10 Objek Wisata Menarik di Purwokerto, No 9 Masih Sangat Sunyi!

Purwokerto memang telah terkenal dengan ragam kulinernya yang menggugah selera. Namun, di balik icon-nya itu, ternyata Purwokerto juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Beberapa di antaranya menyajikan keindahan alam bak Surga Dunia, salah satunya adalah Small Word yang hadir dengan kemasan unik nan kreatif, karena Anda bisa menyaksikan miniatur bangunan keajaiban dunia yang sangat cantik.

Meski tempat ini terbilang baru, tepatnya pada bulan September 2016 lalu diresmikannya, namun sudah mampu menarik banyak mata untuk mengunjungi tempat wisata ini. Bagaimana tidak ramai, sebab di sini telah tersedia banyak spot cantik yang sangat instagramable, bahkan Anda juga bisa menyaksikan beraneka warna bunga.

Selain Small Word sebagai reccomended utama dari kami, ada pula 10 tempat wisata di Purwokerto lain yang wajib Anda kunjungi. Berikut informasinya!

1. Wisata Baturraden
Wisata Baturraden
Wisata Baturraden via ulinulin.com
Tempat Wisata ini berada di lereng Gunung Slamet, yaitu di Desa Karanglangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Medan pegunungan yang naik-turun tentunya menghasilkan Anda untuk menaiki kendaraan pribadi atau umum jika hendak ke sini, sehingga sangat cocok untuk memacu adrenalin.  

Anda akan merasakan sejuk udara dan indahnya panorama pegunungan yang asri serta lengkap dengan pepohonan nan rindang, sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Tersedia beberapa wahana seperti kolam renang, sepeda air, tetapi ikan, kolam luncur hingga pemandian air panas. Di sini juga terdapat kebun binatang mini yang cocok dikunjungi bersama anak-anak. 

Tempat ini bisa menjadi tujuan semua kalangan karena hanya dengan membayar tiket seharga Rp 14.000 saja, Anda susah bisa menikmati kolam renang, pemandian air panas serat sepeda mini. Namun, jika ingin berkunjung ke kebun binatang mini, maka Anda perlu menambah biaya sebesar Rp 8.000 lagi. Murah, kan?

2. Baturraden Adventures Forest (BAF)
Baturraden Adventures Forest (BAF)
Baturraden Adventures Forest (BAF) via teriiiixk.blogspot.com
Tempat Wisata yang juga biasa disebut sebagai BAF ini akan memberikan pengalaman petualangan di tempat terbuka bagi Anda. Beberapa yang ditawarkan adalah mountain adventure, water adventure, tree adventure, dan eco adventure.

Ada 2 puluhan paket dari masing-masing program. Yaitu paket wisata satu hari seharga Rp 230.000 dan paket wisata setengah hari seharga Rp 150.000. paket tersebut sudah termasuk kelengkapan lainnya, ya. 

3. Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak
Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak
Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak via sportourism.id
Tempat Wisata yang juga wajib dikunjungi ini  terletak di dalam kompleks wisata Baturraden. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km. Atau jika malas, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan melewati Bumi Perkemahan Baturraden.

Tempat Wisata ini juga menyediakan sajian pemandangan alam yang begitu indah. Bahkan juga terdapat sumber air panas yang terpancar dari tujuh pancuran. Sumber air panas ini dipercayai mampu menyembuhkan penyakit kulit, loh, termasuk jerawat dan gatal-gatal. 

4. Pendakian Gunung Slamet
Pendakian Gunung Slamet
Pendakian Gunung Slamet via belitung.tribunnews.com
Pasti nama Gunung Slamet sudah tidak asing lagi bagi para pencinta destinasi alam. Tinggi gunung ini mencapai 3.428 Mdpl dan telah menjadi gunung tertinggi se Jawa Tengah.

Agar berhasil mendaki gunung ini, terdapat tiga jalur yang dapat dilalui. Jalur selatan melalui Baturraden, jalur barat melalui Kaliwadas, dan jalur timur melalui Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut, jalur terakhir inilah (Bambangan) yang memiliki rute paling dekat. Selain memiliki jarak yang lebih dekat, pemandangan pada jalur ini juga yang paling indah. Hal itu karena posisi Anda yang kian mendekati puncak, sehingga mampu menangkap hamparan pedesaan dan pepohonan sekeliling Anda, tentu akan menjadi teman mengasyikkan perjalanan Anda menuju Puncak.

5. Curug Gomblang
Curug Gomblang
Curug Gomblang via purwokertoguidance.com
Curug ini merupakan salah satu tempat Hits di Purwokerto, meski tidak setinggi Curug lainnya, namun keindahannya benar-benar mampu memukau mata. Di sana juga tersedia beberapa spot foto. 

Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000 saja, dan Curug Gomblang ini pun sudah bisa nada kunjungi hanya dengan jarak 17KM dari kota Purwokerto, atau sekitar 42 menit saja loh. 

6. Curug Cipendok
Curug Cipendok
Curug Cipendok via purwokertoguidance.com
Masih membahas Curug ya, Guys, terutama bagi Anda yang suka bermain air. Di Curug Cipendok Anda bisa mendengar alunan suara dari burung elang Jawa yang berputar-putar mengelilingi Curug. Namun, jangan sampai ketertarikan Anda membuat Anda terbesit niat untuk memburu satwa tersebut, karena sudah merupakan satwa langka.

Selain itu, Anda juga akan melihat spesies endemik khas Purwokerto, yaitu monyet berwarna abu-abu. Itu pun jika Anda beruntung. Keindahan utama dari Curug ini adalah air telaganya yang jernih serta arus air terjun nan deras. 

7. Bukit Tranggulasih
Bukit Tranggulasih
Bukit Tranggulasih via nurekaramadhanielf.blogspot.com
Sejak 2015, tempat wisata ini sudah sangat populer di Purwokerto. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati  sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam) dengan spot terbaik.

Anda akan merasakan lima sisi  dengan pemandangan yang berbeda-beda di bukit Tranggulasih ini. Pada bagian utara, ada deretan lereng Pegunungan Slamet yang begitu indah. Di bagian timur, Anda bisa menyaksikan matahari terbit dengan leluasa. Sedangkan di timur laut, terdapat Bukit Cendana yang menjadi lokasi perkemahan yang cukup terkenal.
 Bagian baratnya juga tak kalah indah, karena Anda bisa melihat matahari terbenam yang begitu romantis. 

Yang terakhir, di bagian selatan, Anda dapat menyaksikan pemandangan laut terbentang indah, lengkap dengan hamparan Kota Purwokerto. Anda juga bisa berkemah sembari membuat api unggun di sini. 

8. Bukit Watu Meja
Bukit Watu Meja
Bukit Watu Meja via trendpurwokerto.com
Tidak mengeluarkan banyak tenaga, kok, cukup mendaki selama sekitar 20 menit saja, Anda sudah bisa menikmati panorama indah Kota Purowkerjo dari tempat ini. Lokasinya berada di Kec. Kabesean, Purwokerto.

Di awal pendakian, Anda akan disuguhkan dengan banyak pohon bambu rindang, dan setelah mencapai atas, maka pemandangan tersebut akan berganti menjadi pohon Pinus yang sangat asri. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan Sungai Serayu yang begitu indah. Memang jika tampak dari atas, sungai ini akan terlihat berliku-liku. Spot ini tentunya akan sangat sempurna untuk berfoto sembari menikmati embusan angin sejuk. 

Jangan takut lapar, karena di atas bukit juga tersedia pondokan yang menyediakan aneka makanan tradisional khas Purwokerto, seperti halnya Pecel dan mendoan. 

9. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Telaga Sunyi via hipwee.com
Seperti namanya, Telaga ini memang terasa sunyi karena sangat jauh dari hiruk-pikuk kota. Wisatawan yang datang pun terhitung masih sedikit, namun jangan salah, pemandangan di sana sangatlah indah. 

Di air yang sangat jernih tersebut, Anda bisa berenang, menyelam dan menyaksikan bebatuan indah di dasar telaga. Lokasinya sendiri berada di tengah-tengah hutan. Oya, jangan sampai lupa untuk mengambil foto di dalam mata air alami dari gunung Slamet ini. 

Fasilitas di sini juga lumayan memadai, ada kamar mandi, tempat ganti pakaian dan lain sebagainya. Anda pun hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 13.000 dan parkir sebanyak Rp 3.000 saja. 

10. Museum Bank Rakyat Indonesia
Museum Bank Rakyat Indonesia
Museum Bank Rakyat Indonesia via situsbudaya.id
 Setelah sibuk membahas dan menelusuri tempat wisata alam, maka sangat berkesan jika menutup perjalanan Anda di Purwokerto ini dengan mengunjungi Museum Bank Rakyat Indonesia.

Tempat wisata yang cukup populer ini merupakan bank nasional tertua di Indonesia. Jadi, tidak heran jika dibuatkan sebuah museum. Museum ini berisi sejarah tentang Bank Plat Merah dan banyak sekali koleksi uang-uang kuno yang mereka miliki, mulai dari uang kertas hingga uang koin. Di sini pun Anda bisa melihat peralatan/mesin perbankan yang dahulu digunakan untuk mengoperasikan sebuah bank.

Anda bisa langsung datang ke Jl. Sudirman, No 57, Purwokerto dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Itulah beberapa objek wisata spektakuler di Kabupaten Purwokerto yang sudah sangat populer.  Beberapa di antaranya memang memeberikan view keindahan alam, hal tersebut tentu menunjukkan bahwa Indonesia memang sangat kaya akan destinasi wisata alamnya dan telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi penduduknya. 

Dengan ini, maka sangat disarankan bagi para Traveler untuk tetap berhati-hati dan mematuhi tata tertib berwisata di setiap tempat di mana pun, sehingga kelestarian satwa dan tumbuhan di tempat tersebut tetap terjaga sampai ke anak-cucu kita. Tentu tidak adil jika hanya kita saja yang bisa menikmati, sedangkan para generasi penerus hanya mendengar Dongeng dari mulut ke mulut.