Maknyus dan Menarik, Oleh-Oleh Khas Madiun Jawa Timur

Berwisata adalah suatu aktivitas menyenangkan untuk mayoritas orang. Betul apa betul?, benar sekali deh pokoknya. Dengan berwisata kita dapat melepas penat dan lelah akibat aktivits yang begitu padat. Tidak salah jika kita menyisihkan kesempatan untuk sejenak mencari suasana baru. Berwisata ke suatu tempat, menjadi obat terampuh. Membuat jiwa serasa segar. Sehingga, kita bisa menghadapi segala aktivitas dengan lebih semangat lagi dan tentunya happy. Sekarang coba saja berkunjung ke kota Gadis. Kota Madiun Jawa Timur, menyajikan berbagai destinasi wisata yang bisa menjadikan jiwamu serasa segar kembali. Misalnya seperti; Air Terjun Seweru, Watu Rumpuk, Gunung Kendil dan lain sebagainya. Kamu bisa menikmatinya  di sana.

Bukan hanya itu lho, kamu pun dapat merasakan pengalaman baru. Mengatahui banyak hal yang menarik pula. Terlebih jangan lupa icip-icip dan beli oleh-oleh khasnya ya. Berbagai jenis oleh-oleh khas dapat kamu jumpai disana. Dan ingat, bawakan juga untuk keluarga, kerabat, rekan kerja serta sahabat di kota asal, ok. Entah itu oleh-oleh berwujud jajanan maupun souvenir. Pasti meraka senang, dapat buah tangan menarik dari kota ini. Tapi apa saja ya oleh-oleh khas Madiun Jawa Timur? Yukz, simak yang berikut. Sekaligus akan dilengkapi dengan pusat perbelanjaannya yang dapat kamu kunjungi.

Pusat Perbelanjaan Oleh-Oleh Khas Madiun Jawa Timur Paling Popular
Kamu ingin berwisata ke kota Madiun? Nah, jika kamu ingin bertandang kesana jangan lupa mampir di beberapa pusat perbelanjaan oleh-olehnya. Rasanya nyesel lho, kalau traveling, pulang enggak bawabuah tangan. So, solusinya coba datangin salah satu atau semua pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Madiun Jawa Timur paling popular di bawah ini.

1. Toko Oleh-oleh Putra Rasa
Toko Oleh-oleh Putra Rasa
Toko Oleh-oleh Putra Rasa via googlemap.com
Jika ingin mencari oleh-oleh khas kota gadis, langsung saja datang ke Jalan Soekarno Hatta, Demangan, Taman, Madiun Jawa Timur. Disini kamu bisa membeli berbagai oleh-oleh khas yang dapat dijadikan buah tangan. Mulai dari, brem, madu mongso, berbagai kue khas dan lain-lainnya bisa kamu dapatkan di pusat perbelanjaan yang satu ini.

2. Pusat Oleh-oleh Taman Sari
Pusat Oleh-oleh Taman Sari
Pusat Oleh-oleh Taman Sari via tokotamansari3.business.site
Ingin cari pusat perbelanjaan lebih lengkap lagi, mampir saja ke Pusat Oleh-oleh Taman Sari. Disini kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Madiun. Catat alamatnya, Jalan Kemiri, Nomer 38, Taman, Madiun, Jawa Timur.

3. Pusat Oleh-oleh Ridho Baru
Pusat Oleh-oleh Ridho Baru
Pusat Oleh-oleh Ridho Baru via pusat-oleh-oleh-ridho-baru.business.site
Di Jalan Panglima Sudirman Pasar Besar Kios, Nomer P1, Kejuron, Taman, Madiun, Jawa Timur juga bisa menjadi pilihan berburu oleh-oleh di kota gadis. Pusat Oleh-oleh Ridho Baru meneyediakan berbagai kue khas. Contohnya seperti; manco, satu dan bluder serta kue-kue yang lainnya juga.

4. Perusahaan Brem
Perusahaan Brem
Perusahaan Brem via medcom.id
Jika kamu ingin menjumpai banyak brem khas Madiun, langsung saja datang ke tempat produksinya guys. Perusahaan Brem yang terletak di Jalan Menur, Bancong, Wonosari, Madiun, Jawa Timur ini, cocok untuk kamu kunjungi.

5. Pabrik Bluder Cokro
Pabrik Bluder Cokro
Pabrik Bluder Cokro via travel.kompas.com
Buat kamu yang suka banget sama bluder, bisa langsung datang ke Jalan Hos Cokrominoto, Nomer 36, Pandea, Jawa Timur. Disini adalah pabrik dibuatnya roti bluder. Di Pabrik Bluder cokro, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya langsung. Menarik kan, kunjungi yukz.

Aneka Macam Oleh-Oleh Madiu yang Maknyus dan Menarik
Sudah tahu pusat perbelanjaan untuk membeli oleh-oleh kan. So, sekarang saatnya kamu mengenal oleh-oleh khas Madiun. Dengan begitu kamu sudah tidak bingung lagi, dan akan mempermudahkan juga ketika memilih produknya, karena sudah mengetahui jenis oleh-olehnya. Oke kalau begitu, langsung saja ini beberapa oleh-oleh khas Madiun Jawa Timur yang paling maknyus dan menarik. 

1. Brem Madiun
Brem Madiun
Brem Madiun via id.wikipedia.org
Bagaimana, sudah pernah makan brem Madiun kah guys?. Brem adalah salah satu jajanan khas Kota Madiun. Jika kamu berkunjung di kota ini, kamu bisa menjumpainya di setiap pusat perbelanjaan oleh-oleh khas. Bentuk kotak pipih dengan warna putih sedikit kuning,rasanya cukup segar disetiap gigitan. Ketika dimasukkan ke mulut, langsung meleleh dan rasa yang manis langsung menyebar, membuat lidah terus bergoyang. Gimana guys, terbayang sedap dan menarik kan?. Segera beli yukz, cukup mulai 5 ribu rupiah  kamu bisa menikmati lelehan brem Madiun dengan berbagai varias rasa. Mulai dari; rasa original, stowbery, coklat dan lain-lain.

2. Roti Bluder
Roti Bluder
Roti Bluder via ksmtour.com
Roti bluder memiliki bentuk yang unik dan tekstur lembut. Diolah dengan cara tradisional dan tanpa bahan pengawet. Walaupun roti bluder hanya dapat bertahan sampai satu minggu, tetapi tetap menjadi incaran para wisatawan, karena enak dan menyehatkan. Cukup dengan merogoh kantong sebesar 7 ribu rupiah kamu bisa menikmati satu biji roti bluder lho. Gimana, murah, enak, menyehatkan lagi. Tunggu apalagi, jangan lupa di beli ya.

3. Madu Mongso
Madu Mongso
Madu Mongso via tokopedia.com
Madu mongso adalah jajanan khas Madiun yang terbuat dari bahan dasar ketan hitam. Madu mongso juga tidak kalah diincarnya oleh para wisatawan dengan brem dan roti bluder lho. Rasanya yang manis membuat mulut semakin manja. Jika masih penasaran dan ingin membelinya, cukup siapkan uang sebesar 20 ribu rupiah, maka kamu bisa menikmati manisnya madu mongso khas Madiun lho.

4. Sambel Pecel
Sambel Pecel
Sambel Pecel via istieanugrah.wordpress.com
Sambel pecel atau kerap dikenal dengan bumbu pecel, sudah sangat popular di daerah manapun. Betul apa betul?. Yups, sambel pecel memang sudah terkenal dimana-mana. Tetapi berbeda dengan sambel pecel Madiun guys. Sambel pecel Madiun memiliki cita rasa yang khas.  Jadi, jika kamu bertandang ke Madiun jangan lupa membeli oleh-oleh yang satu ini ya. Kamu bisa mendapatkannnya di berbagai pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Madiun. Harganya pun relative murah, mulai dari 25 ribu rupiah kamu sudah bisa membawa pulang oleh-oleh yang stau ini.

5. Krupuk Lempeng
Krupuk Lempeng
Krupuk Lempeng via oemahkuliner.blogspot.com
Kamu suka ngemil, Madiun memiliki oleh-oleh khas yang cocok guys. Krupuk lempeng pas banget buat kamu yang suka ngemil. Harganya yang cukup bersahabat dengan rasa gurih dan enak, sangat nggak rugi jika kamu membelinya buat oleh-oleh dari kota ini. Cukup keluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah maka kamu bisa membawa pulang buah tangan yang satu ini.

6. Kue Manco
Kue Manco
Kue Manco via pengiriskeripikmultiguna.blogspot.com
Kue manco merupakan salah satu jajanan khas Madiun asli, warisan nenek moyang. Kue yang berbahan dasar dari tepung ketan ini, memiliki sensasi luar biasa ketika digigit. Teksturnya gurih dengan lumuran gula merah yang manis, membuat kue ini cocok dijadikan camilan. Buat kamu yang ingin ke Madiun, jangan lupa membeli oleh-oleh ini.

7. Kue Satu
Kue Satu
Kue Satu via bukalapak.com
Seperti jargonnya sctv, “satu untuk semua”. Kue satu juga sangat cocok buat kamu jadikan oleh-oleh untuk semua. Entah untuk keluarga, sanak-saudara, kerabat, maupun rekan kerja. Kue  yang berbahan baku kacang ijo dan gula pasir ini, memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Dijamin nagihin pokoknya guys. Yukz, langsung saja beli.

8. Batik Madiun
Batik Madiun
Batik Madiun via mandiunae.id
Mayoritas tiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan corak khas sendiri-sendiri. Begitu pula dengan Madiun. Madiun memeliki batik dengan berbagai macam corak. Dan istimewanya batik-batik Madiun telah tembus pasar luar negeri lho. Misalnya seperti; Batik pecel, kereta api, keris dan masih banyak lagi. Gimana, makin penasaran kan?. Segera dibeli saja guys.

9. Kerajinan khas Madiun
Kerajinan khas Madiun
Kerajinan khas Madiun via madiuntoday.id
Setelah berbicara jajanan dan batik, waktunya kita menyinggung tentang kerajinan tangannya guys. Kamu mau cari oleh-oleh khas yang awet kan, Madiun siap melayani anda. Berbagai macam kerajinan tangan dari sampah bisa kamu bawa pulang guys. Walaupun berasal dari sampah, tapi jangan salah. Jangan menilai dari asalnya ya guys. Di beberapa pusat perbelanjaan aksesoris, kamu bisa mendapatkan kerajinan ini, misalnya; tas, dompet,  manik-manik, gelang dan masih banyak lagi. Gimana, cocok kan. Pilih saja yang sesuai dengan seleramu. Liburan senang, hati tenang.

Sekian artikel tentang Oleh-Oleh Khas Madiun Jawa Timur beserta Pusat Perbelanjaannya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua yang ingin bertandang ke sana. Baik untuk berwisata, ataupun urusan lainnya. Jika ke Madiun, jangan lupa mampir beli oleh-oleh khasnya. Agar dapat dijadikan kenang-kenangan dan menyenangkan keluarga. Kamu pun bisa merasakan maknyus dan dan menariknya khas oleh-oleh disana.