10 Objek Wisata Paling Populer dan Kekinian di Kabupaten Purbalingga

Kabupaten Purbalingga yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki letak geografis di antara daerah pegunungan di sekitarnya. Pada bagian Utara kawasan gunung ini, merupakan area Gunung Slamet dan dataran tinggi Dieng. Sedangkan di bagian Selatan meliputi Depresi Serayu yang dialiri oleh dua sungai besar bernama Kali Serayu dan Kali Pekacangan yang merupakan anak sungai tersebut. Letak Kabupaten Purbalingga ini sendiri berada di Kota Purbalingga, letaknya berada di sekitar 21 km sebelah Timur Laut Purwokerto. Dengan melihat kota Purbalingga maka sudah menggambarkan bagaimana daerah Kabupaten Purbalingga. 

Seperti halnya daerah lain di Indonesia, khususnya Jawa Tengah, Kabupaten Purbalingga sendiri memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. Dan berikut adalah daftar 10 objek wisata paling populer dan kekinian di Purbalingga:

1. Sanggaluri Park
Sanggaluri Park
Sanggaluri Park via catatanery.blogspot.com
Anda bisa belajar sekaligus menikmati berbagai pemandangan indah di Objek Wisata Sanggaluri Park ini. Anda bisa menambah wawasan dengan menebak bintang reptil dan serangga di Taman Reptil, lalu belajar Fisika di Wahana Iptek, mengenal koleksi wayang dan artefak di Museum Wayang dan Artefak, melihat koleksi uang dari zaman kerajaan di Museum Uang, hingga belajar manasik haji pun bisa Anda dapatkan semuanya di sini.

Selain itu, di Sanggaluri Park ini juga ada sebuah arena bermain anak, beberapa di antaranya adalah istana balon, mini train, caraousel, swinger, trampolin raksasa, taman lalu lintas, dan berbagai arena permainan anak lainnya. Tempat Wisata Sanggaluri Park ini berlokasi di Jalan Buper Munjuluhur, Kutasari. Anda bisa menempuh perjalanan dari Pusat Kota Purbalingga dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15-30 menit saja. Tempat ini biasanya paling ramai dikunjungi pada hari-hari libur.

2. Goa Lawa
Goa Lawa
Goa Lawa via inibaru.id
Gua Lawa atau bisa disebut Guo Lowo ini juga merupakan tempat wisata di Purbalingga.  Panjang goa ini mencapai 1,5 km dengan luas 5 km, sehingga, tempat ini sangat tampak unik karena proses pembentukan nha terjadi akibat pembekuan serta pendinginan lava.

Goa Lawa (Guo Lowo) merupakan Tempat Wisata Purbalingga. Panjang goa yang mencapai 1,5 km dan luas 5 km ini pun menjadi lebih terlihat unik karena proses pembentukannya terjadi sebagai akibat dari pembekuan dan pendinginan lava. Setelah itu, lava kering tersebut lalu berubah menjadi keras, tidak mengandung kapur dan tanpa menghasilkan stalagmit dan stalagtit seperti halnya goa yang berada di batuan kapur atau di lereng bukit.

Lokasi dari Goa ini adalah di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Jaraknya sekitar 25 km ke arah utara dari kota Purbalingga, rutenya juga tidak terlalu sulit. Sehingga, Anda pun tidak akan tersesat jika hendak menikmati keindahan alam dari Goa Lawa karena pemerintah kabupaten setempat telah membangun sebuah tugu di pintu masuk menuju ke Goa Lawa. Untuk memasuki kawasan objek wisata Goa Lawa ini, Anda perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. 

3. Goa Lorong Kereta
Goa Lorong Kereta
Goa Lorong Kereta via tribunnews.com
Selanjutnya adalah tempat wisata bernama Goa Lorong Kereta yang letaknya tidak jauh dari Goa Lawa. Namun. untuk bisa masuk ke goa lorong ada banyak Jalan yang bervariasi, dari yang lebar, sempit, sampai yang super sempit. Untuk itu, jika ingin memasuki gua lorong Anda harus ditemani oleh Pemandu yang sudah paham betul cara melewati goa ini agar bisa menjelajahi setiap lorong.

Jaraknya yang hanya beberapa meter saja dari pintu masuk dan masih satu kompleks dengan Goa Lawa. Dan jika Anda berkunjung ke sini maka Anda bisa menyaksikan bahwa bentuk Goa Lorong ini memang mirip dengan lorong kereta. Jadi, bagi Anda yang menyukai tantangan, maka objek wisata satu ini sangat reccomended, pastikan pula Anda mempunyai cukup tenaga agar bisa menyusuri setiap lorong.  

4. Air Terjun Wana Tirta
Air Terjun Wana Tirta
Air Terjun Wana Tirta via wisata-tanahair.com
Setelah membahas beberapa destinasi objek wisata Goa, maka kini beralih ke asyikkan wahana permainan air. Air Terjun Wana Tirta merupakan merupakan wisata air terjun di Purbalingga dengan ketinggian sekitar 16 meter, Curug atau air terjun Wana Tirta ini berlokasi di Desa Panusupan, Purbalingga, Jawa Tengah. 

Anda bisa melakukan banyak hal di sini, karena selain bermain air terjun, Anda juga dapat melakukan Tracking ke Puncak Bukit Ardi Lawet, melihat prosesi pembuatan gula merah, pembuatan souvenir khas Desa Panusupan, outbond dan camping serta river trekking di sungai Desa Panusupan. Pokoknya, super lengkap deh!

Objek wisata air ini sangat cocok Anda kunjungi saat tengah jalan-jalan ke Monumen Jenderal Soedriman dan kemudian menyempatkan waktu untuk singgah ke Air Terjun Wana Tirta ini. Sebenarnya, tidak hanya objek wisata ini saja yang berada di Desa Panusupan masih ada objek menarik lainnya seperti ziarah ke Makam Syekh Jambu Karang, atau Makam Ardi Lawet dan berbagai peninggalan situs purbakala yang akan mengedukasi Anda.

5. Desa Limbasari
Desa Limbasari
Desa Limbasari via langgamlangitsore.blogspot.com
Desa Limbasari inj terletak di Kecamatan Bobotsari, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Kota Purbalingga. Tepatnya, lokasinya berada di kaki Pegunungan Plana, sekitar 17 km dari Pusat Kota Purbalingga. Di Desa ini, Anda bisa  menikmati keseruan bermain Tubing di Sungai Gunung yang airnya sangat jernih dan terhindar dari pencemaran lingkungan.

Sungai ini adalah sebuah hulu yang bermuara ke Sungai Klawing Purbalingga. Sedangkan ‘Tubing’ awndiei merupakan aktivitas menyusuri sungai menggunakan ban, yang masing-masing ban digunakan oleh satu orang. Selain tubing, Anda pun dapat bermain water sliding sembari menikmati keindahan Air Terjun Patra Wisa.

6. Monumen Jenderal Soedirman
Monumen Jenderal Soedirman
Monumen Jenderal Soedirman via bocahporka.blogspot.com
Jika sudah berada di Purbalingga, jangan sampai Anda lupa untuk mampir ke Monumen Nasional Jenderal Soedirman yang merupakan  panglima besar termasuk pahlawan nasional yang lahir di Kota Purbalingga. Oleh sebab itu, di kota ini dibuatkanlah sebuah Monumen yang diberi nama Monumen Jenderal Soedirman guna mengabadikan semua jasa-jasa beliau.

Letak Monumen Jenderal Soedirman ini berada di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, sekitar 30 km dari pusat kota. Untuk mencapai objek wisata ini, Anda bisa lewat Kejobong atau juga lewat Bobotsari dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

7. Usman Janatin City Park
Usman Janatin City Park
Usman Janatin City Park via adsgrafis.blogspot.com
Objek wisata dengan nama unik ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Purbalingga, sebab, di sini Anda akan menjumpai berbagai arena permainan anak seperti bioskop mini, mini train, warma coaster, kereta luncur berbentuk ulat, dan istana balon. Sangat lengkap dan nyaman untuk berbagai kalangan, apalagi anak-anak. Tidak tanggung-tanggung, taman ini dibangun di atas lahan seluas 16.000 meter persegi.

Letak dari Taman Kota Usman Janatin di tengah-tengah Kota Purbalingga, sekitar beberapa ratus meter saja sari Alun-alun Kota Purbalingga, tentunya Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Sedangkan Nama taman ini terinspirasi dari tokoh prajurit Korps Komando Operasi (KKO-sekarang marinir)Purbalingga yang meninggal di Singapura saat terjadi konfrontasi Indonesia-Malaysia di tahun 1968.

8. Purbasari Pancuran Mas
Purbasari Pancuran Mas
Purbasari Pancuran Mas via ohayo.co.id
Selain menyenangkan, dengan berkunjung ke Purbasari Pancuran Mas maka pengetahuan Anda akan bertambah tentang jenis-jenis ikan, bahkan di sini juga ada ikan raksasa Arapaima Gigas dari Sungai Amazon.

Lokasi objek wisata di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah ini memiliki konsep wisata pendidikan. Tempat ini sangat cocok untuk memberikan edukasi perihal flora dan fauna Indonesia. 

9. Pancuran Ciblon Bobotsari
Pancuran Ciblon Bobotsari
Pancuran Ciblon Bobotsari via caridestinasiwisata.blogspot.com
Berlokasi di sebelah Terminal Bobotsari, objek wisata ini sangat mudah ditemukan. Di sini tersedia beberapa kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dengan kedalaman berbeda-beda. Anda juga bisa jajan, terapi ikan, bermain dan ber-agrowisata di sini. Sangat lengkap dan tetap mengasyikkan dan harga tiket masuknya pun terjangkau.

10. Tirta Asri Walik
Tirta Asri Walik
Tirta Asri Walik via tangkaspemujiecotourism.blogspot.com
Lokasinya berada di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Bisa nada tempuh sekitar 15 menit dari pusat kota Purbalingga. pemandangan di sini sangat indah, loh. Padahal, dulunya kawasan in hanya berisi perbukitan biasa.

Sangat friendly, objek wisata ini hanya mematok tiket masuk seharga Rp 6.500 per orang dan Rp 7.500 per orang di hari libur. Sangat cocok dijadikan tujuan berwisata keluarga dengan mengajak anak-anak.