Pusat Oleh-Oleh Khas Jakarta Pusat yang Wajib Diketahui

Jakarta Pusat, pasti sudah nggak asing lagi dengan kota yang satu ini bukan. Yup, ibukota di Negara tercinta kita ini, Indonesia. Selain karena monumen Monasnya yang terkenal, beberapa adat dan juga budaya seperti Karnaval Ondel-Ondel, Jaipong, Abang None dan lain-lain mampu mencuri hati tiap wisatawan yang berkunjung kesana. Selain dikenal dengan warganya yang ramah tamah gemah ripah loh jinawi ini, Jakarta juga memiliki berbagai macam oleh-oleh yang sangat enak dan juga lezat.

Pusat Oleh-Oleh Khas Jakarta Pusat Paling Recomended
Maka dari itu beberapa tempat ini recomended banget untuk dikunjungi. Sebagai pusat oleh-oleh dan juga sebagai tempat kenangan kamu, sewaktu kesana. Dimana aja sih tempatnya, intip yuk list dibawah ini :

1. KSM Oleh-oleh khas Betawi
KSM Oleh-oleh khas Betawi
KSM Oleh-oleh khas Betawi via checkinjakarta.id
Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di Jakarta Pusat, tepatnya di Jl. Gajah Mada Block C No. 19-26 Gambir. Selain tersedia berbagai macam-macam oleh-oleh khas Jakarta, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam souvenir khas seperti Tas, Sepatu, Miniatur Monas, Miniatur Ondel-Ondel dan masih banyak lagi yang berbau khas jakarta disana.

2. Oleh-Oleh Jakarta tanah Abang
Oleh-Oleh Jakarta tanah Abang
Oleh-Oleh Jakarta tanah Abang via gogirl.id
Terletak di Thamrin City lt.1 Blok H5 no,6 Tanah Abang atau di Jl. Kebon Kacang Raya, Kebon Melati Jakarta Pusat. Coba berkunjung kesana untuk mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Jakarta. Siapa tau kamu bisa menemukan harga yang sesuai dengan isi kantong. 

3. Mpo Romlah Oleh-Oleh Khas Betawi
Mpo Romlah Oleh-Oleh Khas Betawi
Mpo Romlah Oleh-Oleh Khas Betawi via rumahukm.com
Salah satu tempat yang menyediakan camilan khas Betawi dan juga cinderamata di kawasan harmonie Exchange Mall (Harris Vertu Hotel) Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. 

Oleh-Oleh Khas Jakarta Pusat Sungguh Nikmat 
Nah, kan jika tempatnya sudah. Saatnya kamu juga membuat list apa saja oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga besar atau bersama orang terkasih. Ehem! Berikut ada banyak macam oleh-oleh yang bisa jadi referensi buat kamu ya, sobat.

1. Roti Buaya
Roti Buaya
Roti Buaya via traveltodayindonesia.com
Wah, roti buaya apakah seseram namanya ya? Atau jangan-jangan mengandung daging buaya, wah buahaya itu! 

Jangan salah fren! roti ini sama seperti roti-roti pada umumnya, yang membuatnya diberi nama roti buaya adalah karena bentuknya mirip dengan buaya. Akan tetapi dengan warna kuning kecoklatan. Kamu nggak perlu kuatir dengan rasanya, sudah pasti enak dan juga terjangkau. Roti buaya biasa dibuat pada acara-acara khusus seperti untuk acara seserahan pernikahan adat Betawi. Masyarakat mengambil ikon buaya sebagai lambang untuk makanan khas, karena buaya adalah hewan yang setia dengan satu pasangan.

2. Kue Geplak
Kue Geplak
Kue Geplak via resepnusantara.id
Disinyalir kue yang satu ini sudah mulai jarang dijumpai di Jakarta. Hanya daerah-daerah tertentu yang membuatnya, atau saat-saat acara penting seperti seserahan pengantin laki-laki kepada wanita sewaktu pernikahan. Kue geplak ini dibandrol dengan harga yang bisa dibilang murce alias murah ceria.

Kue yang biasanya dibuat dengan cara ditepuk-tepuk ini atau dalam bahasa setempat di geplak. Maka dari itu dinamakan kue geplak. Warnanya coklat dengan bercak putih diatasnya. Tekstur yang begitu lembut dan juga manis menjadikan kue ini diburu untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Dodol Betawi
Dodol Betawi
Dodol Betawi via oleholehbekasi.co.id
Diseluruh daerah di Indonesia memang tersebar berbagai macam dodol. Baik itu dodol warisan nenek moyang, maupun dodol kreasi baru dengan berbagai macam varian pilihan rasa sudah tersedia. Salah satunya adalah dodol Betawi.  Bentuknya yang kenyal dan juga manis legit, sukses memanjakan lidah.  Dibuat dari ketan hitam ataupun putih yang dicampur dengan gula. Dijual dengan harga yang bisa dibilang bersahabat makin membuat wisatawan memburu dodol ini untuk dijadikan oleh-oleh. Hmmm.....bagaimana dengan kamu, yuk masukin daftar checklist ya.

4. Bir Plethok
Bir Plethok
Bir Plethok via tokopedia.com
Apa. Bir? Mengandung alkohol dong!
Eits, eits jangan sewot dulu. Ini bir bukan sembarang bir. Bir ini sudah termasuk yang paling legenda di kawasan Jakarta. Bahkan saking terkenalnya, orang-orang yang datang dari luar Jakarta pun menyempatkan diri mencari oleh-oleh yang satu ini.

Bir plethok merupakan minuman khas Jakarta yang tidak mengandung alkohol sedikitpun. Jadi aman dikonsumsi dan tidak memabukkan tentunya.  Minuman ini biasanya dibuat dari rempah-rempah pilihan dengan komposisi yang pas yaitu Batang serai, jahe dan jenis rempah lain pun turut digabungkan agar menciptakan minuman yang menyehatkan, aman dikonsumsi dan juga pastinya enak. Dipercaya mampu menyembuhkan sakit linu, pegal-pegal dan masuk angin.

Bir plethok, dinamai demikian karena pada saat pembuatannya bir ini mengeluarkan letupan yang berbunyi plethok-plethok. Lucu ya, dan kabar baiknya lagi, bir plethok juga tersedia dalam bentuk cair dan juga serbuk. Sehingga sangat recomended untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu dikemas dengan cara praktis dan mudah dibawa kemanapun. Untuk kemasan seduh tinggal sobek, tuang lalu seduh dengan air hangat maupun panas.

5. Kue Semprong
Kue Semprong
Kue Semprong via id.wikipedia.org
Yups, salah satu kue legenda yang lebih legend daripada mobile legend. Alah ketahuan penggemar AOV. Hehe
Kue dengan tekstur renyah dan garing ini adalah salah satu oleh-oleh yang bisa kamu beli disana. Karena sensasi kriuk-kriuknya itulah, jika dinikmati dengan suasana apapun bareng keluarga semakin asyik dan seru, apalagi dimakan bareng teh hangat, wuiihh makin nikmat. Menambah keseruan dalam kebersamaan. 

Buat kamu yang masih mau masukin daftar menu oleh-oleh, kue semprong pun bisa menjadi pilihan yang pas untuk dibawa pulang dan dinikmati ramai-ramai.

6. Kue Kembang Goyang
Kue Kembang Goyang
Kue Kembang Goyang via youtube.com
Kue yang biasanya dijumpai dengan warna mencolok, mirip dengan bunga-bunga ini merupakan salah satu ciri khas makanan ringan ala Jakarta tempo dulu dan masih eksis sampai sekarang. Terbuat dari tepung yang dicampur dengan gula, telur, vanili dan sedikit jahe sebagai aroma khas. kemudian dibentuk adonan encer dan digoreng dengan cetakan khusus yang berbentuk seperti matahari. Tekstur renyah, gurih dan manis sangat cocok dinikmati dalam kondisi apapun. 

Kembang goyang banyak dijual di tempat yang menyediakan oleh-oleh khusus Jakarta, ataupun di tempat-tempat wisata tertentu. Selain murah,kue ini juga tahan lama, hanya saja saat membeli dan menaruhnya harus ditempat yang aman. 

7. Kripik Buah Macam Rasa
Kripik Buah Macam Rasa
Ilustrasi Kripik Buah Macam Rasa via olx.co.id
Salah satu kripik yang menjadi oleh-oleh jaman now dan paling diminati baik itu wisatawan asing maupun lokal. Kripik yang dibuat bukan hanya dengan satu macam jenis saja, akan tetapi berbagai macam jenis buah seperti salak, nangka, nanas, rambutan, apel dan lain-lain. Dengan rasa dan aroma buah yang khas, dan juga diolah dengan cara yang benar, kamu bisa menikmatinya sebagai camilan yang enak dan juga menyehatkan. Gimana? Tertarik untuk membawa pulang. Nggak ada salahnya kamu memborong beberapa jenis olahan kripik sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

8. Telor Gabus Keju
Telor Gabus Keju
Telor Gabus Keju via cookpad.com
Termasuk juga salah satu makanan olahan kekinian. Rasanya gurih, asin dan sedikit tekstur ala gabus menjadikan camilan ini cocok dinikmati saat santai dan juga ada acara-acara keluarga. Rasanya yang unik dengan dominan keju, sukses memanjakan lidah kamu dalam menjelajahi oleh-oleh khas Jakarta.

Oleh-Oleh Khas Jakarta Pusat Berupa Souvenir
Ke Jakarta kurang lengkap rasanya kalau nggak bawa yang namanya barang kenang-kenangan alias souvenir. Banyak sekali jenis souvenir yang ditawarkan. Tentunya bakal membuat kamu makin ngiler deh. Karena, sangat menarik buat dibawa pulang. So, langsung saja nih contohnya.

1. Souvenir Ondel-Ondel
Souvenir Ondel-Ondel
Souvenir Ondel-Ondel via indonesia.masterharga.org
Mau banget bawa oleh-oleh berupa Ondel-Ondel buat dibawa pulang. Tapi sayangnya Ondel-Ondel kan boneka gede. Masa iya bawa segitu gedenya buat pulang ke rumah.
Waduh-waduh pengen sih pengen, tapi ya nggak gitu juga. Nih sarannya lebih baik beli souvenir berupa Ondel-ondel mini saja. Bisa berupa gantungan kunci, topeng, baju, miniatur dan lain-lain.
Banyak dicari dan dibawa pulang juga oleh turis luar negeri. Sebab Ondel-Ondel merupakan salah satu ikon penting yang menjadi ciri khas kota Jakarta.

2. Monas Miniatur
Monas Miniatur
Monas Miniatur elevenia.co.id
Nah, selain berfoto di samping monas aka Monumen Nasional, kamu juga bisa membawa pulang miniatur monas ini lho. Dengan ukuran yang dibuat berbeda-beda, kamu bisa memilih mana yang akan dibawa pulang. Dibuat dari bahan kaca dan dijual di tempat oleh-oleh dan souvenir di Jakarta.

Gimana? Seru pastinya bisa membawa pulang oleh-oleh dan juga merasakan ciri khas Jakarta yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Terlebih bisa mengunjungi pusat perbelanjaan oleh-olehnya. Nah, udah ada gambaran juga kan mau beli oleh-oleh dan souvenir jenis apa. Persiapkan diri kamu untuk melakukan liburan. Agar badan tetap fit dan sehat pastikan selama liburan istirahat yang cukup. Semoga liburannya menyenangkan!