Pusat Oleh-Oleh Khas Jakarta Selatan, Perlu Kamu Kunjungi

Jalan-jalan ke Jakarta Selatan yang merupakan bagian dari kawasan kota metropolitan ini tentu sudah tidak asing dengan berbagai macam gedung-gedung tingkat tinggi, kamu bisa mengunjungi mall-mall besar dan juga wisata lainnya yang dijamin tidak mengecewakan untuk dikunjungi. Seperti di Ragunan, Setu Babakan, Tugu Pancoran, berbagai macam Museum dan lain-lain.

Jakarta yang identik dengan budaya Betawi ini tentu masih memiliki ciri khas yang ada sampai saat ini, termasuk oleh-oleh. Tak heran kalau banyak wisatawan sering mencari oleh-oleh khas Betawi di Jakarta Selatan untuk dibawa pulang ke rumah sebagai buah tangan untuk keluarga maupun orang-orang terdekat.

Berikut beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan oleh-oleh khas Betawi di Jakarta Selatan yang pastinya membuat liburan kamu makin menyenangkan dan juga menambah ilmu serta wawasan seputar kuliner.

1. Pusat oleh-oleh dan kerajinan Jakarta
Pusat oleh-oleh dan kerajinan Jakarta
Pusat oleh-oleh dan kerajinan Jakarta via tribunnews.com
Salah satu tempat yang paling lengkap untuk berburu oleh-oleh khas Jakarta. Baik itu Bir Pletok, Dodol, Kue Semprong, Kembang Goyang, Miniatur dan berbagai aksesoris yang menjadi tanda ciri khas Jakarta.

Semua produk yang dijual ditempat ini merupakan hasil produk UKM setempat. Disini pun juga terdapat makanan khas Jakarta seperti Soto Betawi, Gado-gado, kerak telor dan masih banyak lagi. Untuk kesana silahkan kunjungi alamat: Jl. Prof Dr. Satrio No 7, Kuningan, Jakarta Selatan.

2. Setu Babakan
Setu Babakan
Setu Babakan via jejakpiknik.com
Selain menawarkan makanan dan camilan khas Jakarta, ternyata Setu Babakan juga memberikan aneka pendidikan kebudayaan, bagaimana tidak. Saat kita kesana, kita akan disuguhi pertunjukkan Betawi yaitu Tari Topeng dan juga balas pantun yang mengasah kemampuan kecepatan dan tanggapan kita. Oleh-oleh khasnya pun juga bermacam-macam. Maka dari itu kunjungi alamat yang berada di Jalan Mohammad Kahfi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

3. Romlah Oleh-Oleh Jakarta
Romlah Oleh-Oleh Jakarta
Romlah Oleh-Oleh Jakarta via rumahukm.com
 Ternyata Mpok Romlah juga buka cabang di Jakarta Selatan, tepatnya di Jl. Swadaya II No.20B, RT.7/RW.5, Tj. Bar., Jagakarsa. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh yang juga lengkap disana. Sama seperti cabang-cabang lainnya. Mpok Romah menjual oleh-oleh Khas Jakarta yang dijamin lengkap dan juga bersahabat.

Oleh-Oleh Khas Jakarta Selatan, Maknyus Banget
Selain itu informasi yang nggak kalah penting buat kamu sang calon turis Jakarta Selatan. Ada baiknya mengetahui jenis camilan khas dari Jakarta yang bisa menjadi acuan kamu untuk membeli oleh-oleh khas daerah Jakarta Selatan. Apa saja itu, ini dia :

1. Kue Cubit
Kue Cubit
Kue Cubit via id.openrice.com
Yup, kue cubit merupakan kue yang dulu pernah eksis di era 90-an ini, khususnya anak-anak SD. Nyatanya sampai sekarang pun juga masih ada di Jakarta. Dengan berbagai macam varian rasa yang ditawarkan menjadikan ragam kuliner oleh-oleh khas Jakarta semakin bertambah. Bagi kamu yang mau mencicipi dan merasakan kue ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp. 12.000,- sampai Rp. 15.000,.  Tergantung ukurannya.

2. Biji Ketapang
Biji Ketapang
Biji Ketapang via khasjakarta.co.id
Nah, biji ketapang merupakan salah satu makanan kering khas Jakarta. Terbuat dari bahan tepung terigu dan juga parutan kelapa ditambah dengan bahan lain sehingga menjadi adonan yang pas, kemudian dibentuk seperti biji menyerupai ketapang. Setelah itu digoreng sampai kering. Kamu bisa menambahkan serbuk gula, coklat, keju, selai atau bahan lain agar bisa menikmati kelezatan rasa dari biji ketapang sebagai varian. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh ini di gerai atau toko yang menyediakan oleh-oleh khas Jakarta. Atau bisa juga mengunjungi pasar tradisional setempat.

3. Dodol
Dodol
Dodol via mytrip123.com
Makanan dengan ciri khas legit dan manis ini ternyata juga merupakan makanan khas Jakarta yang keberadaannya masih eksis sampai saat ini. Rasanya yang begitu lembut dan enak, menjadikan dodol digemari oleh para wisatawan lokal maupun luar daerah.

4. Kue semprong 
Kue semprong
Kue semprong  via ksemprong.blogspot.com
Kue yang sebagian orang biasa menyebutnya dengan opak ini, ternyata juga menjadi incaran para turis untuk dijadikan oleh-oleh. Sebab rasanya yang enak, gurih dan juga renyah sangat memanjakan lidah penikmatnya. Salah satu jenis kue yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga dirumah ya. 

5. Bir Pletok
Bir Pletok
Bir Pletok via khasjakarta.co.id
Minuman khas Jakarta yang sudah ada sejak zaman dahulu, nyatanya masih eksis sampai sekarang, dan juga dijadikan sebagai oleh-oleh untuk mereka yang menyukai minuman. Nah, kamu jangan salah. Meskipun dinamakan bir, nyatanya Bir Pletok bukanlah bir yang mengandung alkohol seperti bir kebanyakan pada umumnya. Melainkan hasil dari olahan rempah-rempah pilihan seperti batang serai, jahe dan bahan lain. Karena saat dimasak, bir ini mengeluarkan bunyi pletok-pletok sehingga dinamakan bir pletok. Tersedia dua macam pilihan untuk bir ini, yaitu cair dan juga serbuk. Tentunya dengan kemasan yang praktis yang mudah dibawa kemana-mana. Nah, silahkan coba minuman yang satu ini, selain rasanya yang enak, bir pletok juga membantu meringankan pegal-pegal di badan, dan mengurangi masuk angin.

6. Roti Buaya
Roti Buaya
Roti Buaya via pesanrotibuaya.com
Salah satu yang menjadi ikon kota Jakarta adalah roti buaya. Ya roti ini biasa dijumpai saat acara-acara khusus seperti seserahan pengantin. Dan untuk mendapatkannya kamu bisa mengunjungi tempat yang menjual oleh-oleh roti buaya, jangan kuatir dengan porsi besar, karena sudah dimodifikasi dengan berbagai ukuran sesuai dengan permintaan. Ada yang kecil, sedang dan besar. Adapun rasa yang ditawarkan bermacam-macam yaitu rasa coklat, sroberi, keju dan juga original.

7. Akar Kelapa
Akar Kelapa
Akar Kelapa via bukalapak.com
Dari namanya pun sudah diketahui bahwa makanan ini memiliki bentuk seperti akar kelapa. Rasanya manis dan gurih. Terbuat dari tepung ketan,mentega, gula, telur dan tepung beras. Ukurannya panjang dengan pinggir bergerigi. Sangat pas dinikmati waktu santai, apalagi sambil minum kopi.

8. Kembang Goyang
Kembang Goyang
Kembang Goyang via daftarkulinerjakarta.web.id
Makanan ini didaerah lain disebut dengan kue Kembang matahari, karena bentuknya seperti matahari. Biasanya dibuat dengan warna mencolok, yaitu kuning, hijau dan pink. Rasanya yang manis dan renyah menjadikan kembang goyang masuk menu camilan favorit bagi sebagian orang. Harganya cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkannya di toko yang menjual oleh-oleh khas atau di tempat-tempat seperti pasar tradisional, maupun modern yang menyediakan. Kembang goyang tahan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga menjadi rekomendasi untuk wisatawan yang rumahnya jauh agar bisa menikmati rasa kembang goyang walaupun disimpan beberapa hari.

9. Telor Gabus Keju
Telor Gabus Keju
Telor Gabus Keju via bukalapak.com
Rasa telur gabus ini adalah gurih, asin dan sedikit tekstur yang menyerupai gabus menjadikan camilan yang juga paling dicari di Jakarta. Tak ada salahnya untuk membeli camilan ini sebagai oleh-oleh khas dari Jakarta selatan.

10. Kue Geplak
Kue Geplak
Kue Geplak via resepnusantara.id
Kue yang sudah mulai langka ini ternyata masih diminati oleh banyak orang. Keberadaannya yang sudah mulai jarang ditemui pun tak menjadikan kue ini dijual dengan harga tinggi, melainkan dengan harga terjangkau. Dan jika kamu menjumpai kue ini, jangan sia-siakan kesempatan untuk merasakan lezatnya kue geplak yang manis dan lembut.

11. Miniatur
Miniatur
Miniatur via telusurindoesia.co
Berbagai macam miniatur yang mengambil ikon-ikon Jakarta pun bisa menjadi salah satu pilihan souvenir untuk orang terdekat. Seperti miniatur Monas, Bajaj, Ondel-Ondel, Abang None, dan lain-lain. Ada banyak variasi ukuran dan juga harga yang bersahabat bahkan sampai bikin duit minggat karena transaksi jual beli, hehe. Tapi tenang, karena harga menentukan kualitas, pastikan yang kamu beli sesuai dengan mutu yang dijamin dan juga bagus.

12. Kebaya Betawi
Kebaya Betawi
Kebaya Betawi via bisniswisata.co.id
Nah, sering lihat bagaimana kebaya Betawi dipakai? Hmm, nggak ada salahnya untuk kamu mencoba membeli kebaya sebagai souvenir. Karena motif yang sederhana, kebaya Betawi lebih mudah dipadupadankan dengan bawahan jenis lain.

13. Aksesories
Aksesories
Aksesories via tokopedia.com
Sudah banyak aksesoris yang dibuat dengan mengambil tema ikon khas Jakarta. Mulai dari gantungan kunci, tempelan di pintu kulkas, kalung, gelang dan lain-lain.

Nah, itu tadi beberapa tempat, jenis oleh-oleh dan juga souvenir yang bisa kamu jadikan rujukan untuk berbelanja oleh-oleh khususnya di Jakarta Selatan. Ternyata walaupun  menjadi kota metropolitan, Jakarta masih tetap menjaga adat dan tradisi budayanya lho, keren kan.

Apalagi kita sebagai generasi muda juga harus melestarikan budaya dan tetap menjaga keutuhan negara kita. Dengan cara mencinta,  menggunakan dan juga mengembangkan produk dalam negeri baik itu yang bersifat tradisional berupa budaya maupun modern yang tidak meninggalkan nilai-nilai bangsa. Salah satunya mempelajari jenis keanekaragaman kuliner berupa camilan khas nggak salah kan.