama tempat wisata selanjutnya ini pasti sudah tidak asing didengar beberapa orang, bahkan sudah menjadi jati diri dari Kuningan. Jika ingat Gunung Ciremai, pasti ingat Kuningan, hehe. Gunung ini sangat cocok bagi para wisatawan pencinta alam. Ketinggiannya mencapai 3.080 Mdpl dan telah menyandang Gunung tertinggi di Jawa Barat.

Pemandangan alam yang terhampar tentu mampu menarik perhatian banyak petualang dari penjuru negeri. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan keindahan sunrise, kawah, bunga edelweis dan lain sebagainya. 

7. Lembah Cilengkrang
Lembah Cilengkrang
Lembah Cilengkrang via youtube.com
Memang lebih lengkap rasanya jika Anda mendatangi tempat wisata yang mampu memberikan paket wisata sekaligus. Di Kuningan juga ada loh, yaitu Lembang Cilengkrang yang juga menawarkan keindahan alam dan paket wisata menakjubkan. Tidak hanya bisa menyaksikan ngarai nan hijau, juga bisa melihat bumi perkemahan, air terjun dan sumber air panas. Lokasi dari Lembang Cilengkrang ini berada di Taman Nasional Gunung Ciremai. 

8. The Mountain Recreation Park
The Mountain Recreation Park
The Mountain Recreation Park via hargatiketmasuk.info
Oke, yang selanjutnya ini sedikit berbeda dan juga tetap mengasyikkan, Kawan. Ini dia tempat wisata di Kuningan yang mengusung konsep waterboom. The Mountain Recreation Park yang akan menawarkan keasyikan permainan wahana air, dan tentunya bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Lokasinya berada di Kompleks Pesona Alam Kuningan Residence, Jalan Raya Cirendang-Cigugur. Tempat wisata ini cocok sekali sebagai destinasi wisata keluarga juga untuk seru-seruan, bahkan Anda juga bisa berfoto saat bermain air. 

9. Taman Wisata Alam Linggarjati
Taman Wisata Alam Linggarjati
Taman Wisata Alam Linggarjati via id.wikipedia.org
Jika Anda masih belum puas jalan-jalan di beberapa tempat di atas. Maka selanjutnya Anda bisa berkunjung ke Taman Wisata Alam Linggarjati. Lokasinya di Desa Linggarjati, tak jauh dari bumi perkemahan Sidomba. Taman seluas 11,5 hektar ini merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan dari dalam maupun luar kota, sebab kondisinya tampak masih alami dengan udara yang segar.

Bukan hanya panorama alam yang indah, Anda juga bisa menikmati kehidupan satwa yang dilestarikan secara bebas.

10. Cibulan
Cibulan
Cibulan via myblog-dream.blogspot.com
Di Kuningan memang tidak akan ada habisnya jika membahas tentang destinasi wisata. Bahkan tempat wisata bernama Cibulan ini adalah yang paling populer seantero Negeri. Tentunya, di tempat ini Anda bisa menikmati tiga kolam yakni Kolam Linggarjati, Darma Loka, dan Cigugur.

Telah melekatnya daya tarik tempat ini karena adanya Ikan Dewa yang dipercaya sebagai wujud reinkarnasi dari prajurit Prabu Siliwangi. Uniknya, spesies ikan ini tidak berkurang ataupun bertambah jumlahnya hingga saat ini. Benarkah demikian? Silakan datang untuk melihat dan membuktikannya sendiri, hehe.

11. Gedung Perundingan Linggarjati
Gedung Perundingan Linggarjati
Gedung Perundingan Linggarjati via pecintawisata.wordpress.com
 Siapa sih yang tidak kenal dengan tempat ini. Perundingan Linggarjati menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda. Nah, jika Anda penasaran dengan lokasi berlangsungnya perundingan bersejarah tersebut, Anda bisa datang langsung ke Gedung Perundingan Linggarjati. Tempat bersejarah ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi guna mengenang masa-masa perjuangan dulu. Lokasinya berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus.

Masih sangat alami karena tentunya sebagai tempat bersejarah, maka bangunan dan perabotan yang ada tidak dilakukan perombakan, sehingga masih sama persis dengan fakta sejarahnya. Sebagai museum, bangunan ini dilengkapi dengan foto-foto dokumentasi yang dipajang di dinding gedung, Anda bisa membaca dengan puas untuk mengetahui sejarah lebih dalam. Sebagai informasi tambahan, tempat wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dengan pembagian waktu 07.00-15.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu lebih lama yakni mulai 08.00-17.00 WIB. Yuk, datang!

12. Taman Purbakala Cipari
Taman Purbakala Cipari
Taman Purbakala Cipari via kompasiana.com
Masih tidak jauh dari tempat wisata selanjutnya, ya. Tempat bersejarah lain di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Purbakala Cipari. Lokasi di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, tempat wisata di Kuningan ini dipercaya dulunya menjadi permukiman manusia purba masa neolitikum. Itu sejarahnya Guys, untuk memastikan Anda bisa tanya-tanya ke warga sekitar, hehe.

Untuk menguatkan argumen tersebut, telah ditemukan benda-benda purbakala seperti peti kubur batu, gerabah, perkakas dapur, perunggu, dan bekas fondasi bangunan. Wah, sangat menarik, ya?

Oke, Guys. Itulah beberapa tempat wisata di Kuningan Yang Bisa Anda sambangi. Pesona Kuningan mana yang bisa bikin Anda suka?

Tentunya semua tempat wisata di Kuningan ini menarik dan menyajikan daya tarik yang berbeda. Sebab itulah, tidak salah jika Anda menjadikannya sebagai destinasi wisata yang harus dikunjungi untuk mengisi masa liburan Anda dan keluarga. 

Selain mengunjungi tempat destinasi alam menakjubkan, Anda bisa mengakhiri perjalanan Anda di Kuningan dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah seperti halnya museum sebagai bekal pendidikan setelah pulang dari Kuningan.

Jangan lupa untuk menyiapkan segala bekal, ya. Terutama membawa uang saku yang lebih sebab Anda tidak tahu akan terjadi apa di jalan. Semoga perjalanan dan hari libur Anda menyenangkan!