Ini Dia! Objek Wisata Tlatar Boyolali Yang Sangat Iconix

Jika Anda sudah merancang tujuan untuk berlibur ke Jawa Tengah, terutama di Boyolali dan sekitarnya, maka Objek Wisata Tlatar Boyolali begitu reccomended sebagai objek wisata yang perlu Anda tuju.

Objek Wisata Tlatar ini tentunya tidak kalah indah dibanding dengan objek wisata di Boyolali lainnya, seperti Waduk Kedung Ombo, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Dengan menghabiskan waktu ke objek yang satu ini akan menjadikan liburan Anda terasa lengkap selama wisata di Boyolali.

Di sana mengandalkan wahana permainan air keluarga dan juga bagi anak-anak di area ekowisata, cocok sekali untuk mengisi hari libur akhir pekan dan libur panjang akhir tahun di Boyolali, Jawa Tengah ini. 

Lokasi dari Kabupaten Boyolali ini sendiri berada di kaki Gunung Merbabu setinggi 350 meter dari permukaan laut, jadi, tidaklah heran daerah ini diberi limpahan air jernih serta udara nan sejuk. Kemudian, air yang melimpah tersebut dimanfaatkan untuk membuat aneka kolam yang dialiri air jernih 24 jam tanpa henti secara alami.

Beberapa orang memang menyebut tempat wisata ini sebagai Objek Wisata Taman Air Indonesia Etasia Umbul Tlatar atau lebih singkatnya disebut Umbul Tlatar. Selain berbasis sumber mata air melimpah, tempat ini juga berbasis pelestarian alam dan pendidikan, loh.

Menurut informasi dari direktori wisata Indonesia yang telah menerima informasi dari pengelola objek wisata ini, ternyata Umbul Tlatar memiliki luas area sekitar 5 hektar. Tempat Wisata air ini didirikan pada tahun 2002 silam, dan tidak pernah sepi pengunjung hingga sekarang. Memang, pemikat utama dan alasan pokok orang-orang berkunjung adalah sebab adanya beraneka wahana yang bertema air di alam terbuka. 

Di Objek Wisata Air Boyolali ini telah terdapat mata air yang menyembur dan mengalirkan air dengan debit sekitar 650 liter per detiknya, loh. Air yang menyembur dari mata air ini dikenal dengan sebutan Umbul Tlatar yang memiliki arti kepanjangannya dari singkatan Umbul yang berarti menyembur, dan Tlatar berarti sumber airnya.

Wahana di Taman Air Boyolali Umbul Tlatar/Umbul Tlatar/Wisata Tlatar Boyolali

1. Kolam Renang Berstandar Nasional
Kolam Renang Berstandar Nasional
Kolam Renang Berstandar Nasional via slamsr.com
Ada banyak sekali wahana air yang tersedia di Taman Air Boyolali Umbul Tlatar ini, beberapa di antaranya adalah kolam renang yang dibagi atas beberapa lokasi. Ada juga kolam renang yang mempunyai standar nasional yang kedalamannya lebih dari 2 meter, biasanya kolam ini akan digunakan sebagai perlombaan renang tingkat nasional.

2. Kolam Renang Untuk Anak
Kolam Renang Untuk Anak
Kolam Renang Untuk Anak via lintangluku.net
Tentunya tidak lengkap jika hanya menyediakan area bermain air bagi dewasa dan yang ahli saja, sebab itulah di Wisata Tlatar Boyolali ini juga telah disediakan kolam air untuk anak dengan kedalaman mencapai 80 cm. 

3. Kolam Renang Campuran
Kolam Renang Campuran
Kolam Renang Campuran via sriwahyuni3202.wordpress.com
Lokasinya tidak jauh dari Kolam Renang Untuk Anak, terdapat kolam renang campuran yang bisa dinikmati anak-anak serta dewasa. 

4. Becak Air
Becak Air
Becak Air via ksmtour.com
Tempat Wisata Umbul Tlatar Boyolali ini bisa dikatakan sangat lengkap. Karena selain menyediakan kolam, kawasan ini juga terdiri atas wahana air lainnya, salah satunya adalah Kolam Becak Air. Di area ini Anda bisa bersenang-senang mengayuh becak air sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

5. Kolam Pakecehan
Kolam Pakecehan
Kolam Pakecehan via panduanwisata.id
Wisata Umbul Tlatar ini memang mempunyai beberapa daya tarik, salah satunya adalah adanya kolam bernama Kolam Pakecehan. Adanya kolam ini tidak hanya ditujukan untuk anak-anak namun juga untuk dewasa. Wahana permainan alami kolam “Pakecehan” ini memiliki air yang jernih dan mengalir terus-menerus bahkan kedalaman area kolamnya mencapai 10 hingga 40 cm dengan kualitas air sama dengan air yang biasa minum.

6. Kolam Pemancingan
Kolam Pemancingan
Ilustrasi Kolam Pemancingan via ngalam.co
Ternyata, selain menyediakan wahana bersenang-senang dengan berenang, Anda juga bisa menggantikan waktu dengan memancing di sini. Karena di lokasi Wisata Tlatar Boyolali ini memang telah disediakan kolam ikan bagi para orang tua yang hobi memancing. Bahkan area ini juga dilengkapi oleh tempat berteduh. 

7. Terdapat Area Woodball
Area Woodball
Area Woodball via antarafoto.com
Tempat Wisata ini memang sangat cocok untuk segala kalangan, entah itu pria maupun wanita. Dan di area ini maka bagi pengunjung yang suka bermain di alam terbuka, terutama pria, maka sangat dianjurkan untuk bisa merasakan sensasi bermain woodball atau bola kayu. Semua perlengkapan dalam permainan ini berasal dari kayu. Konon olah raga ini berasal dari Taiwan.

8. Terdapat Track Motor
Track Motor
Track Motor via travelingyuk.com
Di area ini Anda bisa bermain ATV Untu mengelilingi area sembari menikmati keasrian alam sekitar. Di area wisata ini Anda bisa bermain sesuai dengan rute yang telah disiapkan oleh pengelola. 

9. Bisa Menunggang Kuda
Menunggang Kuda
Menunggang Kuda via filosofast.com
Jika Anda tidak bisa atau takut menaiki motor track, maka bisa mencoba tunggangan kain seperti kuda. Bahkan, bagi Anda yang belum bisa pun maka akan diajari menunggang kuda di sinu. Sembari bermain dan liburan, kita juga bisa berlatih area pacuan kuda yang tersedia.

10. Terdapat Wahana Pemacu Adrenalin
Wahana Pemacu Adrenalin
Wahana Pemacu Adrenalin via republika.co.id
Menang, untuk beberapa pengunjung, mereka paling banyak akan menyukai wahana Pemacu adrenalin, terlebih yang telah disediakan oleh pengelola ekowisata di Boyolali ini. Di sini, telah terdapat area outbond yang cukup luas. Di sana, terdapat beberapa wahana seperti  Flying Fox, meniti tali, jaring persahabatan dan masih banyak lagi permainan yang bisa kita temukan di tempat wisata Boyolali.

11. Terdapat Tempat Meeting
Tempat Meeting
Tempat Meeting via blog.maslarto.web.id
Saat liburan, Anda tidak perlu khawatir dengan pekerjaan, apalagi saat ada acara meeting karena bagi Anda yang ingin membuat acara pertemuan, maka telah disediakan sebuah sarana untuk hal itu. Ya, seperti halnya kumpulan keluarga besar, seminar, meeting bisa mengambil tempat ini. Tersedia ruang dengan kapasitas sampai 200 orang. Tentunya diperbolehkan untuk memilih ruang pertemuan di Apron Depan, Apron Pasegaran, Gedung VIP, dan Joglo.

12. Tersedia Kelas Alam
Kelas Alam
Kelas Alam via jateng.tribunnews.com
Yang tidak kalah menarik lagi adalah adanya kelas alam yang dikelola oleh Kak Seto dalam kawasan Ekowisata Taman Air Tlatar ini. Siswa yang belajar di sekolah ini diberi ruang dan waktu yang fleksibel untuk mengembangkan kemampuan liveskill mereka sendiri. 

Wisaya Umbul Tlatar Boyolali Sebagai Tempat Daur Ulang Hydrology
Umbul Tlatar selain sebagai tempat wisata di Boyolali sejatinya lokasi ini telah menjadi tempat daur hydrology, dimana semua air yang telah digunakan bisa dimanfaatkan kembali semaksimal mungkin. Siklus ini bertujuan untuk mencapai keseimbangan alam. Dengan adanya siklus hydrology ini maka  komponen utama bisa dijaga kualitas dan kuantitasnya.

Rumah Makan di Wisata Tlatar Boyolali
Tidak lengkap rasanya jika Anda sudah berlelah-lelah, tapi tidak ada penawar lelah seperti halnya makanan dan minuman. Namun, saat di Wisata Tlatar Boyolali ini Anda tidak perlu khawatir. Karena setalah puas bermain ada penawar untuk perut yang sedang keroncongan, di lokasi wisata Boyolali ini juga tersedia banyak tempat atau stan warung yang menyajikan kuliner berbahan dasar ikan. Pastinya, ikan-ikan yang akan diolah menjadi aneka masakan ini segar-segar semua yang berasal dari sungai dan kolam sekitar lokasi.

Anda akan mendapat pengalaman berkuliner beranikah jenis olahan ikan di sini, mulai dari jenis ikan kakap bakar, udang goreng mentega, gurami asam manis yang dilengkapi hingga penutup dengan buah air kelapa segar yang dapat mengakhiri perjalanan liburan kita. Semua menu hidangannya di banderol mulai Rp. 30.000,- hingga Rp.50.000,- per porsinya.

Penutup
Tempat Wisata ini selalu ramai di akhir pekan dan libur panjang, setidaknya ada ribuan pengunjung yang berlibur di tempat wisata Boyolali ini. Obyek wisata Umbul Tlatar buka setiap hari mulai dari pukul 8.00 – 17.30 WIB. Kita bisa menempuh ke tempat wisata Tlatar Boyolali ini dengan hanya menghabiskan waktu setengah jam dari Bandara Adisumarmo Solo dan jika dari Bandara Adisucipto  Yogyakarta akan memakan waktu 1 jam. 

Sangat mengasyikkan bukan? Sebab itulah tidak mengherankan kan jika  Tempat Wisata Tlatar Boyolali 2017 memang selalu ramai dikunjungi orang – orang yang ingin berwisata dan mengisi liburan. Karena memang jika dinilai, objek wisata yang satu ini memang sangat lengkap untuk berwisata karena berbagai kalangan dan usia bisa bermain dan menikmati liburan bersama – sama.