Oleh-Oleh Khas Bau-Bau Sulawesi Tenggara, Khas dan Maknyus

Rasa penat dan lelah kerapkali dirasakan manusia, maka dari itu mereka membutuhkan refreshing seperti liburan. Beberapa orang juga memilih untuk liburan di dekat rumah, ada juga yang rela keluar negeri demi mencari suasana baru.

Nah buat kamu yang mau liburan, nggak ada salahnya untuk berkunjung ke kota Bau-Bau. Kota ini terletak di Indonesia bagian timur, tepatnya  di Sulawesi Utara. Selain menikmati daerah wisata, ada baiknya kamu pun perlu tahu tentang oleh-oleh khas di Bau-Bau. Berikut akan dilampirkan beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan oleh-oleh.

Tempat Oleh-Oleh Khas Bau-Bau Sulawesi Tenggara yang Lengkap

1. Endapo Pusat Oleh-Oleh Buthon 
Endapo Pusat Oleh-Oleh Buthon
Endapo Pusat Oleh-Oleh Buthon via pakettour.com
Merupakan pusat oleh-oleh khas Bau-Bau yang berada di jalan Limbo Wolio no 38, atau Lor. Kehutanan, kota  Bau Bau.  Disini ada banyak sekali snack tradisional yang bisa kamu bawa pulang. Selain itu kerajinan tangan seperti Kain Buton yang terkenal itupun juga ada disini. Bahkan berbagai macam souvenir juga ada lho.

2. Toko San Jabil

Toko San Jabil

Yup, toko yang terletak di jalan Yos Sudarso no. 38 menjadi salah satu toko dengan bermacam-macam buah tangan dengan harga bersahabat. Kamu bisa membeli dengan jumlah besar disini,dan pastinya semakin banyak kamu beli,maka akan mendapatkan diskon. Bahkan tak jarang sampai ada pengunjung yang membeli jumlah besar harus dimasukkan ke dalam kotak besar. Mulai dari dua puluh ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan jenis kacang dan juga oleh-oleh lainnya.

Oleh-Oleh Khas Bau-Bau Sulawesi Tenggara Maknyus 

1. Kacang mete
Kacang mete
Kacang mete via bukalapak.com
Yup, biji jambu mete merupakan salah satu produksi terbesar di Bau-Bau.ada kualitas super, sedang dan juga biasa. Nggak heran saking banyaknya hingga mampu mengekspor keluar negeri seperti Vietnam, india dan Eropa. Biasanya dalam bentuk mentah.  Kamu bisa membeli dalam kemasan kecil maupun gelondongan. Untuk kemasan kecil sekitar Rp 45.000,00 saja.

2. Kalokalo
Kalokalo
Kalokalo via zumardin.blogspot.com
Salah satu jenis makanan yang tebuat dari terigu, kacang tanah dan juga gula merah ini memang paling nikmat dijadikan camilan. Apalagi bareng keluarga dan teman-teman. 

3. Gula Kelapa
Gula Kelapa
Gula Kelapa via bukalapak.com
Makanan unik yang wajib kamu coba nih. Selain karena rasanya yang manis dan gurih ternyata Gula Kelapa ini dikemas dengan kemasan yang cukup menarik. Sekilas tampak seperti kumpulan bawang putih, yup terbuat dari gula aren, daging kelapa dan juga beras ketan yang diolah dengan cara khusus hingga menghasilkan kekenyalan yang padat. Kemudian  dibungkus dengan kulit jagung lalu diikat, untuk ukuran pun hanya sebesar bola pingpong. Untuk harga pasarannya, biasa dijual dengan harga Rp. 20.000,00 untuk satu ikat isi 10.

Rekomendasi untuk kamu yang suka beli oleh-oleh dengan jangka waktu yang tahan lama. Sekitar mingguan, bahkan bulanan Gula Kelapa tidak akan busuk. Asalkan dengan penyimpanan yang benar. 

4. Kue Bolu
Kue Bolu
Ilustrasi Kue Bolu via trica-c15.blogspot.com
Terbuat dari tepung terigu, telur ayam kampung dan juga gula pasir. Biasanya disajikan saat acara-acara penting seperti (haroa) pembacaan doa sebagai acara keagamaan.

5. Kue Baruasa
Kue Baruasa
Kue Baruasa via resepnusantara.id
Tepung beras, telur ayam kampung dan juga gula pasir dicampur, kadang juga memakai gula aren. Sama seperti kue Bolu, kue ini disajikan dalam acara penting baik itu saat lebaran, pernikahan atau saat panen padi. Kue ini membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Bisa sampai seharian penuh. Maka dari itu butuh ketlatenan dan ketelitian penuh agar menghasilkan cita rasa khas yang turun temurun dijaga. Untuk harga kamu cukup merogoh sekitar Rp. 28.000,00 untuk bisa membawa Baurasa pulang ke rumah sebagai oleh-oleh.

6. Kue Jipang
Kue Jipang
Kue Jipang via resepnusantara.id
Siapa yang  tidak tahu kue Jipang. Yup kue legendaris yang sudah ada dibeberapa daerah, khususnya di Indonesia termasuk daerah Bau Bau. Rasanya yang manis dan juga sensasi garing membuat lidah jadi ketagihan untuk mencicipinya. 

7. Kue Susu
Kue Susu
Kue Susu via blanja.com
Salah satu jenis kue kering yang menjadi andalan di Bau Bau, bagaimana tidak. Selain rasanya yang gurih, kue ini harganya pun cukup terjangkau. Hanya dengan sekitar tiga puluhan ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan puluhan keping kue susu. Kue ini paling pas dinikmati dengan teh atau pun kopi panas. 

8. Dompo
Dompo
Dompo via  dompokita.com
Atau bisa disebut juga dengan sale, ternyata juga makanan khas dari Sulawesi. Dibandrol dengan harga belasan ribu tidak membuat kantong kamu jebol. 

9. Karasi
Ikan Teri
Ikan Teri via makkawarue.blogspot.com
Makanan khas yang terbuat dari Wanci, yang bahan dasarnya tepung beras dibuat adonan, kemudian dicetak dan digoreng. Cetakannya pun unik, yaitu terbuat dari batok kelapa  yang dilubangi. Rasanya begitu nikmat, apalagi disajikan dengan kopi panas maupun teh hangat. 

10. Kopi Kaongkeongkea
Kopi Kaongkeongkea
Kopi Kaongkeongkea via kendaripos.co.id
Namanya agak sulit diucapkan ya, hehe. Hanya yang fasih tentunya yang bisa. Jadi di Banu-Bau juga punya kopi andalan. Atau disebut juga sebagai kopi organik, sebab dalam perawatan dan pemeliharaannya, para petani daerah Buton tidak menggunakan bahan kimia obat sama sekali. Jadi sudah dipastikan bebas bahan kimia. Selain itu aroma kopi yang berbeda dengan kopi lainnya, menjadikan kopi ini amat dinikmati.

11. Ikan Teri
Ikan Teri
Ikan Teri via twitter.com
Kenapa ikan teri masuk oleh-oleh. Bukannya ikan teri sudah umum dijumpai? Wah kamu harus tahu nih. Ternyata ikan teri dari daerah Buton memiliki ciri khas lo, diantaranya ada ikan teri putih dan ikan teri tawar (kaholeo). Biasanya ikan ini menjadi salah satu jurus kuliner ibu-ibu di Bau Bau, supaya keluarga betah makan masakan di rumah.  Harganya sekitar Rp.85.000 sudah bisa membawa kualitas bagus.

Cinderamata Oleh-Oleh Khas Bau-Bau Sulawesi Tenggara yang Keren

1. Kain  Buton
Kain  Buton
Kain  Buton via triptrus.com
Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari daerah Bau Bau adalah sarung Bbuton. Salah satu jenis kain tenun tradisional yang masih dijaga keasliannya hingga sekarang. Ada banyak macam corak dan motif yang bervariasi. Beberapa juga mengalami penyesuaian mengikuti perkembangan zaman, akan tetapi tetap berpandu pada corak kuno. Nah, selain dibuat sarung, kain buton juga bisa dibuat untuk baju, rok dan beberapa jenis pakaian lainnya.

Perlu kamu tahu, ternyata di daerah Buton, pakaian juga menunjukkan status lho. Ada beberapa ciri yang membedakan antara wanita yang sudah menikah maupun belum. Nah, hati-hati saat membeli corak kain Buton ya, tanyakan dulu jenis kain dan fungsinya. Sebab salah-salah nanti kamu yang sebenarnya jomblo dikira sudah menikah sebab salah pilih kain/motif. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 150.000,00 hingga jutaan, tergantung kualitas dan kerumitan corak tenun.

2. Sovenir Ala Benteng Keraton
Sovenir Ala Benteng Keraton
Sovenir Ala Benteng Keraton via picgra.com
Sudah pasti kenal dong dengan Benten Keraton Buton. Salah satu objek bersejarah peninggalan Sultan Wolio. Benteng ini dikenal sebagai benteng terluas di dunia. Nah, karena menjadi objek wisata, sudah pasti menjadi ikon bagi daerah Sulawesi pastinya. Sehingga berbagai macam souvenir mengenai Benteng Keraton Buton pun dibuat. Ada yang gantungan kunci, miniatur, kaos dan aneka aksesoris lainnya. 

3. Kampurui
Kampurui
Kampurui via travelplusindonesia.blogspot.com
Merupakan salah satu atribut pakaian adat di daerah Bau Bau. Kampurui merupakan topi atau ikat kepala khas yang dipakai saat upacara adat. Ternyata Kampurui juga menunjukkan tingkat strata seseorang di daerah Bau Bau. Bagi kamu yang mau membawa pulang Kampurui cukup keluarkan uang Rp. 150.000,00 saja.   

4. Aneka produk unik lainnya
Aneka produk unik lainnya
Ilustrasi Aneka produk unik lainnya via tribunnews.com
Kenapa dibilang aneka produk unik? Karena zaman sudah semakin maju, tentunya para warga Bau Bau pun mencoba berkreasi dengan berbagai macam benda maupun kerajinan. Seperti tas, rajutan, sandal dan juga perabot yang tentunya tetap menyelipkan unsur daerahnya.

Nah, demikian beberapa tempat, makanan berupa oleh-oleh khas Bau Bau dan juga cinderamata yang bisa kamu jumpai di daerah Bau Bau.  Mengisi liburan bersama keluarga maupun teman dan orang terkasih memang sangat menyenangkan. Apalagi ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi, pastinya menambah rasa penasaran dan juga kenangan yang membuat kita ingin kembali suatu saat nanti.

Maka dari itu, setidaknya merasakan sesuatu yang unik dan khas dari kota atau tempat yang baru saja kita kunjungi, nggak afdhol kalau nggak menikmati makanan khas dan juga oleh-oleh darisana bukan? Semoga masih diberi umur panjang untuk bisa menikmati karunia , keindahan dan kenikmatan yang diberikan oleh Tuhan untuk kita semua.