Wisata Gunung Pancar, Wisata Alam Fenomenal Untuk Foto Keren

Bogor memang merupakan kota di Jawa Barat yang termasuk kaya akan wisata keren, banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa yang paling terkenal di Bogor adalah Litte Venice. Namun, untuk kali ini, kita akan lupakan sejenak tentang Little Venice, karena kita akan membahas tempat wisata lainnya yang tidak kalah populer, karena memang mengenal jenis wisata lain juga baik untuk wawasan, bukan? Terlebih jika Anda seorang traveller sejati. 

Wisata Alam Gunung Pancar Bogor merupakan tempat wisata alam berupa dataran tinggi atau pegunungan yang berlokasi di Sentul yang akan kita bahas kali ini. Jika ditilik dari karakteristiknya, memang hampir sama dengan wisata Gunung Pungang di Bandung, sangat cocok untuk tempat “ngadem” di siang hari. 

Gunung Pancar ini mempunyai ketinggian sekitar 800 Mdpl, bisa dibilang tidak terlalu tinggi, namun udara yang di kawasan Gunung Pancar bisa dikatakan masih bersih dan segar. Jangan heran jika kelestarian wisata alam Gunung Pancar ini masih sangat terjaga hingga saat ini, sebab kawasannya masih termasuk Perum Perhutani. 

Sebab kealamiannya inilah Gunung Pancar sering dilirik oleh banyak wisatawan lokal maupun asing, suasananya tidak mudah membuat bosan layaknya riuh dan panasnya di kota-kota besar. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata Gunung Pancar ini, salah satunya adalah Camping, sudah sangat banyak yang menggemari kegiatan ini. Di Gunung Pancar ini telah terdapat  Camping Ground untuk berkemah. Suasana camping akan lebih nyaman berkat pepohonan pinus yang mengelilingi area wisata inj, sehingga mampu menari minat banyak wisatawan. Bisanya mereka akan membuat api unggun bersama teman maupun keluarga untuk mempererat tali persaudaraan. 

Selain camping, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti bersepeda mengelilingi hutan dan haiking di Gunung Pancar ini, bahkan treknya telah disediakan dengan akses yang tidak terlalu sulit namun juga tidak terlalu mudah, sangat cocok bagi Anda yang pemula, namun harus tetap hati-hati. Anda juga bisa mencoba Glamping, karena sebagian orang memang tidak cocok melakukan kegiatan Camping. Glamping sendiri merupakan camping versi mewah, berarti, semua kebutuhan yang dibutuhkan telah disediakan oleh pihak pengelola wisata Gunung Pancar ini, Anda hanya tinggal terima bersih saja. 

Ada Apa Saja di Gunung Pancar?

1. Pemandian Air Panas
Pemandian Air Panas
Pemandian Air Panas via cikasur.com
Sebelum kita bahas lebih detail tentang yang berikut ini, akan saya infokan bahwa di Gunung Pancar ini memang terdapat pemanduan air panas yang akan sangat efektif untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian tubuh mengeluarkan keringat. Tubuh Anda akan rileks secara maksimal dengan fasilitas ini.

Karena memang kegiatan berendam air panas di Gunung Pancar ini sudah sangat populer, bahkan Anda tidak akan dikenakan biaya mahal untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000 saja. Dan tersedia pemandian khusus laki-laki dan perempuan, jadi, Anda tidak perlu khawatir atau pun malu. 

Dan yang paling mengejutkan adalah air panas Gunung Pancar ini berasal dari mata air alami yang dialirkan lewat ruangan ke kolam rendaman. Banyak wisatawan yang mengakui khasiat pemandian ini, salah satunya adalah rasa pegal-pegal hilang dan badan menjadi lebih segar berkat kandungan belerang dan mineral dalam air panas Gunung Pancar yang baik untuk terapi otot.

2. Terdapat Berbagai Jenis Tanaman
Hutan Pinus
Hutan Pinus via jadiberita.com
Karena memang berupa keindahan alam, tentunya Gunung Pancar juga menyimpan banyak ekosistem hutan yang beragam. Anda bisa menemukan berbagai jenis tanaman seperti Rasamala, pinus, Jamuju, Rotan, Puspa, Saninten, dan masih banyak lagi. Pastinya, Anda akan lebih leluasa meng-eksplor segala keaneragaman Hayati di Gunung Pancar ini. Pastikan Anda untuk tidak hanya datar berwisata ya, namun petik juga segala edukasi dari tempat ini. 

3. Banyak Spot Foto Keren
Spot Foto Keren
Spot Foto Keren via beritasatu.com
Banyaknya jenis pohon dan lingkungan yang masih terbilang alami, tentu membuat setiap sudut Gunung Pancar ini sangat keren untuk spot hunting foto. Bahkan, hutan Pinus di Gunung Pancar ini hampir mirip dengan hutan pinus Imogiri di Jogja, Loh. Oya, spot foto keren tidak harus melulu di tempat yang mewah, karena pemandangan alam juga telah menjadi spot populer saat ini. 

4. Terdapat Banyak Satwa
Monyet
Ilustrasi Monyet Gunung Pancar via reresepan.com
Memang yang satu jni agak sulit ditemukan, sebab merek sangat pintar bersembunyi. Namun, jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan berbagai jenis binatang seperti Jelarang, Owa, Kera, Surili, Elang, Ayam Hutan, sampai Babi Hutan pun hidup di sini. Sangat seru, bukan?

5. Terdapat Makan Keramat di Gunung Pancar
Makan Keramat di Gunung Pancar
Makan Keramat di Gunung Pancar via blog.wowbogor.com
Jangan kaget jika Anda menjumpai sebuah makan di Gunung Pancar, makam ini sudah sangat tua dan keramat. Ada beberapa tokoh yang dimakamkan di makam ini, beberapa di antaranya adalah Ki Mas Bungsu, Raden Lawulung, Raden Surya Kencana, H. Dalem Putih, Kalijaga dan masih banyak tokoh penting lainnya. 

6. Adanya Pentas Seni Budaya
Pentas Seni Budaya
Ilustrasi Pentas Seni Budaya via gpswisataindonesia.info
Pentas Seni Budaya ini tidak akan temukan di sembarangan hari, sebab hanya di hari-hari tertentu saja, loh. Dan pentas ini ditujukan untuk para tamu undangan yang hadir.

Legenda Gunung Pancar
Gunung Pancar ini dipercayai sebagai fondasi bumi yang pertama kali diciptakan. Konon, saat bumi pertama kali diciptakan, belum ada yang namanya Gunung, dan hal itu menyebabkan bumi sering mengalami gempa. Kemudian, melihat keadaan bumi yang tidak stabil, maka kemudian diciptakanlah gunung sebagai pasar atau fondasi bumi agar lebih tenang. 

Nah, itulah sebabnya mengapa Gunung ini mempunyai nama “Pancar” yang berarti “muncul pertama kali”. 

Harga Tiket Masuk ke Gunung Pancar
Seperti tempat wisata pada umumnya, untuk memasuki Gunung Pancar pun Anda juga perlu membayar tiket masuk, yaitu sebesar Rp 5.000 per orang, kemudian membayar parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor dan WNA Rp 100.000 per orang. 

Sedangkan di hari libur, tiket masuk akan melonjak menjadi Rp 7.500 per orang. Sedangkan untuk parkirnya menjadi Rp 15.000 per mobil, Rp 7.500 per motor dan WNA Rp 150.000 per orang. 

Daftar harga wahana lainnya:
1. Pemandian Air Panas: Rp 25.000
2. Sewa Hammock: Rp 20.000 per pcs 
3. Foto Prewedding: Rp 750.000 per sesi, belum termasuk tiket masuknya. 
Sewa lokasi dan Prewedding: 081211446514
Pertanyaan: Info@gunungpancar.com
Event Organizer: 081295245899 / gunungpancarorganizer@gmail.com
Site: www.gunungpancar.com
Dan Gunung Pancar ini buka selama 24 jam. 

Penginapan di Gunung Pancar
Anda tidak perlu khawatir karena Gunung Pancar ini telah dilengkapi oleh penginapan, namun jika Anda ingin merasakan sensasi menyatu dengan alam, maka Anda bisa melakukan camping di area Gunung Pancar yang telah ditentukan. 

Lokasi Gunung Pancar
Gunung Panca berada di Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat. Sekitar 23KM dari pusat kota Bogor, jika melalui Jl. MH Thamrin maka diperkirakan akan memakan waktu sekitar 43 menit jika tidak ada kendala. 

Rute Menuju Gunung Pancar Bogor
Rute Menuju lokasi wisata ini bisa dibilang cukup mudah. Jika dari Jakarta maupun pusat kota Bogor, Anda tunggal pilih Jalan Tol Jagorawi dan keluar melalui tol Sentul Selatan. Setelah keluar dari herbal tol, maka Anda akan lihat Bellanova Mall, dari situ Anda jika belok ke kanan maka menuju Bogor, namun jika ke kiri maka akan menuju Sentul City, jadi silakan belok ke kiri melalui Jl. MH Thamrin. Rutenya cukup mudah karena Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk menuju The Jungleland hingga menemukan gerbang masuk ke Wisata Gunung Pancar. Setelah sampai ke gerbang, maka terdapat jalan ke kanan, silakan lewat jalan tersebut sampai menemukan tempat loket. 

Tips Berlibur ke Gunung Pancar:
Seperti halnya berlibur ke tempat wisata lainnya, singgah ke Gunung Pancar pun juga lebih nyaman saat musim kemarau dan hari biasa, sebab jika Anda datang pada hari libur dan akhir pekan, maka akan sangat ramai pengunjung. Oya, setiap area juga punya tiket sendiri-sendiri, jadi harap untuk selalu bertanya terlebih dahulu, ya. Usahakan untuk selalu tertib dengan tidak merusak properti dan membuang sampah sembarangan. Anda bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke sini. 

Wisata Terdekat Dengan Gunung Pancar 

1. The Jungleland, tempat wisata ini juga sangat populer di Bogor, butuh waktu sekitar 43 menit perjalanan dari Gunung Pancur. 

2. Curug Bidadari, yaitu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dan fasilitasnya juga memadai, Anda hanya perlu menempuh perjalanan 5 menit dari Gunung Pancur.