Tempat Wisata di Jogja Paling Iconix Harus Dikunjungi

Jogja merupakan sebutan dalam dunia pariwisata yang  sudah lazim dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai nama asli Ngyogyakarto Hadiningrat. Kota kecil ini sangat familier dari sudut adat-istiadatnya, yaitu keraton-keraton yang terkenal hingga penjuru Indonesia, bahkan berkat segala keunikan dan keragaman kota ini, banyak bermunculan berbagai julukan. Dua julukan di antaranya adalah kota Gudeg dan kota Pelajar. Julukan tersebut secara tidak langsung telah menjadi ciri khas bagi kota ini.

Dikenal sebagai kota pelajar karena memang jumlah sekolah dan universitas di kota ini paling banyak di Indonesia, selain itu, Jogja juga sudah sangat populer dari segi warna kuliner, semuanya sangat enak dan khas. 

Tidak lengkap jika hanya juara dalam kategori kuliner saja, bukan? Namun nyatanya, Jogja juga telah mengisi daftar destinasi terindah di Indonesia dengan berbagai wahana menarik nan kekinian. Nah, bagi Anda yang hobi Travelling, maka berikut adalah tempat wisata di Jogja paling Iconix.

1. Jogja Bay, Pirates Adventures Warterpark
Jogja Bay, Pirates Adventures Warterpark
Jogja Bay, Pirates Adventures Warterpark via youtube.com
Jogja memang tidak pernah ketinggalan dalam memajukan warna kotanya. Banyak yang bisa ditemukan di salah satu daerah di Indonesia ini. Dan Jogja Bay, Pirates Adventures Warterpark yang rencananya akan menjadi terbesar dan termegah di Indonesia. Tempat wisata ini berorientasi pada Warterpark yang ada di Amerika, Bali dan Orlando. Lokasinya berada di Desa Maguwoharjo, Depok, Kab. Sleman. Tepatnya di sebelah Utara Stadion Maguwoharjo.

Jogja Bay ini terhitung memiliki 19 wahana air termasuk wahana populer yang bernama How To Survive In Tsunami and Earthquake.

Untuk masuk ke Jogja Bay, Anda perlu membayar tiket masuk seharga Rp 60.000 sampai Rp 90.000, kecuali anak-anak di bawah 2 tahun. Anda busa membeli tiket masuk ke Jogja Bay ini mulai pukul 09.00 sampai 18.00.

2. Desa Wisata Kalibiru
Desa Wisata Kalibiru
Desa Wisata Kalibiru via berdesa.com
Selanjutnya adalah Desa Wisata Kalibiru yang berlokasi di Desa Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta. Tempat Wisata ini hadir dengan banyak suguhan pemandangan alam nan indah dan telah dilengkapi oleh wahana flying fox. 

Bahkan, Kalibiru Jogja ini sudah sangat terkenal berkat spot fotografi yang sangat menawan karena adanya pemandangan waduk Sermo dan variasi trek untuk berjalan kaki. 

3. Puncak Kosokora
Puncak Kosokora via ngetripyuk.id
Puncak Kosokora adalah tempat wisata di Jogja yang berlokasi di pantai Drini yang telah menyandang predikat sebagai pantai terindah di Jogja.

Pemandangan lautnya sangat menawan dan semuanya bisa Anda saksikan dari atas puncak kosokora ini. Lokasinya berada di Kab. Gunungkidul yang sudah populer akan perbukitannya yang memukau. 

Tempat Wisata ini membanderol tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Selain menikmati keindahan yang indah, puncak di Gunungkidul Jogja ini juga telah menjadi salah satu camping Ground terkenal, bahkan Anda bisa menyewa dome di tempat ini. 

4. De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum via travelerindonesia.net
De Mata Trick Eye Museum ini telah berhasil menjadi museum paling unik nan menarik yang mampu mengubah dogma membosankan dari sebuah museum pada umumnya. Setelah Anda mengunjungi tempat wisata ini, maka Anda kan mendapat begitu banyak pengalaman berlibur ke museum yang baru.

Tempat Wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga ini berlokasi di Jl. Veteran, Lantai Basement Gedung Umar Kayam, Area XT Square. Di dalamnya terdapat sekitar 120 buah koleksi gambar 3D yang memukau. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 saja, dan museum ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 10.00 pagi sampai 10.00 malam. Anda juga bisa mendapatkan harga khusus jika datang pada saat happy tour, yaitu di hari Senin dan Jumat mulai pukul 10.00 sampai 15.00. 

5. Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan via sewamobiljogja.info
Selanjutnya adalah tempat wisata daerah Jogja yang bernama Kebun Buah Mangunan, lokasi berada di Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

Anda busa menikmati pemandangan alam kota Bantul nan indah dari atas bukit ini. Bahkan Anda bisa menyaksikan Sungai Oya yang merupakan Sungai terpanjang di Jogja. Yang menjadi andalan di tempat wisata ini tentu saja adalah kebun buahnya yang telah dilengkapi dengan homestay, kolam renang serta ruang gedung pertemuan. 

6. Upside Down World Jogja
Upside Down World Jogja
Upside Down World Jogja via ksmtour.com
Selanjutnya adalah tempat wisata di Jogja yang hampir mirip dengan yang ada di pulau Bali. Sesuai dengan namanya, segala sesuatu yang ada di tempat ini tentunya sangat unik dengan model terbalik. Tempat Wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. 

Anda hanya perlu membayar tiket masuk ke Upside Down World Jogja ini sebesar Rp 40.000 sampai Rp 60.000 saja. Lokasinya berada di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY, atau tepatnya di seberang Indomaret Casa Grande dan tempat ini buka mulai pukul 10.00 sampai 19.00.

7. Taman Tebing Breksi
Taman Tebing Breksi
Taman Tebing Breksi via explorewisata.com
Nuansa indah nan memukau mata juga akan Anda dapatkan ketika berekreasi ke Taman Tebing Breksi ini, di sana tersedia bongkahan bebatuan besar yang dipahat menjadi karakter unik. 

Tempat Wisata daerah Jogja yang masih terbilang baru ini berlokasi di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Penambahan. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan indahnya Candi Ratu Boko dengan latar belakang Merbabu maupun Gunung Merapi. Dan untuk masuk ke sini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar  Rp 5.000 saja dan Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 09:00 sampai pukul 16.00.

8. Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark via eksotisjogja.com
Sindu Kusuma Edupark ini berlokasi di Jl. Magelang, KM 2, Desa Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogja. Tempat ini merupakan area wisata yang biasa dijadikan untuk piknik dengan banyak wahana menyenangkan seperti Segway, bianglala, sepeda terbang dan masih banyak lagi. Harga tiket masuknya pun terbilang murah, hanya Rp 15.000 sampai Rp 50.000 saja. 

9. Desa Kedung Miri
Desa Kedung Miri
Desa Kedung Miri via travelingyuk.com
Didengar dari namanya, sepertinya sangat unik, ya. Desa wisata Kedung Miri ini beralamat di Kelurahan Sriharjo, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, Yogjakarta. 

Tempat wisata ini mampu memberikan pemandangan desa nan indah dan asri yang juga telah menjadi salah satu view andalan dari Desa Kedung Miri ini. Bahkan Anda bisa ber-selfie di atas jembatan gantung melintang di sungai Oya yang terbuat dari kayu. 

10. Pantai Ngandong
Pantai Ngandong
Pantai Ngandong via jogja.tribunnes.com
Bagi wisatawan yang suka menyelam dan snorkeling, maka Pantai Ngandong ini dapat menjadi salah satu tujuan tepat berwisata saat berkunjung ke Jogja. Lokasinya berada searah dengan Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, Jogja. 

Namun, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk mencapai pantai ini, karena pantai ini berada di balik bukit.

11. Bukit Kali Kuning
Bukit Kali Kuning
Bukit Kali Kuning via mytrip123.com
Bukit kali kuning ini termasuk tempat wisata di Yogyakarta yang legendaris dan sempat ramai pengunjung sebelum letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Dan pada awal 2017, tempat wisata bernama Bukit Kulit Kuning kembali berkilau dengan wajah baru yang semakin kekinian untuk berfoto.

Pengunjung bisa duduk sembari menikmati keindahan Gunung Merapi beserta hutan di sekitarnya yang sangat indah dan mampu menenangkan hati.  Ditambah adanya secangkir teh hangat maupun kopi panas nan memikat.

12. Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu via panduanwisatajogja.com
Dari Bukit Kali Kuning, Anda bisa turun sedikit ke Museum Ullen Sentalu yang berlokasi di kawasan Kaliurang. Meski wisata ini terbilang masih baru, namun telah mampu menjadi wisata anti-mainstream. 

Tidak hanya bangunan museumnya saja yang unik, namun Anda juga bisa menemukan banyak karya seni dari seniman-seniman Yogya di masa lalu. Yang paling unik adalah Anda juga bisa belajar secara langsung sejarah kerajaan Mataram yang sangat Masyhur itu. Seperti yang diungkap bung Karno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. 

13. Taman Pelangi
Taman Pelangi
Taman Pelangi via explorewisata.com
Yang terakhir adalah tempat wisata bernama Taman Pelangi. Meski tempat wisata ini bukanlah tempat wisata terakhir yang ada di Yogyakarta, namun Taman Pelangi juga tidak kalah menarik untuk dibahas. 

Di Taman Pelangi ini, Anda bisa menikmati suasana malam bersama ratusan lampion indah. Taman ini masih satu kawasan dengan Museum Monumen Jogja Kembali di Jl. Ring Road Utara, Sariharjo, Kab. Sleman. Direkomendasikan untuk datang pada malam hari untuk bisa menikmati keindahan lampionnya. Setelah itu, Anda bisa jalan-jalan ke alun-alun kidul atau Malioboro.